BlogLifestyleEdukasiUkuran Lapangan Sepak Bola Beserta Bagian-Bagiannya
0
0

Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Bagian-Bagiannya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins semua tentu sudah pernah melihat ukuran lapangan sepak bola yang luas, baik di televisi ataupun langsung? Sebagai olahraga yang paling populer di dunia, tak heran jika sepak bola digemari dan banyak ditonton oleh banyak orang.

Sepakbola sendiri termasuk ke dalam permainan bola besar dengan 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk memasukan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dalam waktu tertentu. Dengan jumlah total 22 orang pemain, berapa sebenarnya ukuran luas dari lapangan sepak bola?

Mungkin Pins pernah bertanya hal tersebut. Hal ini sangat penting untuk diketahui, terutama bagi Pins yang hobi sepak bola atau ingin menjadi pemain bola. Sebagai olahraga yang telah mendunia, maka ada aturan resmi dari FIFA terkait ukuran lapangan sepak bola. Terutama untuk kancah profesional dimana semua aturan harus jelas untuk menjaga permainan tetap fair.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola Dunia dan Perkembangannya

Standar Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola

Dalam Law of the Game, FIFA sudah menuliskan aturan resmi terkait dengan ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola. Dimana sudah ada patokan jelas tentang luas lapangan, dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tingkat nasional dan internasional.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola nasional
Source : Pinhome

Lapangan dengan standar nasional memiliki panjang minimal 90 meter dan maksimal 120 meter. Sementara itu, untuk luasnya bisa mencapai 45 hingga 90 meter. Di bagian tengah akan ada sebuah lingkaran dengan radius sekitar 9,5 meter (diameter 19 meter).

Di depan masing-masing gawang ada sebuah kotak pinalti dengan panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Area dimana penjaga gawang boleh memegang bola dengan tangannya. Ketika terjadi tendangan pinalti, maka akan dilakukan dari titik pinalti 11 meter dari gawang.

Sementara itu, untuk ukuran gawang memiliki panjang 7,32 meter atau sekitar 8 yards. Untuk lebar atau tingginya adalah 2,44 meter atau sekitar 8 feet. Jadi rincian ukuran lapangan sepak bola nasional seperti berikut :

  • Panjang : 90 – 120 meter
  • Lebar : 45 – 90 meter
  • Lingkaran Tengah : 9,5 meter (radius/jari-jari)
  • Kotak Pinalti : 40 x 16,5 meter
  • Titik Pinalti : 11 meter
  • Panjang Gawang : 7,32 meter (8 yards)
  • Tinggi Gawang : 2,44 meter (8 kaki)

Baca juga: Peraturan Permainan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Source : Shutterstock

Untuk tingkat pertandingan internasional, biasanya lapangan sepak bola yang digunakan akan sedikit lebih besar dari tingkat nasional. Panjangnya sekitar 100 – 120 meter dengan lebar mencapai 45 – 90 meter.

Lingkaran tengah lapangan memikili radius (jari-jari) sekitar 9,15 meter. Aturan tentang besar kotak pinalti akan memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Dan untuk titik tendangan pinalti adalah 11 meter dari gawang.

Untuk gawang yang digunakan akan memiliki panjang sekitar 7,32 meter, diukur dari jarak antara tiang kanan dan kiri. Sementara itu untuk tingginya sekitar 2,44 meter diukur dari permukaan lapangan dan mistar atas gawang.

Berikut rincian luas lapangan sepak bola untuk tingkat internasional :

  • Panjang : 100 – 120 meter
  • Lebar : 45 – 90 meter
  • Lingkaran Tengah : 9,15 meter (radius/jari-jari)
  • Kotak Pinalti : 40,3 x 16,5 meter
  • Titik Pinalti : 11 meter
  • Panjang Gawang : 7,32 meter (8 yards)
  • Tinggi Gawang : 2,44 meter (8 kaki)

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Bagian-Bagian Lapangan Sepak Bola

Di dalam suatu lapangan sepak bola terdapat bagian-bagian yang penting diketahui oleh pemain. Berikut ini bagian-bagian lapangan sepak bola yang dapat Pins ketahui.

Lingkaran Tengah Lapangan

Di dalam lapangan bla terdapat lingkaran tengah lapangan yang merupakan batas pemain saat akan dilakukan kick off. Di sini pemain harus berada pada areanya masing-masing di luar lingkaran tengah tersebut.

Area Kiper

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Source : Shutterstock

Ini adalah wilayah dimana seorang kiper akan melakukan tendangan gawang setelah bola keluar. Di area tersebut seorang penjaga gawang juga tak boleh diganggu oleh lawan saat terjadi perebutan bola.

Kotak Pinalti

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Source : Shutterstock

Kotak pinalti biasanya memiliki luas sekitar 40 x 16,5 meter. Di wilayah inilah seorang penjaga gawang diperbolehkan menyentuh bola dengan kedua tangannya. Sementara itu, apabila terjadi pelanggaran oleh pemain bertahan di area tersebut, maka akan dilakukan tendangan pinalti.

Baca juga: 6 Gaya Renang Beserta Teknik Dasar yang Bisa Kamu Pelajari

Titik Pinalti

Source : Shutterstock

Sebuah titik yang mana menjadi tempat pemain dalam melakukan tendangan pinalti. Jaraknya sendiri adalah sekitar 11 meter dari gawang.

Lengkungan Kotak Pinalti

Di luar kotak pinalti Pins mungkin pernah melihat sebuah lengkungan. Fungsinya adalah sebagai batas para pemain lain ketika terjadi tendangan pinalti. Saat tendangan pinalti akan dilakukan, semua pemain kecuali wasit, penendang dan kiper harus berada di luar kotak pinalti dan garis lengkungan tersebut.

Garis Lengkung Pojok

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Source : Shutterstock

Di setiap sudut lapangan akan ada garis melengkung dengan ukuran sekitar 1 meter. Fungsi ini berfungsi sebagai batas bola saat akan dilakukan tendangan sudut (corner shoot).

Baca juga : 13+ Teknik Dasar Sepak Bola yang Bisa Kamu Kuasai

Demikian pembahasan tentang ukuran luas lapangan dalam olahraga sepak bola. Aturan diatas merupakan resmi ditetapkan oleh FIFA untuk menjaga standar permainan tetap fair dan adil. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download