Pinhome

Tips Properti

Trik Agar Tidak Sering Kehilangan Barang di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bisa jadi karena tergesa-gesa atau lupa, kita sering menaruh benda-benda secara tak sadar di rumah. Yang paling sering biasanya adalah benda kecil tetapi penting, kunci mobil atau motor misalnya. Buruknya, kebiasaan semacam ini membuat kita sering “kehilangan” barang-barang semacam itu.

Masalahnya tentu berbeda dengan bila kita “kehilangan” benda karena jatuh di jalan atau dicuri. Tetapi pada saat membutuhkan, waktu untuk mencari-cari serta mengingat dimana meletakan benda semacam itu bisa jadi sangat menyebalkan. Ujung-ujungnya malahan bisa jadi uring-uringan sendiri.

Agar hal diatas tak kejadian, tentu perlu dipikirkan bagaimana cara agar “kehilangan” benda-benda didalam rumah tidak terus berlanjut. Ini penting, agar waktu dan tenaga untuk mencari-cari benda yang kita anggap hilang tak perlu terus terjadi. Simak detilnya dalam ulasan artikel kali ini.

Buatkan Tempat Khusus, Biasakan Untuk Selalu Mengembalikan Ke Tempatnya Selesai Dipergunakan

Jenis barang yang biasa “hilang” di dalam rumah ada banyak. Mulai dari kunci kendaraan, atau bahkan kunci pintu rumah, peralatan pertukangan, bahkan baju sehabis dipakai yang “nyempil” di sudut tertentu karena tak tepat menaruh di tumpukan pakaian kotor. Agar terus terjadi, lakukan hal-hal berikut.

1. Siapkan Tempat Khusus Kunci Di Bagian Yang Terlihat Dan Mudah Terjangkau

Untuk kunci, siapkan tempat khusus. Bisa gantungan yang biasa dijual di pasar atau pusat perbelanjaan tergantung selera masing-masing. Bila ingin yang simple, sekedar paku di dinding asal ditempatkan di bagian yang mudah terjangkau dan terlihat sudah bisa jadi solusinya.

2. Hindari Melempar-Lempar Pakaian Kotor

Biasanya karena kesiangan, kita tak sadar melemparkan pakaian kotor sehingga tidak tepat berada di keranjang cucian kotor. Hal ini bisa mengakibatkan pakaian tidak ikut tercuci. Akibatnya, meski sudah mencuci setumpuk pakaian kotor, kita masih harus mencuci lagi karena masih ada beberapa potong pakaian kotor yang tersisa.

3. Biasakan Untuk Mengembalikan Ke Tempatnya

Dari sekian banyak hal yang bermanfaat agar kita tidak sampai kehilangan benda-benda di dalam rumah adalah kebiasaan kita sendiri. Kebiasaan untuk menaruh benda-benda selepas dipakai seperti misalnya peralatan pertukangan akan menghindarkan dari kegiatan “mencari-cari” saat kembali akan menggunakannya di waktu berikutnya. Pastikan bahwa semua sudah rapi dan kembali ke tempatnya setelah digunakan.

4. Sediakan Tempat Khusus, Tata Sesuai Dengan Jenisnya

Jangan malas untuk menata rumah. Rapikan dan tata setiap benda dengan cara mengelompokkan. Hal ini tak hanya memberikan keuntungan karena rumah bebas suasana berantakan, sekaligus memudahkan bila akan menggunakan benda tertentu. Tata laci sesuai dengan jenis benda yang bisa dimasukkan kedalamnya, hindari mengunakan laci secara campuran, ini akan membuat kita lebih sering kehilangan benda-benda tertentu.

kehilangan
kehilangan

Kehilangan di dalam rumah artinya tidak benar-benar hilang. Biasanya benda tersebut hanya terselip di bagian tertentu yang tidak bisa kita ingat-ingat karena tergesa-gesa atau lainnya. Untuk itu, hal pertama adalah membiasakan diri untuk meletakkan dengan benar berbagai macam barang jadi solusinya.

Tags :

Bagikan Artikel