Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Cerita Jagoan: Halal dan Jujur jadi Kunci Utama Kerja Bu Risma
kerja jujur ibu risma
Kebersihan Rumah

Cerita Jagoan: Halal dan Jujur jadi Kunci Utama Kerja Bu Risma

  • 14 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Pekerjaan home cleaning alias jasa bersih-bersih memang memerlukan ketelitian agar hasilnya maksimal. Orang yang kerja dalam industri ini pun membutuhkan prinsip demi bisa bertahan seperti jujur agar dipercaya oleh para pelanggan setia. 

Simak cerita bagaimana ibu Risma memegang teguh prinsip kerja jujur dan halal demi menyambung hidup bersama anaknya di Jakarta. 

Kembali ke Jakarta 

Ibu Rismawati merupakan salah satu Rekan Jasa Pinhome (RJP) Home Cleaning yang tinggal di Jakarta. Sebelumnya, wanita berusia 41 tahun ini sempat tinggal di Brebes bersama suami dan anak-anaknya hingga memutuskan untuk kembali ke Jakarta. 

Awalnya, ibu tiga anak ini merasa untuk apa bersusah payah bekerja di bidang bersih-bersih. Namun, ia melihat bagaimana salah satu temannya tidak malu bekerja di jasa ini dan bisa tercukupi kebutuhan hidupnya. 

Mengingat biaya hidup di Jakarta tidak murah, wanita yang biasa dipanggil Risma ini pun mencoba menata hidupnya kembali dengan pekerjaan home cleaning

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX 

Berawal dari Go-Life hingga ke Pinhome

Berangkat dari ajakan teman-temannya, ibu Risma mencoba peruntungannya di Go-Life. Sempat bekerja cukup lama, yaitu 1.5 tahun, ia dan sesama rekan kerjanya akhirnya diberhentikan akibat pandemi COVID-19. 

Walau awalnya sempat merasa tidak yakin dengan pekerjaan jasa bersih-bersih, ibu Risma mulai merasa nyaman. Pasalnya, cara kerja bidang ini tidak terikat, alias tidak ada jam kerja dan tidak perlu menyesuaikan jam masuk. 

Sayangnya, kenyamanan tersebut sempat terputus. Pada akhirnya, Ibu Risma berhasil bekerja kembali di jasa home cleaning di Pinhome sejak awal Maret hingga saat ini. 

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Memegang Prinsip Kerja Jujur dan Halal

Bukan tanpa alasan Ibu Risma merasa nyaman dengan pekerjaannya ini. Selama bekerja, ia terus memegang teguh prinsip kerja jujur dan halal. 

Begini, pekerjaan home cleaning alias jasa bersih-bersih memang terkadang dianggap sebelah mata oleh orang-orang. Beberapa orang mungkin tidak mempercayakan rumah mereka dibersihkan oleh orang lain karena takut terjadi apa-apa. 

Walau begitu, Ibu Risma tetap berusaha melakoni prinsip tersebut. Misal, ia pernah menemukan uang senilai ratusan ribu rupiah ketika bekerja. Dengan prinsip kerja halal dan jujur tersebut ibu Risma mengembalikan uang yang ditemukan ke pelanggannya. 

Ia percaya kalau rezeki sudah diatur oleh Tuhan. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Begitu ia bersiap-siap pulang, pelanggan tersebut memberikan sejumlah tips yang jumlahnya cukup besar. Bukankah ini buah dari kejujuran yang ditanam oleh ibu Risma?

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Menurukan Prinsip Kerja ke Anaknya

Prinsip kerja halal dan jujur tersebut ibu Risma coba terapkan ke anaknya. Ia selalu mewanti-wanti anak pertamanya yang sudah bekerja itu agar selalu jujur ketika melakukan sesuatu. 

Usia antara Ibu dan anak ini memang terpaut tidak begitu jauh. Tidak heran bila anaknya memiliki rekan kerja berusia sepantaran dengan ibu Risma. 

Jika anaknya bercerita bagaimana rekan kerjanya tersebut, tidak lupa ia mengingatkan kalau harus menghormati orang tua. Bagaimana pun, rekan kerjanya itu seusia dengannya dan tetap harus dihormati. 

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Berhasil Menyekolahkan Anak

Prinsip kerja tersebut menjadi salah satu hal yang membantu Ibu Risma bertahan di industri ini. Selain memenuhi kebutuhan rumah tangga, wanita ini bisa menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang SMK. 

Bahkan, ia meminta anaknya untuk melanjutkan pendidikannya ke universitas. Ibu Risma sangat berharap jika anaknya bisa mengenyam pendidikan tinggi dan tidak berakhir sama seperti dirinya. 

Berawal dari yang tidak punya apa-apa, bekerja di bidang bersih-bersih membantu wanita ini mengisi rumah yang ditinggali bersama anaknya. Terlebih lagi, pekerjaan yang dilakoni beberapa tahun belakangan ini menghasilkan motor. 

Ibu Risma tak perlu lagi menyewa motor harian karena kini sudah ada kendaraan sendiri yang bisa ia bawa mondar-mandir. 

Punya Trik Kerja yang Lebih Efisien

Selain prinsip kerja yang halal dan jujur, Ibu Risma ternyata punya trik tersendiri selama bekerja sebagai home cleaning, lho. Menurutnya, trik ini sangat berguna mengingat ia akan menghadapi berbagai macam klien. 

Komunikasi dengan Pelanggan

Pertama-tama, ia akan menjelaskan terlebih dulu SOP Pinhome. Sebagai contoh, berapa banyak waktu yang akan dihabiskan untuk membersihkan satu ruangan. 

Pernah ia mendapatkan pesanan untuk membersihkan rumah yang cukup besar dengan waktu dua jam. Ibu Risma pun mencoba menjelaskan hal tersebut dan bertanya kepada pelanggan, bagian mana yang sekiranya perlu dibersihkan dahulu. 

Ini karena rumah dengan jumlah ruangan yang banyak tidak memungkinkan untuk dibersihkan semua. Sementara itu, waktu pesanan yang sudah habis mengharuskan RJP meninggalkan lokasi. 

Jadi, ketika pelanggan meminta untuk membersihkan lantai bawah terlebih dulu, ia akan mencoba agar bagian bawah selesai. Intinya, cara penyampaian ke pelanggan harus yang mudah dimengerti, entah di bidang ini maupun pekerjaan lainnya. 

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Mengatur Waktu dengan Baik

Demi bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan, Ibu Risma mengambil satu pekerjaan lagi yang dirasa fleksibel olehnya, yaitu kurir makanan. Namun, aplikasi pengantaran ini tentu baru dinyalakan ketika tidak ada pesanan di aplikasi Pinhome. 

Ia berpendapat, mengingat kedua pekerjaan yang ia lakoni cukup fleksibel, tidak perlu seminggu full harus dilakukan. Tentu sebagai seorang manusia, Ibu Risma percaya kalau kesehatan adalah nomor satu. 

Percuma jika tubuh tidak sehat kita tidak bisa bekerja dan akan memakan biaya yang lebih banyak. Jadi, Ibu Risma mencoba mengatur waktunya, antara menjadi Rekan Jasa Pinhome, kurir makanan, dan tentu seorang ibu. 

Sebagai contoh, jika ia sudah mendapat pesanan tiga hari berturut-turut, hari keempat atau kelima aplikasi akan dimatikan. Pada saat itu, Ibu Risma memilih untuk istirahat dan menyalakan aplikasi lain yang tentu tidak begitu menyita tenaga dan perhatiannya. 

Ada kalanya ia berkunjung ke rumah temannya sambil menyalakan aplikasi pengantaran makanan. Dengan begitu, Ibu Risma bisa mendulang rejeki meski tujuannya ingin bersenang-senang sebentar di tengah kesibukannya. 

Dari cerita Ibu Risma, kita bisa melihat apa yang dapat diperoleh dari prinsip kerja halal dan jujur. Tanpa rasa khawatir, ia bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan memenuhi kewajiban lainnya di rumah, bukan?

Baca Juga: Cerita Jagoan – Bersih-Bersih Tuntas ala Ibu Oki Yanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.