Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Cara Menyapu Rumah yang Baik dan Benar
cara menyapu rumah
Kebersihan Rumah

10 Cara Menyapu Rumah yang Baik dan Benar

  • 24 Nov, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 6 menit membaca

Menyapu rumah adalah kegiatan dasar dalam menjaga kebersihan hunian. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menggunakan atau cara menyapu rumah yang benar. 

Ini karena asal-asalan menyapu bisa menguras waktu dan tenaga. Bagaimana tidak, ukuran rumah Pins sangat mempengaruhi durasi waktu menyapu lantai. 

Demi mendapatkan rumah bersih tanpa memakan banyak waktu, ini hal-hal yang perlu Pins perhatikan ketika menyapu, ya!

Baca Juga:

Tips dan Cara Menyapu Rumah

Inilah cara menyapu rumah yang baik dan benar agar hunian menjadi lebih bersih!

Sisihkan Barang yang Berserakan

Sebelum menyapu rumah, Pins perlu menyisihkan barang yang berserakan di lantai. Pisahkan sampah dengan barang yang masih Pins butuhkan.

Jika barang sudah tak digunakan lagi, sebaiknya simpan di gudang. Pins bisa mulai membersihkan ruangan mulai dari bagian atas baru ke bagian bawah. Maksudnya, kamu dapat menyeka perabotan yang ada di atas lanta, seperti meja atau sofa. 

Setelah semuanya sudah bersih dari debu dan barang, Pins sudah bisa mulai menyapu, deh

Pilih Sapu yang Sesuai

cara menyapu rumah
(Pexels)

Eits, ternyata Pins belum bisa mulai menyapu rumah. Pasalnya, kamu perlu menyesuaikan sapu dengan jenis lantai yang hendak dibersihkan. 

Bila ingin membersihkan lekukan furniture, pakai sapu mini dan pengki. Berkat bentuknya yang kecil, kamu bisa menjangkau dan membersihkan celah yang sempit. 

Sementara itu, sapu dengan bahan sintetis cocok untuk keramik atau vinyl. Bahannya juga awet dan tidak mudah rusak sehingga pas untuk permukaan lantai yang rata.

Di sisi lain, sapu lidi cocok sebagai tebah untuk membersihkan ranjang atau kain dari debu yang menempel. Gunakan sapu dengan gagang panjang agar tidak mudah capek saat menyapu lantai.

Baca Juga:

Lap Lantai yang Basah

(Pexels)

Pada saat Pins menyapu, sebisa mungkin hindari bagian lantai yang basah. Jika ada lantai yang basah, lap bagian tersebut hingga kering. 

Pins dapat memakai keset atau lap kain yang mudah menyerap air. Menyapu lantai yang basah mampu membuat kotoran ikut menempel pada lantai. Akibatnya, debu tidak bisa mudah untuk Pins arahkan ke pembuangan.

Selain itu, kotoran juga dapat menempel pada sapu. Alhasil, sapu jadi lebih kotor dan tidak efektif untuk menyapu rumah.

Pastikan Sapu Bersih Sebelum Digunakan

Salah satu cara menggunakan sapu yang perlu diperhatikan adalah apakah alat bersih-bersih ini dalam kondisi bersih. Pastikan sapu terhindar dari debu dan jaring laba-laba. 

Jika pakai sapu ijuk, kamu mungkin perlu ekstra waspada. Pasalnya, sapu ijuk yang lentur dikenal mudah rontok sehingga pastikan ijuk menempel dengan kuat. Selain itu, ijuk bisa menembus sudut yang sempit meski mudah tertempel kotoran. 

Untuk itu, bersihkan dahulu dan pastikan sapu dalam keadaan kering saat digunakan. Siapkan pengki jika memang perlu langsung membuang debu.

Baca Juga:

Mulai Dari Ujung Ruangan

cara menyapu rumah
(Freepik)

Menyapu rumah yang tepat adalah mulai dari ujung ruangan. Coba dari pinggir lalu arahkan ke tengah ruangan jika jauh dari pintu keluar. Jika dekat dengan pintu, langsung arahkan ke luar rumah.

Bagian pojok ruangan juga bisa jadi tempat sarang serangga, seperti semut. Bila menemukan lubang pada pinggir lantai, sebaiknya tutup segera. Hal ini mampu mengurangi sarang serangga.

Gunakan Teknik Menyapu Pendek-Pendek

(Pexels)

Cara menggunakan sapu yang efektif adalah dengan menyapu pendek-pendek. Ini karena gerakan yang terburu-buru atau tidak pendek bisa menyebabkan debu mudah terbang.

Akibatnya, debu dapat langsung menyebar ke beberapa titik ruangan sehingga membutuhkan kerja tambahan untuk membersihkannya. 

Itu sebabnya, cobalah gerakan pendek-pendek ketika menyapu agar debu terangkat maksimal. Hindari menyeret kotoran dari dalam rumah hingga keluar rumah. 

Kebiasaan ini bisa menyebabkan debu tercecer kemana-mana. Bila memang kotoran yang tersapu menumpuk, banyak gunakan pengki.

Pilih pengki yang memiliki penutup sehingga kotoran ketika tersaruk tidak mudah jatuh. Pakai pengki dengan gagang panjang sehingga membuat nyaman saat mengambil kotoran.

Baca Juga:

Kumpulkan Kotoran 

Untuk ruangan yang luas, sebaiknya kumpulkan kotoran pada beberapa titik. Menyapu lantai dan membawa debu yang tersapu untuk ruangan yang besar akan memakan waktu lama jika hanya mengandalkan satu titik pembuangan.

Kumpulkan kotoran jauh dari ventilasi. Fungsinya agar debu tidak terbang karena udara yang masuk. Pins bisa menumpuk kotoran pada sudut ruangan atau titik yang mudah terlihat.

Jangan Lewatkan Sudut Ruangan

Satu hal yang penting dalam membersihkan rumah adalah jangan lewatkan sudut ruangan. Demi menghindari kotoran menumpuk pada celah sempit, gunakan sapu mini atau sapu ijuk. 

Bagian sudut ruangan seperti bagian belakang pintu, perabotan dan sudut ruangan jadi tempat yang umumnya punya banyak debu. Tidak lupa bagian bawah meja dan kursi juga perlu disapu dengan bersih.

Pins juga bisa menggunakan vacuum cleaner yang mampu menyedot debu secara vertikal maupun horizontal. Debu pada celah sempit akan langsung tersedot dengan maksimal.

Bersihkan & Simpan Sapu

cara menyapu rumah
(Freepik)

Bila sudah selesai menyapu lantai, saatnya untuk membersihkan alat pembersih. Pins dapat merendam sapu ke dalam campuran air hangat dan deterjen. Rendam sekitar 30 menit dan bilas hingga air bilasan tidak berwarna keruh.

Setelah itu, keringkan sapu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Simpan sapu dengan cara menggantungnya. Penyimpanan ini mencegah sapu tidak mudah rusak atau tersangkut dengan barang sekitarnya.

Baca Juga:

Jangan Lupa Cuci Kaki

(Freepik)

Jangan hanya fokus pada alat kebersihan saja. Pins juga perlu menjaga kebersihkan tubuh, misalnya cuci kaki setelah menyapu agar kotoran tidak menempel dan kembali ke lantai. 

Lepaskan sepatu saat memasuki rumah. Sediakan sandal khusus dalam rumah sehingga lantai tak mudah berdebu.

Kegiatan bersih-bersih rumah akan terasa ringan jika Pins menyapu rumah setiap harinya. Debu tidak menumpuk dan menghindari kerak membandel pada lantai.

Baca Juga:

Featured Image Source: Unsplash

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.