7 Tempat Nongkrong dan Wisata di Jakarta Pusat Terbaru!

Dipublikasikan oleh voni ∙ 25 September 2023 ∙ 5 menit membaca

Jakarta dikenal sebagai kota megapolitan dan berkedudukan sebagai ibukota negara dengan banyaknya tempat nongkrong di Jakarta Pusat serta wisata bersejarahnya. Harga rumah di Jakarta Pusat pun bernilai tinggi walau berlahan sempit seperti Perumahan Danar Residence. Selain menjadi pusat perekonomian, ada banyak tempat wisata di Jakarta Pusat.

Destinasi pariwisatanya tidak hanya berupa wisata sejarah saja. Kamu dapat menemukan aneka taman hiburan dan tempat makan yang buka hingga 24 jam penuh. Ibukota negara ini juga menawarkan tempat nongkrong asyik untuk segala usia. Jika berkunjung kesini jangan lewatkan rekomendasi wisata populer seperti dibawah ini!

Baca Juga: 20 Coffee Shop di Jakarta Pusat yang Enak untuk Nongkrong

Monumen Nasional (Monas)

tempat nongkrong di jakarta pusat
(Pixabay)

Monumen Nasional Monas disingkat dengan Monas menjadi tempat nongkrong di Jakarta Pusat sekaligus tempat wisata ternama. Pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno yakni 1961.Tempat wisata di Jakarta Pusat dibangun dengan tujuan untuk memperingati perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan ketinggian 132 meter. Bagian puncaknya berupa lidah api yang terbuat dari perunggu dengan lapisan emas seberat 50 kg.

Letaknya dekat dengan Gambir dengan luas 80 hektar. Kawasan Monas dipenuhi berbagai pusat kuliner zaman dulu dan fasilitas olahraga. Tersedia elevator untuk mencapai bagian puncaknya. Dari ketinggian tugu Monas, kamu bisa menikmati keindahan kota Jakarta.

Masjid Istiqlal

(Wikipedia Commons)

Masjid Istiqlal merupakan tempat beribadah umat muslim terbesar di Asia Tenggara. Biaya pembangunannya sendiri bahkan mencapai Rp. 7 miliar. Berlokasi di Jln. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kec. Sawah Besar. Jam operasional dimulai pukul 04.00 WIB. Area ini menjadi tempat wisata di Jakarta Pusat yang lagi hits

Tempat wisata di Jakarta Pusat ini dibuka pertama kali pada 22 Februari 1978. Bangunannya mampu menampung hingga 200.000 jemaat.  Dilengkapi pula dengan menara marmer berdiameter 5 meter dengan tinggi 66.66 meter. Angka ini melambangkan jumlah ayat Alquran dan menggunakan rangka baja setinggi 30 meter yang melambangkan 30 juz dalam kitab suci. Masjid Istiqlal juga sering mengadakan kegiatan keagamaan seperti kajian muslimah, kajian bulanan, kajian pra nikah, dan juga tabliq akbar.

Tugu Proklamasi

tempat wisata di Jakarta Pusat
(Wikipedia Commons)

Tugu Proklamasi berada di pusat kota dan menjadi saksi bisu detik-detik proklamasi yang dideklarasikan oleh Presiden Soekarno pada 1945. Tempat ini beberapa kali mendapatkan pemugaran. Alamatnya di Jln. Proklamasi No.10, Pegangsaan Kec. Menteng, lokasinya berada tidak jauh dari Mall Grand Indonesia, Thamrin City, dan Gajah Mada Plaza. Monumen ini sering pula disebut dengan tugu jarum tempat wisata sejarah yang berlokasi di Jakarta Pusat adalah Tugu ini. Tugu Proklamasi sendiri diresmikan pada 17 Agustus 1972. Selain dijadikan lokasi peringatan proklamasi juga difungsikan sebagai taman terbuka dengan luas 4 hektar.

Museum Taman Prasasti

tempat nongkrong di jakarta pusat
(Wikipedia Commons)

Museum Taman Prasasti ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat peninggalan Belanda. Walau disebut dengan museum namun sebenarnya area ini adalah tempat pemakaman. Lokasinya tak jauh dari pasar Tanah Abang yakni di Jln. Tanah Abang 1, Petojo Selatan, Kec. Gambir. Museum dibuka setiap pukul 09.00 WIB dan dirikan pertama kali pada 9 Juli 1977. Disini kamu dapat menjumpai prasasti, nisan, kereta jenazah zaman dulu, hingga miniatur makam. Miniatur makam disini berasal dari 27 wilayah yang tersebar di tanah air.

Baca Juga : 14 Rekomendasi Burger Terenak di Jakarta

Taman Ismail Marzuki

tempat wisata di Jakarta Pusat
(Wikipedia Commons)

Taman Ismail Marzuki terdiri atas balai pameran, gedung arsip, galeri, bioskop dan juga 6 teater modern. Tempat wisata di Jakarta Pusat ini menjadi wadah seni dan budaya bagi warga Jakarta. Lokasinya ada di Jln. Cikini Raya 73, Kec. Menteng. Bangunannya sendiri dibuka sejak 1968. Umumnya ada penampilan wayang, drama, tari, musik, lukisan, hingga film disini. Desain bangunan futuristik bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable

Museum Sumpah Pemuda

tempat wisata di Jakarta Pusat
(Wikipedia Commons)

Dulunya bangunan ini merupakan rumah bekas Sie Kong Liong yang disewakan sebagai asrama khusus pelajar sekolah dokter pribumi yakni STOVIA. Didalamnya berisi patung para pahlawan nasional mulai dari Muhammad Yamin hingga W.R. Supratman. kamu juga bisa melihat biola W. R. Supratman dan barang-barang peninggalan bersejarah perjuangan pemuda Indonesia yang masih tersimpan dan terjaga dengan baik di tempat ini. Menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Pasar Baru

tempat wisata di Jakarta Pusat
(Wikipedia Commons)

Jika butuh oleh-oleh khas Jakarta dengan harga murah, kamu bisa berkunjung ke pasar baru. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1820 dan menjadi pusat perdagangan paling tua yang ada di Jakarta. Dulunya difungsikan sebagai tempat berjualan para pribumi untuk hasil panen mereka. Pada masa pemerintahan Belanda, lokasi ini merupakan kawasan pertokoan elit.

Pemerintah Hindia Belanda bahkan mengucurkan banyak dana untuk pembangunannya. Hanya ada orang kaya Batavia yang suka berbelanja barang disini kala itu. Kini berbagai barang kebutuhan dan makanan khas yang lezat bisa kamu temukan disini. Kawasan Pasar baru terkenal akan pemukiman India – Indonesia.

Ada sekitar 2000 keluarga India yang terdaftar bermukim di sekitar pasar baru. Mayoritas pekerjaan kepala keluarganya adalah sebagai penjual kain, sepatu dan alat olahraga di pasar baru.

Meskipun Jakarta Pusat menjadi salah satu tempat yang padat penduduk dan aktivitasnya tidak ada henti namun masih banyak tempat wisata bersejarah yang kini masih dilestarikan hingga kini. Berbagai monumen masih terawat dan berdiri kokoh menggambarkan bagaimana situasi dan perjuangan bangsa Indonesia pada saat itu. Tempat wisata di Jakarta Pusat diatas juga menawarkan tiket masuk dengan harga terjangkau.

Baca Juga : 12 Cafe Hits di Cikini Jakarta


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini:


KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.