Pinhome

Tim Bola Basket Indonesia

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 15 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Pinhome.id– Saat ini bola basket menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Sehingga tak heran jika lumayan banyak tim bola basket Indonesia yang jadi idola penggemar.

Nah dalam ulasan ini kita akan membahas beberapa nama tim bola basket profesional yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Olahraga Renang Di Dunia

Daftar Tim Bola Basket Indonesia

Perlu kita ketahui, bahwa banyak nama-nama atau tim bola basket yang sudah berdiri di Indonesia. Akan tetapi pada artikel kali ini saya membatasi pada tim yang sudah masuk ke IBL saja ya.

Klub yang masuk dalam IBL (Indonesia Basketball League) sudah pasti menjadi klub profesional yang pemainnya tidak perlu kamu ragukan lagi. Mari kita langsung masuk ke nama-nama tim bola basket.

#1. Satria Muda Pertamina

Tim bola basket pertama, Satria Muda Pertamina adalah salah satu klub yang ada di Indonesia yang masuk ke IBL dengan basis di Jakarta.

Klub ini adalah klub profesional yang banyak melahirkan pemain-pemain terbaik untuk Indonesia. Pemilik dari klub Satria Muda Pertamina adalah Erick Thohir.

Sebelum namanya Pertamina, tim bola basket ini bernama Satria Muda Mahaka. Nama mahaka sendiri diambil dari nama yayasan sponsor pertama untuk tim bola basket Satria Muda.

Satria Muda pertama kali mengikuti turnamen pada tahun 1993. Ketika itu nama IBL masih disebut Kobatama.

Lima tahun kemudian setelah kemunculan pertamanya dalam Liga Bola Basket Indonesia, Satria Muda Mahaka memenangkan juara untuk pertama kalinya.

Kemudian pada tahun 2003, Satria Muda masuk dalam Indonesian Basketball league [IBL]. Setelah masuk dalam IBL,BritAma menjadi sponsor utama tim ini.

Masuknya sponsor ini, membuat tim berubah nama menjadi Satria Muda BritAma.

Setelah kesuksesannya dalam bermain basket. Muncul sponsor baru dari Pertamina pada tahun 2015. Sehingga, sekarang nama klub tersebut adalah Satria Muda Pertamina. Nama tersebut diganti setelah Pertamina menjadi sponsor utama.

Baca Juga: 

Prestasi

Klub ini menjadi salah satu klub yang diburu sponsor karena telah memenangkan beberapa pertandingan bola basket. Satria Muda pernah memenangkan gelar domestik pada tahun 2004, 2006, 2008 dan terakhir 2009.

Dan pada tahun 2008. Satria muda memenangkan piala SEABA Champions. Kemenangan ini diperoleh setelah mengalahkan Harbour Center Batang Pier dan Asean Basket Powerhouse Filipina.

Pada tahun 2006, Satria Muda juga memenangkan turnamen Liga Bola Basket Indonesia sekaligus  juara kedua untuk Kompetisi Bola Basket Sister City di Jakarta.

Ketika itu, mereka bermain di kandang utama mereka di BritAma Arena.  Letaknya di Mahaka Square di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lapangan ini mampu menampung penonton sebanyak 7000 orang.

Pada tahun 2006 juga. Satria Muda kembali mendapatkan juara di IBL setelah ia menang dari tim Aspac Putra Riau dengan skor 2-0 di final. Format game ketika itu menggunakan sistem the best of three.

Karena tim bola basket ini kuat. Sehingga beberapa pemain dari tim ini melahirkan pemain-pemain yang membela negara Indonesia. Atau bisa kita katakan dengan tim nasional Indonesia untuk bola basket.

Nama-nama pemain Satria Muda yang pernah masuk ke timnas Indonesia adalah Amin Prihantono, Wendha Wijaya, Faisal Julius Achmad, Wendha Wijaya, Dwui Eriano, Rony Gunawan, Wahyu Widayat Jati, Denny Sumargo dan Youbel Sondakh.

#2. Pelita Jaya EMP

Salah satu klub yang masuk dalam IBL Indonesia adalah Pelita Jaya EMP.  Tim ini berbasis di Jakarta seperti Satria Muda Pertamina. Kurang lebih tiga kali tim ini menang dalam kejuaraan Nasional Indonesia atau IBL, selama 25 tahun karirnya mengikuti kompetisi.

Ketika Pelita Jaya EMP dipegang oleh manajemen yang baru. Ketika itu pula prestasinya terus naik dan melonjak. Total dalam kurung waktu lima tahun ke belakang, tim bola basket Pelita Jaya terus mengalami peningkatan.

Baca Juga: Sejarah Berdiri Olahraga Sepak Takraw

#3. Aspac

Klub bola basket selanjutnya pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Klub bola basket profesional ini bernama W88 News Aspac dan termasuk klub yang berkiprah di IBL dengan basis Jakarta.

Pertama kali didirikan pada tahun 1986. Dalam setiap laganya di kompetisi yang diadakan di Indonesia, Aspac selalu menjadi perhatian setiap orang. Terbukti sejak tahun 1987, klub ini telah menjaga tradisi masuk putaran final four sampai sekarang.

Dengan adanya prestasi tersebut, jelas bahwa Aspac adalah team bola basket kuat yang sulit dikalahkan oleh klub-klub yang lain.

Prestasi

Untuk tingkat Nasional

Pada tahun 2000 sampai 2002 Aspac menjadi juara Kobatama dengan Three Point. Kemudia pada tahun 2003 sampai 2005, Aspac menjadi juara IBL Indonesia. Pada tahun 2012 sampai tahun 2013, Aspac kembali menjadi juara IBL Indonesia.

Untuk Tingkat Internasional

  • 1996

Tim aspac pernah menjuarai SEABA atau Asean Basketball League di Surabaya. Kemudian disusul dengan Piala Merlion di Singapura. Di piala ABC Championship di Manila, Aspac masuk peringkat ke lima.

  • 1997

Pada kompetisi ABC Championship di jakarta, Aspac mendapatkan peringkat ketiga.

  • 2001

Aspac kembali menjadi juara Runner UP untuk kompetisi SEABA, di Manila.

  • 2003

Aspac telah menjuarai Sister City Piala Angsapura di daerah Medan. Kemudian mendapatkan peringkat kelima di ABC Championship yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

  • 2004

Aspac masuk dalam Semifinal di Kompetisi Negeri Sembilan, Malaysia Cup

  • 2006

Aspac mendapatkan juara atau peringkat ketiga dalam kompetisi Sister City Basketball Tournament

#4. Muba Hangtuah

Klub basket profesional selanjutnya adalah Muba Hangtuah yang berasal dari Sumatera Selatan. Tepatnya Palembang.

Nama tim basket indonesia ini memang terbilang yang unik, karena memiliki sejarahnya. Klub basket yang masuk dalam Liga Bola Basket Indonesia ini didirikan pada tahun 1995.

Awal berdirinya tim ini adalah hasil dari kerja sama antara Pemkab Muba [Musi Banyuasin], pengurus Provinsi Perbasi Sumsel dan Yayasan Hangtuah Indonesia. Sehinga nama klub ini adalah Muba Hangtuah.

Muba Hangtuah adalah klub bola basket yang di bina dan dibentuk atas inisiatif H. Alex Noerdin yang ketika itu masih menjabat sebagai Bupati Muba. Nama tersebut juga diberi oleh beliau.

Klub basket yang ketika itu membawa nama Muba untuk bertanding di Liga Bola Basket Indonesia dan daerah Sumsel khususnya. Kemudian berubah menjadi Hang Tuah Sumsel Indonesia Muda [ Hang Tuah Sumsel IM ].

Baru kemudian diganti kembali menjadi Hang Tuah Sumsel atau HTS saat masuk dalam pertandingan IBL tahun 2016.

Inilah dia beberapa pemain yang berhasil menjadi pemain profesional dari klub basket. Ada Chandra Nurhadi, Hapsak Merdeka Putra, Adhitiya Tuhangono, Robert Santo Yunarto dan masih banyak lagi pemain profesional lainnya.

Hangtuah Sumsel atau HTS kini dilatih oleh Paul Mario Sanggor.

#5. CLS Knights

Untuk klub selanjutnya yang tergabung dalam IBL indonesia atau Liga Bola Basket Indonesia adalah CLS Knights. Nama ini dulunya adalah CLS Good Day dan CLS singkatan dari Cahaya Lestari Surabaya.

CLS Knights adalah Klub bola basket yang berbasis di Surabaya. Sebelumnya CLS didukung oleh sponsor utama Good Day. Sehingga nama klub ini adalah CLS Good Day. CLS kemudian mengganti nama menjadi CLS Knights pada tahun 2008.

CLS memiliki Manajer Ming Sudarmono dan pelatih Hendro Wibisono pada kompetisi IBL 2007. Saat itu nama klubnya adalah CLS Good Day.

Pemain andalan dari klub CLS ini adalah Agustinus Indrajaya dan Charly Affandi. Kemudian Simon Wong menjadi pelatih CLS pada tahun 2008.

Dari hasil pelatihannya tersebut, CLS melahirkan rookie terbanyak diantara klub-klub yang lain di IBL ketika itu. Rookie yang dihasilkan dari klub ini sebanyak tujuh orang.

#6. Garuda Bandung

Garuda Bandung adalah salah satu klub bola basket profesional yang masuk dalam kompetisi IBL Indonesia. Klub ini didirikan pada tahun 1991 oleh Lilian Wijaya.

Klub basket ini telah masuk dalam divisi tertinding Perbasi sejak 1994. Sejak tahun 1994, Garuda Bandung telah menjadi langganan babak final.

Tim ini telah memasuki babak final kurang lebih tujuh kali. Selama masuk babak final, tim ini telah meraih tiga kali gelar juara pada tahun 1994,1997, dan 1998.

Garuda juga telah masuk menjadi Runner up 4 kali pada tahun 1995, 1996, 2000 dan terakhir 2008.

Klub ini juga telah mengalami beberapa perubahan nama yang disebabkan oleh sponsor sejak tahun 1994. Mulai dari Hadtex Indosyntec, lalu menjadi Pansia Indosyntec, lalu Panasia Senatama, Garuda Bandung, dan terakhir menjadi Garuda Flexi Bandung.

Nah, itulah beberapa nama tim bola basket Indonesia yang populer dan berkiprah di IBL (Indonesian Basketball League)). Apakah klub favoritmu termasuk daftar di atas? Atau mungkin kamu punya tim favorit lain?

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: NurchalimahSource Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia