BlogPemilik PropertiDesain HunianIngin Membangun Taman? Ada 8 Inspirasi Taman Klasik Depan Rumah yang Oke Lho! 
0
0

Ingin Membangun Taman? Ada 8 Inspirasi Taman Klasik Depan Rumah yang Oke Lho! 

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sejak dulu, banyak sekali rumah bergaya klasik yang amat indah dipandang mata. Tak heran jika banyak orang yang ingin membangun rumah bergaya klasik. Tak terkecuali taman model klasik yang terletak di depan rumah.

Apakah Pins salah satu orang yang menyukai hal-hal berbau klasik? Jika iya, Pins dapat mencermati berbagai inspirasi dekorasi taman klasik yang akan dibahas pada artikel ini. Mari mulai membahas berbagai inspirasi tersebut berikut ini.

Baca juga: 7 Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah

Berbagai Ide Taman Klasik Depan Rumah

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Untuk membuat taman yang bergaya klasik, terdapat delapan inspirasi mengenai isi taman yang bisa kamu tiru. Mulai dari bentuk tanamannya, hingga berbagai hiasan tambahan yang fungsional, seperti area tempat duduk atau guci tempat bunga. Simak selengkapnya disini.

Pemotongan Tanaman Bentuk Kotak

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Ciri-ciri utama dari taman bergaya klasik dilihat dari bentuk tanamannya. Tanaman yang berbentuk kotak merupakan salah satu kekhasan dari taman klasik. Selain itu, tanaman kotak tersebut biasanya ditata mendekati pagar taman.

Tak hanya mengenai estetika, namun tanaman yang berbentuk kotak ini juga dinilai mudah untuk dirawat. Namun, untuk membuatnya lebih berwarna, Pins dapat menggunakan kreatifitas Pins untuk mengotak-atiknya. Seperti menambahkan bunga mawar.

Ada pula berbagai tanaman berwarna cantik yang dapat Pins tanam di area taman yang berbentuk kotak ini. Bunga-bunga cantik seperti lavender, duranta, atau abelia juga dapat menjadi pilihan menarik untuk Pins yang tertarik untuk membangun taman klasik.

Jadi, membuat taman bergaya klasik tidak hanya melulu soal estetika. Namun Pins juga mampu berkontribusi lebih, karena tanaman akan lebih mudah untuk dirawat apabila model taman dibuat seperti ini.

Memiliki Hamparan Tanaman Sepanjang Jalan

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Selanjutnya, model taman bergaya klasik depan rumah biasanya memiliki hamparan yang penuh tanaman sepanjang tapak. Hamparan tanaman ini merupakan ciri khas kedua dari taman bergaya klasik, sehingga akan jauh terlihat asri daripada model taman lainnya.

Taman dengan model demikian juga akan sangat menghibur tamu yang sedang berkunjung ke rumah Pins. Bagaimana tidak, tamu akan menjadi berfokus pada tanaman yang asri pada taman bergaya klasik tersebut. Apalagi taman luas seperti itu akan memiliki banyak bunga.

Oleh karena itu, Pins dapat benar-benar memikirkan jenis tanaman yang akan Pins tanam di taman klasik. Pins dapat memilih tanaman dengan berbagai warna, tidak perlu tanaman yang memiliki warna yang terlalu monoton. Bahkan, Pins dapat memilih warna mencolok.

Sebab warna mencolok atau kontras dapat mencuri perhatian lebih banyak lagi. Pins juga tidak perlu memikirkan tanaman dengan tinggi yang sama persis. Justru dengan menghias taman menggunakan bunga-bunga tinggi dan pendek akan terlihat harmonis.

Memiliki Kursi Taman

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Selain memiliki tanaman yang berbagai macam, biasanya taman klasik juga menghadirkan kursi taman yang nyaman. Kursi ini dapat menjadi spot bagus yang bisa tamu Pins nikmati. Pins dapat memilih kursi kayu panjang dengan sandaran yang nyaman.

Pins dapat menggunakan jenis kursi taman yang panjang, atau gazebo. Untuk beberapa orang, mungkin gazebo menjadi pilihan bagus, sebab akan memudahkan orang untuk bersantai tanpa terkena terik matahari langsung. 

Biasanya gazebo juga akan dilengkapi dengan colokan listrik, sehingga memudahkan orang untuk mengisi daya baterai ponsel. Dengan demikian, tamu tidak akan kebingungan lagi, dan tetap dapat menikmati suasana taman dengan rileks.

Namun, Pins harus betul-betul mempertimbangkan lokasi tempat duduk ini. Sebab, tempat duduk yang berada di taman ini memiliki tujuan utama, yaitu agar orang dapat menikmati suasana taman secara utuh. Pins dapat meletakkannya di sudut taman yang paling baik.

Selain gazebo dan juga kursi taman, Pins juga memiliki opsi untuk menghadirkan ayunan. Sehingga, orang dengan berbagai usia pun dapat menikmati taman yang penuh dengan tanaman asri ini.

Mampu Dinikmati Penghuni dan Orang Lain

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Karena taman dengan gaya klasik selalu tampak terbuka, tentu saja taman model ini akan sering dinikmati tamu juga. Jadi, jangan biarkan terdapat tembok beton antara rumah utama dengan taman yang ada di depannya. 

Dengan demikian, orang yang bertamu di dalam rumah pun masih dapat merasakan indahnya taman yang terletak di depan rumah. Dan tak hanya orang lain atau tamu, namun penghuni rumah pun dapat sesekali melihat ke arah luar untuk menikmatinya.

Asyik juga, bukan, memiliki taman dengan konsep klasik di depan rumah? Semua orang dapat menikmatinya, sekaligus mengagumi keindahannya, walaupun mereka berada di dalam rumah.

Baca juga: 9 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah yang Indah dan Hijau

Adanya Ornamen

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Aspek kelima yang biasanya ada pada taman bergaya klasik adalah adanya guci di taman tersebut. Biasanya, ornamen guci tersebut akan pemilik letakkan di salah sudut taman. Terkadang ada orang yang memfungsikan guci tersebut sebagai vas bunga.

Namun, apabila Pins menghendaki agar guci tersebut hanya berfungsi sebagai hiasan, tak apa-apa. Guci akan tetap terlihat sisi estetiknya, sehingga Pins dapat menjadikan guci sebagai apa saja. 

Bahkan ada pula orang yang membuat guci di taman sebagai air mancur. Ide itu juga dapat Pins aplikasikan pada taman klasikmu, lho. Tanpa Pins sadari, guci memiliki banyak fungsi menarik yang dapat Pins aplikasikan.

Dengan demikian, taman klasikmu akan terlihat lebih ‘hidup.’

Dekorasi Paving yang Oke

Source : Freepik

Taman tidak melulu merupakan hamparan rumput. Kamu dapat menjadikan tamanmu mudah untuk dibuat akses jalan. Untuk itu, kamu juga memiliki opsi untuk mengubah hamparan rumput menjadi lantai atau paving.

Pins dapat membangun paving tersebut dengan material menarik, misalnya batu alam atau bata dan kayu. Dengan begitu, desain taman yang artistik nan indah bisa kamu dapatkan. Dan taman pun dapat menjadi multifungsi.

Konsep Jalan Bebatuan

Source : Freepik

Aspek berikutnya yang sering diaplikasikan pada taman bergaya klasik adalah adanya penataan batu untuk jalan setapak. Tidak hanya untuk jalan setapak, namun juga untuk dekorasi. Pins dapat mengombinasikannya dengan berbagai jenis material batu-batuan.

Dengan menjadikan bebatuan sebagai jalan setapak, desain tamanmu akan semakin menarik. Oleh karena itu, Pins dapat mempertimbangkan memilih berbagai jenis batu dan menjadikannya sebagai dekorasi atau paving.

Mudah Diakses 

taman klasik depan rumah
Source : Freepik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, akan lebih baik jika model taman klasik mudah untuk kamu akses. Oleh karena itu, Pins harus mempertimbangkan untuk membangun taman klasik di depan rumah daripada di belakang rumah.

Dengan begitu, apabila kamu mengadakan acara dengan konsep outdoor, kamu akan dengan mudah menata dan mengaksesnya. Selain itu, maintenance taman dan kolam juga dapat kamu lakukan dengan mudah apabila lokasi taman berada di depan.

Jadi, apakah Pins siap untuk membangun taman klasik bergaya Eropa di depan rumah? Pins dapat mempraktikkan beberapa inspirasi yang telah dijelaskan diatas.

Baca juga: 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan di Cluster Asera Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download