BlogPemilik PropertiFinansialCara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan, Apa Bisa?
0
0

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan, Apa Bisa?

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara menabung 10 jutatop-right-banner

Bagaimana cara menabung 10 juta? Pertanyaan ini mungkin kerap terlintas di pikiranmu saat membutuhkan dana untuk membeli sesuatu, baik itu kebutuhan maupun keinginan. Pasalnya, kamu bisa menabung 10 juta dalam 3 bulan saja lho, Pins!

Menabung merupakan hal yang cukup sulit dan tidak selalu bisa dilakukan oleh semua orang. Alasannya, tidak selalu karena kurangnya pendapatan yang dimiliki ataupun banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan.

Tentunya, ada beberapa faktor eksternal maupun internal yang bisa menyebabkanmu gagal menabung. Untuk bisa mewujudkan nominal tabungan yang kamu inginkan, simak yuk cara menabung 10 juta dalam 3 bulan berikut ini!

Baca juga: Perbedaan Deposito dan Tabungan yang Perlu Diketahui

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

Source : Pexels

Berbicara tentang menabung sebenarnya tidak hanya tentang menyisihkan uang saja. Dalam proses menabung, kamu akan dihadapi berbagai godaan yang mungkin akan membuatmu harus mengocek tabungan yang sudah kamu simpan.

Sehingga, rasanya akan sangat sulit mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu. Pastinya Pins tak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk menghindarinya, cobalah terapkan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan ini!

Ketahui Tujuan Tabungan

Tahap pertama yang harus kamu lakukan sebagai cara menabung 10 juta dalam 3 bulan adalah dengan mengetahui tujuan tabungan. Jika kamu sudah mengetahui apa tujuan dari tabungan tersebut, secara tidak langsung kamu akan lebih termotivasi selama menabung.

Catat Pengeluaran Bulanan

cara menabung 10 juta
Source : Moneysavingexpert.com

Setelah mengetahui tujuan dari tabungan yang akan kamu sisihkan, mulailah mencatat pengeluaran bulanan yang kamu perlukan. Perlu dicatat bahwa tahap ini harus dilakukan secara detail agar proses menabungmu tidak terganggu oleh pengeluaran darurat yang muncul secara tiba-tiba.

Baca juga: Pengeluaran Paling Besar Gen Milenial dan Gen Z setiap Bulan

Tentukan Prioritas Keuangan

Jika dirasa pengeluaran bulananmu cukup tinggi, cobalah untuk membuat skala proritas keuangan. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa lebih mensortir pengeluaran apa saja yang tidak penting dan budget apa saja yang masih bisa dikurangi. Sehingga, kamu bisa mengurasi pengeluaran bulananmu dan mengalihkannya ke tabungan tersebut.

Cari Pendapatan Tambahan

cara menabung 10 juta
Source : germanystudentscommunity.com

Setelah melewati tahap di atas, mungkin kamu merasa stuck dan sudah tidak bisa mengurangi budget apapun dari pengeluaran bulanan tersebut. Jika demikian, cobalah untuk mencari pendapatan tambahan dengan memulai kerja sampingan sesuai skill yang kamu miliki.

Buat Rincian Iuran Tabungan

Jika Pins merasa sudah bisa menyisihkan sebagian uang dari pendapatan bulanan, Pins bisa mulai membuat rincian iuran tabungan yang akan dibayarkan. Dalam hal ini, kamu bisa mengatur waktu menabung sesuai dengan keinginanmu. Baik itu per hari, per minggu, atau bahkan per bulan.

Sebagai contoh, jika target uang yang ditabung adalah 10 juta dan kamu ingin mengumpulkannya dalam 3 bulan. Maka kamu bisa buat rincian iuran tabungan, yaitu Rp10.000.000 : 3 bulan = Rp3,4 juta per bulan.

Sementara jika Pins ingin membayarkan iuran tabungan per minggu dalam 3 bulan, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • 1 bulan = 4 minggu, maka 3 bulan x 4 minggu = 12 minggu
  • Rp10.000.000 : 12 minngu = sekitar Rp840 ribu per minggu

Begitu pun jika Pins ingin membayarkan iuran tabungan per hari dalam 3 bulan, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • 1 bulan = 30 hari, maka 3 bulan x 30 minggu = 90 hari
  • Rp10.000.000 : 12 minngu = sekitar Rp112 ribu per hari

Baca juga: Cara Buka Rekening CIMB Niaga dan Jenis Tabungannya

Pilih Metode Tabungan

tips menabung cepat
Source : Pinterest

Setelah membuat rincian iuran tabungan, pilihlah metode tabungan yang kamu sukai. Dalam tahap ini kamu bisa memilih antara menabung uang cash secara konvensional melalui tabungan, atau menggunakan metode tabungan deposito di bank.

Sebaiknya, hindarilah menggunakan metode investasi untuk tabungan jangka pendek. Namun, jika kamu ingin membuat jangka waktu menabung yang lebih panjang, mungkin produk investasi reksadana bisa menjadi pilihan tepat untukmu.

Baca juga: Berniat Investasi? Cek Cara Daftar Reksadana BCA dan Jenis Produknya Ini

Catat Pertumbuhan Tabungan

Selama proses menabung, pastikan kamu selalu mencatat pertumbuhan tabungan. Selain untuk mengetahui jumlah tabungan yang sudah terkumpul, langkah ini juga bisa membantumu untuk lebih termotivasi selama menabung.

Terapkan Pola Hidup Hemat

cara menabung 10 juta
Source : Shutterstock

Nah, langkah yang terakhir ini merupakan tips terpenting dalam menabung. Jika kamu ingin sukses menabung, terapkanlah pola hidup yang hemat dan tidak berlebihan. Pasalnya, banyak orang gagal saat menabung karena tidak bisa menahan diri untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

Metode cara menabung 10 juta dalam 3 bulan di atas bisa kamu terapkan untuk menabung dengan nominal berapa pun, baik lebih kecil maupun lebih besar. Kamu hanya perlu mengubah rincian iuran tabungan yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

Kunci kesuksesan menabung adalah konsistensi dan ketekunan yang tinggi. Dengan begitu, Pins bisa mewujudkan nominal tabungan yang ditargetkan di awal. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Green Kedaton dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download