BlogPemilik PropertiFinansialCara Menabung di Jenius dan Jenis Tabungannya
0
0

Cara Menabung di Jenius dan Jenis Tabungannya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
nabung di jeniustop-right-banner

Menyimpan uang kini semakin mudah dan banyak pilihannya. Akhir-akhir ini, kegiatan menabung semakin didukung dengan hadirnya layanan digital banking. Salah satu layanan digital banking yang cukup populer yaitu Jenius. Cara menabung di Jenius juga terbilang cukup mudah.

Pada dasarnya, layanan perbankan online kini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Melalui layanan tersebut, berbagai kegiatan perbankan lebih mudah dilakukan tanpa harus datang ke bank. Nasabah tak perlu datang ke kantor cabang.

Cukup menggunakan perangkat yang terkoneksi ke internet, nasabah sudah bisa melakukan berbagai transaksi. Aplikasi Jenius yang diluncurkan oleh Bank BTPN merupakan salah satu jenis layanan perbankan berbasis internet.

Sama seperti layanan digital lainnya, Jenius juga menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Namun, Pins mungkin bertanya, apakah nabung di Jenius aman? Yuk, simak penjelasannya lengkap tentang tabungan dan cara menabung di Jenius berikut ini!

Baca juga: Strategi Menabung Untuk Membeli Rumah Pertama

Apa Itu Jenius BTPN?

nabung di jenius
(Finansialku)

Jenius adalah aplikasi mobile banking yang dibuat oleh Bank BTPN. Aplikasi ini diluncurkan sebagai bentuk inovasi di dunia keuangan karena berbagai fitur yang ditawarkan. Calon nasabah bisa dengan mudah mendaftarkan dirinya melalui aplikasi dan langsung bisa terdaftar sebagai pengguna layanan Bank BTPN.

Pins akan mendapatkan nomor rekening Jenius serta dua jenis kartu yaitu m-card dan e-card. Kartu fisik bisa dibuat secara langsung di booth Jenius atau dikirimkan ke alamat nasabah. Sedangkan kartu elektronik bisa dilihat melalui aplikasi. Tidak hanya itu, keduanya merupakan kartu VISA sehingga bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Pengguna Jenius tentu juga bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi tersebut. Nasabah bisa menabung, mengirimkan uang, melakukan top up, dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga fitur moneytory untuk melacak pengeluaran yang telah dilakukan.

Baca juga: Mengetahui Kode Bank BTPN dan Keuntungan Memakai Jenius

Jenis Tabungan Jenius

nabung di jenius
(Jenius)

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Jenius yaitu adanya berbagai pilihan tabungan yang bisa digunakan oleh satu pengguna. Nasabah bisa membagi uangnya ke tabungan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Berikut ini 3 tabungan yang tersedia.

Flexi Saver

Tabungan pertama yang bisa digunakan oleh nasabah Jenius yaitu Flexi Saver. Jenis tabungan ini berfungsi sebagai penyimpanan dana yang Pins miliki. Sesuai dengan namanya, tabungan ini sifatnya fleksibel sehingga bisa ditarik dan ditambah sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dream Saver

Dream Saver merupakan tabungan digital dari Jenius yang akan membantu Pins untuk meraih impian. Misalnya, Pins memiliki target untuk membeli gadget baru dengan harga Rp20 juta. Tabungan ini kemudian akan melakukan auto debet atau penarikan langsung sesuai komitmen dari saldo Jenius milik Pins. 

Maxi Saver

Jenis tabungan yang ketiga, yaitu Maxi Saver. Tabungan ini merupakan deposito yang disediakan oleh Jenius. Pins cukup melakukan setoran minimal Rp10 juta dan sudah bisa membuka deposito di aplikasi ini.

Baca juga: 9 Keuntungan Menabung di Tabungan BRI Simpedes

Cara Menabung di Jenius dengan Aman

nabung di jenius
(Efenerr)

Saat seseorang memutuskan untuk nabung di Jenius, salah satu hal  yang menjadi pertimbangan yaitu keamanannya. Perbankan digital memang menguntungkan namun terkadang keamanan penggunanya masih sering dipertanyakan.

Pihak bank tentunya sudah berusaha menyediakan sistem yang paling aman. Namun, ada baiknya jika dari pihak nasabah juga ikut berusaha untuk menjaga keamanan akun miliknya sendiri. Berikut ini cara menabung di Jenius dengan aman yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: 7 Tips Menabung Cepat yang Efektif Dilakukan

Gunakan Username dan Password yang Berbeda

Tidak jarang orang menggunakan username dan password yang sama untuk semua akun yang dimiliki. Hal ini menjadi pilihan ketika seseorang ingin lebih mudah mengingat informasi akun miliknya.

Jika Pins ingin akun Jenius yang dimiliki lebih aman, sebaiknya hindari hal tersebut. Sebisa mungkin buat username dan password yang berbeda dari akun lainnya. Apabila akun lainnya mengalami pembobolan atau pencurian data, akun Jenius milik Pins akan tetap aman.

Ganti Password Secara Rutin

Selain menggunakan username dan password yang berbeda dengan akun lainnya, pastikan juga Pins rutin mengganti kata sandi Jenius. Pihak Jenius sendiri juga merekomendasikan nasabah untuk melakukan hal ini setidaknya setiap enam bulan sekali.

Sering mengganti password memang terdengar merepotkan namun cara ini terbukti berhasil melindungi rekening digital nasabah. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan cara ini yaitu Pins harus mencatat atau mengingat password baru yang telah dibuat.

Baca juga: Ini Dia Cara Menggunakan KlikBCA Bisnis dan Tips Amannya

Gunakan Fitur Notifikasi untuk Transaksi

Jenius memiliki fitur pemberitahuan untuk setiap transaksi atau aktivitas perbankan yang dilakukan oleh penggunanya. Pemberitahuan ini akan dikirimkan melalui email atau SMS.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Aktivasinya bisa dilakukan melalui profil dan pada tab pengaturan. Melalui tab tersebut, pengguna kemudian bisa mengatur jenis pemberitahuan yang ingin diaktifkan.

Manfaatkan e-Card Jenius

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jenius memberikan dua jenis kartu kepada nasabahnya yaitu e-card dan m-card. Saat melakukan transaksi online, Pins bisa memanfaatkan kartu elektronik yang dimiliki. Apabila terdeteksi adanya penyalahgunaan kartu, Pins bisa langsung memblokir kartu tersebut.

Baca juga: Daftar Terlengkap Kode Bank BUMN dan Swasta di Indonesia

Catat Nomor Customer Service Jenius

Setiap bank sudah menyediakan layanan customer service untuk membantu nasabahnya. Apabila Pins khawatir terjadi berbagai hal terkait akun Jenius, bisa mencatat nomor customer service milik bank ini. Nomor ini akan berguna apabila Pins butuh layanan yang cepat seperti misalnya pemblokiran kartu.

Nabung di Jenius memudahkan banyak orang untuk melakukan transaksi perbankan sekaligus menyimpan uang. Supaya lebih aman, jangan lupa untuk mengikuti cara menabung di Jenius dengan aman di atas ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami 8 Park Soreang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download