Pinhome

Intip Rumah Jokowi di Solo dan Bogor: Nuansa Jawa Banget!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 2 August 2022 ∙ 6 menit membaca

Siapa yang tidak kenal dengan Bapak Joko Widodo? Beliau adalah Presiden Indonesia ke-7 yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Setelah lulus dari Universitas Gajah Mada, Presiden yang kerap disapa Pak Jokowi ini membuka dan menekuni usaha mebel. Pada tahun 2005, beliau diangkat menjadi Wali Kota Surakarta, dan dari sana, sepak terjangnya di dunia politik dimulai.

Oleh karena kinerjanya yang baik serta pribadinya yang sederhana, Jokowi mulai dilirik oleh masyarakat luas dan menjadi sorotan media. Akhirnya beliau berhasil menjadi presiden pada tahun 2012 silam hingga saat ini.

Kesederhanaan Pak Jokowi ternyata juga tercermin dari kediamannya. Apakah Pins tahu, Pak Jokowi dan Ibu Iriana dulu membeli tanah sebesar 200 m2 dengan cara mencicil, lho!

Seperti apa ya hunian Pak Jokowi saat ini? Yuk kita intip kediaman Pak Jokowi dan Ibu Iriana di Solo dan Istana Bogor yang kental dengan nuansa Jawa ini!

Baca Juga: 7 Tampilan Rumah Mak’e Soimah, Ada Di Jakarta dan Di Jogja, Lho!

Rumah di Solo

(Lifepal)

Rumah di Solo merupakan rumah yang pertama kali dimiliki oleh Pak Jokowi dan Ibu Iriana. Lokasinya berada di Jl. Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah.

Sebelum menjadi seindah saat ini, dulu Jokowi dan keluarganya hanya mengontrak rumah yang dulu berada di lokasi saat ini. Fasilitasnya pun sangat sederhana, dilengkapi dengan dua kamar mandi dan sati kamar tidur.

Saat ini, rumah beliau di Solo tentunya sudah menjalani banyak pengembangan dan renovasi. Berikut beberapa potret kediaman rumah Jokowi di Solo.

Kental dengan Nuansa Jawa

(Youtube-Presiden Joko Widodo)

Satu kata untuk menggambarkan rumah Jokowi di Solo adalah, sederhana. Ya, konsep itu yang tampaknya ingin ditonjolkan oleh Pak Jokowi.

Desain rumah mengadopsi gaya arsitektur tradisional khas Jawa, sehingga tidak banyak variasi yang dibuat oleh Pak Jokowi,

Perabotan rumah pun dipilih yang bergaya tradisional untuk menonjolkan nuansa Jawa yang kental di rumah.

Kesederhanaan inilah yang membuat hunian Pak Jokowi dan Ibu Iriana makin teduh dan nyaman untuk ditinggali. Terutama untuk Pak Jokowi beristirahat setelah bertugas sebagai pemimpin negara.

Taman yang Asri

(Solo)

Saat ini, hunian Pak Jokowi dan Ibu Iriana sudah seluas 700 m2. Setelah membangun rumah, sisa lahan yang luas itu ditransformasikan menjadi taman yang asri dan hijau.

Sejauh mata memandang, area taman tersebut dihiasi oleh banyak pepohonan yang beragam seperti Tanduk Rusa, palem, dan tanaman dalam pot lainnya.

Taman depan juga memiliki akses untuk menuju ke teras depan. Biasanya Pak Jokowi dan Ibu Iriana menghabiskan waktunya untuk membaca surat kabar ataupun majalah sambil bersantai di area ini.

Pak Jokowi juga memiliki hobi untuk memelihara burung sehingga terdapat banyak kandang burung yang ada di taman, lho! Selain itu, saat malam, beliau dapat mendengarkan suara kodok dan jangkrik. Hal ini menjadi suasana yang dinanti oleh Pak Jokowi dan Ibu Iriana menjelang malam. Unik, ya!

Minim Perabotan

Pak Jokowi tidak suka menumpuk barang dan hanya memilih untuk menyimpan yang penting saja. Begitu halnya dengan perabotan dalam rumah beliau.

Meskipun begitu, rumah Jokowi memiliki banyak perabotan besar yang antik dan bergaya tradisional. Beberapa diantaranya seperti rak buku besar kayu, serta meja dan kursi dari kayu dengan corak ukiran.

Menurut beliau, dengan menata rumah seperti saat ini, ART pun akan lebih mudah untuk membersihkan rumah dan akan terasa lebih luas.

Baca juga: 10 Potret Rumah Alshad Ahmad, Harganya Bikin Melongo!

Rumah di Istana Bogor

(Radar Sukabumi)

Main ke Bogor, ternyata Pak Jokowi juga memiliki hunian di Kota Hujan ini. Ya, tepatnya ada di belakang Istana Bogor yang bernama Paviliun Bayurini.

Pak Jokowi mengaku lebih senang dan nyaman untuk tinggal di rumah yang lebih kecil. Paviliun Bayurini ini sudah dihuni oleh Pak Jokowi 4 bulan setelah beliau menjadi presiden hingga saat ini.

Teras Rumah yang Luas

(Youtube-Atta Halilintar)

Sebelum memasuki dalam rumah, terdapat area teras yang luas. Area ini digunakan untuk bersantai sembari duduk dan melihat pemandangan hamparan taman yang luas.

Perabotan menggunakan model tradisional dan dihias oleh beberapa tanaman dalam pot yang kecil. Memberi kesan alami dan hijau.

Terdapat juga lampu gantung yang megah pada langit-langit. Dapat digunakan sebagai penerangan saat malam atau gelap.

Dominasi Warna Putih

(Youtube-Atta Halilintar)

Bagian dalam rumah Pak Jokowi bisa langsung terlihat dominasi warna putih pada cat dinding dan tegel lantai. Ilusi warna putih memberikan kesan rumah yang bersih dan lebih luas.

Area bagian depan berdekatan dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Pada ruangan ini, tidak ada sekat pemisah sehingga ruangan tampak lebih luas.

Beberapa ornamen dalam rumah berwarna merah, seperti karpet bawah meja dan karpet panjang yang menuju ke ruangan belakang. Kontras merah dan putih merupakan simbolis dari bendera Indonesia.

Dilengkapi Dua Kamar Saja

“Sudah sangat cukup!”

ujar Ibu Iriana pada sebuah wawancara TV.

Area paviliun, tempat dimana Pak Jokowi dan keluarga, tinggal, berukuran kecil dan hanya terdiri dari dua kamar saja. Dua kamar tersebut yakni merupakan kamar utama dan kamar tamu.

Jika terdapat sanak saudara atau cucu Pak Jokowi sedang berkunjung, maka akan menempati kamar tamu. 

Nuansa kamar sangat sederhana dan tradisional dengan cat warna putih dan perabotan kayu berukiran gaya tradisional. Lantai marmer paduan abu-abu dan krem juga menegaskan kesan sederhana namun mewah.

(Youtube – Najwa Shihab)

Pada bagian luar, terdapat sejumlah meja dan kursi yang digunakan untuk kumpul keluarga sembari bercengkerama, nonton TV, dan makan. Mainan Jan Ethes juga dapat terlihat pada beberapa sudut paviliun.

Taman Rusa dan Peternakan Kambing

(Medcom)

Uniknya kediaman Pak Jokowi di Istana Bogor adalah adanya banyak rusa dan peternakan kambing. Lokasi hunian yang berdekatan dengan pemukiman warga, membuat rusa menjadi hiburan dan pemandangan indah bagi para penduduk Kota Bogor.

Selain rusa, Pak Jokowi juga memiliki peternakan kambing yang berlokasi di belakang rumah. Peternakan kambing membuat suasana istana menjadi lebih hidup dan masyarakat dapat berinteraksi dengan lingkungan istana!

Gimana Pins? Unik dan menarik bukan kediaman Pak Jokowi yang sederhana namun memiliki nuansa kebudayaan Jawa yang kental. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu yang mau mendesain rumah mirip Pak Jokowi, ya!

Baca juga: Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia