Blog›Pemilik Properti›Finansial›10 Daftar Reksa Dana yang Bagus untuk Pemula
0
0

10 Daftar Reksa Dana yang Bagus untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Reksadana saham mendominasi sebagai instrumen reksa dana yang bagus yang memiliki kinerja terbaik selama 2022. Positifnya performa reksadana saham ini berkaitan dengan kondisi pasar saham dalam negeri yang membaik. Tercatat pada IHSG atau indeks harga saham gabungan memberikan return 6,98% YTD atau year to date per 30 September. 

Selain itu, indeks LQ45, salah satu indeks favorit yang dijadikan acuan reksadana, mencetak pertumbuhan sampai 8,60%. Dengan kinerja reksadana yang baik ini, kamu jadi bisa memilih reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi. Pastinya kamu juga perlu memahami reksa dana yang bagus. Ke-10 diantaranya tersaji dalam ulasan Pinhome berikut!

Daftar Reksa Dana yang Bagus

Source : Freepik

Pada dunia investasi, reksa dana jadi salah satu instrumen yang banyak peminat, karena berbagai keunggulan. Misalnya, pilihan produk yang beragam dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan investornya. 

Contohnya kamu dapat memilih reksa dana saham bila ingin dapat produk yang bisa memberikan keuntungan tinggi bagi aktivitas investasi jangka panjang. Namun, untuk kamu yang masih bingung menentukan produk investasi reksa dana yang bagus, simak produk rekomendasi yang pas dan sesuai untuk investor pemula ini.

Sucorinvest Maxi Fund

Source : Moneter

Rekomendasi reksadana yang pertama adalah Sucorinvest Maxi Fund yang dalam 5 tahun belakangan, return yang sanggup diberikan lebih dari 68 persen. Nilai ini bisa dikatakan cukup besar bila dibandingkan dengan reksadana lainnya. Dengan total dana kelolaan hingga 260 miliar Rupiah, investor dapat menanam modal di produk ini mulai dari 100 ribu Rupiah saja. 

Manulife Saham Andalan

Source : Bibit

Setelahnya ada produk RDS dengan nama Manulife Saham Andalan yang dalam 5 tahun terakhir sanggup meraih nilai pertumbuhan mencapai 36 persen. Dengan total dana kelolaan mencapai 3,13 triliun Rupiah, produk ini jadi salah satu reksa dana yang diminati oleh investor. Untuk minimal pembeliannya sendiri, kamu perlu menyiapkan modal hanya dengan 100 ribu Rupiah saja supaya dapat menjadi investor produk reksa dana ini.

Baca juga: Yuk, Mengenal Trading Mata Uang Asing!

Sucorinvest Sharia Equity Fund

Source : Finansialku

Rekomendasi produk reksa dana ini termasuk produk syariah. Walau begitu, performa dari Sucorinvest Sharia Equity Fund tidak lebih rendah dari reksadana reguler, bahkan lebih baik. 

Dalam waktu 5 tahun terakhir, reksa dana syariah ini dapat mencatatkan perkembangan mencapai 83 persen. Jumlah dana kelolaan pada produk reksadana ini hingga 665 miliar Rupiah, dan investor dapat mulai menanam modal pada produk ini dari 100 ribu Rupiah.

TRIM Kapital

Source : Tempo

TRIM Kapital ini sanggup memberi nilai keuntungan hingga 9,74 persen pada kurun waktu 1 tahun terakhir. Namun, bila mengacu ke jangka waktu YTD atau year to date, pada tahun 2022, total keuntungan yang dihasilkan oleh produk ini yaitu 4,32 persen. Sementara jumlah dana yang dikelola produk ini sekitar 157,24 miliar Rupiah.

Schroder Dana Prestasi Plus

Source : Schroder

Produk reksa dana saham yang satu ini mempunyai nilai AUM yang masif bila dibandingkan dengan produk lainnya. Apa itu AUM? AUM merupakan total nilai aset atau dana kelolaan manajer investasi di sebuah produk reksadana. Itulah mengapa semakin tinggi nilai AUM, maka tingkat kepercayaan terhadap produk juga semakin tinggi.

Per Januari 2022, Schroder Dana Prestasi Plus mendapatkan nilai AUM sebesar 8,93 triliun Rupiah sehingga termasuk menjadi salah satu produk yang banyak diminati investor.

Baca juga: 6 Produk-Produk Pasar Modal yang Perlu Kamu Ketahui

Mandiri Investa Cerdas Bangsa

reksa dana yang bagus
Source : Mandiri Investasi

Urutan ke-6 ada Mandiri Investa Cerdas Bangsa. Produk reksadana saham ini mempunyai nilai AUM yang tidak bisa diremehkan, yakni sekitar 954,5 miliar Rupiah. Dengan nilai AUM yang sangat tinggi, produk ini dapat menorehkan keuntungan investasi senilai 3,61 persen di tahun 2022 bila dilihat secara YTD. Sedangkan pada kurun waktu 1 tahun terakhir, nilai keuntungan yang diberikan oleh produk reksadana saham ini 2,13 persen. 

Batavia Dana Saham

reksa dana yang bagus
Source : Kabar Medan

Rekomendasi reksadana selanjutnya yang juga layak untuk kamu pertimbangkan, yaitu Batavia Dana Saham. Produk ini mempunyai nilai AUM sangat masif sebesar 6,9 triliun Rupiah per Januari 2022. Memiliki nilai AUM yang tinggi, tingkat keuntungan produk ini 2,43 persen dengan perhitungan YTD. Sementara nilai keuntungan satu tahun terakhir produk ini adalah 0,77 persen yang dapat dikatakan kurang menarik.

Manulife Dana Saham Kelas A

reksa dana yang bagus
Source : Bareksa

Produk ini memiliki nilai AUM yang tidak boleh disepelekan, yakni 5,73 triliun Rupiah, Pins! Mempunyai nilai AUM yang masif, investor produk ini bisa mendapatkan keuntungan year to date sebesar 2,3 persen. Sementara untuk setahun terakhir, tingkat profit dari produk investasi ini adalah 1,48 persen.

Baca juga: Apa itu Cut Loss dalam Saham?

TRAM Consumptions Plus Kelas A

reksa dana yang bagus
Source : Finansialku

Pada produk yang mempunyai nilai AUM cukup masif, yakni sebesar 719,8 miliar Rupiah ini, tingkat return yang dapat diterima oleh investor secara YTD year to date yaitu 2,33 persen. Tetapi untuk perhitungan pada satu tahun terakhir, nilai imbal hasil yang diberikan ada pada sekitar 1,54 persen. 

BNI-AM Inspiring Equity Funds

reksa dana yang bagus
Source : BNI Asset Management

Bila masih bingung dalam menentukan pilihan reksa dana saham yang sesuai dengan kebutuhan, kamu dapat mempertimbangkan produk satu ini. Memiliki nilai AUM hingga 1,36 triliun Rupiah, produk ini sanggup memberikan imbal hasil investasi senilai 3,18 persen YTD pada tahun 2022. Sedangkan bagi nilai profit setahun terakhir sebesar 1,78 persen.

Jadi, memilih reksadana tidak bisa sembarangan, Pins! Sebagai produk yang mempunyai tingkat risiko tinggi, pastikan agar memilih reksa dana yang sesuai kondisi keuangan dan kebutuhan. Barulah aktivitas investasi ini dapat berjalan lancar sampai target keuangan jangka panjang bisa diraih.

Baca juga: Apa itu Reksadana Pendapatan Tetap? Yuk Baca Risikonya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nusa Dua Bayview Villas dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download