BlogPemilik PropertiFinansialApa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!
0
0

Apa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
rarity tools adalahtop-right-banner

Sama dengan mata uang crypto atau cryptocurrency, nilai NFT secara garis besar terpengaruh oleh rarity atau tingkat kelangkaan. Rarity tools adalah sebuah cara yang memudahkan kamu sebagai investor atau trader NFT agar dapat mengetahui kelangkaan sebuah NFT.

Supaya dapat mengetahui rarity dari NFT, kamu dapat memakai jenis tools yang bisa mendukung proses tersebut dengan lebih praktis dan mudah. Hal ini penting untuk diketahui oleh trader atau investor aset digital bila berniat untuk mendapat keuntungan dari aktivitas ini dan menjadi dasar pertimbangan saat belum membuat atau membelinya.

Baca juga: Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Mengapa Mengetahui Kelangkaan Aset Digital Itu Penting?

Source : Pexels

Sebelum membahas tentang apa itu rarity tools pada NFT, kamu harus mengerti dulu kenapa mengetahui kelangkaan aset digital itu penting, terutama untuk kamu yang mau mendapatkan keuntungan. Berikut di bawah ini adalah 3 faktor utama mengapa mencari tahu rarity tools NFT itu penting sebelum kamu melakukan pembelian.

Melakukan Diversifikasi NFT

Bila fokus pada prinsip ekonomi, rarity atau kelangkaan terjadi dikarenakan adanya ketimpangan antara angka penawaran dan permintaan. Supaya sanggup menambah angka permintaan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Strategi ini pastinya juga dapat dilakukan untuk penawaran NFT. 

Misalnya dapat dengan meningkatkan utilitas, mutu, atau sifat dari aset digital itu. Oleh karena itu, mengerti tentang kelangkaan NFT dapat mendukung juga ekosistem aset digital secara menyeluruh.

Menambah Harga Jual NFT

Kelangkaan atau Rarity NFT adalah faktor penting dan sangat berpengaruh pada nilai dari jenis aset digital. Selain itu, semakin langka sebuah NFT, angka permintaannya juga pasti akan lebih tinggi dan secara tidak langsung membuatnya semakin likuid. Selain itu juga lebih mudah ketika ingin dijual. 

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, rendah atau tingginya nilai NFT bergantung dengan penuh pada angka permintaannya. Oleh sebab itu, mencari tahu kelangkaan aset digital ini sangat penting, karena sanggup meningkatkan peluang untuk dapat keuntungan lebih maksimal.

Membuat Situasi Pasar NFT Menjadi Baik

Bertambah banyaknya produk yang dijual pada sebuah ekosistem pasar, pasti konsumen lebih tergugah dan tertarik ingin membelinya. Hal ini berlaku juga di pasar NFT, yang mana semakin terdiversifikasi produknya, tambah bervariasi pula tingkat penawaran dan permintaan yang timbul. Secara tidak langsung hal ini dapat bisa jadi daya tarik untuk kolektor atau konsumen yang berminat dalam mengumpulkan aset digital tersebut.

Baca juga: Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Apa Itu Rarity Tools NFT?

rarity tools adalah
Source : CNN Indonesia

Pada prinsipnya, rarity tools adalah sebuah alat yang dapat dipakai oleh kreator NFT dalam mencari tahu tingkat kelangkaan aset digital. Rarity tools NFT dapat digunakan untuk mengetahui dan menentukan rarity score atau peringkat kelangkaan sebuah NFT. 

Menggunakan tools ini, kamu juga dapat membantu kreator dalam menyusun rarity score sesuai dengan nama, harga, koleksi pemilik, dan banyak spesifikasi lain. Tujuannya supaya sanggup memperoleh angka rarity score lebih tinggi dan menambah nilainya di pasar.

Cara Cek Kelangkaan NFT

rarity tools adalah
Source : Freepik

Umumnya ada sejumlah metode yang bisa digunakan dalam menghitung kelangkaan sebuah NFT. Perhitungan ini mencakup penilaian dari rata-rata sifat, sifat yang paling langka, dan menilai kelangkaan memakai data statistik. Namun penilaian ini biasanya berfokus pada keseluruhan dari sifat NFT. 

Baca juga: Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Penggunaan Rarity Tools

Fungsi platform rarity tools adalah menilai total skor kelangkaan dari seluruh angka sifatnya. Kamu bisa menghitungnya dengan rumus rarity score NFT di bawah ini:

Rarity Score for Trait Value = 1/(total item dengan ciri khas tertentu x (1/total item pada koleksi NFT))

Rumus ini tidak cuma memperhitungkan sifat tunggal aset digital, namun juga kelangkaan sifatnya keseluruhan. Oleh sebab itu, rumus ini menjadi cara utama dalam menghitung peringkat kelangkaan pada banyak situs rarity tools NFT.

Tujuan utama dari memakai rarity tools adalah mengetahui tingkat kelangkaan sebuah NFT. Alat ini memiliki algoritma yang dapat menghitung dan menentukan tingkat rarity score sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Kreator aset digital ini biasanya saling berlomba supaya dapat membuat karya dengan rarity score NFT yang tinggi. Hal ini dikarenakan peringkat yang tinggi sanggup meningkatkan harga dan nilai jual sebuah aset digital.

Identifikasi Tren NFT

Tidak cuma memahami rarity score, alat ini juga dapat membantu kreator dalam mengidentifikasi tren yang populer di pasar aset digital. Tahapan identifikasi tren menjadi penting bagi kreator sebab dapat menentukan berapa tinggi minat market pada aset digital yang ingin dipasarkannya. 

Tidak cuma itu, mengikuti tren juga dapat menambah probabilitas dalam memperoleh kesuksesan. Alasannya, sebab proses promosi bisa menjadi lebih mudah dan tidak harus menggebrak pasar melalui tren baru yang pastinya jauh lebih sulit untuk dilakukan, terutama untuk kreator NFT pemula.

Bagaimana, cukup informatif penjelasan mengenai apa itu rarity tools NFT? Semoga dapat membantu Kamu dalam meningkatkan harga dan nilai jual aset digitalmu ya!

Baca juga: Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Tenjo City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download