Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Diperbarui oleh Yurinda Dini ∙ December 8, 2022 ∙ 5 menit membaca

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki peran penting dalam investasi. Dokumen satu ini membantu para investor lebih mudah untuk memahami konsep dari suatu proyek kripto dan menjadi acuan untuk membandingkan satu proyek kripto dengan proyek lainnya.

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai apa itu white paper cryptocurrency, tidak ada salahnya untuk memahami lebih dulu apa sebenarnya definisi dari white paper secara umum, Pins. Jadi, pastikan kamu membaca ulasan ini sampai selesai, ya!

Baca juga: Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Apa Itu White Paper?

(Freepik)

Jadi, apa itu white paper? Ini merupakan dokumen yang berisi informasi tentang latar belakang, konsep, teknologi, road map, dan tujuan dari rencana suatu proyek investasi kepada para investor. Tim proyek dari suatu aset keuangan tertentu menjadi pihak yang membuat dokumen ini.

Biasanya, white paper akan memuat berbagai informasi penting seputar jenis investasi, data statistik, dan diagram sebagai penguat. Tujuan utamanya adalah meyakinkan para investor yang menunjukkan minat dan ketertarikan untuk melakukan investasi terhadap suatu aset finansial. 

Apa Itu White Paper Cryptocurrency?

(Freepik)

Lalu, apa itu white paper cryptocurrency? Ini adalah bentuk dokumen inti yang berisikan berbagai informasi tentang suatu proyek kripto untuk para investor. Michael Stelzner sebagai penulis “Writing White Paper” menyebutkan, white paper kripto menjadi sebuah dokumen yang membahas masalah yang kerap terjadi pada investor kripto. 

Selanjutnya, pada akhir dokumen, para investor akan mendapat solusi yang berupa produk atau proyek kripto. Seperti tertulis dalam Cointelegraph, sebuah white paper setidaknya wajib menuliskan beberapa poin penting berikut ini.

  • Pendahuluan.
  • Penafian atau disclaimer.
  • Daftar isi.
  • Deskripsi pasar dan semua permasalahannya.
  • Penjelasan mengenai produk kripto secara detail dan cara tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul. 
  • Tim yang membuat dan bertanggung jawab terhadap proyek tersebut.
  • Road map yang berisikan rencana pengembangan dari suatu aset kripto

Sementara itu, apabila kamu menelaah lebih lanjut, sebuah white paper setidaknya menjelaskan tiga hal penting berikut ini.

  • Permasalahan dan solusi untuk mengatasinya.
  • Bagaimana peran bisnis dalam penyelesaian masalah tersebut.
  • Bagaimana perkembangan bisnis pada masa mendatang.

Baca juga: Apa itu Staking Crypto? Simak Penjelasan Detailnya!

Fungsi White Paper

(Freepik)

White paper dapat menjadi instrumen penting dari sebuah proyek kripto untuk mendapat kesan yang memiliki legitimasi dan sifat yang lebih profesional. Whiter paper yang tersusun secara rapi, teratur, dan baik akan memiliki tingkat persuasif yang sangat tinggi. 

Sebaliknya, white paper yang tersusun secara acak dan tidak teratur bisa menjadi senjata yang memicu rasa tidak percaya. Lebih jelasnya lagi, white paper dalam kripto memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Acuan untuk para investor. White paper menjadi pedoman untuk para investor mendapatkan banyak informasi sekaligus membandingkan jenis aset kripto sebelum memulai investasi. 
  • Acuan suatu proyek kripto. Bagi proyek baru, white paper berfungsi sebagai pedoman untuk membentuk kepercayaan. Sementara itu, bagi proyek lama, dokumen ini dapat berperan sebagai pencapaian perkembangan suatu proyek dari rencana awalnya.
  • Dasar nilai aset kripto. White paper menjadi suatu instrumen penting untuk menentukan harga dari aset. Perusahaan harus mampu memaparkan rencana masa depan dengan rinci dan sesuai timeline. Selain itu, perusahaan juga harus menjamin bahwa rencana tersebut berjalan lancar sesuai harapan. 
  • Sarana promosi. Tidak banyak yang tahu bahwa white paper dapat berfungsi sebagai sarana promosi. Tak sedikit perusahaan menggunakan dokumen ini untuk menarik minat dan kepercayaan dari para investor. Inilah sebabnya, white paper harus detail dan lengkap. 

Berbagai Contoh White Paper Crypto

Supaya kamu bisa memahami lebih baik lagi tentang apa itu white paper dan apa itu white paper cryptocurrency, kamu bisa menyimak beberapa contohnya berikut ini. 

White paper Bitcoin

(Freepik)

White paper Bitcoin menjadi white paper paling pertama yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2008 silam. Dokumen ini berisikan tentang spesifikasi teknis, sistem dan mekanisme untuk transaksi, privasi setiap pengguna, jaringan, dan ide yang berkaitan dengan sistem uang elektronik dalam bentuk peer to peer atau P2P. 

White paper Ethereum

(Freepik)

Selanjutnya, ada white paper Ethereum yang terbit sekitar tahun 2015 oleh san pendiri itu  sendiri, yaitu Vitalik Butterin. Dokumen ini sebelum sebelum proyek tersebut, isinya berupa informasi seputar konsep jenis kripto Ethereum, coding, mining, blockboard, jaringan, dan skema desentralisasi dari aplikasi. 

Baca juga: Apa itu Airdrop dalam Crypto? Lengkap dengan Cara Memakainya

White paper Cardano

(Freepik)

Ada pula white paper Cardano yang sudah eksis sejak tahun 2017 lalu. Kamu bisa mengakses white paper ini melalui halaman resmi dari Cardano. Dokumen ini berisikan informasi terkait teknologi, konsep, regulasi, pengembangan dari jenis aset kripto itu sendiri, dan kemampuan sistem dalam mencerna semua informasi. 

Demikian tadi informasi lengkap mengenai apa itu white paper dan apa itu white paper cryptocurrency yang perlu kamu ketahui sebelum memulai investasi dalam sektor kripto. Melalui white paper, kamu bisa menentukan jenis aset mana yang pas untuk kamu pilih. Semoga bisa menambah wawasan kamu tentang investasi, Pins!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Serpong Garden 1 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Program dari BJB KPR Gaul untuk Para Millenial

Kabar gembira untuk para milenial dengan gaji minimal Rp3 juta, sekarang bisa banget untuk punya ru

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia