BlogPemilik PropertiDesain HunianProses Membangun Pagar Besi untuk Rumah Minimalis
0
0

Proses Membangun Pagar Besi untuk Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pagar besi rumah minimalistop-right-banner

Banyak orang yang membangun pagar karena ingin menjaga privasi mereka dengan tetangga sekitar. Walau begitu, membangun pagar besi terutama untuk rumah minimalis tidak boleh sembarangan. 

Ada sebuah proses yang patut kamu perhatikan agar hasilnya terlihat maksimal dan fungsinya berjalan sempurna. Untuk itu, intip dulu yuk proses membangun pagar besi untuk rumah minimalis. 

Proses Membangun Pagar Besi untuk Rumah Minimalis

Tentukan Bahan Baku Pagar

Salah satu hal yang patut diperhatikan dalam proses membangun pagar rumah minimalis adalah menentukan bahan bakunya. Ada begitu banyak bahan baku yang tersedia dan bisa dipakai untuk membangu pagar. 

Mengingat Pins ingin memiliki pagar besi, tentu kamu perlu memilih bahan besi berkualitas bagus, bukan? 

Berikut ini proses membangun pagar untuk rumah minimalis. 

Umumnya, pagar besi dilapisi dengan baja galvanis atau aluminum. Pagar jenis ini mudah dibersihkan dengan perawatan yang minimal. Bila ada karat muncul, kamu bisa menghilangkannya dengan cat biasa dan cat anti-karat. 

Selain itu, pagar besi lebih kuat dan tahan lama sehingga cocok untuk kamu yang baru saja punya rumah minimalis. 

Rancang Model Pagar

Setelah menentukan bahan baku, kini Pins sudah bisa merancang model pagar rumah yang diinginkan. Beberapa orang yang membangun pagar besi mungkin memilih pagar yang bisa didorong karena hemat tempat. 

Bila kamu sama seperti mereka, ketahuilah bahwa ada jenis pagar besi dorong yang bisa jadi bahan pertimbangan. Pertama, pagar besi dorong dengan dua pintu model lipat biasanya dipakai untuk memudahkan pejalan kaki dan kendaraan masuk ke rumah. 

Di sisi lain, pagar besi yang mengandalkan pintu dorong saja memang lebih sederhana dan dilengkapi dengan dua akses dalam satu pintu. Ini bertujuan agar pejalan kaki dan kendaraan bisa masuk atau keluar dalam satu pintu tanpa perlu pintu lainnya. 

Sebelum membangunnya, coba tetapkan dulu jenis pagar besi minimalis yang ingin Pins bangun. Lalu, rancang desain sesuai keinginan kamu, ya!

Ukur Lahan yang Dipasangi Pagar

Jika sudah selesai mendesain model pagar yang hendak dibangun, pembangunan pagar tidak akan lengkap tanpa diukur lahannya terlebih dulu. Pada tahapan ini kamu perlu mengukur lebar dan tinggi pagar yang akan dibangun. 

Ketika mengukurnya, pastikan tinggi dan lebar pagar halaman proporsional sehingga tidak mengurangi nilai estetika rumah. Selain itu, tinggi pagar perlu diperhatikan, apakah menimbulkan kesan sombong atau tidak ke sesama tetangga, ya. 

Potong Besi Jadi Beberapa Bagian

Proses membangun pagar besi untuk rumah minimalis selanjutnya adalah mulai memotong besi menjadi beberapa bagian. Proses ini biasanya melibatkan pemotongan ukuran yang sesuai dengan model pagar yang sudah dirancang menjadi beberapa buah.

Setelah dipotong, coba rangkai pagar besi tersebut menjadi rangkaian yang sesuai dengan rancangan yang ada, Pins. 

Bangun Rangkaian Besi

Jika potongan besi untuk pagar rumah minimalis sudah tersusun rapi, bagian ini akan dilas sampai rapi. Biaya mengelas besi tidak semahal yang kamu bayangkan kok. Harganya biasanya tidak lebih dari membeli pagar baru yang sudah jadi, Pins. 

Bila kamu punya alat las sendiri, tidak apa-apa mengelasnya di rumah. Namun, Pins harus berhati-hati dan cek lagi apakah sudah menggunakan tekanan arus yang tepat. 

Ini karena hal tersebut mempengaruhi hasil pengelasan. Pins bisa membaca besaran arus yang dipakai pada skala arus di pesawat las. Bila terlalu besar, permukaan las akan ikut membesar dan penembusan ke besi pun terlalu dalam. 

Pasang Pintu Pagar

Setelah mengelas rangkaian pagar besi tadi, kamu sudah bisa nih melihat bagaimana tampilan pagar tersebut di depan rumah. Pins bisa menyelesaikan pekerjaan ini dengan memasan pintu pagar. 

Umumnya, pintu pagar dipasang pada tahap paling akhir ketika bagian pagar sudah terpasang sempurna. Beberapa orang menanamkan pintu pagar ini pada kolom atau tiang yang letaknya paling luar. 

Mengingat kamu menggunakan besi sebagai bahan bakunya, tentu pintu pagarnya pun harus terbuat dari bahan besi baja. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pintu pagar yang kuat dan lebih tahan lama. 

Cat Pagar Sesuai Warna yang Diinginkan

Jika rangkaian pagar dan pintunya sudah terpasang, kini Pins bisa lanjut mengecatnya sesuai warna yang diinginkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengecat pagar rumah minimalis. 

Pertama-tama, kamu perlu menggunakan cat minyak sebagai pelapis dasar pagar. Pins cukup menyediakan satu kaleng cat minyak mengingat ukuran pagar minimalis tidak begitu lebar. 

Setelah itu, baru Pins bisa menambahkan warna pada pagar. Pemilihan warna cat pagar juga penting, lho. Umumnya, rumah minimalis mempunyai warna pagar yang tidak begitu kontras dengan warna cat tembok. 

Jadi, Pins mungkin perlu menghindari pengecatan warna pagar yang senada dengan rumah, terutama tembok rumah berwarna putih. Ini bisa menghasilkan perpauan yang monoton. 

Untuk itu, kamu bisa memilih warna yang lebih netral dan tidak bertabrakan dengan warna tembok rumah, ya!

Nah, itu tadi proses membangun pagar besi yang biasa dilakukan pada rumah minimalis. Dibandingkan rumah dengan lahan yang luas, pembangunan pagar untuk rumah ini jauh lebih singkat dan memakan biaya yang lebih murah juga. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rancang model pagar idaman kamu dan buat rumah kamu menjadi lebih aman!


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download