Pinhome

Uncategorized

Melihat tetangga sekitar terlebih dahulu sebelum memilih rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Melihat tetangga sekitar terlebih dahulu sebelum memilih rumah merupakan sebuah pelajaran berharga yang bisa kita petik dari pepatah bahasa arab yang berbunyi “Al jaar qobla al daar” artinya “tetangga sebelum rumah”. ya.. rumah tinggal yang nyaman itu tidak hanya dilihat dari bangunanya yang indah dan megah, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana kondisi lingkungan sekitar baik itu fasilitas umum maupun orang-orang yang menghuni rumah disekitarnya.

Jadi yang dimaksud tetangga disini ruang lingkupnya luas, tidak hanya sebatas manusia tapi alam secara keseluruhan seperti hal-hal berikut ini.

tetangga rumah
tetangga rumah

Udara

Kita memerlukan udara untuk bernafas, namun tidak semua jenis udara aman untuk kesehatan tubuh. jadi lokasi rumah perlu memperhatikan ketersediaan udara bersih. contohnya hunian yang berada di kawasan hijau akan lebih sejuk dan bersih, sebaliknya udara disekitar kawasan industri pabrik dan jalan raya dengan lalu lintas padat akan lebih banyak polusi sehingga perlu dipertimbangkan lagi untuk dijadikan tempat tinggal.

Air

selain udara kita juga butuh air yang bisa dijadikan untuk keperluan sehari-hari dari mulai minum, mandi, mencuci, dan berbagai aktifitas lainya. air yang digunakan sudah seharusnya dalam kondisi bersih serta dalam jumlah cukup.

Fasilitas umum

beberapa fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, tempat ibadah, arena rekreasi serta yang lainya akan sangat berpengaruh bagi kenyamanan dalam menghuni rumah tinggal, untuk itu keberadaanya perlu dipertimbangkan dengan baik.

Bencana

rumah yang dipilih hendaknya aman dari berbagai macam bencana entah itu yang ditimbulkan karena alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, atau yang lainya. atau bencana yang timbul akibat aktifitas manusia seperti huru-hara, serta bermacam tindakan kejahatan yang tidak mendukung keamanan lingkungan.

Manusia

Dan yang paling penting adalah tetangga yang bernama manusia, mau tidak mau kita harus bersosialisasi dengan warga sekitar. dan mendapatkan tetangga yang berperilaku baik merupakan keberkahan hidup yang nilainya sangat penting.

Begitulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melihat tetangga sekitar terlebih dahulu sebelum memilih rumah, beberapa faktor tersebut juga turut mempengaruhi harga rumah.

Tags :

Bagikan Artikel