BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiKenapa Melihat Tetangga Sekitar Terlebih Dahulu Sebelum Memilih Rumah?
0
0

Kenapa Melihat Tetangga Sekitar Terlebih Dahulu Sebelum Memilih Rumah?

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Melihat tetangga sekitar terlebih dahulu sebelum memilih rumah merupakan sebuah pelajaran berharga yang bisa Pins petik dari pepatah bahasa arab yang berbunyi “Al jaar qobla al daar” artinya “tetangga sebelum rumah”. 

Rumah tinggal yang nyaman itu tidak hanya dilihat dari bangunannya yang indah dan megah. Namun, yang lebih penting lagi adalah bagaimana kondisi lingkungan sekitar baik itu fasilitas umum maupun orang-orang yang menghuni rumah di sekitarnya.

Guna mencari Rumah Ekslusif di lokasi strategis segera instal aplikasi Pinhome. Kamu bisa menemukan properti sekitar Universitas Mataram, rumah second di kota Bogor misalnya Pesona Ciputih, perumahan baru di Kabupaten Bekasi dan properti lainnya di seluruh Indonesia.

Melihat Tetangga Sekitar Terlebih Dahulu Sebelum Memilih Rumah

Jadi yang dimaksud tetangga disini ruang lingkupnya luas, tidak hanya sebatas manusia tapi alam secara keseluruhan. Adapun hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah diantaranya adalah:

1. Udara

melihat tetangga sekitar terlebih dahulu sebelum memilih rumah
Source : Unsplash

Kita memerlukan udara untuk bernafas, namun tidak semua jenis udara aman untuk kesehatan tubuh. Lokasi rumah perlu memperhatikan ketersediaan udara bersih.

Contohnya hunian yang berada di kawasan hijau akan lebih sejuk dan bersih, sebaliknya udara di sekitar kawasan industri pabrik dan jalan raya dengan lalu lintas padat akan lebih banyak polusi sehingga perlu dipertimbangkan lagi untuk dijadikan tempat tinggal.

Sebenarnya persyaratan kesehatan perumahan dan lingkungan sudah diatur oleh pemerintah. Untuk parameter udara menurut Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) No.829/Menkes/SK/VII/1999 adalah sebagai berikut:

  • Gas H2S dan NH3 secara biologis tidak terdeteksi;
  • Debu dengan diameter kurang dari 10 g maksimum 150 g/m3 ;
  • Gas SO2 maksimum 0,10 ppm;
  • Debu maksimum 350 mm3 /m2 per hari.
  • Kebisingan dan getaran
  • Kebisingan dianjurkan 45 dB.A, maksimum 55 dB.A;
  • Tingkat getaran maksimum 10 mm/detik.

Baca juga: Cara Memilih Lingkungan Rumah yang Nyaman

2. Air

Source : Pxhere

Selain udara kita juga butuh air yang bisa dijadikan untuk keperluan sehari-hari dari mulai minum, mandi, mencuci, dan berbagai aktifitas lainya. Air yang digunakan sudah seharusnya dalam kondisi bersih serta dalam jumlah cukup.

Acuannya bisa merujuk pada Permenkes 416 tahun 1990 dan Kepmenkes 907 tahun 2002. Selain itu adanya sarana penyediaan air bersih dengan kapasitas minimal 60 liter/ orang/hari. Menurut WHO sendiri batas maksimal nilai mineralogi atau TDS air minum adalah 300 ppm. 

3. Fasilitas Umum

Source : Pexels

Beberapa fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, tempat ibadah, arena rekreasi serta yang lainnya akan sangat berpengaruh bagi kenyamanan dalam menghuni rumah tinggal, untuk itu keberadaannya perlu dipertimbangkan dengan baik.

Adanya fasilitas umum ini juga tercantum dalam Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan permukiman. Hadirnya sarana prasarana demi menyokong aktivitas penghuni dan meningkatkan kualitas hidup penghuni.

Jenis fasilitas umum dalam perumahan dapat terbagi menjadi tiga jenis. Adapun klasifikasinya dapat disimak dalam poin berikut:

  • Fasilitas umum tingkat bawah atau fasilitas yang digunakan oleh komunitas tertentu misalnya taman perumahan
  • Fasilitas umum tingkat menengah atau fasilitas yang dapat melayani beberapa orang dari berbagai macam komunitas seperti klinik dan sekolah.
  • Fasilitas umum tingkat tinggi atau fasilitas yang mencakup wilayah metropolitan dan kota besar yakni rumah sakit.

Hunian juga bisa dijangkau dengan transportasi umum sehingga mobilitas semakin mudah. Tersedia pula pusat perbelanjaan agar pemenuhan kebutuhan sehari-hari semakin mudah.

Baca juga: Tanda Lingkungan Rumah yang Nyaman Untuk Dihuni

4. Bencana

Source : Pxhere

Rumah yang dipilih hendaknya aman dari berbagai macam bencana entah itu yang ditimbulkan karena alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, atau yang lainnya.

Bencana yang timbul akibat aktivitas manusia seperti huru-hara, serta bermacam tindakan kejahatan yang tidak mendukung keamanan lingkungan juga perlu diwaspadai saat memilih rumah.

Wilayah rumah yang bebas dari bencana alam dan tindak kejahatan menjamin keamanan saat tinggal di kawasan tersebut. Bilapun tinggal di daerah rawan bencana harus tersedia pula sarana keselamatan yang mendukung.

Semakin banyaknya manusia memang mempersempit lahan strategis. Beberapa orang akhirnya memilih di daerah yang memang rawan bencana dan ditawarkan harga murah.

Oleh karena itu, pastikan fasilitas keselamatan mendukung meminimalisir keselamatan dan kerusakan. Contohnya seperti rumah di Jepang yang memiliki peredam guna menyerap banyak energi gempa. Instrumen ini diletakkan tepat di bawah pondasi agar meredam getaran.

5. Manusia

melihat tetangga sekitar terlebih sebelum memilih rumah
Source : Pxhere

Satu hal yang paling penting adalah tetangga yang bernama manusia, mau tidak mau kita harus bersosialisasi dengan warga sekitar. Mendapatkan tetangga yang berperilaku baik merupakan keberkahan hidup yang nilainya sangat penting.

Tetangga ramah dan tidak julid tentunya membuatmu betah tinggal di rumah. Walaupun tentunya lingkungan tersebut juga tidak mudah ditemukan karena kadang hanya ada 1000:1.

Sebenarnya kamu bisa melihat kegiatan yang sering dilakukan komplek rumah tersebut. Apabila perumahannya sering mengadakan kegiatan bermanfaat bersama dan gotong royong menjaga ketenteraman lingkungan bisa menjadi nilai plus memilih pemukiman tersebut.

Begitulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melihat tetangga sekitar terlebih dahulu sebelum memilih rumah. Beberapa faktor tersebut juga turut mempengaruhi harga rumah. Semakin nyaman lingkungan perumahannya tentu nilai properti akan semakin tinggi dan menguntungkan sebagai investasi jangka panjang.

Baca juga: Desain Minimalis: Konsep, Ciri Khusus dan Sejarah Singkatnya

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download