Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Penyebab Alergi di Rumah yang Harus Kamu Wapadai

Kesehatan

Penyebab Alergi di Rumah yang Harus Kamu Wapadai

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 14 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Alergi adalah penyakit yang terjadi karena bawaan atau genetik. Seseorang bisa mengalami alergi biasanya disebabkan secara turunan. Tetapi ada juga alergi yang dipicu karena satu kejadian tertentu sehingga tak lagi punya ketahanan untuk berdekatan dengan sesuatu.

Menurut pakar kesehatan, alergi jarang bisa disembuhkan. Cara terbaik bagi seseorang dengan alergi adalah menghindari faktor penyebab, biasanya disebut dengan alergen.

Dengan cara ini, tentu seseorang dimana memiliki kecenderungan alergi terhadap sesuatu haruslah dijauhkan, bila alergi debu misalnya. Maka jalan terbaik adalah mencegah seseorang terpapar atau kontak langsung dengan debu atau permukaan yang berdebu.

Taukah kamu, meski berada di dalam rumah, seseorang tetap bisa mengalami alergi. Ini terjadi terutama bagi mereka yang hypoallergenic, atau mengidap kecenderungan alergi parah terhadap sesuatu.

untuk menghindarinya, perlu kamu pahami penyebab alergi di rumah berikut ini.

Penyebab Alergi di Rumah dan Cara Mengatasinya

penyebab alergi di rumah
(Pexels)

Debu dan Kotoran

Debu seringkali memicu alergi untuk banyak orang. Alergi yang timbul akibat debu bisa terjadi mulai dari yang ringan hingga kronis. Bukan hanya sekedar gatal-gatal, debu juga bisa menyebabkan penyakit lain seperti gangguan pernapasan.

Untuk mengatasi banyaknya debu di dalam rumah, kamu bisa menggunakan aor puriifier atau penyaring udara yang saat ini menjadi andalan sebagian besar orang untuk menyaring udara.

Penggunaan air purifier atau penjernih udara jadi pilihan banyak orang untuk menjaga kondisi udara agar tetap segar. Selain itu, alat ini juga bisa menjauhkan penyebab alergi tertentu di dalam rumah.

Tapi yang pasti, cara menghindari alergi terbaik adalah dengan menjaga kondisi rumah agar tidak banyak debu. Berikut ini penyebab banyaknya debu di dalam rumah.

1. Rumah Berantakan

Rumah yang berantakan adalah sumber dari kekotoran. Saat kondisi rumah berantakan biasanya berbagai hal yang bersifat alergen berserakan, debu misalnya. Untuk itu, jaga rumah agar tidak berantakan, terlebih setelah aktifitas bermain anak.

2. Terlalu Banyak Perabotan Berdebu

Penelitian menunjukkan bahwa debu adalah penyebab alergen terbanyak. Untuk itu ada baiknya untuk menggunakan perabotan rumah yang minim menyimpan debu, karpet misalnya, atau mebel dengan banyak ukiran.

Jika memang dirasa perlu menggunakan perbotan semacam ini, ada baiknya untuk dibersihkan secara berkala.

3. Jendela yang Jarang Dibersihkan

Daun jendela bisa juga jadi sarang alergen. Untuk itu bersihkan secara berkala agar bebas tidak menyebabkan alergi. Selain itu, bila terlalu jarang dibersihkan sinar matahari akan susah masuk sehingga menyebabkan kondisi rumah lembab dan tak nyaman.

4. Dapur Kotor dan Hewan Penganggu

Hewan seperti tikus dan sejenisnya adalah juga penyebab alergi. Kotoran tikus atau kecoa adalah penyebab alergi terbanyak setelah debu.

Hewan ini senang tinggal ditempat yang lembab dan kotor, dapur misalnya adalah tempat bersarang yang nyaman. Untuk itu, menjaga kebersihan dapur wajib selalu diperhatikan.

Alergi adalah satu penyakit yang sangat jarang bisa disembuhkan. Cara terbaik seperti dikemukakan diawal adalah dengan menghindarkan faktor penyebabnya.

Untuk itu, sedapat mungkin jagalah kebersihan rumah serta tata rumah sedemikain hingga agar bebas dari hal-hal yang memicu alergi. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel