Pinhome

Uncategorized

Inilah Benda-Benda Di Rumah Yang Mengganggu Pernafasan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Beberapa barang-barang di rumah Anda seperti perabotan, peralatan dapur, peralatan bersih-bersih atau dekorasi ruangan terkadang mengandung bahan yang perlu perhatian khusus. Benda-benda tersebut memang sangat bermanfaat dan efektif bagi penghuni rumah, namun barang tersebut mengandung bahan yang cukup keras dan akan berbahaya jika penggunaanya salah. Bahaya yang ditimbulkan sangat beragam, salah satunya adalah masalah kesehatan. Banyak kandungan bahan dari benda-benda tersebut yang membahayakan kesehatan seperti terganggunya pernafasan pada setiap penghuni rumah. Nah dibawah ini ada beberapa benda di rumah yang membahayakan kesehatan Anda, antara lain :

Pembersih Kamar Mandi

Pembersih kamar mandi dan pemutih pakaian biasanya menggunakan kandungan klorin dan desinfektan yang memiliki aroma sangat menyengat. Dr. George Freidman, MD, PH dari New York University School of Medicine, menjelaskan bahwa aroma yang sangat menyengat tersebut akan menyebabkan terganggunya pernafasan sehingga aliran oksigen dan darah ke paru-paru menjadi terganggu. Untuk mencegah hal tersebut, Dr. George memberikan saran untuk menggunakan air panas, karena air panas dapat menggantikan fungsi klorin untuk mematikan kuman-kuman yang ada di kamar mandi.

Karpet

Sebenarnya debu yang ada di atas karpet jauh lebih banyak dibandingkan debu di lantai karena lantai selalu dibersihkan sementara karpet hanya digulung saja. Jika Anda tidur di atas karpet, debunya akan memungkinkan terhirup saat bernafas. Tentunya hal tersebut akan membuat saluran pernafasan Anda terganggu serta akan beresiko asma.

Vacuum Cleaner

Apabila Anda menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu, sebaiknya langsung bersihkan setelah menggunakannya. Jika debu di vacuum cleaner menumpuk akan memicu timbulnya tungau dan juga membuat batuk bahkan asma. Maka bersihkan vacuum cleaner di luar rumah menggunakan masker dan sarung tangan agar debu tidak menempel pada tangan Anda.

Sepatu

Dasar sepatu yang menempel di dasar sepatu seperti tanah, debu dan partikel lain akan memicu alergi. Apalagi jika Anda menggunakan sepatu tersebut di luar serta di dalam rumah. Untuk mencegah terjadinya alergi, lepaskan dan bersihkan sepatu di luar rumah.

Bulu Hewan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, jangan biarkan hewan peliharaan Anda masuk ke dalam rumah karena akan memungkinkan bulu-bulu dari hewan tersebut rontok di karpet atau sofa. Bulu hewan peliharaan dapat menyebabkan batuk dan alergi.

Kemoceng

Setelah membersihkan perabotan rumah dengan kemoceng, Anda sebaiknya segera membersihkan kemoceng tersebut dengan sisir khusus yang mirip serit untuk membersihkan debunya. Jemurlah kemoceng Anda selama satu jam di bawah sinar matahari sebelum menggunakannya di dalam rumah.

Itulah benda-benda di rumah yang dapat menganggu kesehatan pernafasan penghuninya. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel