Pinhome

Pengertian Senam Trampolin

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 13 July 2021 ∙ 6 menit membaca

Senam Trampolin – adalah salah satu olahraga yang digemari masyarakat Indonesia. Senam trampolin yang juga banyak digemari karena beberapa senam ini tidak membutuhkan alat bantu khusus dan senam trampoline sendiri dapat dilakukan dimana saja serta kapan saja misal di lapangan dan lainya.

Bahkan olahraga senam trampoline sendiri kini menjadi salah satu kurikulum wajib di setiap sekolah. Senam trampoline yang biasa dapat dilakukan dalam seminggu sekali oleh berbagai instansi maupun lainya di indonesia.

Olahrga ini sangat praktis dan kaya dengan manfaat yang sudah menjadi salah satu kelebihan dari olahraga senam trampilon.

Bagi kalian yang mungkin masih bingung mengenai pengertian senam, kalian dapat memahami dibawah ini simak selengkapnya mengenai penjelasan, dan pengertian senam trampolin.

Pengertian Senam Trampolin

Senam atau bias disebut dengan (Gymnastics) merupakan salah satu cabang dari olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Senam trimpolin marupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk olahraga yang membutuhkan latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk secara sengaja, sadar dan terencana, serta dilakukan secara sistematis.

Adapun dari tujuan senam tersebut adalah guna untuk membantu meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai-nalai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

Gerakan Senam Trampolin

Gerakan trampolin merupakan suatu gerakan olahraga yang berguna untuk melenturkan tubah kita, biasanya senam trampolin sering di peragakan oleh kaum wanita.

Adapun lebih jelasnya simak video tutorial dibawah ini:

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami lagi dari definisi senam, maka kita dapat merujuk pada pendapat dari beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mahendra

Menurut seorang ahli yang bernama Mahendra (2000:14), pengertian dari senam adalah suatu kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak atau (motorability).

  1. Madijono

Menurut seorang ahli yang bernama Madijono (2010:1), pengertian dari senam sendiri adalah suatu bentuk dari latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan sebuah gerakan-gerakan yang spesifik guna untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh.

  1. Sutrisno dan Khafadi

Menurut seorang ahli yang bernama Sutrisno dan Khafadi (2010:60), pengertian dari senam sendiri adalah setiap bentuk latihan dalam fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan dari sebuah gerakan-gerakan yang terpilih dan juga terencana guna untuk mencapai tujuan yang tertentu.

  1. Margono (2009:19)

Menurut seorang ahli yang bernama Margono (2009:19), definisi dari senam adalah sebuah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan terencana, serta telah tersusun dengan sistematis dan bertujuan untuk membentuk, mengembangkan pribadi dengan secara harmonis.

  1. Peter H. Werner (2006:70)

Menurut seorang ahli yang bernama Peter H. Werner (dalam Muhajir 2006:70), pengertian dari senam adalah sebuah latihan tubuh pada lantai atau alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, maupun kontrol diri.

Manfaat Senam Trampolin

Pengertian Senam
guruolahraga.com

Manfaat senam trampolin yakni sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik dari sisi kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

Melakukan sebuah senam dalam secara teratur, maka dengan otomatis akan membantu menghambat proses penuaan dan juga kesegaran jasmani, missal dibawah ini:

  • Menjaga kekuatan otot
  • Menjaga kelenturan sendi
  • Meningkatkan kelincahan tubuh
  • Meningkatkan keluwesan tubh
  • Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar.

Senam dengan cara teratur juga sangat bermanfaat dalam peningkatan jumlah volume darah, tidak itu saja, tapi juga dapat melancarkan peredaran darah didalam tubuh, dan dapat menyeimbangkan kadar osteoblast atau osteoclast, serta membantu meningkatkan dalam konsep diri.


Senam Lantai Teknik, Pengertian, Dan Sejarah


Sejarah Senam

Trampolin
sejarahkitasemua.com

Sejarah senam yang berasal dari kata Gymnastics yaitu asal kata dari Inggris. Dan Gymnastiek yang berasala dari Bahasa Belanda. Gymnastics sendiri berasal dari kata serapan Bahasa Yunani yaitu Gymnos yang berarti telanjang.

Dalam bahasa Yunani, gymnastics yang diturunkan dari kata gymnazein yang berarti berlatih diri. Dan Latihan tersebut dibutuhkan bagi para pemuda Yunani Kuno (sekitar tahun kurang lebih 1000 SM hingga sekitar tahun 476).

Guna untuk menjadi warga negara yang baik. Sesuai dengan cita-cita negara dan menjadikan penduduknya sebagai manusia yang harmonis.

Pada zaman itu kata (gymnos atau gymnastics), banyak mengandung arti yang sangat luas, dan tidak terbatas pada pengertian seperti yang dikenal pada saat ini.

Kata tersebut bahwa menunjukkan pada kegiatan olahraga seperti gulat, atletik dan bertinju. Dengan seiringnya berkembangnya zaman, dari arti dikandung pada kata gymnastics yang semakin menyempit dan hingga disesuaikan dengan kebutuhannya.

Jenis-Jenis Senam

Dikutip dari sebuah situs FIG (Federation Internationale de Gymnastique), seuah senam ternagi menjadi beberapa kelompok. Adapun dari jenis-jenis senam diantaranya adalah:

  1. Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang gerakannya mengandungk akrobatik. Contoh seperti gerakan salto yang biasa mendarat di pundak pesenam lain.

Senam tersebut biasanya membutuhkan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, ketangkasan, dan koordinasi motorik yang baik.

Dan senam akrobatik sendiri umumnya sering dilombakan dalam ajang-ajang kompetisi olahraga, atau kadang juga sering ditemukan pada seni pentas bela diri.

  1. Senam Artistik

Senam artistik marupakan salah satu jenis senam yang paling populer dan biasanya sering diperlombakan dalam kegiatan ajang olimpiade olahraga.

Jenis senam ini biasanya membutuhkan alat khusus yang telah ditentukan sesuai kebutuhan.

Beberapa contoh dari senam artistik diantaranya yaitu:

  • Kuda pelana (pommel horse)
  • kuda lompat (vaulting horse)
  • Senam lantai (floor exercise
  • Gelang-gelang (rings)
  • Palang tunggal (horizontal bars)
  • Palang bertingkat (uneven bars)
  • Palang sejajar (parallel bars)
  • Dan lainnya
  1. Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport adalah salah satu senam yang gerakanya tidak jauh dari senam aerobic. Senam aerobic sport dengan tarian khusus yang dikolaborasikan dengan beberapa gerakan yang mungkin cukup sulit.

Senam ini mengandung beberapa unsur, diantaranya:

  • Aerobik
  • Akrobat
  • Senam ritmik
  • Koreografi
  • Dan tentunya music
  1. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif adalah pengembangan dari senam irama yang diiringi oleh musik tertentu sehingga setiap gerakan tubuh disesuaikan dengan irama yang indah.

  1. Senam Trampolin

Senam trampolin adalah salah satu senam yang biasa dilakukan di atas trampolin dengan berbagai jenis gerakan-gearakan tertentu.

  1. Senam Umum

Senam umum adalah senam yang mempunyai sifat umum yang mungkin biasa dilakukan oleh masyarakat dimana gerakannya lebih mudah untuk diikuti dan diterapkan.

Senam ini juga sama dengan senam lainya yaitu senam yang sama dengan menggunakan musik tertentu serta gerakannya ikut menyesuaikan dengan irama musik.

Senam umum terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:

  • Senam SKJ
  • Senam pagi
  • Senam sehat
  • Senam jantung
  • Dan lainnya

Gambar Senam Trampolin

Gambar Senam Trampolin
kaskus.com

Gambaran senam trampolin adalah sebuah senam yang menggambarkan tentang gerakan-gerakan yang mempunyai nilai tersendiri yang diiringi dengan irama music tertentu.

Gerakan Senam dan Manfaatnya

Gerakan Senam dan Manfaatnya
liputan6.com

Di balik keriangan yang biasa dihasilkan dari sebuah aktivitas senam irama, ada banyak manfaat-manfaat besar dari senam ini.

Terutama manfaat terhadap kesehatan tubuh, baik dari segi mental maupun fisik. Berikut adalah manfaat-manfaat dari senam irama yang perlu kalian ketahui diantaranya adalah:

  • Menguatkan Otot
  • Memperbaiki Bentuk Fisik
  • Memperbaiki Keseimbangan Fisik
  • Merawat Kesehatan Tulang
  • Menyehatkan Jantung
  • Mengoptimalkan Fungsi Otak
  • Menurunkan Berat Badan
  • Mencegah Timbulnya Penyakit
  • Membangun Kepercayaan Diri
  • Membangun Interaksi Sosial
  • Memiliki Pola Hidup Aktif
  • Menghilangkan Stres

Manfaat-manfaat Senam Lantai


Penjelasan Pengertian Senam Umum

Penjelasan pengertian senam umum
merdeka.com

Secara umum pengertian dari senam adalah:


suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Atau Suatu tarian yang berguna untuk memperkuat tubuh, menjaga kesehatan, dan mencegah penyakit.


Nah, itu dia pembahasan ringkas tentang mengenai pengertian senam, manfaat senam, serta beberapa jenis senam lainya. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian. Sekian dan Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel