BlogLifestyleEdukasiPengertian Senam Trampolin, Sejarah dan Gerakan yang Harus Kamu Ketahui
0
0

Pengertian Senam Trampolin, Sejarah dan Gerakan yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Senam trampolintop-right-banner

Apakah Pins mengenal olahraga senam trampolin? Senam trampolin merupakan salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kemampuan melompat.

Namun bukan berarti Pins dapat melompat secara bebas dan tidak beraturan.Lompatan senam trampolin harus juga melakukan beberapa gerakan akrobatik. Lalu, apa sebenarnya pengertian senam trampolin dan bagaimana cara melakukan serta manfaatnya? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: 15 Olahraga Ringan Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut

Pengertian Senam Secara Umum

Pengertian Senam Trampolin
Source : Alodokter

Sebelum mengetahui pengertian senam trampolin, ada baiknya Pins memahami terlebih dahulu definisi senam secara umum. Senam atau gymnastics merupakan salah satu cabang dari olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Senam sendiri marupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk olahraga yang membutuhkan latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk secara sengaja, sadar dan terencana, serta dilakukan secara sistematis.

Adapun dari tujuan senam tersebut adalah guna untuk membantu meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai-nalai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami lagi dari definisi senam, Pins dapat merujuk pada pendapat dari beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mahendra

Ahli yang bernama Mahendra berpendapat bahwa senam adalah suatu kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak atau (motorability).

  • Madijono

Madijono, seorang ahli, mendefisnisikan senam sebagai suatu bentuk dari latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan sebuah gerakan-gerakan yang spesifik guna untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh.

  • Sutrisno dan Khafadi

Sutrisno dan Khafadi mendefinisikan senam sebagai bentuk latihan dalam fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan dari sebuah gerakan-gerakan yang terpilih dan juga terencana guna untuk mencapai tujuan yang tertentu.

  • Margono

Seorang ahli bernama Margono mendefinisikan senam sebagai sebuah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan terencana, serta telah tersusun dengan sistematis dan bertujuan untuk membentuk, mengembangkan pribadi dengan secara harmonis.

  • Peter H. Werner

Menurut seorang ahli yang bernama Peter H. Werner, pengertian dari senam adalah sebuah latihan tubuh pada lantai atau alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, maupun kontrol diri.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Jenis-Jenis Senam

Source : Tribun

Dikutip dari situs FIG (Federation Internationale de Gymnastique), senam terbagi menjadi beberapa kelompok. Adapun dari jenis-jenis senam diantaranya adalah:

Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang gerakannya mengandungk akrobatik. Contoh seperti gerakan salto yang biasa mendarat di pundak pesenam lain.

Senam tersebut biasanya membutuhkan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, ketangkasan, dan koordinasi motorik yang baik.

Dan senam akrobatik sendiri umumnya sering dilombakan dalam ajang-ajang kompetisi olahraga, atau kadang juga sering ditemukan pada seni pentas bela diri.

Senam Artistik

Senam artistik marupakan salah satu jenis senam yang paling populer dan biasanya sering diperlombakan dalam kegiatan ajang olimpiade olahraga.

Jenis senam ini biasanya membutuhkan alat khusus yang telah ditentukan sesuai kebutuhan.

Beberapa contoh dari senam artistik diantaranya yaitu:

  • Kuda pelana (pommel horse)
  • kuda lompat (vaulting horse)
  • Senam lantai (floor exercise)
  • Gelang-gelang (rings)
  • Palang tunggal (horizontal bars)
  • Palang bertingkat (uneven bars)
  • Palang sejajar (parallel bars)

Senam Aerobik Sport

Aerobik sport adalah salah satu senam yang gerakanya tidak jauh dari senam aerobic. Jenis ini mengandalkan tarian khusus yang dikolaborasikan dengan beberapa gerakan yang mungkin cukup sulit. Senam ini mengandung beberapa unsur, diantaranya:

  • Aerobik
  • Akrobat
  • Senam ritmik
  • Koreografi
  • Dan tentunya music

Senam Ritmik Sportif

Jenis senam ritmik sportif adalah pengembangan dari senam irama yang diiringi oleh musik tertentu sehingga setiap gerakan tubuh disesuaikan dengan irama yang indah.

Senam Trampolin

Jenis senam trampolin adalah salah satu senam yang biasa dilakukan di atas trampolin dengan berbagai jenis gerakan-gearakan tertentu.

Senam Umum

Salah satu jenis senam yang bersifat umum dan mungkin biasa dilakukan oleh masyarakat dimana gerakannya lebih mudah untuk diikuti dan diterapkan.

Gerakan senam ini juga sama dengan senam lainya yaitu senam yang sama dengan menggunakan musik tertentu serta gerakannya ikut menyesuaikan dengan irama musik. Senam umum terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:

  • Senam SKJ
  • Senam pagi
  • Senam sehat
  • Senam jantung

Baca juga: Sejarah Renang, Aturan, dan Gaya-Gayanya

Pengertian Senam Trampolin

Pengertian Senam Trampolin
Source : Liputan 6

Trampolin meruapakan alat yang terdiri dari sepotong kain kencang dan diregangkan di bingkai baja. Alat ini menggunakan banyak pegas yang melingkar agar orang memantul pada trampolin untuk tujuan rekreasi atau olahraga.

Setelah memahami pengertian senam dan jenis-jenisnya, dapat disimpulkan bahwa senam trampolin merupakan kegiatan dan media latihan akrobatik cabang dari senam yang menggunakan trampolin.

Sebagai olahraga kompetitif, atlet harus dapat melakukan kegiatan akrobatik sambil memantul di atas trampolin.

Gerakan Senam Trampolin

Source : Medcom

Senam trampoline dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan.Setelah mengetahui pengertian senam trampolin, Pins juga harus mengetahui gerakan apa yang bisa dilakukan dalam olahraga ini.. Beberapa gerakan senam trampoline yang bisa Pins lakukan dan latih di antaranya:

Jumping jacks

Gerakan ini dimulai dengan Pins berdiri tegak, kedua tangan di samping badan. Setalah itu, Pins dapat melompat sambil mengangkat kedua tangan ke atas kepala. 

Pelvic floor jumps

Pada saat melakukan pelvic floor jumps Pins dapat menempatkan exercise ball atau balok di antara kedua lutut. Pins dapat melompat perlahan sembari fokus pada otot panggul. Pins juga harus menakan bola atau balok dengan kedua paha dalam. 

Tuck jumps

Untuk melakukan gerakan ini sebelumnya Pins harus melompat sambil mengangkat kedua lutut ke dada. Pada saat mendarat baru lakukan lompatan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang.

Squat jumps

Dalam melakukan gerakan ini Pins harus berdiri kemudian lompat dan buka kedua tangan lebih lebar dari pinggang. Saat mendarat, atur posisi agar Pins mendarat dalam posisi squat. Jadi, posisikan kedua lutut menekuk agar paha sejajar dengan lantai.

Butt kicker jumps

Pins dapat melakukan gerakan ini dengan berlari kecil di tempat. Lalu, tekuklah kedua lutut dan lompat sambil menendang kedua pantat Pins dari belakang. 

Twists

Cara twists dapat Pins dilakukan dengan berdiri tegak, kedua tangan berada di samping tubuh. Setelah itu, lompat dan putar kedua kaki ke kiri sambil memutarkan tubuh ke arah kanan.

Pike jumps

Untuk melakukannya, Pins dapat melompat dengan posisi kedua kaki ke depan. Kedua tangan Pins setelah itu harus diarahkan ke depan untuk menyentuh kedua kaki. 

Single-leg bounces

Untuk melakukan gerakan ini Pins harus membebankan bobot tubuh ke salah satu kaki dan mengangkat kaki satunya. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

Vertical jumps

Pins dapat melakukan gerakan ini dengan melompat denmengggunakan kedua kaki tetap rapat Lalu, angkat kedua tangan ke atas kepala. Kemudian, turun ke posisi semula.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Burung Junai Emas

Manfaat Senam Trampolin

Pengertian Senam Trampolin
Source : Guruolahraga

Manfaat senam trampolin yakni sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik dari sisi kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

Melakukan sebuah senam dalam secara teratur, maka dengan otomatis akan membantu menghambat proses penuaan dan juga kesegaran jasmani, missal dibawah ini:

  • Menjaga kekuatan otot
  • Menjaga kelenturan sendi
  • Meningkatkan kelincahan tubuh
  • Meningkatkan keluwesan tubh
  • Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar.

Senam dengan cara teratur juga sangat bermanfaat dalam peningkatan jumlah volume darah, tidak itu saja, tapi juga dapat melancarkan peredaran darah didalam tubuh, dan dapat menyeimbangkan kadar osteoblast atau osteoclast, serta membantu meningkatkan dalam konsep diri.

Baca juga: Senam Lantai Teknik, Pengertian, Dan Sejarah

Sejarah Senam

Trampolin
Source : Sejarahkitasemua

Sejarah senam yang berasal dari kata Gymnastics yaitu asal kata dari Inggris. Dan Gymnastiek yang berasal dari Bahasa Belanda. Gymnastics sendiri berasal dari kata serapan Bahasa Yunani yaitu Gymnos yang berarti telanjang.

Dalam bahasa Yunani, gymnastics yang diturunkan dari kata gymnazein yang berarti berlatih diri. Dan Latihan tersebut dibutuhkan bagi para pemuda Yunani Kuno (sekitar tahun kurang lebih 1000 SM hingga sekitar tahun 476).

Guna untuk menjadi warga negara yang baik. Sesuai dengan cita-cita negara dan menjadikan penduduknya sebagai manusia yang harmonis.

Pada zaman itu kata (gymnos atau gymnastics), banyak mengandung arti yang sangat luas, dan tidak terbatas pada pengertian seperti yang dikenal pada saat ini.

Kata tersebut bahwa menunjukkan pada kegiatan olahraga seperti gulat, atletik dan bertinju. Dengan seiringnya berkembangnya zaman, dari arti dikandung pada kata gymnastics yang semakin menyempit dan hingga disesuaikan dengan kebutuhannya.

Baca juga: Sejarah Renang Gaya Dada, Teknik dan Manfaatnya

Sejarah Senam Trampolin

Pengertian Senam Trampolin
Source : Suara

Awalnya trampoline dirancang supaya seseorang bisa merasakan lompatan yang tinggi, namun tetap aman saat mendarat. Media kemudian banyak digunakan dalam pertunjukan-pertunjukan sirkus.

Lalu pada tahun 1936, seorang pesenam Amerika Serikat George Nissen mengembangkan gerakan bermain trampolin

Akhirnya kegiatan ini dikompetisikan pertama kali di Amerika pada 1947. Kejuaraan resminya sendiri baru berlangsung pada 1954. 

Seiring berkembangnya senam trampolin, mulailah diselenggarakan kejuaraan dunia pertama trampolin yang berlangsung di Inggris pada 1964. Di tahun yang sama akhirnya organisasi Asosiasi Trampolin Internasional terbentuk. 

Catatan sejarah yang cukup panjang ini akhirnya membawa senam trampolin masuk sebagai olahraga Olimpiade pertama pada 2000.

Baca juga: Manfaat-manfaat Senam Lantai

Nah, itu tadi pembahasan ringkas tentang mengenai pengertian senam trampolin, manfaat, serta beberapa jenis gerakannya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download