Manfaat Senam Lantai Untuk Tubuh

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ January 19, 2023 ∙ 6 menit membaca

Selain senam artistik, Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang biasa dilombakan di ajang Olimpiade. Namun terlepas dari semua itu, senam lantai adalah olahraga yang sangat berat dan banyak menguras tenaga. Meskipun demikian, manfaat senam lantai sangat baik untuk kesehatan.

Walaupun tampaknya lemah gemulai, namun Pins mungkin akan kesusahan dalam melakukan gerakan-gerakan tersebut. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari sebuah senam lantai yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kalian. Simak selengkapnya mengenai manfaat, tujuan dan gerak dasar dari senam lantai.

Baca Juga:

Tujuan dan Manfaat Senam Lantai

manfaat senam lantai
(Gramedia)

Ada banyak manfaat jika Pins rutin melakukan senam lantai. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa di dapatkan.

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Seketika kalian mengikuti latihan senam lantai, perlahan-lahan otot tubuhmu mulai lentur. Tidak hanya akan membantumu dalam meningkatkan kemampuan senam lantaimu, kelenturan itu akan menurunkan risiko kalian terkena cedera.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Latihan yang menahan beban akan menguntungkan tulangmu karena akan lebih terbentuk dan tidak mudah rapuh. Untuk wanita, seiring bertambahnya umur mereka akan kehilangan massa tulangnya. Dengan menerapkan latihan senam lantai dari saat muda, maka itu akan mampu mempertahankan kepadatan tulang kalian.

Baca Juga:

3. Membakar Kalori dan Membentuk Otot

Senam lantai membakar kalori jika kalian melakukan latihan itu setiap hari. Tak hanya itu, ototmu terbentuk dan bertumbuh dikarenakan adanya latihan yang menggerakkan otot-otot lenganmu, kakimu, punggungmu, bahumu, dan lainnya.

4. Menghindari Berbagai Macam Penyakit

Karena senam lantai mempromosikan tubuh sehat, sudah pasti kalian akan lebih susah sakit. Beberapa ahli mengatakan bahwa yang dihindari termasuk penyakit jantung, kanker, obesitas hingga diabetes.

5. Membangun Kedisiplinan Personal

Secara alami latihan senam lantai membutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi karena tidak mudah bertahan di sana. Kalian harus rajin pergi ke tempat latihan dan bahkan harus latihan yang menyakitkan dan tidak menyenangkan.

6. Bertambah Kuat

Jelas akan semakin bertambah kuat, dengan seringnya berlatih senam lantai. Setelah melakukan senam tersebut jelas nanti kalian akan sadar, karena ototmu mulai terbentuk dan semakin mudah dalam melakukan gerakan yang tadinya sulit. Kekuatan ini akan menguntungkanmu di kemudian hari ketika membawa tas besar dan berat.

Baca Juga:

7. Melatih Koordinasi Tubuh

Senam lantai juga membutuhkan tingkat koordinasi yang tinggi untuk melakukan gerakan yang pas tanpa menyakiti diri sendiri. Seiring berjalannya waktu dan latihan, kalian akan sadar adanya peningkatan koordinasi tubuh yang berjalan bersamaan gerakan baru.

Mungkin tidak banyak orang yang berminat dari senam lantai ini, padahal dari olahraga inilah banyak memberikan manfaat. Namun bagi kalian yang ingin mencobanya, jangan sungkan-sungkan. Tapi harap bersabar saja. Dan biasanya nanti dari kalian akan bertemu latihan yang mungkin super berat dan tak terkira. Namun tetap semangat dan jangan menyerah.

Manfaat Senam Lantai Untuk Anak-anak

mANFAAT SENAM LANTAI UNTUK anak
(Pikiran Rakyat)

Tidak hanya orang dewasa yang bisa mendapatkan semua manfaat di atas, anak-anak juga. Menariknya, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan oleh anak-anak jika mereka rajin ikut senam lantai di sekolah. Apa saja?

Umumnya senam dilakukan berkelompok dengan teman sebaya. Mengikuti kelas senam reguler dapat memberi anak-anak kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang seusia mereka, bekerja dalam tim, dan bahkan berlatih bagaimana bicara dengan orang dewasa (pelatih senam).

Menurut Gymnastics Academy of Boston senam juga dapat memberi anak-anak dalam berkesempatan untuk belajar tentang keterampilan sosial seperti hanya mendengarkan, mengikuti arahan, mengerti arti bergantian atau juga bergiliran, melatih untuk tahu kapan harus bersikap diam atau aktif, dan belajar menghormati orang lain. Tidak hanya itu saja, tetapi anak-anak juga dapat bersenang-senang, bertemu teman baru, dan belajar mandiri.

Dalam gerakan senam juga membutuhkan sebuah konsentrasi dan komitmen yang tinggi. Tidak jarang, dalam pelajaran senam, anak-anak harus melatih konsentrasi dan bekerja keras untuk bisa mendapatkan gerakan yang benar.

Aturan dan kode perilaku dalam senam membantu anak-anak belajar pentingnya aturan untuk keselamatan, dan mengajarkan rasa hormat kepada orang lain.

Baca juga:

Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Lantai Bagi Pemula

Senam lantai pada dasarnya membutuhkan banyak kekuatan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, dan kesadaran tubuh untuk melakukan berbagai gerakan yang berisiko cedera menghindari cedera. Berikut adalah gerakan senam untuk pemula:

Senam lantai
(Pexels)

1. Push Up

Dalam gerakan senam gimnastik seperti biasanya membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas, seperti dada, bahu dan lengan. Teknik cara melakukannya dengan sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh berada di matras. Tubuh atau wajah menghadap matras.
  • Letakkan telapak tangan di atas matras dengan tangan lurus. Jarak tangan kanan dan kiri sejajar di bawah bahu.
  • Posisikan ujung jari kaki menempel pada matras. Dari punggung hingga ujung kaki posisi tubuh harusnya lurus. Selanjutnya tahan otot perut Kalian sebelum dimulainya gerakan push up.
  • Kemudian tekuk siku Kalian dan lalu turunkan dada ke atas matras. Terakhir tetap jaga otot perut agar tetap kencang selama menurunkan tubuh ke matras.
  • Selanjutnya turunkan dada Kalian hingga hampir menempel pada matras, sebelum dan hingga menempel, dorong siku Kalian agar kembali lurus menjauhi matras.
  • Untuk pemula, lakukan gerakan ini sebanyak tiga set, tiap 1 set 5 kali pengulangan.

Baca Juga:

2. Sikap Lilin di Tembok

Ini adalah pose di mana Kalian berada dalam posisi kaki terbalik di atas sambil mengangkat pinggul. Begini cara melakukannya:

  • Posisikan badan 2 hingga 3 jengkal dari tembok.
  • Rebahkan badan di matras dan perlahan angkat kaki untuk bersandar pada tembok.
  • Tahan bagian pinggul selama 30 detik.
  • Turunkan kaki, luruskan badan dan ulangi sikap lilin ke atas.

3. Roll Depan

Roll depan atau yang biasa dikenal dengan jungkir balik, teknik ini merupakan salah satu gerakan senam lantai yang mungkin cukup mudah untuk dilakukan. Teknik cara melakukan diantaranya:

  • Posisikan badan Kalian jongkok di ujung matras.
  • Kedua telapak tangan terbuka sembari diletakan di samping kuping.
  • Perlahan dorong tubuh Kalian ke depan.
  • Tekuk kepala masuk ke dalam, jangan meluruskan kepala karena bisa bikin cedera leher.
  • Buat diri Kalian jungkir balik ke depan pelan-pelan.
  • Setelah selesai, selanjutnya berdirilah tegak dengan tangan lurus ke samping, gerakan ini merupakan sikap yang diambil dari setiap gerakan senam selesai.

Itulah tadi beberapa manfaat senam lantai yang bisa Kalian ketahui. Selain punya manfaat yang banyak bagi tubuh, Kalian tentunya juga harus menerapkan pola hidup sehat agar kualitas kesehatan Kalian semakin baik. Demikian penjelasan tentang mengenai manfaat dari gerakan senam lantai yang bisa Kalian ketahui.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia