Pinhome

Lifestyle

Manfaat Senam Lantai

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 12 July 2021 ∙ 7 menit membaca

Manfaat senam lantai – senam lantai marupakan salah satu cabang olahraga yang biasa dilombakan di ajang Olimpiade. Namun terlepas dari semua itu, senam lantai adalah olahraga yang sangat berat dan banyak menguras tenaga.

Walaupun tampaknya lemah gemulai, namun kalian mungkin akan kesusahan dalam melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Nah, berikut ini adalah manfaat-manfaat dari sebuah senam lantai yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kalian. Simak selengkapnya mengaenai manfaat, tujuan dan gerak dasar dari senam lantai.

Apa Manfaat Senam Lantai?


Senam lantai banyak memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan bagi kesehatan mental sosial. Dan setiap jenis olahraga memang memiliki manfaat tersendiri salah satunya manfaat olahraga senam lantai. Olahraga jenis ini dibutuhkan keahlian khusus dalam melakukan teknik gerakan-gerakanya.


Tujuan dan Manfaat Senam Lantai

Tujuan dan Manfaat Senam Lantai
gudangilmu.com

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Seketika kalian mengikuti latihan senam lantai, perlahan-lahan otot tubuhmu mulai lentur. Tidak hanya akan membantumu dalam meningkatkan kemampuan senam lantaimu, kelenturan itu akan menurunkan risiko kalian terkena cedera.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Latihan yang menahan beban akan menguntungkan tulangmu karena akan lebih terbentuk dan tidak mudah rapuh. Untuk wanita, seiring bertambahnya umur mereka akan kehilangan massa tulangnya. Dengan menerapkan latihan senam lantai dari saat muda, maka itu akan mampu mempertahankan kepadatan tulang kalian.

3. Membakar kalori dan membentuk otot

Senam lantai membakar kalori jika kalian melakukan latihan itu setiap hari. Tak hanya itu, ototmu terbentuk dan bertumbuh dikarenakan adanya latihan yang menggerakkan otot-otot lenganmu, kakimu, punggungmu, bahumu, dan lainnya.

4. Menghindari berbagai macam penyakit

Karena senam lantai mempromosikan tubuh sehat, sudah pasti kalian akan lebih susah sakit. Beberapa ahli mengatakan bahwa yang dihindari termasuk penyakit jantung, kanker, obesitas hingga diabetes.

5. Membangun kedisiplinan personal

Secara alami latihan senam lantai membutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi karena tidak mudah bertahan di sana. Kalian harus rajin pergi ke tempat latihan dan bahkan harus latihan yang menyakitkan dan tidak menyenangkan.

6. Bertambah kuat

Jelas akan semakin bertambah kuat, dengan seringnya berlatih senam lantai. Setelah melakukan senam tersebut jelas nanti kalian akan sadar, karena ototmu mulai terbentuk dan semakin mudah dalam melakukan gerakan yang tadinya sulit. Kekuatan ini akan menguntungkanmu di kemudian hari ketika membawa tas besar dan berat.

7. Melatih koordinasi tubuh

Senam lantai juga membutuhkan tingkat koordinasi yang tinggi untuk melakukan gerakan yang pas tanpa menyakiti diri sendiri. Seiring berjalannya waktu dan latihan, kalian akan sadar adanya peningkatan koordinasi tubuh yang berjalan bersamaan gerakan baru.

Mungkin tidak banyak orang yang berminat dari senam lantai ini, padahal dari olahraga inilah banyak memberikan manfaat. Namun bagi kalian yang ingin mencobanya, jangan sungkan-sungkan. Tapi harap bersabar saja. Dan biasanya nanti dari kalian akan bertemu latihan yang mungkin super berat dan tak terkira. Namun tetap semangat dan jangan menyerah.

Manfaat Senam Lantai Untuk Anak-anak

Tidak hanya orang dewasa yang bisa mendapatkan semua manfaat di atas, anak-anak juga. Menariknya, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan oleh anak-anak jika mereka rajin ikut senam lantai di sekolah. Apa saja?

  1. Belajar sosialisasi sejak dini

Umumnya senam dilakukan berkelompok dengan teman sebaya. Mengikuti kelas senam reguler dapat memberi anak-anak kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang seusia mereka, bekerja dalam tim, dan bahkan berlatih bagaimana bicara dengan orang dewasa (pelatih senam).

Menurut Gymnastics Academy of Boston senam juga dapat memberi anak-anak dalam berkesempatan untuk belajar tentang keterampilan sosial seperti hanya mendengarkan, mengikuti arahan, mengerti arti bergantian atau juga bergiliran, melatih untuk tahu kapan harus bersikap diam atau aktif, dan belajar menghormati orang lain.

Tidak hanya itu saja, tetapi anak-anak juga dapat bersenang-senang, bertemu teman baru, dan belajar mandiri.

  1. Anak belajar komitmen dan disiplin

Dalam gerakan senam juga membutuhkan sebuah konsentrasi dan komitmen yang tinggi. Tidak jarang, dalam pelajaran senam, anak-anak harus melatih konsentrasi dan bekerja keras untuk bisa mendapatkan gerakan yang benar.

Aturan dan kode perilaku dalam senam membantu anak-anak belajar pentingnya aturan untuk keselamatan, dan mengajarkan rasa hormat kepada orang lain.


Pengertian Senam Irama


Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Lantai Bagi Pemula

Gerakan Dasar Senam Lantai
mendatail.com

Senam lantai pada dasarnya membutuhkan banyak kekuatan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, dan kesadaran tubuh untuk melakukan berbagai gerakan yang berisiko cedera menghindari cedera. Berikut adalah gerakan senam untuk pemula:


Pengertian Senam Trampolin


1. Push up

Dalam gerakan senam gimnastik seperti biasanya membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas, seperti dada, bahu dan lengan. Teknik cara melakukannya dengan sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh berada di matras. Tubuh atau wajah menghadap matras.
  • Letakkan telapak tangan di atas matras dengan tangan lurus. Jarak tangan kanan dan kiri sejajar di bawah bahu.
  • Posisikan ujung jari kaki menempel pada matras. Dari punggung hingga ujung kaki posisi tubuh harusnya lurus. Selanjutnya tahan otot perut Kalian sebelum dimulainya gerakan push up.
  • Kemudian tekuk siku Kalian dan lalu turunkan dada ke atas matras. Terakhir tetap jaga otot perut agar tetap kencang selama menurunkan tubuh ke matras.
  • Selanjutnya turunkan dada Kalian hingga hampir menempel pada matras, sebelum dan hingga menempel, dorong siku Kalian agar kembali lurus menjauhi matras.
  • Untuk pemula, lakukan gerakan ini sebanyak tiga set, tiap 1 set 5 kali pengulangan.

2. Sikap lilin di tembok

Ini adalah pose di mana Kalian berada dalam posisi kaki terbalik di atas sambil mengangkat pinggul. Begini cara melakukannya:

  • Posisikan badan 2 hingga 3 jengkal dari tembok.
  • Rebahkan badan di matras dan perlahan angkat kaki untuk berskalianr pada tembok.
  • Tahan bagian pinggul selama 30 detik.
  • Turunkan kaki, luruskan badan dan ulangi sikap lilin ke atas.

3. Roll depan

Roll depan atau yang biasa dikenal dengan jungkir balik, teknik ini merupakan salah satu gerakan senam lantai yang mungkin cukup mudah untuk dilakukan. Teknik cara melakukan diantaranya:

  • Posisikan badan Kalian jongkok di ujung matras.
  • Kedua telapak tangan terbuka sembari diletakan di samping kuping.
  • Perlahan dorong tubuh Kalian ke depan.
  • Tekuk kepala masuk ke dalam, jangan meluruskan kepala karena bisa bikin cedera leher.
  • Buat diri Kalian jungkir balik ke depan pelan-pelan.
  • Setelah selesai, selanjutnya berdirilah tegak dengan tangan lurus ke samping, gerakan ini merupakan sikap yang diambil dari setiap gerakan senam selesai.

Pengertian dan Manfaat Senam Lantai

Pengertian dan Manfaat Senam Lantai
dream.com

Senam lantai merupakan salah satu rumpun dari senam. Sesuai dengan sebutan lantai, hingga gerakan- gerakan. Itulah wujud dari pembelajaran yang dilakukan di lantai. Jadi, lantai atau yang dikenal dengan matraslah yang merupakan perlengkapan dan biasa dipergunakan. Dan senam lantai juga disebut dengan sebutan pembelajaran bebas.

Oleh sebab itu senam lanatai tidak menggunkan benda- benda ataupun peralatan-peralatan lainya. Dan luas lantai yang umun digunakan sesuai dengan stkalianr kejuaraan yakni 12 x 12 m persegi dengan tambahan 1 m. dari setiap sisi bagaikan pengaman. Tidak hanya dapat dilakukan didalam ruangan saja, senam lantai juga dapat dilakukan di lapangan rumput hijau.


Teknik dan Macam-macam Senam Lantai


Tujuan melakukan senam lantai selain untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan bentuk gerakan. Senam lantai sendiri dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam pembentukan kemampuan untuk melakukan sebuah gerakan senam dengan alat.

Selain dari tujuan tersebut, senam lantai juga mempunyai manfaat baik secara fisik maupun secara mental.

Secara fisik- manfaat dari senam lantai guna untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak melalui berbagai jenis gerakan. Baik dalam melatih daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan.

Secara mental, manfaat dari senam lantai adalah dapat melatih pelaku senam dalam penggunaan kemampuan berpikir dengan cara kreatif melewati pemecahan masalah-masalah gerak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan senam lantai diantaranya:

  • Hendaknya selalu menggunakan matras atau tempat yang aman.
  • Matras harus diletakkan di atas tanah atau lantai yang rata dan aman dari bahaya yang mencelakakan pesenam.
  • Letakkan matras jauh dari dinding atau benda-benda lain yang akan menyebabkan benturan.
  • Periksa matras dan keamanan disekitarnya yang mungkin dapat mengganggu pesenam.
  • Sebelum melakukan senam lantai, sebaiknya melakukan pemanasan.
  • Agar matras tidak cepat rusak, hendaknya selalu memperhatikan kebersihan matras dan menyimpannya ditempat yang aman.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat senam lantai yang bisa Kalian ketahui. Selain punya manfaat yang banyak bagi tubuh, Kalian tentunya juga harus menerapkan pola hidup sehat agar kualitas kesehatan Kalian semakin baik.

Demikian penjelasan tentang mengenai manfaat dari gerakan senam lantai yang bisa Kalian ketahui. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel