13+ Manfaat Senam Trampolin Untuk Kesehatan - Pinhome

Pinhome

Manfaat Senam Trampolin Untuk Kesehatan Tubuh

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 13 July 2021 ∙ 7 menit membaca

Senam Trampolin merupakan jenis olahraga yang sangat menyenangkan, tidak hanya menyenangkan tetapi manfaat senam trampolin juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Jenis olahraga dengan gaya melompat ke atas dan ke bawah yang jenis permainanya menggunakan alat trampoline, sehingga dengan demikian menjadikan tubuh dan pikiran kita kembali fresh.

Selengkapnya yuk simak ulasan kali ini mengenai manfaat-manfaat yang di dapat dari senam trampolin.

Manfaat Senam Trampolin

Manfaat dalam aktivitas lompat di atas trampolin dapat memberikan kebugaran dalam bentuk termudah, senam trompolin tidak hanya untuk orang tua saja. Tetapi senam ini juga sangat baik untuk anak-anak terutama dalam proses pertumbuhan. Berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga senam trampolin:

1. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Setiap orang dewasa apabila ritun dalam melakukan permaianan olahraga trampolin selama 30 menit dua kali dalam seminggu, maka dengan secara otomatis akan mengalami peningkatan yang lebih baik. Terutama pada kekuatan kakinya, dan hasil yang sama dari laporan pelatih senam yang secara teratur dalam bermain trampolin.

2. Tulang Lebih Kuat

Melakukan lompatan menggunakan tulang secara berulang kali membantu sistem muskuloskeletal membangun dan meningkatkan kandungan mineral pada tulang. Dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah tulang rapuh atau osteoporosis.

Dari sebuah latihan trampolin mampu meningkatkan metabolisme serta dapat membantu tubuh dalam pemprosesan nutrisi lebih jadi efisien. Selain itu trampolin juga dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Saat melakukan gerakan dan lompatan trampolin maka aliran darah akan meningkat, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekuatan efisiensi jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Faktor Risiko Penyakit Jantung Bawaan

4. Meningkatkan Kekuatan Mental

Peningkatan aliran darah ke otak dan aktivitas enzim yang besar dihasilkan dari permainan trampolin. Hal itu dianggap dapat meningkatkan kewaspadaan mental, meningkatkan penglihatan, dan keseimbangan.

5. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Salah satu manfaat olahraga trampolin yang paling banyak dipelajari adalah membantu memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh, terutama pada populasi lansia. Meski begitu dari olahraga trampolin sendiri juga ada manfaat lain atau tidak hanya cuma bagus untuk meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa atau yang lebih tua saja.

Pada dasarnya, menurut dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Strength and Conditioning Research bahwa diketahui jika kita rutin melakukan olahraga trampolin selama enam minggu. Maka akan jadi lebih efektif  dalam meningkatkan keseimbangan tubuh para atletik pasca saat mengalami keseleo pada pergelangan kaki.

Meskipun penelitian ini dilakukan dalam skala kecil, sehingga sulit untuk memperkirakan efektivitasnya dalam sekala yang lebih luas. Namun setidaknya, hasil dari sebuah penelitian tersebut dapat menunjukkan bahwa olahraga trampolin bisa menjadi salah satu alat latihan pilihan khusus bagi atletik yang ingin mencoba memulihkan setelah cedera.

Baca juga: Yuk Olahraga Senam Erobik dan Ketahui Manfaat Baiknya

6. Mengontrol Gula Darah

Dari sebuah studi yang diterbitkan oleh Australian Journal of Rural Health, dalam melakukan sebuah olahraga trampolin dengan secara rutin yaitu dengan tiga kali perminggu selama 20 – 30 menit dalam kurung lebih waktu sembilan minggu. Maka secara tidak sadar kita akan dapat menghasilkan perubahan positif terhadap hasil tes gula darah dan serta indeks massa pada tubuh orang dengan diabetes tipe 2.

Menariknya lagi, efek positif dari olahraga ini ini tidak hanya berlaku untuk orang dengan diabetes atau pradiabetes. Berdasarkan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dengan kadar gula normal. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa olahraga trampolin dengan intensitas tinggi selama waktu 50 menit mampu menurunkan kadar gula dengan secara efektif selama dan setelah berolahraga.

Dari sebuah penelitian tersebut dilakukan pada tahun 2016 dan dipublikan dalam buku The Journal of Sports Medicine and Physical Fitness.

Baca juga: Pengertian Senam Trampolin, Sejarah dan Fakta yang Harus Kamu Ketahui

7. Mengurangi Sakit Punggung

Salah satu manfaat dari olahraga trampoline adalah yang paling mengejutkan yakni dapat mengurangi sakit punggung. Hal tersebut berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Journal of Sport and Tourism di Polandia. Apabila kita sering melakukan olahraga trampolin ini selama waktu 21 hari, otomatis dapat peningkatankan kapasitas fungsional yang secara signifikan dalam mengurangi sakit punggung.

Namun, sebelum memulai olahraga ini Pins disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, melompat terlalu banyak atau terlalu tinggi bagi beberapa orang yang sudah memiliki sakit punggung bisa memperburuk keadaan mereka.

8. Menghilangkan Stres

Meloncat-loncat di atas trampolin yang mungkin juga sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan di luar ruangan sambil menikmati udara segar. Dari setiap orang yang biasa melakukan olahraga ini pasti tidak ada yang dapat menahan diri untuk tidak tersenyum atau tertawa setelah terlempar ke udara seolah-olah kita sedang terbang melayang.

Dari sensasi tersebut merupakan salah satu sarana yang efektif dalam menghilangkan stres dan membuat kalian menjadi lebih bahagia dan fress.

Baca juga: Macam-Macam Senam Lantai yang Bisa Kamu Kerjakan Selama Berada di Rumah

Manfaat Olahraga Trampolin Untuk Anak

Manfaat senam Trampolin
mother and baby

Senam trompolin adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang sedang hits di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Sensasi melompat dan memantul kesana dan kemari, tentu sangat disukai anak-anak. Selain menyenangkan, main trampolin sendiri ternyata salah satu dari sebuah latihan fisik yang dapat memberi manfaat yang sangat luar biasa khususnya pada anak-anak.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bias diperoleh dari olahraga trampoline khusnya pada anak kecil:

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak

Melompat dan memantul di atas trampolin adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan motorik anak-anak, terutama bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Manfaatnya mirip seperti olahraga berenang. Tanpa memberi beban atau penekanan pada otot tubuh, melompat di atas trampolin dapat membantu perkembangan otot, memperkuat tulang, dan memperkuat sendi.

2. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Saat si kecil memantul di atas trampolin, pusat gravitasinya akan terus berubah. Hal ini membuat anak harus selalu menyesuaikan posisi jatuh mereka. Tindakan ini merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan mereka, yang akan bermanfaat dalam semua aktivitas fisik lainnya.

3. Membantu Menghilangkan Stres

Pada tingkat paling sederhana, melompat di atas trampolin itu menyenangkan, dan ini merupakan cara yang bagus untuk melepas tekanan setelah hari yang padat di sekolah. Pada tingkat lebih lanjut, konsentrasi, kesenangan, dan pengulangan saat anak memantul di atas trampolin sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan sensorik anak.

Pada anak-anak dengan gangguan sensorik, main trampolin adalah cara yang sangat efektif untuk membantu mereka lepas dari stres akibat sensitivitas yang berlebihan pada indera.

Baca juga: Manfaat Senam Lantai

4. Membantu Anak Berperilaku Baik

Meski kelihatanya terdengar bagus untuk menjadi kenyataan, namun senam trampolin mampu dapat memberikan efek positif pada masalah perilaku anak-anak. Main trampolin sendiri dapat membuat anak-anak mengeluarkan energi mereka, yang pada akhirnya sedikit akan meminimalkan perilaku negatif.

5. Lebih Mudah Konsentrasi Dalam Belajar

Bergerak aktif di atas trampolin akan melancarkan aliran oksigen ke otak, yang membuat anak-anak menjadi lebih segar dan waspada, sehingga memungkinkan mereka lebih mudah berkonsentrasi terhadap pelajaran.

Gerakan Senam Trampolin

Adapun gerakan trampolin yang dapat kalian ditirukan seperti yang akan di pragakan di video berikut ini:

Nah, itulah beberapa manfaat dari olahraga senam trampolin khususnya pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Mungkin sebelumnya pins belum mengetahui bahwa senam trampolin memiliki sangat banyak manfaat. Dengan begitu, diharapkan artikel ini bisa menambah wawasan Pins untuk mengetahui beragam manfaat senam trampolin untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel