Macam-Macam Senam Lantai yang Bisa Kamu Kerjakan Selama Berada di Rumah

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri ∙ 22 July 2021 ∙ 6 menit membaca

Pandemi sedang melanda sebagian besar dunia, selain mengakibatkan pada perekonomian dunia, kesehatan para penghuninya pun menjadi taruhannya. Kini vaksin dan pengobatan sedang diusahakan oleh para ahli dalam rangka pencegahannya. Namun selain menjaga asupan, olahraga teratur juga dapat membentuk imun tubuh semakin baik. Salah satunya senam lantai. Kamu bisa memulainya dari mengikuti macam-macam senam lantai di bawah ini!

Pinhome – Senam lantai yang dilakukan secara teratur, dapat menguatkan masa otot di dalam tubuh. Selain membentuk tubuh lebih ideal, senam lantai pun dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah lelah. Untuk kamu yang malas gerak, senam lantai cocok dijadikan olahraga utama di keseharian. Macam-macam senam lantai pun memiliki gerakan yang cukup mudah diikuti.

10 gerakan senam lantai di bawah ini bisa kamu ikuti selama kamu berada di rumah. Kamu pun bisa memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Cobalah lakukan bersama teman-teman via online agar kamu lebih semangat.

Plank

(medium)

Coba mulai sebutkan macam-macam senam lantai yang kamu ketahui? Pasti semua memulainya dari posisi plank. Yaps! Plank menjadi posisi andalan yang memiliki manfaat yang luar biasa. Walaupun memang sulit dilakukan tetapi dengan latihan intens, semua akan terasa mudah. 

  • Pertama, ambil matras kamu.
  • Posisikan tubuh dalam keadaan tengkurap/ menghadap matras.
  • Selanjutnya kepal kedua tangan seperti posisi berdoa, dengan jari-jari kaki mengangkat tubuh.
  • Tahan posisi ini dan usahakan bokong tetap naik dan posisi tubuh sejajar.
  • Lakukan secara bertahap per hari mulai dari 1 menit hingga 5 menit setiap sesi untuk hasil maksimal. Plank dapat membentuk tubuh ideal sekaligus meratakan perut buncitmu!

Angkat Kaki Samping

(openfit)

Lanjut ke gerakan angkat kaki samping atau disebut dengan raising hips sideways. Satu dari 10 gerakan senam lantai ini fokus terhadap masalah kaki sekaligus mengurangi peradangan pada persendian. Caranya pun sangat mudah.

  • Tempatkan matras, posisikan tubuh anda menghadap ke samping.
  • Tekuk salah satu tangan membentuk siku.
  • Angkat kaki anda dengan hitungan dan kembalikan ke posisi semula.
  • Selanjutnya berbalik, dan lakukan hal yang sama pada posisi kaki selanjutnya.
  • Cukup dengan hitungan 10 kali setiap sesi, maka kaki mu akan lebih kuat.

Sit-Up Toe Touch

(popsugar)

Yuk sebutkan macam-macam senam lantai lagi yang kamu ketahui! Sit up yang sering kita ketahui umum sebagai pengecil perut juga dapat dimodifikasi lho menjadi sit up toe touch. Gerakan sit-up modifikasi ini lebih menyenangkan dengan kaya manfaat. Caranya pun mirip dengan gerakan sit-up biasa.

  • Siapkan matras.
  • Selanjutnya posisikan tubuh anda dalam gerakan terlentang tidur.
  • Angkat kaki dan tangan ke atas, dan lakukan gerakan menarik ke atas dengan kaki membentuk sudut lurus mendekat kedua tangan.
  • Lakukan dalam kurun waktu 5 kali dengan istirahat.
  • Gerakan ini sangat baik untuk otot perut, bokong, dan paha belakang.

Push- Up

(freepik)

Bila Pins mengenal sit-up, tentu tidak asing bukan dengan gerakan push-up? Gerakan satu ini sangat mudah dan minim resiko. Dengan melakukan gerakan ini secara berkala, otot lengan akan semakin kencang dan tidak bergelambir begitu pula pada bagian perut.

  • Pertama siapkan matras dan tempatkan posisi tubuh Pins dengan kepala menghadap ke bawah dalam posisi tengkurap. 
  • Letakkan kedua tangan di sisi kiri kanan sambil mengangkat tubuh dan tekuk jari kaki secara perlahan.
  • Setelahnya kembalikan ke posisi awal.
  • Lakukan pada hitungan perlahan 3 set dengan masing-masing 12 kali untuk hasil maksimal.
  • Bila dirasa cukup sulit, kamu bisa menggunakan alternatif lain yaitu gerakan push up wanita dengan posisi lutut menempel pada matras dan lakukan gerakan yang sama.

Kayang

(sehatq)

Untuk gerakan kayang, kamu dapat memulainya dari:

  • Memposisikan tubuh dalam gerakan tertidur. 
  • Angkat bersamaan dengan posisi menekuk kedua kaki dan juga tangan ditekuk ke belakang dengan posisi menyentuh matras. Mungkin pada awalnya cukup sulit, tetapi dengan rajin meregangkan badan, kamu akan bisa melakukannya.
  • Posisi kayang yang benar adalah melengkungkan tubuh. 

Berguling ke Depan (Rolling)

(yes4all)

Mari sebutkan macam-macam senam lantai kembali yang Pins ketahui. Berguling ke depan/ rolling juga menjadi salah satu macam senam lantai idola lho! Selain gerakannya fun, ini dapat melatih keseimbangan tubuh. 

  • Gunakan matras yang cenderung tebal.
  • Posisikan tubuh dalam keadaan jongkok dengan kedua tangan menghadap ke depan.
  • Buka tangan selebar bahu dan masukan dagu ke arah dada dengan kepala mendekati lantai. 
  • Terakhir dorong tubuh ke depan, dan kembali pada posisi pertama.

Sikap Lilin

(oyimedia)

Dari ke-10 gerakan senam lantai ini, ada yang menantang lagi nih Pins, yaitu posisi lilin. Melatih kekuatan otot bagian perut dan juga keseimbangan, gerakan ini perlu Pins coba di rumah. Caranya adalah:

  • Lakukan pemanasan, setelahnya ambil matras dan tidur telentang dengan kaki sejajar dan rapat.
  • Buat rileks badan, dan mulai angkat tubuh dengan bantuan kedua tangan memegang bokong. Tahan beberapa detik sampai Pins benar-benar seimbang dan lakukan kembali.
  • Bila sudah mahir, kamu bisa menggunakan tanpa bantuan tangan.

Headstand

(senamyoga)

Bagian dari gerakan macam-macam senam lantai yang cukup sulit selanjutnya adalah headstand. Mari coba sebutkan macam-macam senam lantai kembali, mana kiranya yang tersulit? Pasti Pins akan menjawab gerakan yang sama, yaitu headstand. Posisi kepala menyentuh lantai, dan posisi tangan berada di depan wajah. 

Headstand bertumpu pada kepala dan ditopang tangan sedangkan handstand hanya pada tangan. Untuk melakukannya untuk pertama kali ada baiknya mintalah bantuan dari rekan di rumah, untuk posisi yang benar dan menghindari adanya bahaya cedera.

Bicycle Crunch

(istockphoto)

Selanjutnya ada gerakan senam lantai yang dapat kamu lakukan selama di rumah adalah bicycle crunch. Mengapa dikatakan seperti itu? Karena gerakan ini layaknya sedang bermain sepeda mengayuh dalam posisi duduk di matras. Angkat kedua tanganmu mendekati kepala, dan kaki bergerak ke depan dan ke belakang secara bergantian satu sama lain. Cukup mudah bukan?

Gerakan Angkat Pinggul

(halosehat)

Terakhir adalah gerakan angkat pinggul atau biasa disebut dengan bridge atau hip lift. Berguna sekali untuk mengencangkan bagian bokong dan betis bagian belakang. Untuk kamu yang sering berkendala pada bagian tersebut, kamu dapat memulai perlahan dengan cara:

  • Rebahan pada matras dalam posisi telentang
  • Tekuk lutut
  • Kemudian angkat perlahan pada bagian pinggul
  • Usahakan tangan menghadap ke lantai dengan posisi lurus
  • Tahan selama beberapa detik dan lakukan secara berulang bertahap, mulai dari 10 kali hingga 15 kali

Itulah ke 10 gerakan senam lantai yang dapat Pins lakukan di rumah untuk mengisi waktu saat pandemi maupun menemani kamu sambil bekerja di rumah. Cobalah lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Tetap semangat olahraga ya Pins!

Baca Juga: Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut yang Baik untuk Pemula


Temukan beragam pilihan rumah, apartemen terlengkap seperti Grand Dhika City Lifestyle atau tanah seperti jual tanah di Jakarta Selatan di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia