BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Model Pendopo Rumah Minimalis yang Nyaman
0
0

8 Inspirasi Model Pendopo Rumah Minimalis yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain bangunan tradisional Indonesia kerap kali menjadi acuan untuk membuat hunian modern. Para arsitek juga sering memadukan unsur bangunan tradisional ke dalam apartemen atau rumah, pastinya dengan memodifikasinya terlebih dulu. Salah satunya pendopo untuk rumah minimalis, yang dimana merupakan perpaduan dari desain modern dengan budaya asli Indonesia.

Pendopo merupakan pavilion atau “bangunan tambahan” yang biasanya diletakkan di bagian depan bangunan utama rumah. Tempat ini biasa digunakan untuk pertemuan social, menerima tamu, sekedar bersantai di waktu kosong, atau pertunjukan ritual.

Beberapa rumah tradisional di wilayah Sumatra, Bali, Kalimantan, dan apalagi Jawa terlihat mempunyai pendopo sebagai bagian yang terpisahkan dari gaya arsitektur mereka. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Pinhome akan memberikan beberapa inspirasi model pendopo rumah minimalis yang nyaman. Simak sampai selesai artikel satu ini ya.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Inspirasi Model Pendopo Rumah Minimalis yang Nyaman

1. Pendopo Rumah Minimalis di Depan Rumah Modern

Source : Land form Consultant

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pendopo merupakan salah sat bagian yang terletak di bagian depan rumah. Desain pendopo rumah minimalis satu ini merupakan salah satu contohnya. Setelah diterapkan ke dalam hunian modern, biasanya pendopo menjadi tidak terlalu besar dan akan berubah fungsi menjadi teras rumah saja.

Akan tetapi desain yang satu ini mencoba untuk membuat pendopo menjadi terlihat lebih besar dan digunakan untuk menerima tamu dengan jumlah yang relatif banyak. Kamu juga dapat memasang batu alam di tembok luar rumah agar memberikan sentuhan tambahan yang akan memberikan kesan alami di sekitar pendopo.

Jika Kamu sedang tidak menerima tamu, pendopo rumah minimalis satu ini dapat digunakan sebagai tempat untuk bersantai dan berkumpul Bersama keluarg.

2. Pendopo Rumah Minimalis Bertingkat

Jika Kamu berfikir bahwa pendop hanya dapat diaplikasikan pada hunian satu lantai saja, Kamu salah besar. Kamu dapat melihat model yang satu ini terlebih dahulu. Dengan memadukan desain tradisional klasik dengan minimalis modern, Kamu dapat mengaplikasikan pendopo pada rumah yang mempunyai 2 lantai.

Inspirasi yang satu ini cukup menarik untuk diaplikasikan ke dalam hunian. Caranya yaitu dengan memadukan kedua gaya tersebut pada rumah modern, lalu tambahkan pendopo minimalis sebagai bagian depan rumah dan balkon.

3. Pendopo Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

Source : LCA

Inspirasi berikutnya yaitu hunian modern dengan pendopo yang berada di belakang rumah, atau lebih tepatnya berada di samping kolam renang. Selain diaplikasikan ke dalam interior rumah, gaya vintage yang sangat kental juga dapat diterapkan ke dalam model pendopo satu ini.

Segala hal di dalamnya, mulai dari tempok, keramik, hingga patung akan membuat pendopo satu ini terlihat estetik.

4. Pendopo Rumah Minimalis dengan Pencahayaan yang Hangat

Pencahayaan merupakan salah satu elemen yang sangat penting bahkan menjadi kunci untuk membuat eksterior rumah menjadi indah. Seperti pada contoh di atas, pada model tersebut mempunyai banyak sekali pencahayaan di sekitar pendopo. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan yang luas dan mewah serta hangat pada bangunan tersebut.

Untup mengaplikasikannya, pertama-tama Kamu memerlukan pendopo rumah minimalis yang luas, lalu tambahkan banyak lampu teras dan teman di sekitar pendopo tersebut. Akan tetapi, harus diingat, jangan sampai berlebihan untuk penggunaan pencahayaannya di luar rumah, apalagi jika sampai menyorot hunian di sebelah Kamu.

5. Pendopo Rumah Minimalis Modern

Source : Houzz

Desain pendopo berikut mempunyai desain yang didominasi dengan unsur putih. Seperti yang kita ketahui, warna-warna cerah seperti putih merupakan elemen yang sangat penting pada gaya minimalis modern.

Terdapat beberapa modifikasi yang dilakukan yaitu dengn menghilangkan ornament-ornamen rumah sebagaiman yang sering terlihat di dalam rumah tradisional Jawa, Joglo. Menariknya, desain pendopo yang satu ini justru berada di bagian belakang rumah, yang berhadapan langsung dengan taman belakang dan kolam renang.

Tidak hanya itu, rumah ini menggunakan banyak kaca berukuran besar sehingga memberikan efek tersendiri pada pendopo dan bagian dalam rumah. Desain ini juga menciptakan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Pencahayaan alami dari matahi pun juga bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah Kamu.

6. Pendopo sebagai Ruang Makan

Source : Sunjoy Shop

Inspirasi berikutnya yaitu pendopo yang digunakan sebagai ruang makan Bersama keluarga. Model satu ini sangat menarik karena menggunakan konsep klasik akan tetapi tetap dipadukan dengan minimalis. Penggunaan material kayu pastinya akan memberikan kesan yang hangat tersendiri. Dan juga pendopo diletakkan di sebelah kolam renang, sehingga lebih memberikan kesan yang alami.

7. Pendopo Rumah Minimalis di Tengah Sawah

Jika Kamu memiliki lokasi rumah di tengah sawah, Kamu dapat menggunakan inspirasi satu ini sebagai referensi Kamu. Pendopo yang dibuat tidak terlalu besar atau kecil ini menggunakan sofa yang berkeliling, sehingga sangat nyaman untuk menerima tamu ataupun membuat acara keluarga. Dengan pemandangan sawah pastinya akan memberikan kesan yang sangat natural.

8. Pendopo Rumah Minimalis Mewah

pendopo rumah minimalis
Source : Plena Madeira

Inspirasi yang terakhir yaitu pendopo yang memiliki kesan mewah. Dengan didominasi warna putih dengan sentuhan furniture-furniture mewah di sekitarnya, pastinya akan membuat pendopo satu ini terlihat mewah. Dengan perpaduan material kayu dengan interior warna hitam dan putih ini membuat desain satu ini menjadi sangat menarik untuk diterapkan di rumah Kamu.

Itu dia beberapa inspirasi pendopo rumah minimalis yang nyaman. Semoga informasi yang disampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download