Pinhome

Tips Properti

Pembuatan 1 m2 pagar sementara dari kayu tinggi 2 meter

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan adakalanya diperlukan pagar sementara untuk keperluan keamanan sekaligus upaya pencegahan dari berbagai macam kejadian yang tidak diharapkan.

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat pagar dari mulai baja ringan, galvalum, seng gelombang, kayu maupun material lainya. Masing-masing tentu punya kelebihan dari segi keawetan, biaya, maupun tingkat kesulitan pemasangan.

pagar kayu

Disini kita buatkan contoh analisa harga satuan pekerjaan pembuatan 1 m2 pagar sementara dari kayu setinggi 2 m.

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Pembuatan 1 m2 pagar sementara dari kayu tinggi 2 meter

Koefisien analisa tersebut berdasarkan peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) nomor 28/PRT/M/2016 tentang analisis harga satuan pekerjaan bidang pekerjaan umum pagar kayu.

Harga upah dan tenaga yang dipakai pada perhitungan analisa membuat pagar tersebut hanya sebagai contoh saja, dalam pelaksanaanya perlu disesuaikan dengan proyek yang bersangkutan. Hal ini karena beda waktu dan tempat pelaksanaan proyek akan berbeda pula harga tenaga serta materialnya.

Cara menghitung volume pagar kayu

Untuk mengetahui volume pagar yang akan dikerjakan bisa dilakukan dengan cara mengalikan total panjangnya dengan ketinggian.

Misalnya kita akan membangun pagar sepanjang 150m dengan ketinggian 2m maka volumenya yaitu.

  • 150m x 2m = 300 m2.

Cara menghitung biaya pembuatan pagar kayu

Setelah kita tahu volume pagar yang akan dibangun serta harga per m2 maka sudah bisa menghitung total biaya yang dibutuhkan.

  • volume x harga per m2
  • 300m2 x Rp.244.695,-
  • Rp. 73.408.500,-

Begitulah contoh menghitung volume pagar, analisa harga satuan pekerjaan beserta rencana anggaran biaya yang dibutuhkan semoga uraian sederhana ini bisa memberikan pencerahan.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel