BlogLifestyleKesehatan11 Daftar Minuman dengan Kandungan Elektrolit Terbaik
0
0

11 Daftar Minuman dengan Kandungan Elektrolit Terbaik

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Agu 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Pentingnya minuman yang mengandung elektrolit.top-right-banner

Dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan elektrolit dalam tubuh sangatlah penting untuk memastikan fungsi-fungsi vital berjalan dengan baik. Salah satu untuk memenuhinya adalah dengan mengkonsumsi minuman elektrolit.

Perlu diketahui bahwa ketika tubuh mengalami kekurangan elektrolit akibat aktivitas fisik yang intens, cuaca panas, atau penyakit tertentu, penting untuk menggantinya dengan tepat guna menjaga keseimbangan dan kesehatan keseluruhan. Penasaran apa saja yang merupakan minuman yang mengandung elektrolit?

Sebelum pembahasan lebih lanjut, perlu diketahui juga bahwa  PinValue merupakan fitur yang memungkinkan seorang pencari properti dari Pinhome yang bisa mengetahui Harga Estimasi sebuah rumah, tanpa mereka harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung.

Kemudian juga, seperti Ananta Homes Tenjo menjadi rekomendasi jika Kamu menginginkan hunian terbaik. Selain itu, rumah bekas di Jakarta Selatan hingga rumah dijual di Depok bisa menjadi alternatif lainnya.

Baca juga: 10 Jenis Minuman yang Bagus Dikonsumsi Saat Diare

Manfaat Minuman yang Mengandung Elektrolit

Konsumsi minuman elektrolit setelah olahraga.
Source : Freepik

Minuman elektrolit adalah jenis minuman yang dirancang khusus untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat berbagai aktivitas fisik, olahraga, atau kondisi medis tertentu. Elektrolit adalah mineral seperti natrium, kalium, klorida, kalsium, dan magnesium yang memiliki muatan listrik dan penting untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot, serta aktivitas syaraf dalam tubuh.

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari minuman yang mengandung elektrolit:

1. Penggantian Cairan dan Elektrolit

Saat berkeringat atau mengalami diare, tubuh kehilangan cairan dan elektrolit penting. Minuman elektrolit membantu menggantikan cairan dan elektrolit tersebut, mencegah dehidrasi dan menjaga berbagai keseimbangan dalam tubuh.

Dengan demikian, minuman elektrolit menjadi salah satu minuman untuk diare terbaik.

2. Mendukung Aktivitas Fisik

Saat berolahraga intens, terjadi peningkatan pengeluaran keringat dan elektrolit, terutama natrium dan kalium. Minuman elektrolit membantu menjaga keseimbangan selama olahraga, sehingga mencegah kram otot, lemas, dan penurunan performa.

3. Pemulihan Setelah Olahraga

Minuman elektrolit dapat membantu pemulihan pasca-olahraga dengan menggantikan cairan yang hilang dan memperbaiki keseimbangan. Ini membantu tubuh pulih lebih cepat dari stres fisik yang diakibatkan oleh latihan intens.

4. Mengatasi Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis seperti gastroenteritis, diare, muntah, atau demam tinggi dapat menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit. Minuman elektrolit dapat membantu mencegah atau mengatasi dehidrasi yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

5. Pencegahan Kelelahan Akibat Panas

Pada cuaca panas, tubuh cenderung lebih banyak berkeringat untuk menjaga suhu tubuh yang stabil. Ini dapat menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit.

Minuman elektrolit membantu menjaga keseimbangan cairan serta mencegah risiko kelelahan akibat panas.

6. Mendukung Fungsi Otak dan Saraf

Elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium penting untuk menjaga fungsi otak dan saraf yang optimal. Keseimbangan elektrolit yang tepat membantu transmisi sinyal saraf dan menjaga kinerja otak.

7. Pengganti Gula dan Kalori

Beberapa minuman elektrolit juga dapat menjadi sumber cepat energi, terutama dalam bentuk karbohidrat sederhana. Ini bisa bermanfaat dalam situasi di mana tubuh membutuhkan asupan energi tambahan.

Baca juga: 11 Jenis Minuman yang Mengandung Kafein Selain Kopi

11 Minuman yang Mengandung Elektrolit

Air kelapa sebagai minuman elektrolit.
Source : Freepik

Berikut adalah daftar 11 minuman yang mengandung elektrolit beserta penjelasannya:

1. Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman alami terbaik yang mengandung kalium, natrium, dan magnesium. Kandungan ini membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik.

2. Minuman Olahraga

Sebut saja Gatorade mengandung elektrolit penting seperti natrium dan kalium. Pelu diketahui bahwa minuman ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh selama latihan intensif.

3. Air Lemon

Campuran air lemon dengan sedikit garam dan madu bisa menjadi minuman kesehatan alami. Lemon mengandung kalium dan vitamin C, sedangkan garam membantu menggantikan natrium.

4. Jus Semangka

Semangka mengandung kalium dan magnesium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit. Jus semangka segar juga memberikan hidrasi ekstra.

5. Jus Jeruk

Jeruk kaya akan kalium dan juga mengandung natrium alami. Jus jeruk membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat aktivitas fisik.

6. Air Mineral Elektrolit

Beberapa merek air mineral kini menghadirkan varian elektrolit yang mengandung natrium, kalium, dan magnesium tambahan untuk membantu menghidrasi dan menjaga keseimbangan ion dalam tubuh.

7. Minuman Aloe Vera

Aloe vera dapat dijadikan minuman elektrolit.
Source : Freepik

Aloe vera mengandung kalium dan natrium alami yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit. Minuman aloe vera juga memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan.

8. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang kaya akan probiotik dan kalsium dan magnesium. Ini membantu menjaga keseimbangan mikroba baik dalam sistem pencernaan.

9. Minuman Kelor (Moringa)

Daun kelor kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium. Moringa membantu menggantikan elektrolit serta memberikan beragam nutrisi.

10. Jus Labu

Labu mengandung kalium dan magnesium yang membantu mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jus labu juga memiliki antioksidan dan serat.

11. Teh Elektrolit Alami

Teh herbal seperti teh peppermint atau chamomile dapat dijadikan minuman elektrolit alami dengan menambahkan sedikit madu untuk gula dan elektrolit tambahan. Selain itu, ada jenis-jenis teh yang perlu diketahui karena masing-masing manfaatnya.

Itulah berbagai minuman yang mengandung elektrolit terbaik. Namun, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan elektrolit dan nutrisi lainnya.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download