BlogLifestyleKesehatan17 Manfaat Makan Timun Mentah untuk Kesehatan Tubuh
0
0

17 Manfaat Makan Timun Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat makan timun mentahtop-right-banner

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Manfaat makan timun mentah, seperti dijadikan lalapan, untuk kesehatan sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh. 

Besarnya manfaat timun sama halnya dengan kemampuan Pinhome dalam Simulasi KPR untuk menghitung estimasi rumah di BSD atau rumah bekas di Bandung. Kamu juga bisa mencari tahu estimasi harga rumah melalui fitur PinValue

Buah timun biasanya dipanen ketika belum benar-benar masak untuk dijadikan sayuran atau penyegar. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak sehingga bisa menyejukkan.

Selain itu, potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Mengenal 13 Manfaat Makan Pete Bagi Kesehatan

Kandungan Timun

Manfaat makan timun mentah
Pixabay

Manfaat timun yang banyak untuk kesehatan tentu berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut kandungan nutrisi dalam timun yang berukuran sedang atau sekitar 300 gram:

  • Kalori: 45 kilokalori
  • Lemak total: 0 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14 persen kebutuhan harian
  • Vitamin K: 62 persen kebutuhan harian
  • Magnesium: 10 persen kebutuhan harian
  • Kalium: 13 persen kebutuhan harian
  • Mangan: 12 persen kebutuhan harian

Baca juga: 6 Manfaat Makan Mie Instan Jika Tidak Konsumsi Berlebihan

Manfaat Makan Timun Mentah

Manfaat makan timun mentah
Pixabay

Sebagian besar masyarakat akan memakan timun mentah tanpa diolah terlebih dulu. Hal ini memang menjadi cara terbaik untuk menikmati timun, layaknya buah-buahan lain. 

Berikut manfaat makan timun mentah untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Hidrasi dan Manajemen Berat Badan

Timun memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu mencapai 95 persen. Hal ini menjadikan timun sebagai sumber hidrasi yang sangat baik. Hidrasi penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk menjaga berat badan, pencernaan, dan tingkat energi. 

Timun juga termasuk cemilan rendah kalori karena tingginya kandungan air pada buah ini. Dengan demikian, timun menjadi cemilan ideal bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjaganya tetap ideal. 

2. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Makan timun mentah bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, menempelkan irisan timun ke kulit membantu meredakan iritasi dan mengurangi peradangan karena memiliki sifat anti inflamasi. 

Timun juga kaya akan silika, yang telah dikonfirmasi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut, mengurangi kerontokan, dan kerusakan rambut.

Baca juga: Kenali 12 Manfaat Makan Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh

3. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat makan timun mentah
Pixabay

Timun baik untuk sistem pencernaan manusia. Kandungan serat yang tinggi dalam timun dapat membantu mendorong buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit. 

Selain itu, timun juga mengandung enzim yang disebut erepsin, yang membantu pencernaan protein dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4. Detoksifikasi

Makan timun mentah dapat membantu membuang racun dari tubuh karena sifat diuretik alami dan kandungan airnya yang tinggi. Timun juga sumber antioksidan dan senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan fungsi hati dan melindungi hati dari kerusakan akibat racun dan stres oksidatif.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Timun mengandung potasium, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan meningkatkan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Serat, potasium, dan magnesium yang ditemukan dalam timun dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan dengan mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah penumpukan plak di arteri.

6. Kesehatan Otak

Manfaat timun mentah berikutnya mampu menyehatkan otak. Timun kaya akan fisetin, flavonoid yang telah terbukti meningkatkan daya ingat dan melindungi sel saraf dari penurunan terkait usia, meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Sifat anti inflamasi mentimun, karena adanya antioksidan dan senyawa bioaktif, dapat membantu mengurangi peradangan di otak dan melindungi dari gangguan saraf.

Baca juga: Tak Selamanya Buruk! Ini 10 Manfaat Makan Es Krim untuk Tubuh

7. Kaya Antioksidan

Manfaat makan timun mentah
Pixabay

Timun kaya akan antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan quercetin, yang membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Antioksidan yang ditemukan dalam timun dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan neurodegeneratif, dengan memerangi stres oksidatif.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Makan timun mentah bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tulang. Timun adalah sumber vitamin K yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang dan membantu mengaktifkan protein yang bertanggung jawab untuk pembentukan dan mineralisasi tulang.

9. Mencegah Diabetes

Timun dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi laju penyerapan glukosa. Selain itu timun dapat membantu mencegah komplikasi yang terkait dengan diabetes, seperti kerusakan saraf dan disfungsi ginjal.

10. Menyehatkan Gigi

Selain kesehatan tulang, makan timun mentah juga bisa menjaga kesehatan gigi. Konsumsi timun dapat membantu memerangi bau mulut dengan meningkatkan produksi air liur, yang membantu menetralkan bakteri penyebab bau.

Sementara vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang ditemukan dalam mentimun dapat membantu memperkuat gusi dan gigi, mengurangi risiko penyakit gusi dan kerusakan gigi.

11. Mencegah Kanker

Manfaat makan timun mentah
Pixabay

Buah timun mengandung senyawa seperti cucurbitacins dan lignan, yang terbukti memiliki sifat anti kanker dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Konsumsi timun dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Baca juga: 8 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bisa Hilangkan Kolesterol Lho!

12. Menyehatkan Saluran Pernapasan

Timun mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala asma dengan mengurangi peradangan saluran napas. 

Konsumsi timun secara teratur dapat memberikan nutrisi penting, seperti vitamin C dan magnesium, yang mendukung fungsi paru-paru secara keseluruhan dan kesehatan pernapasan.

13. Baik untuk Bumil

Konsumsi timun secara teratur selama kehamilan dapat memberikan nutrisi penting, seperti potasium, magnesium, dan vitamin C, yang dapat membantu mencegah komplikasi terkait kehamilan seperti hipertensi gestasional dan kelahiran prematur.

14. Mengurangi Stres

Timun mengandung vitamin B, seperti vitamin B1 (tiamin), yang dikaitkan dengan penurunan tingkat stres dan perbaikan suasana hati. Selain itu, kandungan magnesium pada timun membantu mengurangi kecemasan dengan mengatur neurotransmiter dan meningkatkan relaksasi.

15. Keseimbangan Elektrolit

Manfaat makan timun mentah
Pixabay

Timun adalah sumber elektrolit alami, termasuk kalium, natrium, dan magnesium, yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

16. Menyembuhkan Luka

Kandungan vitamin C dalam timun penting untuk produksi kolagen dan pembentukan jaringan baru, yang efeknya bisa mempercepat penyembuhan luka. Sifat antimikroba timun dapat membantu mencegah infeksi pada luka ringan dan mempercepat proses penyembuhan.

17. Kesehatan Hormon

Timun mengandung nutrisi penting, seperti vitamin B6, yang berperan dalam mengatur produksi hormon dan mendukung kesehatan hormonal. 

Konsumsi timun secara teratur dapat memberikan nutrisi penting yang mendukung produksi neurotransmitter pengatur suasana hati, seperti serotonin, meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Itulah 17 manfaat makan timun mentah untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Pins suka makan timun, enggak?

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download