Pinhome

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Aman untuk Semua Usia

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 13 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Berat badan yang mendadak naik tentu tak jarang membuat Pins kaget. Lantas, tahu jarum timbangan makin ke kanan, Pins pasti akan mencari tahu cara cepat menurunkan berat badan. Banyak cara untuk bisa menurunkan berat badan menjadi lebih ideal.

Pinhome – Belakangan ini memang sedang marak obat diet, Pins. Obat diet tersebut memiliki klaim bahwa bisa membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat tanpa harus menyiksa diri dengan olahraga maupun makan sehat. Nyatanya, di balik iming-iming tersebut ada bahaya yang mengintai.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Dengan Olahraga

Alih-alih membeli obat diet sembarangan, ada baiknya Pins mencari tahu fakta terkait penyebab berat badan bisa dengan mudah naik dan bagaimana cara menurunkan berat badan lewat cara sehat. Berikut Pinhome rangkum beberapa penyebab berat badan naik, Pins:

Penyebab berat badan naik

cara cepat menurunkan berat badan
(Pixabay)

Berat badan naik identik dengan kebiasaan doyan makan atau ngemil sembarangan. Tapi, berat badan yang melonjak tajam juga bisa disebabkan oleh beberapa hal selain pola makan yang tidak teratur. Ini dia beberapa pemicunya:

Baca Juga: Yuk Olahraga Senam Erobik Dan Ketahui Manfaat Baiknya

Dalam masa pengobatan

Seperti diketahui, seseorang dengan diabetes memang harus menjalankan pengobatan dengan insulin. Insulin di sini bekerja untuk membantu mengontrol gula darah. Selain itu, seseorang dengan diabetes juga dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Dengan begitu, risiko berat badan naik pun bisa saja terjadi.

Baca Juga: Olahraga Dulu Atau Sarapan Dulu?

Masalah usia

Seiring berjalannya waktu, penuaan akan membuat otot seseorang kurang aktif. Kehilangan massa otot sama halnya akan berdampak pada kemunduran kemampuan membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Aktifitas fisik yang berkurang di masa tua pun berpengaruh pada berat badan yang melonjak tajam.

Stres dan suasana hati yang kurang baik

Mungkin seseorang memiliki respons yang berbeda terhadap kondisi stres, kecemasan, dan gangguan suasana hati yang lainnya. Tak sedikit yang merasa pola makannya meningkat serta tidak beraturan ketika dilanda stres.

Rasa lelah yang ekstrem

Riset menunjukkan seseorang yang kurang tidur akan berujung pada kondisi kelelahan ekstrem. Jika pola tidur Pins tidak beraturan dan sangat kurang porsinya, maka bisa berpeluang mengalami lonjakan berat badan. Bukan tanpa alasan, kurang tidur bisa memicu hormon perangsang rasa lapar kian tinggi.

Mengalami gangguan PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik sudah pasti akan memengaruhi kinerja ovarium. Gejala PCOS sangat beragam, mulai dari telat menstruasi atau haid tidak teratur, kesulitan mendapatkan anak, dan berat badan yang bertambah.

Bagaimana cara menurunkan berat badan?

cara cepat menurunkan berat badan
(Freepik)

Jika Pins belakangan merasa badan lebih berat dan pola makan berantakan, ada baiknya mulai sekarang mencari tahu cara cepat menurunkan berat badan. Berikut Pinhome rangkum cara cepat menurunkan berat badan:

Kurangi konsumsi alkohol

Belum banyak yang tahu kalau mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa memicu berat badan melonjak tajam. Untuk usia dewasa, sebaiknya hindari hobi minum-minuman beralkohol, ya!

Coba minum kopi

Bukan kopi susu atau kopi dengan gula, Pins. Kopi tanpa pemanis lah yang bisa membantu menurunkan berat badan. Minum kopi bisa meningkatkan energi dan jumlah kalori yang dibakar tubuh. Konsumsi kopi tentu harus menyesuaikan dengan usia seseorang yang sedang diet. Untuk anak-anak bisa mengganti minuman manis dengan susu rendah lemak.

Olahraga ringan

Tak perlu berlebihan, Pins bisa menjajal olahraga ringan untuk tetap menjaga badan selalu aktif bergerak. Jalan kaki hingga bersepeda bisa menjadi pilihan terbaik. Olahraga ringan ini tentu bisa dilakukan oleh semua usia, Pins.

Hindari makanan cepat saji

Sudah bukan hal baru jika makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang tinggi. Makanan jenis ini sebaiknya dikurangi supaya tidak membuat diet gagal.

Perbanyak menu yang melancarkan program diet

cara cepat menurunkan berat badan
(Pixabay)

Selain olahraga dan mencegah beberapa makanan dan minuman manis, ada baiknya Pins menjajal beberapa pilihan makanan yang bisa dicoba untuk asupan ketika menurunkan berat badan yaitu:

  • Telur utuh
  • Sayuran hijau
  • Salmon
  • Daging sapi tanpa lemak
  • Dada ayam
  • Kentang rebus
  • Tuna
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat

Tips menurunkan berat badan

cara cepat menurunkan berat badan
(Pixabay)

Selain cara di atas, Pins juga bisa mengikuti tips menurunkan berat badan yang super mudah tanpa olahraga seperti berikut ini:

  • Jangan lewatkan waktu sarapan. Pastikan untuk selalu mengawali hari dengan mengonsumsi makanan tinggi protein. Makan teratur dengan asupan tinggi protein dipercaya bisa membuat perut kenyang lebih lama.
  • Hindari minum dan makan yang bercita rasa manis. Siapa sangka, di balik rasanya yang nikmat, minuman atau makanan manis justru hanya mengandung kalori kosong dan bisa menghambat proses penurunan berat badan.
  • Usahakan minum air sebelum makan besar. Cara ini cukup efektif untuk mencegah Pins makan dengan porsi berlebihan. Riset juga membuktikan jika minum air putih sebelum makan dapat mengurangi penyerapan kalori sehingga berat badan tetap ideal.
  • Bijak memilih menu makan. Usahakan memilih makanan yang bergizi seimbang, seperti buah dan sayur yang terbukti kaya akan serat dan bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan secara optimal.

Itu dia Pins, cara menurunkan berat badan yang wajib dicoba tanpa harus menyiksa diri. Selama dalam masa diet, sebaiknya selalu konsultasikan pada ahli untuk memantau perkembangan dan melacak kebutuhan gizi yang Pins perlukan selama masa diet. Selamat mencoba, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Kumpulan Ucapan Selamat Imlek yang Penuh Harapan

Tahun Baru Imlek jadi salah satu momen yang ditunggu oleh keluarga Tionghoa. Pada waktu ini, mereka

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

Desain warna untuk tampilan ruang tamu memang sebagian besar berwarna senada. Namun, apa jadinya bi

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai investasi kenyamanan seseorang. Salah satunya adalah da

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu mo

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unik. Desain pintu se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia