BlogKesehatan15 Manfaat Kunyit Putih untuk Kebugaran Tubuh
0
0

15 Manfaat Kunyit Putih untuk Kebugaran Tubuh

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jun 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat kunyit Putihtop-right-banner

Kunyit putih telah dikenal dan digunakan dalam pengobatan tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini tidak hanya memberikan cita rasa dan aroma khas pada hidangan, tetapi juga menyimpan segudang manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang luar biasa.

Pinhome telah mencari tahu 15 manfaat kunyit putih yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dari sifat anti inflamasi hingga perlindungan organ vital, kunyit putih memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan kesehatan secara alami.

Kandungan Gizi Kunyit Putih

manfaat kunyit Putih
Source : Shutterstock
Komponen GiziKandungan
Energi:35 kilokalori
Karbohidrat:64,9 gram
Protein:7,83 gram
Lemak total:9,88 gram
Serat:21 gram
Folat:39 mikogram
Niasin:5.140 miligram
Piridoksin:1,8 milgram
Vitamin :25,9 miligram
Riboflavin:9,233 miligram
Vitamin E:3,10 miligram
Vitamin K:13,4 miligram
Sodium:38 miligram
Kalium:25 miligram
Kalsium:183 miligram
Tembaga:603 mikrogram
Magnesium:193 miligram
Mangan:7,83 miligram
Fosfor:268 miligram
Seng:4,35 miligram

Baca juga:

Apa Saja Manfaat Kunyit Putih?

manfaat kunyit Putih
Source : Shutterstock

Kunyit putih memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung senyawa aktif yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome yang memberikan segudang manfaat untuk kamu penjual dan pembeli properti. Kamu bisa pasang iklan rumah gratis di Pinhome ataupun membeli rumah secara langsung dengan aman.

Sementara bagi calon pembeli, kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian personalisasi untuk mencari hunian impian. Kamu juga berkonsultasi dengan rekan agen Pinhome untuk mencari properti yang tepat. Misalnya kamu mencari rumah di Jakarta Selatan. Agen properti dari Pinhome akan membantu kamu mencari apartemen yang kamu inginkan beserta nilai yang tepat.

Berikut 15 manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh.

Antiinflamasi Alami

Kunyit putih mengandung senyawa bernama kurkuminoid, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu meredakan gejala arthritis, gangguan pencernaan, dan penyakit inflamasi lainnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kunyit putih mengandung senyawa yang memiliki efek imunomodulator, yaitu senyawa yang membantu mengatur dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi kunyit putih secara teratur, Kamu dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa kurkuminoid dalam kunyit putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, mencegah pembentukan bekuan darah, dan melindungi arteri dari kerusakan oksidatif.

Kunyit putih dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Senyawa kurkuminoid dalam kunyit putih dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko utama penyakit diabetes tipe 2.

Meningkatkan Pencernaan

Kunyit putih telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Senyawa aktif dalam kunyit putih dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti gas, kembung, dan diare. Mereka juga dapat merangsang produksi empedu dan enzim pencernaan, yang membantu pencernaan makanan secara lebih efisien.

Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah organ penting yang bertanggung jawab untuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Kunyit putih dapat membantu menjaga kesehatan hati dengan melindunginya dari kerusakan oksidatif dan mengurangi peradangan dalam organ ini.

Menyehatkan Kulit

Kunyit putih mengandung senyawa antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan dini. Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan menyembuhkan luka.

Menjaga Kesehatan Mata

Kunyit putih mengandung senyawa seperti lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Senyawa kurkuminoid dalam kunyit putih memiliki efek neuroprotektif yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan peradangan. Ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi terhadap risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa kurkuminoid dalam kunyit putih dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan menghambat penyebarannya. Senyawa ini memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker.

Kunyit putih dapat menjadi tambahan yang berguna dalam program penurunan berat badan. Senyawa aktif dalam kunyit putih dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi penumpukan lemak, dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang semuanya berkontribusi pada penurunan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Sendi

Kunyit putih dapat membantu meredakan gejala arthritis dan gangguan sendi lainnya. Senyawa anti inflamasi dalam kunyit putih dapat mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi, meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup.

Menyehatkan Sistem Pernapasan

Kunyit putih memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu melonggarkan dahak dan meredakan batuk. Ini juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi saluran pernapasan.

Meningkatkan Energi dan Vitalitas

Kunyit putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai tonik untuk meningkatkan energi dan vitalitas. Senyawa aktif dalam kunyit putih dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kunyit putih memiliki sifat relaksan yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan mengonsumsi kunyit putih secara teratur, Kamu dapat merasakan tidur yang lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan yang segar.

Itulah 15 manfaat kunyit putih untuk kebugaran tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa kunyit putih tidak boleh dijadikan pengganti pengobatan medis yang direkomendasikan oleh dokter. 

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download