BlogLifestyleEdukasiPengertian, Sejarah dan Teknik Lempar Cakram
0
0

Pengertian, Sejarah dan Teknik Lempar Cakram

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pernakah Pins mendengar oalhraga lempar cakram? Ya, olahraga ini adalah salah satu cabang olahraga atletik yang mengandalkan kemampuan otot pada bagian tangan. Di setiap olimpiade, cabang olahraga ini tidak pernah absen dari daftar olahraga yang dipertandingkan.

Penasaran apa pengertian lempar cakram serta sejarah, gaya, alat, aturan, dan tekniknya? Berikut di bawah ini pembahasannya, silakan Pins simak dengan baik.

Baca juga: Pengertian, Sejarah dan Teknik Lari Jarak Menengah

Pengertian Lempar Cakram

Lempar Cakram
Source : Shutterstock

Lempar cakram merupakan salah satu jenis olahraga yang ada pada cabang olahraga atletik dengan jenis nomor lempar. Pada olahraga lempar cakram ini, atlet diharuskan untuk melemparkan cakramsebanyak maksimal 3 kali lemparan pada setiap perlombaan yang diadakan.

Kemudian, dicari hasil lemparan dengan jarak lempar terjauh yang dilakukan pada lapangan pertandingan lempar cakram dengan disertai juga beberapa aturan olahraga lempar cakram yang mengikat.

Benda yang dilempar merupakan cakram. Benda ini umumnya terbuat dari bahan kayu dengan bentuk piringan dengan berbingkai sabuk yang terbuat dari besi di sekelilingnya.

Jadi, bisa dikatakan jika lempar cakram adalah merupakan salah satu olahraga dari jenis nomor lomba atletik cabang lempar yang menggunakan benda kayu dengan piring yang disabuki besi atau benda lainnya yang mempunyai bahan serupa dengan bentuk bulat pipih.

Baca juga : Lempar Lembing

Sejarah Lempar Cakram

Source : Shutterstock

Lempar cakram memiliki sejarah yang sangat panjang. Kisah perkembangannya dimulai dari masa kuno. Berikut adalah sejarah dari olahraga ini:

Perlombaan atletik terlebih spesifik lagi yaitu lempar cakram ini mulai ada sekitar 1000 tahun pada waktu sebelum masehi, meskipun sebenarnya gerakan dasar atletik ini sudah dikenal oleh manusia sejak ketika awal manusia sudah tercipta atau tinggal di bumi. Pujangga Yunani kuno yang dibuat oleh Homerus juga mencacat beberapa hal yang berhubungan dengan atletik.

Pada buku tersebut bercerita mengenai Odysseus yang terdampar pada sebuah pulau dengan nama Phaeacia, dimana raja disitu mempunyai nama Alcinaus. Di wilayah itu Odysseus dibawa untuk menghadap raja , sehingga kemudian diadakan kegiatan penyambutan yang bisa dikatakan meriah.

Ketika penyambutan itu dilaksanakan, raja juga mengadakan serangkaian lomba yang diikut sertai oleh para pemuda yang berada di Phaeacia. Mereka saling mempertujukan kemahirannya di berbagai bidang lomba yang diadakan seperti lari cepat, tinju, gulat, lompat, hingga lempar cakram.

Ketika perlombaan yang diadakan tersebut sudah selesai sang raja membuat permintaan kepada Odysseus untuk dapat memberikan demonstrasi mengenai bagaimana cara lempar cakram yang baik dan benar.

Meski pada mulanya Odysseus menolak untuk menunjukan cara melempar cakram kepada sang raja.

Tetapi dikarenakan sang raja masih bersikeras untuk meminta dan menjelaskan agar para pemuda yang ada di pulau Phaeacia bisa menyaksikan dan melihat bagaimana cara melempar. Maka Odysseus akhirnya mengabulkan permintaan dari sang raja tersebut.

Tanpa Odysseus melepaskan perlengkapan dan pakaian perang yang terpasang pada dirinya, Ia kemudian langsung bangkit dan meminta ijin untuk melakukan hal tersebut kepada sang raja.

Setelah itu Odysseus masuk gelanggang dan mengambil cakram paling berat. Kemudian Ia melempar cakram yang dipegangnya itu dengan menggunakan gaya yang sangat indah.

Cakram yang dilempar Odysseus meluncur dengan sangat pesat dan jatuh dengan jarak paling jauh diantara atlet lain yang ada di Phaeacia.

Jadi, dapat disimpulkan jika olahraga ini berasal dari bangsa Yunani zaman dahulu yang sudah mengenal tentang atletik dimana ada perlombaan lari, lempar cakram, dan lompat. Olahraga ini lah yang masih sering Pins temui di olimpiade olahraga sampai saat sekarang ini.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Teknik Lempar Cakram

Lempar Cakram
Source : Shutterstock

Bagi Pins yang sudah mengerti sedikit mengenai sejarah dan pengertian lempar cakram, harus mengetahui pula teknik dalam cabang olahraga ini. Mulai dari teknik awalan, melempar, memegang cakram, sampai sikap akhir lempar cakram. Beikut ini gambaran lengkapnya:

Teknik Memegang Cakram

teknik melempar cakram
Source : Pinternesia

Pins haru tahu bahwa dalam teknik olahraga lempar cakram adalah mengenai cara memegang cakram yang baik dan benar dalam lempar cakram. Berikut di bawah ini merupakan tata cara memegang cakram yang baik dan benar:

  • Pertama, silakan Pins letakkan cakram pada telapak tangan kiri, hal ini bertujuan supaya bisa menjadi lebih mudah dalam memegang cakram. Bagi yang kidal, Pins bisa mencoba menggunakan telapak tangan kanan.
  • Selanjutnya, silakan letakkan tangan kanan (jika kidal tangan kiri) pada bagian atas cakram di tengah. Buka keempat jari tangan dengan jarak yang sedikit renggang. Ini dilakukan dengan tujuan sebagai penutup di bagian sabuk cakram/pinggir cakram.
  • Terakhir letakan ibu jari bisa bebas dimana saja di cakram yang Pins pegang tersebut (cari posisi paling nyaman).

Teknik Awalan

teknik awalan cakram
Source : Pinternesia

Selanjutnya yang perlu Pins pelajari adalah teknik awalan lempar cakram yang baik dan benar dalam olahraga lempar cakram.

Lempar cakram sendiri umumnya diawali dengan posisi tubuh yang memutar. Biasanya atlet lempar cakram akan melakukan putaran tubuh hingga 270 derajat untuk mengambil tenaga dan momentum lemparan.

Berikut di bawah ini merupakan penjelasan mengenai tata cara awalan lempar cakram yang baik dan benar agar lemparan cakram Pins bagus:

  • Posisi tubuh Pins berdiri dengan arah ke samping atas di saat lemparan. Kemudian selanjutnya setelah itu kedua kaki silakan untuk dibuka hingga selebar bahu. Usahakan untuk kaki serileks mungkin dengan sedikit menekuk.
  • Setelah Pins sudah mengambil posisi tersebut, fokuskan pikiran untuk menggerakan tubuh yaitu dengan mengayunkan cakram ke arah samping kanan kemudian ke belakang kiri secara berulang (biasanya sekitar 2 sampai 3 kali ayunan). Untuk orang kidal bisa mencoba menggunakan arah yang sebaliknya.
  • Lalu sambil memegang cakram dengan kuat, putar badan dan ayunkan cakram dengan benar supaya bisa menghasilkan lemparan yang bagus nantinya. Ketika memutar tubuh lakukan dengan tegas supaya menghasilkan tambahan kekuatan lemparan. Putaran pada tubuh bagian bawah mendahului tubuh bagian atas.

Teknik Melempar Cakram

Teknik ini merupakan salah satu bagian inti terpenting dalam lempar cakram yang menentukan hasil lemparan baik atau tidak. Nah, berikut di bawah ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik melempar cakram yang baik dan benar:

  • Lakukan tolakan dengan menggunakan kaki kanan supaya panggul bisa terangkat keatas, selanjutnya setelah itu dorong kaki kanan ke depan dan atas.
  • Setelah itu, silakan condongkan tubuh ke arah kanan, yang kemudian diputar ke arah kiri dengan diikuti memutar panggul ke arah kiri.
  • Lalu tumpukan tubuh di kaki kiri. Letakan tubuh kearah lemparan secara penuh, sehingga cakram bisa dilempar kearah atas depan
  • Lemparkanlah cakram setinggi dagu dan dengan sudut siku siku atau kira kira 90 derajat. Selanjutnya lepaskanlah lemparan tersebut dengan putaran yang searah jarum jam. Gunakan jari telunjuk untuk mendorong cakram saat akan melempar, lemparlah ketika berada di didepan bahu.
  • Ketika cakram sudah dilemparkan saat sebelum ada di depan bahu biasanya lemparan akan tidak sempurna sehingga jarak lempar kurang maksimal dan bisa menyebabkan cakram tidak berada pada area lapangan lempar cakram. Ini juga berlaku jika Pins telat melepaskan cakram dari tangan saat akan dilempar.
  • Usahakan ketika akan melepas cakram posisi tubuh sedang dalam kondisi condong ke arah depan, dengan diikuti otak yang tetap fokus.

Sikap Akhir

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Pins selesai melempar cakram untuk sikap akhiran lempar cakram :

  • Pindahkan posisi kaki kanan ke depan dengan sedikit menekuk, sedangkan kaki kiri tetap berada di belakang. Hal ini dilakukan sebenarnya dengan tujuan supaya tubuh Pins tidak keluar dari daerah lingkaran posisi melempar cakram yang sudah ditentukan. Pandangan kedua mata Pins harus tetap fokus menuju ke arah dimana posisi cakram yang dilempar akan jatuh.
  • Usahakan untuk menempatkan tubuh berdiri dengan posisi seperti sebelumnya dan keluar dari area lingkaran sehingga Pins melewati bagian belakang. Tetapi tetap usahakan untuk tubuh tidak sampai keluar dari lingkaran yang telah ditetapkan, yang dapat kamu lakukan dengan melompat atau berlari dan menahan kecepatan.

Baca juga : Tolak Peluru

Hal yang Harus Diperhatikan Lempar Cakram

Lempar Cakram
Source : Shutterstock

Supaya Pins bisa mendapatkan hasil lemparan cakram yang maksimal dan bagus, berikut di bawah ini merupakan beberapa hal yang perlu untuk coba kalian perhatikan ketika akan melempar cakram :

  • Lakukanlah putaran dengan sempurna supaya kita bisa mendapatkan putaran besar pada tubuh.
  • Ketika melempar cakram harus kita dorong supaya melewati lingkaran sejauh mungkin.
  • Pelempar perlu untuk mendarat dengan menggunakan jari-jari kanan sehingga kemudian diikuti dengan tubuh bergerak memutar.
  • Pelempar perlu untuk mendarat dengan kaki sebelah kanan dan wajib untuk tepat berada pada titik pusat lingkaran sekaligus kaki sebelah kiri sedikit kearah depan.

Aturan Lempar Cakram

Pins perlu mengetahui aturan yang ada dalam olahraga lempar cakram. Berikut di bawah ini merupakan beberapa aturan dalam lempar cakram :

  • Sebelum melempar cakram, pelempar harus melakukan sikap awalan dengan cara berdiri tanpa menyentuh/melewati garis lingkaran, pelempar harus tetap berada di dalam lingkaran sebelum posisi tubuhnya dianggap absah karena melewati setengah lemparan dari bagian dalam oleh panitia dan juri.
  • Untuk pengukuran dari hasil lemparan cakram yang telah dilakukan adalah dengan cara mengukur jarak bekas titik jatuhnya cakram yang dilempar pada titik terdekat dengan balok di tepi dari posisi tempat kita melempar cakram.
  • Biasanya pelempar akan diberikan kesempatan untuk melempar cakram sebanyak 3 kali lemparan, lalu dari ketiga lemparan yang telah dilakukan tersebut akan diambil hasil paling baik untuk dijadikan nilai pada setiap pelempar.
  • Hingga kemudian dilakukan penyisihan peserta untuk diambil kedalam babak selanjutnya.

Baca juga : Lompat Jauh

Itulah tadi informasi mengenai cabang olahraga lempar cakram, mulai dari pengeritan, sejarah, gaya hingga aturan mainnya. Semoga dapat menambah wawasan Pins dalam bidang olahraga, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download