Lengkap! Sejarah Atletik Dunia dan Indonesia, Nomor Cabang dan Pengertiannya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian ∙ December 19, 2022 ∙ 15 menit membaca

Atletik merupakan salah satu cabang yang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade. Olahraga ini disebut juga sebagai ibu dari olahraga lainnya (Mother Of Sport). Atletik pun dapat dikatakan punya sejarah yang menarik. Mulanya, olahraga atletik diadakan bertujuan untuk menunjukan siapa yang terkuat, tercepat dan tertinggi (Portius, Altius dan Stius) dari yang lainya.

Atletik sendiri merupakan salah satu olahraga yang tumbuh dan berkembang dengan cara alami pada setiap kehidupan manusia. Oleh karena itu, olahraga ini memiliki catatan sejarah yang panjang. Nah, berikut ini Pinhome akan mengulas berbagaipengertian, serta sejarah hingga teknik-teknik dasar atletik.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

(Beritagar)

Menurut pendapat lain mengatakan bahwa atletik adalah salah satu jenis olahraga fisik yang menggunakan lintasan dan lapangan seperti lari, jalan, lempar lembing dan lompat tinggi. Dengan kata lain, atletik sendiri mengacu ke segala jenis olahraga, baik latihan, atau permainan yang menggunakan fisik manusia.

Secara etimologis, istilah dari kata “Atletik” berasal dari bahasa Yunani, yaitu Athlon yang berarti sebuah perlombaan atau kontes. Mengarah pada asal kata atletik, maka pengertian atletik dapat di jelaskan sebagai salah satu perlombaan cabang-cabang olahraga tertentu misal (jalan, lari, lompat, dan lempar). Agar lebih mudah dipahamin meneganai kata atletik, maka Pins dapat merujuk pada beberapa pendapat ahlinya:

  1. Eddy Purnomo

Menurut Eddy Purnomo, pengertian atletik adalah kegiatan atau aktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan dasar yang harmonis dan dinamis, yakni jalan, lari, lompat, dan lempar.

  1. Sukirno

Menurt Sukirno, atletik adalah induk dari semua cabang olahraga (mother of sport) dan merupakan olahraga yang paling tua.

  1. Mochammad Djumidar A. Widya

Menurut Mochammad Djumidar A. Widya, atletik adalah merupakan salah satu unsur pendidikan jasmani. Atletik merupakan komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta adanya pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial, dan emosional yang selaras, serasi, dan seimbang.

  1. Eri Periatama

Menurut Eri Periatama, pengertian atletik adalah olahraga yang sebagian besar kegiatannya dilakukan di lintasan dan lapangan (track and field sport).

  1. Muhajir

Menurut Muhajir, pengertian atletik adalah jenis olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar.

Baca juga: Sejarah Permainan Bola Voli

Nomor-Nomor Atletik

Pada setiap cabang olahraga atletik memiliki nomor tersendiri yang digunakan sebagai identitas cabang tersebut, di bawah ini terdapat nomor-nomor cabang atletik yang harus Pins ketahui.

Lari

Nomor Atletik Lari
(perpustakaan.id)

Cabang lari terbagi lagi menjadi beberapa nomor. Nomor atletik cabang lari terdiri atas:

  • Lari Sprint

Lari sprint dengan jarak lintasan 100 meter ini sebetulnya nyaris sama dengan jenis lari jarak pendek. Sehingga wajar jika masih terdapat banyak yang menyimpulkan bahwa keduanya merupakah hal yang serupa padahal kedua cabang ini berbeda. Perbedaan dari kedua cabang olahraga lari ini berada dari jangkauan lintasannya. Jarak pendek biasanya mempunyai jarak 50 sampai 400 meter.

  • Lari jarak pendek (100, 200, 400 meter)

Lari jarak pendek mempunyai lintasan sepanjang 50 hingga 100 m. Pemenang dari lari jarak pendek merupakan orang yang tercepat menuju garis finish. Lari jarak pendek bukan semata-mata hanya mengejar garis finish, tujuan dari lari jarak pendek yaitu untuk mengoptimalkan kecepatan horizontal seseorang.

Secara spesifik, terdapat beberapa level dari lari jarak pendek, antara lain reaksi dan juga drive, fase transisi serta memelihara kecepatan fase.

  • Lari jarak menengah (800 dan 1500 meter)

Lari jarak menengah mempunyai panjang lintasan 800 hingga 150 meter. Seperti cabang lari yang lainnya hanya saja berbeda pada panjang lintasannya. Teknik dan peraturannya pun hampir sama.

  • Lari jarak jauh (5000, 10000 meter) dan Marathon (42,195 km)

Lari jarak jauh ini lebih sering dikenal dengan sebutan lari marathon, jenis lari ini mempunyai panjang lintasan sampai sejauh 3000 meter. Biasa olahraga ini dilakukan beramai-ramai pada suatu perlombaan namun tidak jarang juga dilakukan saat ada event tertentu dengan peserta yang tidak sedikit.

  • Lari halang rintang (steeplechase)

Mempunyai panjang lintasan hingga mencapai 3000 meter. Lari gawang sendiri mempunyai ciri khasnya yakni memiliki banyak rintangan di sepanjang lintasan untuk menghalangi para pelari. Gawang yang digunakan bukanlah gawang pada permainan sepak bola melainkan alat berbentuk huruf U terbalik yang juga biasanya digunakan untuk pelatihan fisik.

  • Jalan cepat (3000m, 5000m, 10.000m, 20.000m, 50.000 m)

Seperti namanya jalan cepat adalah gerakan berjalan seperti biasa dengan melangkah ke depan secara terus menerus namun tanpa ada hubungan terputus dengan area tanah dalam artian jika kita melakukan olahraga yang satu ini salah satu kaki kita harus selalu menginjak tanah secara bergantian dengan durasi waktu yang lebih cepat daripada saat kita berjalan biasanya.

Dalam melakukan gerakan jalan cepat, posisi salah satu kaki atlet harus selalu menyentuh tanah dan posisi tumpuan kaki harus lurus.

  • Lari Estafet

Lari Estafet juga disebut sebagai lari sambung, lari estafet sendiri adalah jenis atletik dari cabang lari yang tidak bisa dilakukan sendirian melainkan dilakukan bersama-sama oleh satu tim dengan cara bersambung membawa sebuah tongkat dengan cara estafet agar tongkat yang dibawa tim itu mencapai garis finish paling depan.

Lompat

Nomor Atletik Lompat
(Antaranews)

Nomor atletik cabang Lompat terdiri atas:

  • Lompat jauh (long jump)

Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh. Gerakan ini dilakukan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara untuk mencapai jarak sejauh mungkin. Olahraga ini sering dipelajari di sekolah sejak pendidikan dasar karena tekniknya yang cukup mudah untuk dipelajari.

  • Lompat jangkit (triple jump)

Lompat jangkit merupakan nomor lompat dengan gerakan melompat dengan mengangkat kaki ke atas. Hal ini dilakukan agar titik berat badan bisa berada di udara selama mungkin.

  • Lompat tinggi (high jump)

Lompat tinggi adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat setinggi mungkin untuk melewati mistar yang berbentuk seperti penggaris panjang yang ditopang oleh dua buah tiang pada kanan dan kirinya dengan ketinggian tertentu. Olahraga ini membutuhkan kekuatan otot perut dan otot kaki agar dapat mencapai gerakan lompatan yang tinggi.

  • Lompat galah (pole vault)

Lompat galah adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat melewati mistar pada ketinggian tertentu, hampir sama dengan lompat tinggi hanya saja lompat galah ini menggunakan sebuah galah panjang dan fleksibel yang digunakan sebagai media melompatnya untuk melewati mistar yang ketinggiannya sudah ditentukan.

Lempar

(Hipwee)

Nomor atletik cabang lempar terdiri atas:

  • Tolak Peluru (Shot Put)

Tolak peluru adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan gerakan mendorong peluru namun bukan peluru yang digunakan dalam tembakan melainkan sebuah bola besi berbentuk bulat sejauh mungkin. Berat bola besi yang digunakan 5 kg – 7,257 kg untuk pria, dan 3 kg – 4 kg untuk wanita.

  • Lempar Cakram (Discus Throw)

Lempar cakram adalah cabang atletik yang dilakukan dengan cara melempar cakram sejauh mungkin. Cakram ini berbentuk bulat dan pipih namun memiliki berat. Biasanya cakram yang digunakan berukuran diameter 220mm dengan berat 2 kg untuk pria, dan 1 kg untu wanita.

  • Lempar Lembing (Javelin throw)

Lempar lembing adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melemparkan lembing yaitu alat yang berbentuk seperti tongkat panjang dengan salah satu ujungnya berbentuk sedikit runcing, sejauh mungkin untuk mencapai jarak maksimum.

Untuk pria lembing yang digunakan berukuran panjang 2,6 m – 2,7 m dengan berat minimum 800 gram, sedangkan untuk wanita panjang lembing 2,2 m – 2,3 m dengan berat minimum 600 gram.

  • Lontar Martil (Hammer throw)

Lontar martil atau lempar martil adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara mengayunkan, memutar, dan melemparkan martil sejauh mungkin. Berat martil yang digunakan 7,26 kg dengan panjang 121,3 cm untuk pria, dan 4 kg dengan panjang 119,4 cm untuk wanita.

Sejarah Atletik Dunia

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli
(Herrypernando)

Atletik merupakan suatu kegiatan atau event perlombaan lari berupa olimpiade pertama yang diadakan oleh bangsa Yunani pada tahun 776 atau abad ke 6 sebelum Masehi. Atletik yang berarti sama dengan gabungan dari beberapa jenis olahraga yang berarti dapat dikelompokan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani yakni \”athlon\” yang berarti \”kontes\”. Berikut ini awal perkembangan cabang atletik:

Catatan Petualangan Odysus

Atletik yang merupakan cabang olahraga yang pernah diperlombakan pada olimpiade pertama pada tahun 776 SM. Olahraga tersebut dikenal dengan istilah pentahlon atau panca lomba. Dalam sebuah buku karya Hemerun dijelaskan bahwa sejarah tersebut diawali oleh petuangan Odysus yang mengunjungi kepulauan selatan Yunani.

Saat Odysus mengunjungi pulau tersebut, mendapatkan sambutan oleh kepala suku setempat. Dalam sambutan tersebut diadakan sebuah lomba, yaitu lempar cakram, lari, gulat dan tinju. Setelah itu, orang-orang Yunani mengabadikan momen tersebut menjadi suatu perlombaan atau olimpiade, yang didalamnya terdapat pemenangnya yang dinyatakan juara olimpiade.

Pada tahun 490 sebelum Masehi, ditetapkan nomor lari marathon. Nomor tersebut merupakan perlombaan lari yang diadakan di kota bernama Marathon. Pada tahun 1908, marathon mulai dibakukan menjadi perlombaan lari dengan jarak 42,195 km. Dari sejarah tersebut hingga akhirnya olahraga marathon menjadi puncak dan juga penutup dari kegiatan olimpiade atletik.

Olimpiade Modern

Pada tahun 1896, Baron Peire Louherbin mengadakan olimpiade modern di Athena Yunani. Olimpiade tersebut merupakan cabang olahraga tambang dan memperebutkan medali. Namun, atletik yang sekarang tidak sama lagi dengan zaman dahulu karena perubahan teknologi dan juga globalisasi yang semakin tinggi.

Pada tanggal 17 Juli 1912, organisasi atletik Internasional baru dibentuk pada olimpiade ke 5 di Swedia. Organisasi tersebut dikenal dengan IAAF, dan hingga sekarang atletik mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat hingga mulai masuk ke negara Indonesia pada tanggal 3 September 1950.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola

Sejarah Atletik Di Indonesia

Sejarah Atletik Di Indonesia
(Alinea.id)

DI Indonesia pun olahraga atletik memilik sejarah yang cukup panjang. Berikut ini kisah perkembangan cabang atletik di Indonesia:

Masa Hindia Belanda

Atletik mengalami banyak perkembangan termasuk di Indonesia. Indonesia mengenal atletik melalui bangsa Belanda yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Namun, pada saat itu atletik belum dikenal secara keseluruhan karena masyarakat belum dapat sekolah atau mengikuti berbagai kegiatan besar.

Pada zaman Belanda tepatnya tahun 1917, sudah didirikan organisasi atletik yang pertama di Hindia Belanda bernama NIAU yang dalam bahasa Indonesia mempunyai arti Perserikatan Atletik Hindia Belanda. Organisasi NIAU tersebut mulai melaksanakan berbagai lomba dengan cabang olahraga yang sudah ada.

Usaha mengadakan cabang olahraga atletik tersebut terlaksana di kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Solo dan juga Semarang. Kota tersebut mempunyai sekolah dan beberapa tempat yang digunakan untuk kegiatan kemiliteran.

Masa Pendudukan Jepang

Pada masa penjajahan Jepang, olahraga atletik sendiri mulai berkembang dan meningkat pesat. Berawal dari siaran Radio Tasio, semua pelajar mengetahui berbagai cabang olahraga yang di akan selenggarakan sekaligus membuka latihan dari berbagai macam olahraga termasuk senam dan atletik.

Pada masa Jepang, atletik mendapatkan perhatian yang baik. Banyaknya perlombaan mulai dari berbagai macam cabang olahraga terutama lari, lompat tinggi, dan cabang atletik lainnya. Perlombaan tersebut diadakan di berbagai sekolah, antar kota, dan sebagainya. Sehingga dari masyarakat sendiri mulai mengenal berbagai jenis cabang olahraga atletik.

Perlombaan Atletik Pertama

Pada tahun 1943 perlombaan atletik pertama dengan banyak peserta antar pelajar sekolah menengah di Yogya, Solo dan Bandung  di selenggarakan yaitu tepatnya ada di solo (Jawa Tengah). Semua pelajar dari Bandung bergabung menjadi satu dibawah panji Gasemba atau Gabungan Sekolah Menengah Bandung. Begitu juga dengan Yogya, bergabung dalam Gabungan Sekolah Menengah Mataram.

Dalam pertandingan tersebut cabang olahraga yang diadakan yaitu lari dan jarak jauh. Berbagai cabang olahraga tersebut diadakan untuk kemajuan atletik dan antusias masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut. Dari kegiatan tersebut mulai muncul berbagai ikatan atau organisasi atletik di berbagai kota besar seperti Solo, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya.

Pada tahun 1949, diadakanya kembali pekan olahraga besar yang diikuti oleh seluruh atlet Jawa. Dari perlombaan tersebut melahirkan banyak atlet Indonesia yang berprestasi dan menonjol di berbagai cabang perlombaan.

Selain itu semua berbagai cabang olahraga diadakan yang meliputi olahraga jenis lari estafet, lari gawang, lempar lembing, jalan cepat, lari jarak pendek, lompat gala, marathon, lompat jauh, tolak peluru dan lainya. Semua cabang olahraga tersebut diadakan dengan memperebutkan gelar juara dan juga medali yang sudah disiapkan.

Sejarah Cabang-Cabang Atletik

Sejarah Atletik Beserta Cabang-cabangnya
(doripos.com)

Setelah mengetahui sejarah atletik secara umum, Pins mungkin penasaran dengan sejarah tiap cabang atletik yang diperlombakan. Berikut ini sejarah dari sebagian cabang atletik yang bisa Pins ketahui:

Sejarah Atletik Lari

(Bukalapak)

Lari merupakan salah satu olahraga yang banyak disukai dan digemari semua orang. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat olahraga lari dapat dihitung kecepatanya menggunakan aplikasi atau stopwatch. Sehingga pelari semakin rajin untuk mendapatkan rekor terbaik. Olahraga lari termasuk olahraga yang ramah lingkungan dan terkenal di semua kalangan.

Sejarah atletik lari berhubungan dengan bangsa Yunani. Dimana pada saat itu terjadi perang antara Yunani dan Persia dan tentara Yunani berlari hingga 40 km. Sehingga untuk mengenang jasa para tentara Yunani, dilakukan perlombaan lari pada olimpiade pertama yang dilaksanakan di Yunani pada abad ke 776 sebelum Masehi bersamaan dengan sejarah adanya olimpiade atletik di Yunani.

Olahraga lari dibagi menjadi 3 golongan. Pertama adalah lari jarak pendek, yaitu lari dengan jarak 50 meter hingga 500 meter. Kedua lari jarak sedang yaitu dengan jarak 800 meter hingga 3000 meter. Dan yang terakhir lari marathon atau lari jauh dengan jarak 5000 meter hingga 10.000 meter.

Sejarah Atletik Lompat Jauh

sejarah atletik
(Gudangpelajaran)

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga dalam olimpiade atletik. Bermula dari abad 13 atau tahun 708 Masehi. Sejarah atletik lompat jauh awal diadakan. Lompat jauh termasuk olimpiade kuno pada zaman Yunani. Yang digelar oleh Sparta dengan jarak mencapai 7.05 meter.

Pada zaman itu, lompat jauh mempunyai cara dan teknik yang berbeda dengan sekarang ini. Dimana pada zaman dahulu dibuat dalam bentuk jamak. Pelompat wajib berlari dengan membawa beban pada kedua tanganya dengan berat sekitar 1 hingga 4.5 kg.

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu lomba cabang olahraga atletik. Dengan gerakan melompat dan mengangkat kaki keatas hingga menuju ke depan. Upaya tersebut membawa titik berat atau melayang ke udara yang dilakukan dengan jalan cepat lalu melakukan tolakan hingga mencapai jarak sejauh mungkin.

Lompat jauh mempunyai unsur yang harus dipenuhi agar lompatan bisa maksimal. Unsur tersebut meliputi kondisi fisik dan teknik persiapan. Kondisi fisik harus sehat sehingga lompatan yang dicapai sesuai dan terarah. Serta teknik persiapan juga harus diperhatikan agar lompatan dapat mendarat dengan baik dan maksimal.

Sejarah Atletik Lempar Cakram

Sejarah Atletik Lempar Cakram
(Olaragabiz)

Selain lari dan lompat jauh, ada juga cabang olahraga atletik lempar cakram. Lempar cakram sudah ada sejak zaman dahulu, khususnya oleh Yunani kuno. Pada saat itu, manusia menyadari sesuatu untuk bertahan hidup yaitu melakukan segala sesuatu dengan tangguh. Salah satunya adalah melalui ketanggakasan dalam lompatan dan lemparan

Berdasarkan cacatan sejarah bahwa lempar cakram adalah marupakan salah satu nomor atletik, hal tersebut dapat diketahui pada saat zaman purba yaitu dari buku karangan Homerus yang berjudul  “Odyssy”. Dalam buku Odyssy tersebut menceritakan bahwa gerak gerakan dasar dari atletik adalah jalan, lari, lompat dan lempar yang telah dikenal oleh bangsa primitif pada zaman prasejarah.

Bahkan dapat dikatakan sejak adanya manusia, gerak-gerakan itu dikenal. Mereka melakukan gerakan jalan, lari, lompat dan lempar dikarena mereka ingin untuk mempertahankan hidupnya.

Didalam usaha ini mereka sangat tergantung dari efiiensi jasmaninya. Mereka yang kurang gerak, kurang berjalan, kurang cepat lari, kurang tangkas melompat dan lainya maka mereka akan mati karena kelaparan bisa jadi justru jadi mangsa binatang buas bahkan bisa saja jadi korban bencana alam.

Jadi sejak zaman prasejarah, manusia sendiri telah menyadari manfaat dari ketahanan berjalan jauh, mulai kecepatan lari, ketangkasan melompat dan melempar. Sehingga tidak salah jika ada orang yang menganggap atletik adalah olahraga yang tertua.

Baca juga: Sejarah Tenis Meja dan Semau Fakta Uniknya

Sejarah Atletik Jalan Cepat

sejarah atletik
(Tribunews)

Sejarah jalan cepat yang termasuk salah satu jenis  olahraga atletik. Jalan cepat merupakan salah satu olahraga yang bersal dari Inggris. Pada abad ke 19, jalan cepat dilaksanakan di Inggris dan menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia.

Jalan cepat menjadi terkenal sama dengan pacuan kuda. Kedua olahraga tersebut mempunyai kesamaan. Jalan cepat menjadi olahraga yang menarik dan berlangsung selama beberapa hari. Dan perlombaan jalan cepat sendiri dilakukan sekitar 100 mil, setara dengan waktu kurang lebih 24 jam.

Tahun 1908, akhirnya perlombaan tersebut masuk dalam olimpiade atletik. Lomba jalan cepat menjadi salah satu olimpiade untuk laki-laki khususnya. Pada tahun 1960 jalan cepat dimenangkan oleh Ken Matthews sepanjang 20 km. Dan pada tahun 1964 olimpiade atletik dimenangkan oleh Don Thompson dengan jarak 50 km.

Pada tahun 2003, salah satu oraganisasi IAAF menyelenggarakan sebuah kompetisi di suluruh dunia. Dimana pada ajang tersebut diikuti oleh berbagai atlit di seluruh dunia dengan hadiah yang sangat fantastik yaitu 200.000 USD. Rangkaian acara tersebut diselenggarakan di Meksiko, Rusia, Spanyol, dan juga Cina.

Sejarah Atletik Lompat Jungkit

ejarah Aatletik Lompat Jungkit
(Tribunews)

Sejarah atletik lompat jungkit  berasal dari olimpiade Yunani kuno. Lompat jungkit merupakan salah satu lompatan dengan 3 variasi yang tercatat jarak lompat lebih dari 50 kaki atau kurang lebih sekitar 15.5 meter. Lompat jungkit termasuk dalam lomba lompatan dengan memberikan dasar lompatan ganda.

Dari seseorang sejarawean olahraga mengatakan bahwa lompat jungkit merupakan sejenis serangkai lompatan. Namun pada zaman Yunani kuno, tidak ada lompatan ganda dalam olahraga tersebut. Pada tahun 1996, Lompat Jangkit diperkenalkan untuk wanita dalam Kompetisi Olimpiade di Atlanta.

Dalam Mitologi Irlandia Lompat Jangkit atau Triple Jump disebut dengan geal-ruith atau sejenis dengan perlombaan games kuno yang diselenggarakan di  Irlandia yang berawal pada tahun 1829 SM.

Baca juga: Teknik Pointilis: Definisi, Sejarah, Ciri-ciri Hingga Cara Menggambarnya

Latihan Teknik Dasar Atletik

sejarah atletik
(Tribunews.com)

Untuk melakukan olahraga atletik tentunya Pins harus berlatih terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan agar olahraga yang Pins lakukan optimal dan terhindar dari cidera. Beberapa latihan teknik yang Pins coba adalah sebagai berikut:

Melakukan Gerak Dasar Berjalan

  • Berjalan ke depan
  • Berjalan kesamping
  • Latihan jalan mengarah pada lomba jalan cepat

Melakukan Gerakan Dasar Berlari

  • Berlari di tempat pelan-pelan dan semakin cepat
  • Berlari ke depan pelan-pelan dan semakin cepat.

Melatih Gerakan Dasar Melompat

  • Melompat tanpa awalan
  • Melompat dengan awalan

Demikian artikel ini mengulas sejarah cabang olahraga, sekilas mengenai pengertian, dan beberapa nomor cabang atleti. Semoga menambah wawasan Pins di bidang olahraga, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia