Pinhome

Sejarah Atletik Internasional

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 11 July 2021 ∙ 14 menit membaca

Sejarah Atletik –  Atletik merupakan salah satu cabang yang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade, dimana Eventsatu-satunya adalah Lari atau Stade, Atletik disebut juga sebagai Ibu dari Olahraga lainnya (Mother Of Sport), pada zaman yunani kuno. Olahraga atletik diadakan bertujuan untuk menunjukan siapa yang terkuat, tercepat dan tertinggi (Portius, Altius dan Stius) dari yang lainya. Atletik sendiri merupakan salah satu olahraga yang tumbuh dan berkembang dengan cara alami pada setiap kehidupan manusia.

Nah, berikut ini kita akan mengulas berbagai macam atletik serta penjelasan, pengertin, sejarah hingga teknik-teknik dasar atletik. Yuk simak selengkapnya.

Sejarah Atletik Dunia

Atletik merupakan suatu kegiatan atau event perlombaan lari berupa olimpiade pertama yang diadakan oleh bangsa Yunani pada tahun 776 atau abad ke 6 sebelum Masehi.

Olahraga tersebut dikenal dengan istilah pentahlon atau panca lomba. Dalam sebuah buku karya Hemerun dijelaskan bahwa sejarah tersebut diawali oleh petuangan Odysus yang mengunjungi kepulauan selatan Yunani.

Saat Odysus mengunjungi pulau tersebut, mendapatkan sambutan oleh kepala suku setempat. Dalam sambutan tersebut diadakan sebuah lomba, yaitu lempar cakram, lari, gulat dan tinju.

Setelah itu, orang-orang Yunani mengabadikan momen tersebut menjadi suatu perlombaan atau olimpiade, yang didalamnya terdapat pemenangnya yang dinyatakan juara olimpiade.

Pada tahun 490 sebelum Masehi, ditetapkan nomor lari marathon. Nomor tersebut merupakan perlombaan lari yang diadakan di kota bernama Marathon.

Pada tahun 1908, marathon mulai dibakukan menjadi perlombaan lari dengan jarak 42,195 km. Dari sejarah tersebut hingga akhirnya olahraga marathon menjadi puncak dan juga penutup dari kegiatan olimpiade atletik.

Pada tahun 1896, Baron Peire Louherbin mengadakan olimpiade modern di Athena Yunani. Olimpiade tersebut merupakan cabang olahraga tambang dan memperebutkan medali.

Namun, atletik yang sekarang tidak sama lagi dengan zaman dahulu karena perubahan teknologi dan juga globalisasi yang semakin tinggi.

Pada tanggal 17 Juli 1912, organisasi atletik Internasional baru dibentuk pada olimpiade ke 5 di Swedia.

Organisasi tersebut dikenal dengan IAAF, dan hingga sekarang atletik mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat hingga mulai masuk ke negara Indonesia pada tanggal 3 September 1950.

Sejarah Atletik Di Indonesia

Sejarah Atletik Di Indonesia
Sumber : alinea.id

Atletik mengalami banyak perkembangan termasuk di Indonesia. Indonesia mengenal atletik melalui bangsa Belanda yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad.

Namun, pada saat itu atletik belum dikenal secara keseluruhan karena masyarakat belum dapat sekolah atau mengikuti berbagai kegiatan besar.

Pada zaman Belanda, sudah didirikan organisasi atletik yang pertama di Indonesia. Organisasi tersebut bernama NIAU atau dalam bahasa Indonesia mempunyai arti Perserikatan Atletik Hindia Belanda.

Dan pada tahun 1917 organisasi atletik tersebut diadakan di Indonesia. Organisasi NIAU tersebut mulai melaksanakan berbagai lomba dengan cabang olahraga yang sudah ada.

Usaha mengadakan cabang olahraga atletik tersebut terlaksana di kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Solo dan juga Semarang.

Kota tersebut mempunyai sekolah dan beberapa tempat yang digunakan untuk kegiatan kemiliteran.

Dimasa tahun 1942 – 1945 yaitu tepat pada masa penjajahan Jepang, olahraga atletik sendiri mulai berkembang dan meningkat pesat. Berawal dari siaranRadio Tasio.

Semua pelajar mengetahui berbagai cabang olahraga yang di akan selenggarakan sekaligus membuka latihan dari berbagai macam olahraga termasuk senam dan atletik.

Pada masa Jepang, atletik mendapatkan perhatian yang baik. Banyaknya perlombaan mulai dari berbagai macam cabang olahraga terutama lari, lompat tinggi, dan cabang atletik lainya.

Perlombaan tersebut diadakan di berbagai sekolah, antar kota, dan sebagainya. Sehingga dari masyarakat sendiri mulai mengenal berbagai jenis cabang olahraga atletik.

Sejarah Atletik Beserta Cabang-cabangnya

Sejarah Atletik Beserta Cabang-cabangnya
Sumber : doripos.com

Perlombaan atletik pertama kali pada masa Belanda diadakan di Jakarta tersebut diadakan di Pasar Gambir pada bulan Agustus dan September.

Dan setiap tahunya selalu diadakan dengan kegiatan yang sama dan meriah. Dan diikuti oleh berbagai kota di Indonesia termasuk Bandung, Solo dan sekitarnya.

Dari berbagai macam cabang olahraga atletik, pasti tidak lepas dari perlombaan lari atau dikenal dengan sebutan lari marathon.

Pada saat kala itu, Indonesia sudah mempunyai atlit yang handal dan menonjol. Sehingga sudah mencetak prestasi dengan baik, dengan catatan waktu 10,8 detik dengan jarak 100 meter, yang pernah diraih oleh Muhammad Noerbambang.

Dari cabang olahraga lompat tinggi juga pernah mencetak prestasi dengan melompati dinding dengan tinggi 1.8 meter dan juga cabang olahraga lompat jauh dengan jarak 7 meter.

Prestasi tersebut diraih oleh atlit Harun Alrasyid. Sejarah atletik tersebut masih berada pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Pada tahun 1943 perlombaan atletik pertama dengan banyak peserta antar pelajar sekolah menengah di Yogya, Solo dan Bandung  di selenggarakan yaitu tepatnya ada di solo ((Jawa Tengah).

Semua pelajar dari Bandung bergabung menjadi satu dibawah panji Gasemba atau Gabungan Sekolah Menengah Bandung. Begitu juga dengan Yogya, bergabung dalam Gabungan Sekolah Menengah Mataram.

Dalam pertandingan tersebut cabang olahraga yang diadakan yaitu lari dan jarak jauh. Berbagai cabang olahraga tersebut diadakan untuk kemajuan atletik dan antusias masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Dari kegiatan tersebut mulai muncul berbagai ikatan atau organisasi atletik di berbagai kota besar seperti Solo, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya.

Pada tahun 1949, diadakanya kembali pekan olahraga besar yang diikuti oleh seluruh atlet Jawa. Dari perlombaan tersebut melahirkan banyak atlet Indonesia yang berprestasi dan menonjol di berbagai cabang perlombaan.

Selain itu semua berbagai cabang olahraga diadakan yang meliputi olahraga jenis lari estafet, lari gawang, lempar lembing, jalan cepat, lari jarak pendek, lompat gala, marathon, lompat jauh, tolak peluru dan lainya.

Semua cabang olahraga tersebut diadakan dengan memperebutkan gelar juara dan juga medali yang sudah disiapkan.

Sejarah Atletik Lari

Sejarah Atletik Lari
Sumber : bukalapak.com

Lari merupakan salah satu olahraga yang banyak disukai dan digemari semua orang. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat olahraga lari dapat dihitung kecepatanya menggunakan aplikasi atau stopwatch.

Sehingga pelari semakin rajin untuk mendapatkan rekor terbaik. Olahraga lari termasuk olahraga yang ramah lingkungan dan terkenal di semua kalangan.

Sejarah atletik lari berhubungan dengan bangsa Yunani. Dimana pada saat itu terjadi perang antara Yunani dan Persia dan tentara Yunani berlari hingga 40 km.

Sehingga untuk mengenang jasa para tentara Yunani, dilakukan perlombaan lari pada olimpiade pertama yang dilaksanakan di Yunani pada abad ke 776 sebelum Masehi bersamaan dengan sejarah adanya olimpiade atletik di Yunani.

Olahraga lari dibagi menjadi 3 golongan. Pertama adalah lari jarak pendek, yaitu lari dengan jarak 50 meter hingga 500 meter. Kedua lari jarak sedang yaitu dengan jarak 800 meter hingga 3000 meter.

Dan yang terakhir lari marathon atau lari jauh dengan jarak 5000 meter hingga 10.000 meter.

Sejarah Atletik Lompat Jauh

Sejarah Atletik Lompat Jauh
Sumber : gudangpelajaran.com

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga dalam olimpiade atletik. Bermula dari abad 13 atau tahun 708 Masehi.

Sejarah atletik lompat jauh awal diadakan. Lompat jauh termasuk olimpiade kuno pada zaman Yunani. Yang digelar oleh Sparta dengan jarak mencapai 7.05 meter.

Pada zaman itu, lompat jauh mempunyai cara dan teknik yang berbeda dengan sekarang ini. Dimana pada zaman dahulu dibuat dalam bentuk jamak.

Pelompat wajib berlari dengan membawa beban pada kedua tanganya dengan berat sekitar 1 hingga 4.5 kg.

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu lomba cabang olahraga atletik. Dengan gerakan melompat dan mengangkat kaki keatas hingga menuju ke depan.

Upaya tersebut membawa titik berat atau melayang ke udara yang dilakukan dengan jalan cepat lalu melakukan tolakan hingga mencapai jarak sejauh mungkin.

Lompat jauh mempunyai unsur yang harus dipenuhi agar lompatan bisa maksimal. Unsur tersebut meliputi kondisi fisik dan teknik persiapan.

Kondisi fisik harus sehat sehingga lompatan yang dicapai sesuai dan terarah. Serta teknik persiapan juga harus diperhatikan agar lompatan dapat mendarat dengan baik dan maksimal.

Sejarah Atletik Lempar Cakram

Sejarah Atletik Lempar Cakram
Sumber : olaragabiz.id

Selain lari dan lompat jauh, ada juga cabang olahraga atletik lempar cakram. Lempar cakram sudah ada sejak zaman dahulu, khususnya oleh Yunani kuno.

Pada saat itu, manusia menyadari sesuatu untuk bertahan hidup yaitu melakukan segala sesuatu dengan tangguh. Salah satunya adalah melalui ketanggakasan dalam lompatan dan lemparan

Berdasarkan cacatan sejarah bahwa lempar cakram adalah marupakan salah satu nomor atletik, hal tersebut dapat diketahui pada saat zaman purba yaitu dari buku karangan Homerus yang berjudul  “Odyssy”

Dalam buku Odyssy tersebut menceritakan bahwa gerak gerakan dasar dari atletik adalah jalan, lari, lompat dan lempar yang telah dikenal oleh bangsa primitif pada zaman prasejarah.

Bahkan dapat dikatakan sejak adanya manusia, gerak-gerakan itu dikenal. Mereka melakukan gerakan jalan, lari, lompat dan lempar dikarena mereka ingin untuk mempertahankan hidupnya.

Didalam usaha ini mereka sangat tergantung dari efiiensi jasmaninya. Mereka yang kurang gerak, kurang berjalan, kurang cepat lari, kurang tangkas melompat dan lainya maka mereka akan mati karena kelaparan bisa jadi justru jadi mangsa binatang buas bahkan bisa saja jadi korban bencana alam.

Jadi sejak zaman prasejarah, manusia sendiri telah menyadari manfaat dari ketahanan berjalan jauh, mulai kecepatan lari, ketangkasan melompat dan melempar. Sehingga tidak salah jika ada orang yang menganggap atletik adalah olahraga yang tertua.

Sejarah Atletik Jalan Cepat

Sejarah Atletik Jalan Cepat
Sumber : tribunews.com

Sejarah jalan cepat yang termasuk salah satu jenis  olahraga atletik. Jalan cepat merupakan salah satu olahraga yang bersal dari Inggris.

Pada abad ke 19, jalan cepat dilaksanakan di Inggris dan menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia.

Jalan cepat menjadi terkenal sama dengan pacuan kuda. Kedua olahraga tersebut mempunyai kesamaan. Jalan cepat menjadi olahraga yang menarik dan berlangsung selama beberapa hari.

Dan perlombaan jalan cepat sendiri dilakukan sekitar 100 mil, setara dengan waktu kurang lebih 24 jam.

Tahun 1908, akhirnya perlombaan tersebut masuk dalam olimpiade atletik. Lomba jalan cepat menjadi salah satu olimpiade untuk laki-laki khususnya.

Pada tahun 1960 jalan cepat dimenangkan oleh Ken Matthews sepanjang 20 km. Dan pada tahun 1964 olimpiade atletik dimenangkan oleh Don Thompson dengan jarak 50 km.

Pada tahun 2003, salah satu oraganisasi IAAF menyelenggarakan sebuah kompetisi di suluruh dunia. Dimana pada ajang tersebut diikuti oleh berbagai atlit di seluruh dunia dengan hadiah yang sangat fantastik yaitu 200.000 USD.

Rangkaian acara tersebut diselenggarakan di Meksiko, Rusia, Spanyol, dan juga Cina.

Sejarah Atletik Lompat Jungkit

ejarah Aatletik Lompat Jungkit
Sumber : tribunews.com

Sejarah atletik lompat jungkit  berasal dari olimpiade Yunani kuno. Lompat jungkit merupakan salah satu lompatan dengan 3 variasi yang tercatat jarak lompat lebih dari 50 kaki atau kurang lebih sekitar 15.5 meter.

Lompat jungkit termasuk dalam lomba lompatan dengan memberikan dasar lompatan ganda. Dari seseorang sejarawean olahraga mengatakan bahwa lompat jungkit merupakan sejenis serangkai lompatan.

Namun pada zaman Yunani kuno, tidak ada lompatan ganda dalam olahraga tersebut.

Pada tahun 1996, Lompat Jangkit diperkenalkan untuk wanita dalam Kompetisi Olimpiade di Atlanta.

Dalam Mitologi Irlandia Lompat Jangkit atau Triple Jump disebut dengan geal-ruith atau sejenis dengan perlombaan games kuno yang diselenggarakan di  Irlandia yang berawal pada tahun 1829 SM.

Sejarah Singkat Atletik

Atletik yang berarti sama dengan gabungan dari beberapa jenis olahraga yang berarti dapat dikelompokan menjadi lari, lempar, dan lompat.

Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani yakni “athlon” yang berarti “kontes”. Atletik yang merupakan cabang olahraga yang pernah diperlombakan pada olimpiade pertama pada tahun 776 SM.

Dalam buku Sejarah, Yunani adalah bangsa yang pertama mengadakan perlombaan Atletik. Hal ini dapat di ketahui dari karya pujangga asal Yunani yang bernama  Purba Homerus.

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli
Sumber : herrypernando.com

Menurut pendapat lain mengatakan bahwa atletik adalah salah satu jenis olahraga fisik yang menggunakan lintasan dan lapangan seperti lari, jalan, lempar lembing dan lompat tinggi.

Dengan kata lain, atletik sendiri mengacu ke segala jenis olahraga, baik latihan, atau permainan yang menggunakan fisik manusia.

Secara etimologis, istilah dari kata “Atletik” berasal dari bahasa Yunani, yaitu Athlon yang berarti sebuah perlombaan atau kontes.

Mengarah pada asal kata atletik, maka pengertian atletik dapat di jelaskan sebagai salah satu perlombaan cabang-cabang olahraga tertentu misal (jalan, lari, lompat, dan lempar).

Agar lebih mudah dipahamin meneganai kata atletik, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat ahlinya:

  1. Eddy Purnomo

Menurut Eddy Purnomo, pengertian atletik adalah kegiatan atau aktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan dasar yang harmonis dan dinamis, yakni jalan, lari, lompat, dan lempar.

  1. Sukirno

Menurt Sukirno, atletik adalah induk dari semua cabang olahraga (mother of sport) dan merupakan olahraga yang paling tua.

  1. Mochammad Djumidar A. Widya

Menurut Mochammad Djumidar A. Widya, atletik adalah merupakan salah satu unsur pendidikan jasmani. Atletik merupakan komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta adanya pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial, dan emosional yang selaras, serasi, dan seimbang.

  1. Eri Periatama

Menurut Eri Periatama, pengertian atletik adalah olahraga yang sebagian besar kegiatannya dilakukan di lintasan dan lapangan (track and field sport).

  1. Muhajir

Menurut Muhajir, pengertian atletik adalah jenis olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar.

Kumpulan Cabang Cabang Atletik

  1. Lompat jauh
  2. Lari jarak jauh
  3. Lari estafet
  4. Lari jarak pendek
  5. Tolak peluru
  6. Lempar lembing
  7. Lempar cakram
  8. Lompat tinggi
  9. Lompat galah

Nomor-nomor Atletik

Nomor nomor Atletik
Sumber : beritagar.com

Nomor-nomor atletik yang terdiri dari beberapa cabang olahraga, lihat di bawah ini.


Sejarah Atletik Sepak Bola Dunia


Nomor Atletik Lari

Nomor Atletik Lari
Sumber : perpustakaan.id

Nomor lari terdiri atas:

  • Larii jarak pendek mulai dari jarik 100, 200, hingga 400 Meter
  • Lari jarak menengah mulai dari 800 sampai dengan 1500 Meter
  • Lari jarak jauh mulai dari 5000 hinggga 10000 Meter dan marathon 42,195 Km
  • Lari halang rintang (steeplechase)
  • Jalan Cepat, terdiri dari jarak mulai 3000m, 5000m, 10.000m, 20.000m, 50.000 m.

Nomor Atletik Lompat

Nomor Atletik Lompat
Sumber : antaranews.com

Nomor Lompat terdiri atas:

  • Lompat jauh ( long jump)
  • Lompat jangkit ( triple jump)
  • Lompat tinggi ( high jump)
  • Lompat galah ( Pole Vault )

Nomor Atletik Lempar

Nomor Atletik Lempar
Sumber : hipwee.com

Untuk lempar cakram pria terdiri atas diameter sebesar 220 mm. Berat 2 kg dan 1 kg untuk wanita.

Nomor Lempar terdiri atas:

  • Tolak Peluru (Shot Put )
  • Lempar Cakram ( Discus Throw)
  • Lempar Lembing ( Javelin throw )
  • Lontar Martil (hammer throw).

Ringkasan Materi Atletik

Ringkasan Materi Atletik
Sumber : asst1x.blogspot.com

Cabang atletik olahraga Lari

Macam- macam atletik yang pertama termasuk kedalam cabang olahraga lari. Sebagai berikut ini.

  • Cabang atletik olahraga lari Sprint (100 meter)

Jenis lari sprint memiliki kesamaan dengan lari jarak pendek yang pada dasarnya tidak beda jauh. Tetapi untuk lari jarak pendek memiliki jarak 50 m sampai 400 m.

  • Cabang atletik olahraga lari jarak pendek

Jenis lari ini memiliki jarak 50 sampai 400 Meter. Lari jarak pendek yang berguna untuk memaksimalkan kecepatan yang bersifatnya horizontal. Faktor utama dalam jenis lari ini terletak pada frekuensi langkah dan langahnya sendiri. Lari jarak pendek memiliki beberapa tahapan seperti fase transisi, fase reaksi dan fase drive.

  • Cabang atletik olahraga lari jarak menengah

Lari jarak menengah jenis lari ini memiliki jarak 800 M sampai 1500 Meter. Peserta diharapkan untuk menempelkan telapak tangan ke tanah sebelum berlari. Selain itu arah pandangan mata harus fokus kedepan, dan lengan biasnya diayunkan sesuai kebutuhan dan badan dalam posisi agak bercondong ke depan.

Pada perlombaan ini biasanya bertujuan untuk berlari secara seadanya dan tidak terlalu memaksa. Percepatlah kecepatan lari ketika akan memasuki garis finish.

  • Cabang atletik olahraga lari jarak jauh

Lari jarak jauh atau Marathon memiliki jarak sekitar 3000 m atau lebih. Perlombaan marathon banyak diselenggarakan diluar negeri dengan jalur lari yaitu jalanan umum.

  • Cabang atletik olahraga lari estafet

Lari estafet adalah salah satu jenis cabang olahraga lari yang dilakukan secara beregu dan saling sambung menyambung. Pada perlombaan lari ini biasanya dilakukan dengan cara memeberikan tongkat estafet muali dari satu pemain ke pemain lain.

Jenis lari ini beranggota 4 orang. Kunci utama dari lari sambung ini adalah dengan kekompakan dari setiap tim regu. Lari estafet sendiri memiliki jarak 4 x 400 m dan 4 x 100 m.

  • Cabang atletik olahraga lari gawang (Lari Halang Rintang)


Lapangan Atletik Internasional


Lari Gawang dengan jarak 100, 110, hingga 400 Meter. Jenis olahraga ini memiliki rintangan-rintangan dari setiap jalurnya.

Dari rintangan tersebut berupa rintangan water jump atau dikenal dengan rintangan gawang.

Untuk pemain sendiri diharapkan memiliki kemampuan berlari yang cepat dan mampu bertahan dalam jarak tertentu untuk melalui rintangan.

Teknik Dasar Atletik

Teknik Dasar Atletik
Sumber : tribunews.com

Latihan Gerak Dasar Berjalan

  • Berjalan ke depan
  • Berjalan kesamping
  • Latihan jalan mengarah pada lomba jalan cepat

latihan Gerakan Dasar Berlari

  • Berlari di tempat pelan-pelan dan semakin cepat.
  • Berlari ke depan pelan-pelan dan semakin cepat.

Latihan Gerakan Dasar Melompat

  • Melompat tanpa awalan
  • Melompat dengan awalan

Demikian artikel ini yang dapat disamapaikan dalam mengulas Sejarah Cabang Olahraga, sekilas mengenai pengertian, sejarah olahraga, lompat jangkit dan lainya.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel