BlogLifestyleHobi8 Jenis Latihan Fisik Bulu Tangkis agar Kamu Makin Handal
0
0

8 Jenis Latihan Fisik Bulu Tangkis agar Kamu Makin Handal

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
badmintontop-right-banner

Salah satu olahraga terkenal di Indonesia adalah bulu tangkis. Bisa dibilang, Indonesia adalah salah satu negara dengan pemain bulu tangkis terbaik se-Asia.

Sangat banyak orang yang bermain bulu tangkis untuk menyalurkan hobinya. Namun tentunya, agar bisa menjadi atlet bulu tangkis profesional, diperlukan latihan yang ekstra. Termasuk latihan fisik tubuh yang nantinya bakal mempengaruhi performa kita dalam bermain.

Nah, kira-kira apa saja sih latihan fisik bulu tangkis yang perlu dilakukan? Sebelum membahas itu, Pins cari tahu dulu kenapa latihan fisik itu penting banget sebelum bermain.

Tujuan Latihan Fisik Bulu Tangkis

latihan bulu tangkis
Source : Tempo.co

Latihan fisik bukan hanya di butuhkan untuk memperkuat pukulan dan menjadikan tubuh Pins atletis. Tapi juga untuk memperkuat Pins dalam menahan tembakan lawan.

Dalam latihan fisik itu sendiri terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama, melatih tubuh bagian bawah Pins untuk melompat dan menambah kecepatan lari. Dan bagian atas untuk menahan dan menembak shuttlecock yang ada di depan mata.

Jadi, Pins harus melatih tubuh bagian atas dan bagian bawah untuk bisa bersaing dengan lawan. Selain itu, kecepatan dalam berlari, tembakan yang keras, lalu pertahanan yang baik dan juga lompatan yang pas akan mendukung Pins jalannya permainan bulu tangkis.

Jenis-Jenis Latihan Fisik

latihan bulu tangkis
Source : Detik

Berikut ini adalah 8 jenis latihan fisik bulu tangkis yang bisa Pins lakukan sebelum bertanding:

Skipping

Untuk melatihan agar kaki kita bisa lincah saat di lapangan, Pins perlu melakukan skipping. Skipping adalah salah satu latihan melompat dengan menggunakan tali. Latihan ini akan memberikan efek pada fisik Pins untuk bergerak dan melompat.

Lakukanlah latihan skipping ini setiap hari dengan waktu minimal 10 menit. Waktu tersebut akan melatih kaki kita untuk fokus dan bergerak secara reflek.

Baca juga: Ukuran lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional – Pinhome

Jogging

Source : Unsplash

Dalam permainan bulu tangkis, salah satu kunci utama yang harus kita ketahui adalah daya tahan tubuh. Sepanjang permainan bulu tangkis, akan memberikan pengaruh pada permainan anda kalau stamina Pins tidak baik.

Jadi, semakin bagus stamina yang Pins miliki, maka akan semakin baik Pins bermain bulu tangkis di lapangan. Pins bisa berlari, menahan dan menyerang musuh dengan stamina yang anda miliki.

Untuk membantu dalam memperkuat stamina, mulailah dengan jogging. Jogging akan memperkuat stamina yang Pins miliki kalau Pins melakukannya dengan rutin.

Lakukanlah jogging setiap hari 30 menit untuk membuat tubuh Pins optimal. Kalau memang Pins sibuk dengan pekerjaan yang lain. Maka bisa dilakukan dengan 3 kali seminggu selama 30 menit.

Baca juga: Pola Permainan Bulu Tangkis (Penyerangan dan Pertahanan)

Forward Lunges

latihan bulu tangkis
Source : Greatist

Ketika Pins bermain badminton, otot akan menjadi andalan utama. Apalagi saat Pins menahan shuttlecock dan melakukan penyerangan. Otot yang ada di pergelangan tangan, bahu dan otot-otot yang lain juga akan ikut bergerak.

Kalau Pins tidak melatih otot dengan baik, bisa jadi bermain bulu tangkis bakal tidak maksimal. Nah, cara untuk melatih otot adalah dengan Forward Lunges. Gerakan ini akan meregangkan otot Hamstring dan otot pinggul Pins. Forward Lunges akan memperbaiki mobilitas perjalanan Pins dalam bermain bulu tangkis.

Cara melakukannya bisa Pins perhatikan di bawah ini.

  • Badan tetap tegak, lalu letakan salah satu kaki Pins di bagian depan. Posisikan kedua kaki dengan benar dan atur agar tetap rata dengan lantai dan tanah.
  • Standing Toe-Up Achilles Stretch

Wrist Flexor dan Extensor

Hampir setiap cabang olahraga pastinya akan melakukan latihan fisik berupa Wrist Flexor dan Extensor. Gerakan Wrist Flexor adalah salah satu gerakan jari dari telapak tangan yang diarahkan ke bawah, lalu diluruskan. Gerakan ini berfungsi untuk melenturkan pergelangan tangan.

Sedangan untuk Extensor adalah menggerakan jari ke atas dari telapak tangan Pins sembari meluruskan tangan ke depan. Cara ini juga sama berfungsi untuk meregangkan pergelangan tangan.

Wrist Roll

latihan bulu tangkis
Source : ArkansasOnline

Hal pertama yang Pins lakukan pada saat melakukan Wrist Roll adalah dengan mengepalkan tangan kita sekuat tenaga. Lalu luruskan tangan kita ke depan. Setelah itu, putarkan pergelangan tangan Pins menuju ke luar 10 kali. Setelah itu, putar balik sebanyak 10 kali juga.

Shadow Badminton

Latihan ini bertujuan untuk membayangkan bagaiaman jalannya pertandingan bulu tangkis saat di lapangan.

Bagamana Pins bisa menebak tembakan lawan yang akan datang, hingga Pins berhasil untuk mengembalikan lemparan shuttlecock tersebut.

Untuk melakukan teknik atau latihan ini, Pins membutuhkan bantuan orang lain. Seperti contoh, memberikan arahan bahwa bola kok tersebut datang ke samping kanan Pins. Itu artinya Pins harus mengejar bola tersebut dan berhasil mementalkan kembali.

Dalam latihan ini, Pins akan benar-benar mengayunkan raket yang Pins pegang, seakan-akan bola kok tersebut ada di hadapan Pins.

Teman atau sahabat anda akan membantu Anda dalam mevariasikan tembakan tersebut. Latihan ini akan membantu Anda dalam memperlancar kaki dan pergerakan reflek Anda.

Baca juga: Sejarah Olahraga Bulu Tangkis (Badminton)

Senam

Source : Unsplash

Senam adalah salah satu latihan yang bertujuan untuk memperkuat sendi dan otot serta membuat tubuh Pins lentur. Dengan tubuh yang lentur, Pins bisa bergerak dengan baik saat bertanding di lapangan.

Senam ini mungkin sudah Pins lakukan sejak SD. Tapi ini juga akan bermanfaat sebelum kita terjun di lapangan. Latihan senam ini juga akan melatih pernapasan agar bisa teratur dan tidak mudah lelah. Intinya, latihan ini harus Pins lakukan dengan gerakan yang benar, agar membantu Pins dalam bermain buli tangkis.

Pendinginan

latihan bulu tangkis
Source : Kumparan

Setelah Pins berlatih dengan baik dan benar. Jelas kalau Pins tidak melakukan pendinginan, maka urat-urat dan otot-otot Pins akan kaku.

Mungkin di hari pertama Pins tidak akan merasakan apa-apa. Tapi setelah hari kedua dan ketiga, maka otot itu akan memberikan efek yang sangat luar biasa pada tubuh Pins. Pins akan kaku berjalan, bergerak dan lain-lain.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada tubuh Pins, hal yang harus Pins lakukan adalah mendinginkan otot-otot tersebut.

Latihan pendingan yang bisa Pins lakukan adalah meregangkan otot, sendi, punggung, kaki, tangan dan seluruh anggota tubuh. Cara adalah dengan melakukan gerakan-gerakan senam yang rileks.

Nah, itulah dia latihan fisik bulu tangkis yang bisa Pins coba. Semoga artikel ini bisa membantu Pins meningkatkan performa dalam bermain bulu tangkis. Salam olahraga!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download