Pinhome

8 Jenis Latihan Fisik Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 20 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Latihan Fisik Bulu Tangkis – Salah satu olahraga terkenal di Indonesia adalah bulu tangkis. Bisa dibilang, Indonesia adalah salah satu negara dengan pemain bulu tangkis terbaik se-Asia.

Namun tentunya, agar bisa menjadi atlet bulu tangkis profesional, diperlukan latihan yang ekstra. Termasuk latihan fisik tubuh yang nantinya bakal mempengaruhi performa kita dalam bermain.

Nah, kira-kira apa saja sih latihan fisik bulu tangkis yang perlu dilakukan? Sebelum membahas ke sana, yuk cari tahu dulu kenapa latihan fisik itu penting banget sebelum bermain.

1. Tujuan Latihan Fisik Bulu Tangkis

latihan fisik
Sumber: tempo.co

Latihan fisik bukan hanya di butuhkan untuk memperkuat pukulan dan menjadikan tubuh Anda atletis. Tapi juga untuk memperkuat Anda dalam menahan tembakan lawan.

Dalam latihan fisik itu sendiri terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama, melatih tubuh bagian bawah Anda untuk melompat dan menambah kecepatan lari. Dan bagian atas untuk menahan dan menembak shuttlecock yang ada di depan mata.

Jadi, Anda harus melatih tubuh bagian atas dan bagian bawah untuk bisa bersaing dengan lawan. Selain itu, kecepatan dalam berlari, tembakan yang keras, lalu pertahanan yang baik dan juga lompatan yang pas akan mendukung Anda jalannya permainan bulu tangkis.

Jenis-Jenis Latihan Fisik

jenis jenis latihan dalam bulu tangkis
Sumber: detik.com

Berikut ini adalah 8 jenis latihan fisik bulu tangkis yang bisa Anda lakukan sebelum bertanding:

1. Skipping

Untuk melatihan agar kaki kita bisa lincah saat di lapangan, Anda perlu melakukan skipping. Skipping adalah salah satu latihan melompat dengan menggunakan tali. Latihan ini akan memberikan efek pada fisik Anda untuk bergerak dan melompat.

Lakukanlah latihan skipping ini setiap hari dengan waktu minimal 10 menit. Waktu tersebut akan melatih kaki kita untuk fokus dan bergerak secara reflek.

Baca juga: Ukuran lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional – Pinhome

2. Jogging

Dalam permainan bulu tangkis, salah satu kunci utama yang harus kita ketahui adalah daya tahan tubuh. Sepanjang permainan bulu tangkis, akan memberikan pengaruh pada permainan anda kalau stamina anda tidak baiik.

Jadi, semakin bagus stamina yang Anda miliki, maka akan semakin baik Anda bermain bulu tangkis di lapangan. Anda bisa berlari, menahan dan menyerang musuh anda dengan stamina yang anda miliki.

Untuk membantu dalam memperkuat stamina, mulailah dengan jogging. Jogging akan memperkuat stamina yang kita miliki kalau kita melakukannya dengan rutin.

Lakukanlah jogging setiap hari 30 menit untuk membuat tubuh Anda optimal. Kalau memang anda sibuk dengan pekerjaan yang lain. Maka bisa di lakukan dengan 3 kali seminggu selama 30 menit.

Baca juga: Pola Permainan Bulu Tangkis (Penyerangan dan Pertahanan)

3. Forward Lunges

Ketika kita bermain badminton, otot akan menjadi andalan utama. Apalagi saat kita menahan shuttlecock dan melakukan penyerangan. Otot yang ada di pergelangan tangan, bahu dan otot-otot yang lain juga akan ikut bergerak.

Kalau kita tidak melatih otot dengan baik, bisa jadi bermain bulu tangkis bakal tidak maksimal. Nah, cara untuk melatih otot adalah dengan Forward Lunges. Gerakan ini akan meregangkan otot Hamstring dan otot pinggul kita. Forward Lunges akan memperbaiki mobilitas perjalanan Anda dalam bermain bulu tangkis.

Cara melakukannya bisa anda perhatikan di bawah ini.

  • Badan tetap tegak, lalu letakan salah satu kaki anda di bagian depan. Posisikan kedua kaki dengan benar dan atur agar tetap rata dengan lantai dan tanah.
  • Standing Toe-Up Achilles Stretch

4. Wrist Flexor dan Extensor

Hampir setiap cabang olahraga pastinya akan melakukan latihan fisik berupa Wrist Flexor dan Extensor. Gerakan Wrist Flexor adalah salah satu gerakan jari dari telapak tangan yang diarahkan ke bawah, lalu diluruskan. Gerakan ini berfungsi untuk melenturkan pergelangan tangan.

Sedangan untuk Extensor adalah menggerakan jari ke atas dari telapak tangan kita sembari meluruskan tangan kita ke depan. Cara ini juga sama berfungsi untuk meregangkan pergelangan tangan.

5. Wrist Roll

Sebagaimana pembahasan diatas, yang namanya Wrist berarti melatih pergelangan tangan. Kalau tadi hanya menggerakan jari ke atas dan ke bawah, nah Wrist Roll merupakan gerakan memutar pergelangan tangan.

Jadi, yang pertama Anda lakukan pada saat melakukan Wrist Roll adalah dengan mengepalkan tangan kita sekuat tenaga. Lalu luruskan tangan kita ke depan. Setelah itu, putarkan pergelangan tangan kita menuju ke luar 10 kali. Setelah itu, putar balik sebanyak 10 kali juga.

6. Shadow Badminton

Latihan selanjutnya adalah Shadow Badminton. Latihan ini bertujuan untuk membayangkan bagaiaman jalannya pertandingan bulu tangkis saat di lapangan.

Bagamana Anda bisa menebak tembakan lawan yang akan datang, hingga Anda berhasil untuk mengembalikan lemparan shuttlecock tersebut.

Untuk melakukan teknik atau latihan ini, Anda membutuhkan bantuan orang lain. Seperti contoh, memberikan arahan bahwa bola kok tersebut datang ke samping kanan Anda. Itu artinya Anda harus mengejar bola tersebut dan berhasil mementalkan kembali.

Dalam latihan ini, Anda akan benar-benar mengayunkan raket yang Anda pegang, seakan-akan bola kok tersebut ada di hadapan Anda.

Teman atau sahabat anda akan membantu Anda dalam mevariasikan tembakan tersebut. Latihan ini akan membantu Anda dalam memperlancar kaki dan pergerakan reflek Anda.

Baca juga: Sejarah Olahraga Bulu Tangkis (Badminton)

7. Senam

Senam adalah salah satu latihan yang bertujuan untuk memperkuat sendi dan otot serta membuat tubuh kita lentur. Dengan tubuh yang lentur, Anda bisa bergerak dengan baik saat bertanding di lapangan.

Senam ini mungkin sudah kita lakukan sejak SD. Tapi ini juga akan bermanfaat sebelum kita terjun di lapangan. Latihan senam ini juga akan melatih pernapasan agar bisa teratur dan tidak mudah lelah. Intinya, latihan ini harus kita lakukan dengan gerakan yang benar, agar membantu kita dalam bermain buli tangkis.

8. Pendinginan

Setelah kita berlatih dengan baik dan benar. Jelas kalau kita tidak melakukan pendinginan, maka urat-urat dan otot-otot kita akan kaku.

Mungkin di hari pertama kita tidak akan merasakan apa-apa. Tapi setelah hari kedua dan ketiga, maka otot itu akan memberikan efek yang sangat luar biasa pada tubuh kita. Kita akan kaku berjalan, bergerak dan lain-lain.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada tubuh kita, hal yang harus kita lakukan adalah mendinginkan otot-otot tersebut.

Latihan pendingan yang bisa kita lakukan adalah meregangkan otot, sendi, punggung, kaki, tangan dan seluruh anggota tubuh. Cara adalah dengan melakukan gerakan-gerakan senam yang rileks.

Nah itulah dia latihan fisik bulu tangkis yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bisa membantu Anda meningkatkan performa dalam bermain bulu tangkis. Salam olahraga!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feat image: bbc.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia