Tips Memperkuat Pukulan Smash Pada Bulu Tangkis

Pinhome

Tips Memperkuat Pukulan Smash Pada Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 20 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Bulu tangkis atau badminton menjadi salah satu olahraga yang paling terkenal di wilayah Asia Tenggara.

Banyak pemuda atau pemudi yang terinspirasi dari pemain-pemain bulu tangkis profesional yang menorehkan tinta emas untuk negaranya.

Salah satu negara yang terinspirasi oleh pemain bulu tangkis profesional dan bahkan menjadi legenda adalah Indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara yang pemainnya pernah memperoleh beberapa medali emas seperti Rudy Hartono, Liem Swie King, Harianto Arbi, Alan Budikusuma, Susi Susanti dan Taufik Hidayat.

Mereka adalah pemain-pemain Indonesia legendaris karena prestasinya yang luar biasa. Akan tetapi, mereka menjadi pemain profesional dalam olahraga ini tidak bisa cuma berlatih satu kali atau dua kali saja.

Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa menguasai semua teknik dalam olaharaga ini. Mulai dari teknik pukulan lob, push, dropshots, drive, dan juga smash.

Nah,di artikel kali ini kita akan membahas salah satu teknik yang paling sering diandalkan untuk mematikan lawan, yaitu pukulan smash.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis Detail dan Lengkap

Tips Memperkuat Pukulan Smash Saat Bermain Bulu Tangkis

tips memperkuat pukulan smash bulu tangkis
Sumber: Kompas.com

Ada beberapa tips untuk memperkuat pukulan smash yang bisa Anda lakukan saat bermain bulu tangkis atau badminton, yaitu:

1. Manfaatkan Pergelangan Tangan

Tips memperkuat pukulan smash pertama adalah dengan cara melatih pergelangan tangan Anda ketika bermain. 

Dalam melakukan smash, ada beberapa trik agar tidak melukai tangan Anda akibat terkilir atau terlalu kuat dalam memukul. Sebab, jika melakukan pukulan terlalu kuat, maka smash berikutnya akan tidak maksimal lagi.

Oleh karena itu, Anda harus tahu cara tepat saat memegang raket. Usahakan jangan terlalu kaku dalam memegang raket karena akan mempengaruhi kecepatan dan akurasi pada pukulan.

Jika di awal-awal permainan Anda langsung menggunakan tenaga secara full, maka saat ada kesempatan dalam memukul shuttlecock dengan smash, hal ini bisa jadi tidak efektif.

Baca juga: Sejarah Tenis Meja, Pengertian, Teknik dan Tujuannya

Oleh karena itu, kondisikan dulu pergelangan tangan ketika memegang raket sebelum melakukan smash. Karena dengan pergelangan tangan, Anda bisa melakukan smash yang menukik dan akurat. 

Kebanyakan para pemain bulu tangkis pemula saat melakukan smash, mereka mengandalkan pundak dan lengan atas. Padahal kalau mereka mengkombinasikan antara pundak, lengan atas dan pergelangan tangan, maka hasil pukulan yang dihasilkan bisa sangat tajam dan cepat.

Oleh karena itu, tips memperkuat pukulan smash yang utama adalah memanfaatkan pergelangan tangan sebaik mungkin.

2. Adu Cepat dengan Shuttlecock

Kalau Anda ingin menjadi pemain profesional dalam melakukan smash, maka Anda harus melatih fisik dengan baik dan benar.

Dalam permainan bulu tangkis, ada dua kecepatan yang harus Anda kuasai. Pertama adalah kecepatan dalam berlari dan kedua adalah kelincahan dalam merespon shuttlecock.

Anda harus melatih fisik Anda saat mengejar shuttlecock. Sehingga shuttlecock tersebut bisa Anda kembalikan kepada musuh. Akan tetapi, membalikan shuttlecock saja kepada musuh tidak akan membuatmu menang dalam pertandingan. Artinya ada hal lain yang harus Anda kuasai dalam melakukan pukulan.

Salah satunya adalah melatih kecepatan dalam mengejar shuttlecock. Ketika shuttlecock sudah Anda lihat dengan jelas, persiapkan diri sebaik mungkin untuk melakukan smash. Tapi sebaliknya, apabila shuttlecock terkejar tapi timingnya sedikit sekali, otomatis shuttlecock yang Anda lontarkan kepada musuh tidak akan beraturan.

Oleh karena itu, latihlah kecepatan berlari sampai kecepatannya bisa melebihi kecepatan shuttlecock.

Usahakan lompatan Anda tidak pelan dan juga tidak tergesa-gesa. Lalu condongkan badan Anda ke depan dan pukulah bola shuttlecock dengan keras dan tajam ke arah lawan.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis Detail dan Lengkap

3. Buat Otot Dalam Kondisi Rileks

Ketika sedang bermain di lapangan, biasanya Anda akan merasakan tekanan, entah itu tekanan dari orang lain atau tekanan dari diri sendiri.

Kekhawatiran seorang pemain ketika berada di lapangan akan semakin besar apalagi jika Anda bermain untuk mewakili klub besar.

Kondisi pikiran yang khawatir akan berakibat pada kondisi otot yang mengeras dan menegang. Dan ini bisa menjadi bahaya, karena akan mempengaruhi jalannya permainan bulu tangkis.

Terkadang otot yang terlalu tegang akan memperlambat gerak seorang pemain, termasuk mempengaruhi pukulan smash.

Selain itu, tubuh kita akan terasa begitu kaku dan membuat Anda kehilangan konsentrasi. Maka itu, pastika sebelum melakukan smash, tenaga Anda harus benar-benar dalam keadaan prima. 

So, usahakan untuk tetap rileks ketika bermain dan jangan sampai otot Anda berada dalam kondisi tegang. 

4. Ayunkan Lengan Secara Lembut

Tips memperkuat pukulan smash berikutnya adalah memperhatikan ayunan tangan Anda. Sebelum melakukan pukulan shuttlecock dengan pergelangan tangan, berikan juga tenaga pada lengan dan pundak Anda.

Namun, pastikan juga bahwa tenaga yang diberikan pada lengan dan pundak Anda tidak sekuat tenaga yang disalurkan ke pergelangan tangan.

Jadi ayunan lengan kita itu tidak boleh di ketahui oleh musuh untuk menipu gerakan. Sehingga musuh akan terkecoh dengan pukulan smash kita.

Untuk mempraktikan strategi ini, pertama Anda harus berikan tenaga yang kuat kepada pergelangan tangan, lalu berikan seperempat tenaga lainnya kepada lengan dan pundak.

Setelah itu, gerakan yang awalnya biasa saja, mulai dipercepat dan dilontarkan langsung ke shuttlecock.

Jadi, tips yang keempat ini adalah memberikan tenaga kepada lengan. Tetapi tenaga yang disalurkan juga tidak boleh teralu kuat agar membantu tembakan smash yang tajam dan cepat.

Baca juga: 9 Cara Latihan Fisik Bola Voli yang Idea

5. Scissor Jump

Tips memperkuat pukulan smash terakhir adalah dengan melakukan Scissor Jump. Scissor Jump adalah strategi melakukan pukulan smash yang kuat dan cepat dengan loncatan tinggi dan akurat. 

Lebih jelasnya lagi, Scissor Jump merupakan teknik melompat, dimana kaki kanan berada di belakang dan kaki kiri berada di depan. 

Setelah itu, putarlah tubuh Anda ke arah kiri horizontal ke saat melompat ke udara. Dengan melakukan lompatan seperti itu, Anda akan mendapatkan tenaga yang kuat dan maksimal.

Nah itu adalah lima tips memperkuat pukulan smash. Akan tetapi, perlu di ingat bahwa tips di atas tidak bisa langsung Anda kuasai tanpa melakukan latihan fisik lainnya. Selamat mencoba!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel