BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAKenapa KPR BTN Belum Dipotong? Ini Alasannya!
0
0

Kenapa KPR BTN Belum Dipotong? Ini Alasannya!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
kenapa kpr btn belum dipotongtop-right-banner

Padahal dana untuk membayar angsuran sudah tersedia di dalam rekening, tapi kenapa KPR BTN belum dipotong? Kejadian ini tentu saja bisa menimbulkan kekhawatiran pihak debitur bank BTN. Hal yang seringkali dikhawatirkan debitur adalah jika pembayaran angsuran terlewat dari waktu pembayaran, mereka akan dikenakan denda. 

Saat menghadapi situasi seperti ini, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab KPR BTN belum dipotong secara otomatis. Setelah mengetahui penyebabnya, barulah kamu bisa mendapatkan solusi untuk mengatasinya.

Pins memiliki rumah impian di lingkungan tenang nan indah harus menjadi indikator kamu dalam pencarian rumah, temukan rumah impianmu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Kini terdapat Program KPR Bank untuk membantumu memiliki rumah dengan dana yang terbatas.

Baca juga: Cara Melunasi KPR BTN dengan Mudah

Penyebab KPR BTN Belum Dipotong

Source : Freepik

Sebelum panik karena dana KPR tidak terpotong secara otomatis, yuk cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Berdasarkan penyebabnya, ada 4 kemungkinan yang menyebabkan angsuran KPR BTN kamu tidak terpotong otomatis dari rekening. Berikut ini keempat kemungkinan tersebut:

1. Dana dalam Rekening Tidak Mencukupi

Penyebab utama dari dana atau saldo dalam rekening tidak terpotong oleh sistem bank BTN adalah karena dana yang tersimpan di sana tidak cukup. Kamu perlu memastikan apakah dana yang tersedia memang sesuai dengan nominal angsuran yang perlu dibayarkan di bulan tersebut. 

Apabila dana yang kamu miliki kurang, sistem tidak akan melakukan pemotongan otomatis. Akhirnya angsuran di bulan tersebut akan dianggap sebagai tunggakan. Untuk besaran tunggakan KPR BTN ini harus dibayarkan paling telat di bulan yang sama. Jika terlewat, barulah kamu akan dikenakan denda. 

Baca juga: Program KPR Milenial dari Bank BTN untuk Kemudahan Memiliki Hunian Sendiri

2. Masih Belum Jadwal Pembayaran Angsuran

Bank BTN memiliki jadwal dalam penarikan dan pembayaran KPR debitur setiap bulannya. Apakah kamu sudah mengetahui jadwalnya ini, Pins? Apabila saat kamu melakukan pengecekan masih belum di tanggal penarikan ini, kamu tidak perlu khawatir. Penyebab dana KPR milikmu belum dipotong adalah karena belum masuk dalam jadwal pembayaran. 

Bagaimana kalau sudah mendapatkan notifikasi tagihan KPR BTN? Itu hanya merupakan bentuk pemberitahuan dan reminder. Terkait autodebet dana debitur masih mengacu pada jadwal penarikan. Namun, kalau memang sudah lewat dari tanggal pembayaran, kamu bisa mengecek solusinya di pembahasan selanjutnya dalam artikel ini.

3. Pemerintah Memberikan Subsidi KPR

Penyebab lain kenapa KPR BTN belum dipotong adalah dikarenakan kamu termasuk salah satu debitur yang masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dengan terpilihnya kamu dalam program ini, maka sebenarnya secara tidak langsung angsuran di bulan tersebut sudah dibayarkan. Hanya saja, pembayaran tersebut dibayarkan oleh pemerintah. 

Bagi Pins yang masih belum tahu program ini, program ini adalah subsidi suku bunga dari pemerintah kepada debitur KPR. Pemberian subsidi bunga KPR tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 138 Tahun 2020. Ingin mengetahui lebih jelas informasi pemberian suku bunga KPR? Kamu bisa mengeceknya melalui jendelaumkm.id.

4. Terdapat Gangguan dalam Sistem

Terkadang, sistem penarikan milik bank juga bisa mengalami gangguan atau error. Jika memang setelah mengecek penyebab-penyebab lainnya tidak ada yang bermasalah. Hal ini menandakan penyebab KPR BTN kamu belum dipotong adalah adanya gangguan dalam sistem. 

Dikarenakan penarikan angsuran KPR dilakukan serentak di waktu yang sama, tidak menutup kemungkinan gangguan seperti ini bisa terjadi. Namun, umumnya gangguan sistem bersifat sementara. Kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui aplikasi BTN Mobile.

Baca juga: Cara Cek Sisa KPR BTN Lewat ATM

Waktu Sistem Auto Debet KPR BTN

Source : Freepik

Bank BTN memberikan kemudahan dan kepraktisan untuk para nasabahnya dengan penerapan sistem auto debet. Dengan adanya sistem ini, kamu selaku debitur tidak perlu lagi repot untuk membayarkan angsuran dengan langsung datang ke bank. Pembayaran angsuran akan terpotong otomatis melalui rekening tabungan

Untuk itu, ketika memilih produk KPR BTN, kamu diwajibkan untuk membuat rekening bank BTN. Dengan penggunaan sistem auto debet, kamu harus selalu memastikan jumlah dana di rekeningmu cukup untuk membayarkan angsuran setiap bulannya. Terkait waktu penarikan, penarikan otomatis atau auto debet tersebut berlangsung antara tanggal 7 atau 8 setiap bulannya. Untuk jamnya, biasanya pada pukul 8 malam.

Baca juga: 8 Penyebab Umum KPR Subsidi Ditolak Bank BTN

Solusi untuk KPR BTN yang Belum Dipotong

Source : Freepik

Setelah mengetahui penyebab KPR BTN belum dipotong, kini saatnya untuk mencari cara mengatasinya. Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan sebagai solusi untuk mengatasi pembayaran angsuran yang terhambat ini. Berikut ini beberapa cara tersebut:

1. Menghubungi Call Center BTN

Apabila penyebab KPR BTN belum dipotong karena sistem yang masih tidak memotong secara otomatis, kamu bisa menghubungi call center BTN. Untuk nomor call center BTN, yakni 1500286. Setelah nomor terhubung, pilihlah angka 2 untuk mendapat informasi seputar KPR. 

Selanjutnya, ikuti instruksi yang diberikan sampai terhubung dengan pihak petugas. Sampaikan permohonan untuk mengecek dana di rekening kamu yang belum terpotong pada petugas. Biasanya, tak perlu waktu lama untuk menyelesaikan permasalahan ini, Pins.

2. Mengirimkan Email

Tidak semua orang suka menyampaikan keluhan dan meminta solusi melalui telepon. Apabila kamu termasuk salah satunya, kamu bisa mengontak pihak BTN secara online melalui email. Seperti yang disampaikan oleh pihak BTN, untuk angsuran yang belum terpotong otomatis disarankan segera mengirimkan permohonan pengecekan melalui email.

Untuk alamat email resmi bank BTN adalah btncontactcenter@btn.co.id.

Setelah menyimak penyebab kenapa KPR BTN belum dipotong, opsi manakah yang menjadi penyebab danamu belum terpotong? Jika kamu masih ragu manakah penyebabnya, jangan ragu untuk langsung menghubungi pihak bank BTN, ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download