BlogPemilik PropertiFinansialTahapan Membuat Rekening Bank Secara Online dan Real-Time
0
0

Tahapan Membuat Rekening Bank Secara Online dan Real-Time

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi

Mei 2, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dahulu, membuka rekening tabungan memang mengharuskan Pins untuk mengantri di bank. Seiring berkembangnya teknologi, kamu tak perlu lagi bersusah-payah keluar rumah. Kini, Pins tinggal mengikuti cara buat rekening secara online dan real-time

Walau tak perlu mengantri, Pins tetap perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan dan verifikasi data dengan customer service. Tanpa lama-lama, rekening pun jadi. Begini caranya!

Cara Buat Rekening Online

Install Aplikasi Bank Pilihan

Tahapan pertama membuka rekening online tentu kamu harus sudah punya aplikasi bank pilihan. Ini berlaku untuk semua bank, entah itu cara buat rekening online BCA, BNI, BRI, atau Mandiri, ya. 

Buka Aplikasi dan Pilih Menu Buka Rekening Baru

Bila sudah selesai diunduh dan terpasang, Pins bisa mulai buka aplikasi. Umumnya, menu pembukaan aplikasi m-banking memiliki menu Buka Rekening Baru. 

Pilih bagian tersebut dan pastikan nomor ponsel kamu belum terdaftar sebelumnya di aplikasi tersebut, ya!

Pilih Jenis Tabungan

Setelah masuk ke menu Buka Rekening Baru, Pins biasanya akan dihadapkan berbagai pilihan jenis tabungan. Sebagai contoh, produk tabungan BCA terbagi jadi beberapa jenis, yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi, atau Tahapan Gold. 

Setiap jenis tabungan yang hendak kamu buat memiliki biaya admin dan fitur-fitur yang berbeda, Pins. Jadi, pilih sesuai kebutuhan kamu. 

Klik Kirim

Jika sudah memilih jenis tabungan, Pins mungkin diminta untuk memasukkan nomor ponsel. Setelah itu, klik menu kirim SMS untuk verifikasi nomor ponsel yang sudah diinput. 

Ketik Kode Verifikasi

Bila nomornya sudah sesuai dan belum pernah dipakai sebelumnya, kode verifikasi akan terkirim ke ponsel kamu. Ketik kode verifikasi tersebut dan buat kode akses untuk aplikasi, tekan lanjut. 

Isi dan Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Cara buat rekening online selanjutnya adalah mengisi dokumen yang dibutuhkan. Umumnya, dokumen yang dibutuhkan meliputi kartu identitas, seperti KTP atau pasport untuk warga negara asing. 

Pada beberapa jenis tabungan, kamu mungkin diharuskan mengisi nomor NPWP jika sudah bekerja. 

Tentukan Jenis Kartu dan Kantor Cabang

Jika sudah benar semua, kamu bisa memilih jenis kartu debit ATM bank yang hendak dipakai. Ada begitu banyak jenis kartu debit setiap bank. Misalnya, bank BNI mengeluarkan beberapa jenis kartu, seperti kartu debit BNI GPN, kartu debit BNI Garuda, dan kartu debit BNI Gold. 

Perlu diketahui pula bahwa beberapa jenis kartu akan sesuai dengan jenis tabungan yang kamu buka, Pins. 

Verifikasi Data dengan Customer Service

Sesudah mengisi data dan memilih jenis kartu ATM, kamu akan dihubungi oleh customer service untuk verifikasi data. Ini dilakukan sebagai pengganti kehadiran Pins di bank. 

Dengan begitu, pihak bank bisa memastikan keaslian dokumen yang dilampirkan dengan melihat wajah Pins dan verifikasi data, ya. 

Buat PIN Mobile Banking

Cara buat rekening online tidak akan lengkap tanpa membuat PIN Mobile Banking. Pembuatan ini dilakukan sebagai syarat aktivasi mobile dan internet banking. 

Jadi, Pins bisa mengakses rekening dan bertransaksi di mana saja dan kapan saja dengan modal ponsel saja.

Rekening Sudah Aktif

Voila, rekening tabungan Pins sudah aktif, deh, begitu ada email konfirmasi dari pihak bank masuk. Jika sudah aktif, kebanyakan bank mengharuskan kamu untuk melakukan setoran awal dengan jumlah minimal yang beragam. 

Tahapan membuka rekening bank di atas memang akan bervariasi tergnatung bank-bank yang kamu pilih. Walau begitu, cara buat rekening online ini secara garis besar mirip dan membutuhkan verifikasi dari customer service melalui video call

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buka rekening online kamu agar bisa menabung dengan mudah tanpa harus pergi ke luar rumah!


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download