Kamus Istilah Properti

Kayu Sonokeling

istilah properti

Kayu Sonokeling

Untuk Pins yang menyukai furniture berbahan kayu (Wood), apa pernah mendengar bahwa Jawa mempunyai jenis kayu sonokeling yang mempunyai tampilan sangat mewah? Kayu yang asli dari Jawa ini memiliki kualitas tinggi dan berwarna gelap sehingga sering digunakan menjadi bahan furniture. Kayu satu ini juga anti rayap sehingga bisa menyaingi kualitas dari kayu jati.

Pinhome – Kayu sonokeling adalah kayu yang dikenal dengan nama sonosungu dan sonobrit. Kayu ini tergolong kayu keras dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan furniture. Untuk Pins yang masih ingin mengetahui lebih jauh, coba simak artikel mengenai jenis kayu sonokeling yang telah dirangkum di bawah ini!

Jenis Kayu Sonokeling

(Courtina)

Selain kayu jati, yang namanya sudah terkenal hingga ke luar negeri, ada beberapa jenis kayu yang tidak kalah kualitasnya yang dihasilkan dari hutan di Indonesia. Misalnya kayu bernama sonokeling. Di Pulau Jawa kayu ini terkenal sebagai kayu hitam sedangkan pada perdagangan internasional, kayu ini mempunyai nama lain yang cukup beragam. Masuk dalam famili fabaceae, kayu satu ini mempunyai sebutan seperti java palisander (Inggris), indian rosewood, palissandre de I’Inde (Prancis), dan bombay blackwood

Untuk jenis kerabat dekat kayu keras ini adalah kayu sonosisso, yang mempunyai kualitas yang mirip sekali dengan sonokeling. Kayu sonosisso juga biasa disebut rosewood. Maka dari itu, secara garis besar keduanya memiliki keterkaitan satu dengan lainnya.

Baca Juga:

Karakteristik dan Ciri Khasnya

(Tokopedia)

Kayu ini masuk dalam jenis kayu keras. Untuk berat jenisnya ada di angka 0,77 sampai 0,86 dengan kandungan air 15%. Tekstur pada kayu sonokeling adalah halus. Seratnya ada yang bergelombang dan ada yang lurus. Kayu pada teras di bagian tengah kayu ini berwarna cokelat kehitaman dan ada pula yang bercorak loreng dan warna cokelat tua. 

Kayu yang banyak ditemukan di daerah Jawa ini, dapat diberi pelitur atau pernis dan dibubut. Hal tersebuat membuatnya memiliki hasil akhir pengolahan mewah dan lebih sempurna. Kayu ini juga sanggup mengikat sekrup dengan baik sehingga tidak gampang rusak pada bagian yang disekrup. Tidak hanya sampai disitu, dalam pengolahannya ada baiknya menggunakan mesin. Hal tersebut dikarenakan, bila memahat dengan tangan tentunya cukup sulit dilakukan karena ketebalannya.

Kelebihan Kayu Sonokeling

(Tribun Lampung)

Untuk panen, mitos kayu sonokeling dapat dilakukan 2 kali sehingga cukup efisien bagi para produsen kayu. Sesudah 2 kali panen, pohon sonokeling tidak akan tumbuh kembali. Walaupun begitu, kayu sonokeling adalah kayu yang mempunyai beberapa keunggulan, dintaranya sebagai berikut: 

  • Pertama, memiliki tekstur yang halus dan mudah diberi pelitur. 
  • Kedua, dapat diolah menjadi berbagai furniture tanpa membuang lapisan kayu terlebih dahulu dari badannya. 
  • Ketiga, sisi tengah pada kayu juga dikenal awet dan hampir menyamai kualitas kayu jati sebagai anti rayap. Keunggulan ini dapat dirasakan secara langsung tanpa perlu memberikan obat-obatan lagi, sebab kayu ini mempunyai getah alami sebagai pengusir rayap.
  • Keempat, kayu ini juga sanggup menangkal jamur yang dapat membuat kayu lebih cepat membusuk. 

Baca Juga:

Penggunaan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

kayu sonokeling

(Tribu The Art of Leisure)

Kayu satu ini biasanya diolah menjadi berbagai furniture seperti meja, lemari, kursi, rak, dan lain sebagainya. Warna dan corak kayunya dibiarkan begitu saja agar menonjolkan kesan mewah. Selain itu, untuk Pins yang mau mempunyai lantai dari material kayu, sonokeling bisa menjadi pilihan yang tepat sebab mampu menahan berat. Hanya saja perlu pertimbangan yang baik, sebab warnanya dapat membuat ruangan menjadi gelap dan tampak sempit.

Disebabkan kekuatannya, kayu yang disebut dengan bombay balckwood juga sering dipakai menjadi pedang kayu untuk latihan yang disebut dengan bokken. Ini adalah pedang yang sering digunakan pada latihan salah satu olahraga asal Jepang, Aikido. Mitos kayu sonokeling pada bagian gubalnya dalam kondisi kering juga tahan serangan rayap dan jamur. Sedangkan kayu terasnya membutuhkan perawatan khusus agar lebih awet.

Untuk informasi tambahan, bagian teras ini memiliki warna lebih terang daripada gubalnya. Mitos kayu sonokeling yang sering dijadikan material kesenian, mempunyai alasan karena masih memperlihatkan karakteristik ulir kayu tersebut. Namun perlu Pins ingat, sebagian orang dapat terkena alergi karena serbuk kayu ini. Untuk yang mempunyai alergi serbuk kayu, sonokeling bisa menimbulkan gatal dan ruam kulit.

Kekurangan Kayu Sonokeling

kayu sonokeling
(Arlett)

Berada mendekati level kualitas dengan kayu jati, kayu satu ini hampir tidak mempunyai kelemahan. Mungkin selera pengguna yang tidak terlalu suka terhadap warna gelap maupun kehadirannya yang telah mulai langka. Sebagai tambahan informasi, kayu sonokeling yang layak panen adalah yang telah berusia 20 sampai 50 tahun. 

Saat ini ada juga yang melakukan panen ketika berusia baru 5 tahun, harganya lebih murah tetapi kualitasnya tidak dapat disamakan dengan kayu berusia 20 tahun. Jenis kayu sonokeling adalah termasuk yang sulit diberikan obat pengawet. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh dikarenakan tanpa obat pengawet, kayu tersebut juga sangat awet.

Sayangnya kayu yang disebut indian rosewood ini mulai langka dan telah terdaftar sebagai spesies tanaman rentan oleh Uni Internasional bagi Konservasi Alam atau IUCN dari tahun 2017. Penyebabnya adalah penebangan liar pada kawasan hutan lindung sampai periode panen yang terlampau lama. Pemerintah sudah melakukan langkah konservasi dengan memperketat perdagangan kayu sonokeling ke luar pulau. Hal ini diharapkan membuat statusnya kayu tersebut cepat berubah menjadi kayu yang tidak rentan punah. Kayu hitam ini bisa menjadi warisan khas Indonesia yang mendunia lho!

Itulah informasi lengkap mengenai mitos kayu sonokeling lengkap dengan karakteristiknya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Okezone.com


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. Cek pilihan rumah di Kota Bandung dari Pinhome selengkapnya!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.