Pinhome

Kaca Es: Rumah Tampak Terang Namun Tetap Punya Privasi

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 11 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Banyaknya jenis material kaca sebagai bahan bangunan memang kini seperti sedang laris manis di pasaran. Era perkembangan modern pada berbagai hal tidak terkecuali rumah juga membuat kaca menjadi salah satu material tanda desain modern. Rumah minimalis, desain futuristik hingga rumah mewah memerlukan kaca sebagai pelengkap keindahan. Namun, apa Pins pernah mendengar mengenai kaca es?

Pinhome – Kaca es merupakan kaca bertekstur pada salah satu sisi yang mempunyai tampilan buram. Kaca satu ini terdiri dari model polos dan juga bermotif. Bila Pins masih mengira-ngira kaca satu ini seperti apa. Pins dapat menjumpainya pada bagian kaca shower kamar mandi pada sebagian besar perumahan. Kaca tersebut dibuat menggunakan material kaca es. Nah, untuk lebih mengenal jenis kaca satu ini, simak yuk bersama Pinhome dalam artikel ini!

Mengenal Material Kaca Es

kaca es
(Livspace)

Istilah kaca es (frosted glass) memang sering dijumpai dalam segi material bangunan. Dikatakan seperti itu karena tampilannya yang mirip dengan tampilan sebuah es. Buram bertekstur dengan material yang jernih. Mampu menghalau sinar matahari dan juga tetap mengedepankan privasi penghuni, membuat kaca satu ini digemari. Pins bisa memakainya menjadi kaca pada jendela rumah, pintu kamar mandi, hingga dekorasi di dalamnya. Seperti partisi dalam ruangan maupun pintu lemari kaca.

Tingkat kegelapan yang berkisar 10-20% ini menjadikan kaca satu ini terlihat buram. Tujuan dibuatnya kaca satu ini adalah untuk menghamburkan cahaya yanng melewatinya sehingga mengaburkan gambar. Maka dari itu, penggunaan kaca es motif pada rumah juga bertujuan membuat ruangan tetap terasa sejuk saat siang hari tetapi tetap memiliki privasi. Bila dalam proses teknisi, kaca es polos dibuat dari lembaran kaca bening yang sengaja dibuat buram melalui proses sandblasting atupun etsa asam.

Bagaimana Penerapan Kaca Es Pada Hunian?

Kaca Es Motif Pada Area Kamar Mandi

kaca es
(Thriking)

Area kamar mandii memang merupakan salah satu tempat dalam hunian yang sering menggunakan kaca es motif. Kaca satu ini yang dapat menyamarkan penglihatan mampu menjaga ruang privasi. Walau terlihat layaknya sebuah kaca, namun Pins tidak perlu khawatir terlihat. Dengan penggunaan kaca es motif, kegiatan yang Pins lakukan di ruangan tersebut pasti akan tersamarkan dan tidak dapat terlihat. Orang di luar akan melihat hanya sebagai bayangan.

Partisi Ruangan

kaca es
(Venesta)

Nah, kaca es polos yang ditempatkan pada area interior memang dapat membuat sebuah ruangan mencolok. Salah satunya adalah penggunaannya pada partisi sebuah ruangan. Biasa dipakai pada ruang tamu, partisi satu ini sangat bermanfaat untuk menghalau penglihatan tamu. Tamu tidak dapat melihat secara jelas isi dari rumah. Selain itu, tampilannya pun dapat menambah keindahan tersendiri dalam ruang. 

Jendela dalam Hunian

kaca es
(Amazon)

Dikarenakan sifatnya yang dapat memecah gelombang cahaya, tidak heran baik kaca es motif maupun polos sering digunakan untuk pelengkap material pada jendela hunian. Selain privasi penghuni yang tentunya lebih terjaga, kaca ini juga dapat mempercantik tampilan eksterior rumah. Pins bisa memilih motif yang sesuai mulai dari garis, lengkung maupun efek-efek lainnya yang dapat membuat hunian semakin estetis. Penggunaan pada jendela juga membuat hunian tetap terasa sejuk lho!

Kaca Kabinet

(Home Interior Desain)

Lemari di rumah Pins terkesan monoton? Kamu bisa menggunakan kaca es polos pada bagian pintu lemari seperti pada dapur di atas. Kaca satu ini memiliki sifat anti noda dan tentunya mudah untuk dibersihkan sehingga kamu tidak perlu khawatir noda menempel pada lemari akibat kegiatan memasakmu yang dapat mengganggu tampilan dapur. 

Material Tangga Rumah

(Archenect)

Membuat tampilan interior semakin menarik juga dapat mempergunakan kaca satu ini pada material tangga. Tangga di rumah Pins tentu akan semakin terlihat indah dan modern. Namun, dikarenakan kaca satu ini tidak mampu menahan beban yang cukup berat, mohon agar tetap berhati-hati dalam pemasangannya. Gunakan penyangga dengan material besi agar kaca tidak mudah pecah dan juga sebagai pengaman ekstra. Namun bila diletakan pada bagian baluster, hal tersebut tidak menjadi kendala.

Baca Juga:

Beragam Model Tangga Beton Sederhana Hunian yang Tentunya Ciamik

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kaca Es

kaca es
(Pinterest)

Semua material bahan bangunan memang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, Pins tidak perlu khawatir dengan mengetahui semua seluk beluknya, Pins akan dengan pintar mengatasi segala permasalahan yang ada terkait material ataupun dapat mensiasati dengan aman. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan penggunaan kaca es dalam hunian.

  • Tidak dapat menanggung beban terlalu berat sehingga untuk beberapa kondisi harus dilapisi material lainnya untuk menopang.
  • Dalam segi pemasangan cukup rumit, untuk itu membutuhkan tenaga profesional.
  • Tampilannya yang modern dan memiliki tekstur pada salah satu sisi membuat kaca satu ini menjadi andalan dalam dekorasi rumah.
  • Kaca satu ini tidak mudah menyerap air sehingga cocok ditempatkan pada area kamar mandi.
  • Mampu meminimalisir panas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Penggunaan material kaca es pada hunian ternyata cukup banyak ya Pins! Jangan terbatas pada kaca jendela ataupun pintu rumah saja, Pins bisa bereksplorasi melebihi batas. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Ini Dia Keunggulan Kaca Nako untuk Jendela Rumah

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel