BlogPemilik PropertiFinansialEstimasi Biaya Jasa Bongkar Rumah dan Tips Dalam Memilihnya
0
0

Estimasi Biaya Jasa Bongkar Rumah dan Tips Dalam Memilihnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki bangunan tua memang sudah sepantasnya diperbarui kembali dengan renovasi, agar pondasi dan kerangka bangunan menjadi kokoh kembali untuk kebermanfaatan jangka panjang. Namun, apakah kalian tahu jika ingin merenovasi bangunan tua harus dilakukan bongkar rumah? Hal ini harus dilakukan agar tidak terdapat lagi bagian-bagian bangunan yang kerap berumur, semuanya menjadi baru kembali. Ikuti artikel untuk untuk mengetahui biaya jasa bongkar rumah dan tips memilihnya!

Kamu bisa melaksanakan pembongkaran rumah di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung jika menurutmu bangunannya pantas untuk direnovasi. Kamu juga bisa mendapatkan rumah modern tanpa harus merenovasi kembali di iklan properti.

Estimasi Biaya Jasa Bongkar Rumah dan Tips Dalam Memilihnya

bongkar rumah
Source : iStock

Ketika ingin membangun kembali rumah kita yang dapat dikatakan umurnya sudah sangat lama dan bangunan tampak termakan waktu, maka tentunya kita akan terpikirkan untuk melakukan renovasi pada rumah tersebut. Renovasi yang dilakukan tidak hanya pada ruangan tertentu saja, tetapi dilakukan pada keseluruhan bangunan hingga strukturnya. 

Jika pembangunan kembali hanya dilakukan pada bangunannya saja, lantas struktur bangunan yang menopang rumah Kamu akan tetap berumur tua. Kemungkinan struktur yang rapuh ini dapat hancur sangat besar dan membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, harus dilakukan pembongkaran lebih dahulu sebelum menjalankan renovasi.

Dalam melaksanakan pembongkaran bangunan atau rumah, Kamu tidak bisa melakukannya sendiri Pins! Dikarenakan hal ini memerlukan alat-alat yang mendukung pembongkaran dan bantuan dari sumber daya manusia. 

Pins di saat memutuskan untuk merenovasi bangunan milik Kamu, sebelum mencari jasa yang tepat untuk membongkar rumah. Kamu harus memperkirakan beberapa aspek terkait pembongkaran bangunan agar Kamu memiliki gambaran berapa jumlah pengeluaran yang dibutuhkan. 

Baca jugaIngin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Banyak sekali yang mengatakan bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk membongkar rumahnya saja sudah besar, ditambah dengan biaya renovasi. Hal ini belum tentu dapat dibenarkan, karena perhitungan pembongkaran suatu bangunan akan dilihat dari seberapa luas tanah dan bangunan yang Kamu miliki.

Itulah yang menjadi penyebab pentingnya untuk kita mengetahui perkiraan jumlah dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses bongkar bangunan. Kemudian, Kamu juga harus memilih jasa membongkar yang tepat dan berkualitas. Berikut ini pembahasan estimasi biaya jasa bongkar rumah dan tips memilihnya:

Faktor Pengaruh Biaya Pembongkaran

1. Luas dan Besar atau Kecilnya Suatu Bangunan

Faktor pertama yang akan mempengaruhi jumlah biaya suatu pembongkaran bangunan atau rumah adalah dilihat dari berapa luas bangunan dan sisi besar atau kecilnya bangunan tersebut. Penyedia jasa membongkar bangunan akan mengetahui terlebih dahulu berapa luas bangunan milik Kamu sesuai dengan yang tercatat sertifikat dan bisa juga dengan melakukan pengukuran mandiri. Dari luas ini, penyedia jasa dapat mengakumulasikan hitungan biaya dengan mengikuti standar biaya per meter persegi yang sudah ditetapkan.

Luas bangunan ini tentunya akan mempengaruhi waktu dari proses pembongkaran rumah dan mempengaruhi jumlah sumber daya manusia yang harus disiapkan. Kemudian, besar atau kecilnya bangunan rumah Kamu juga akan mempengaruhi jalannya pembongkaran. Jika rumah Kamu bertingkat, maka penyedia jasa harus memperhatikan waktu, material, dan sumber daya manusia yang dibutuhkan, karena hal ini dapat mempengaruhi kesulitan yang akan dilalui dalam prosesnya.

Kamu dapat mengetahui anggaran biaya renovasi rumah 2 lantai dan estimasinya!

2. Lokasi Bangunan Milik Kamu

jasa bongkar rumah
Source : iStock

Faktor kedua yang akan mempengaruhi biaya bongkar rumah adalah lokasi rumah Kamu. Penyedia jasa akan mempertimbangkan lokasi rumah Kamu yang berada di pinggir jalan, di dalam gang, terdapat kendala untuk menjangkaunya, dan lain-lain. Hal ini akan semakin membesarkan jumlah biaya yang Kamu keluarkan, karena besar juga resiko dan waktu yang diperlukan. Penyedia jasa akan memutar otak untuk memberikan solusi terkait transportasi yang membawa materialnya dan alat-alat berat untuk merobohkan bangunan Kamu.

3. Penggunaan Material pada Rumah Kamu

Faktor pengaruh selanjutnya menjadi catatan penting untuk penyedia jasa dalam mempertimbangkan jumlah biaya yang harus Kamu keluarkan. Hal ini didasarkan pada seberapa kuat dan kokohnya material rumah Kamu, semakin kuat dan kokoh material rumah tentunya akan memerlukan sumber daya manusia yang lebih dan alat bantuan khusus untuk membongkarnya. Pada umumnya, rumah yang sudah berumur tua biasanya memiliki material bangunan yang sudah rapuh, sehingga memudahkan saat dibongkar.

4. Pengurangan Biaya dari Pelimpahan Material Rumah Kamu

jasa
Source : iStock

Faktor keempat ini akan mempengaruhi estimasi penjumlahan biaya yang Kamu keluarkan, yaitu pelimpahan material rumah lama Kamu ingin digunakan kembali atau diberikan kepada penyedia jasa. Jika diberikan kepada penyedia jasa, maka penyedia jasa akan memperhitungkan hal ini sebagai pengurangan di biaya pembongkaran.

Jika rumah Kamu memiliki material yang berkualitas, maka nilai pengurangannya akan bertambah tinggi.  Kamu juga bisa loh menggunakan kredit untuk renovasi rumah, dengan beberapa daftar bank yang menyediakannya.

5. Jenis dan Layanan Penyedia Jasa

Faktor terakhir yang akan berpengaruh terhadap biaya pengeluaran Kamu dalam membongkar rumah adalah jenis dan layanan penyedia jasanya. Terdapat dua jenis dan beberapa layanan dari penyedia jasa.

Untuk jenis penyedia jasa Kamu dapat memilih jasa yang diberikan oleh kontraktor dan juga pekerja borongan. Biasanya menggunakan penyedia jasa kontraktor lebih mahal biayanya, karena memiliki perjanjian kontrak, dan menggunakan alat khusus pembongkaran. Sedangkan, pekerja borongan biasanya memiliki biaya yang lebih murah tetapi belum tentu menggunakan alat yang khusus. 

Lalu, untuk layanan yang diberikan penyedia jasa juga dapat memberikan biaya yang berbeda. Terdapat beberapa layanan dalam pembongkaran yaitu, pembongkaran rumah, pembersihan bangunan, penggunaan peralatan dan pengangkutan material sisa membongkar. Sesuaikan dengan kebutuhan Kamu ya!

Estimasi Biaya Pembongkaran Rumah atau Bangunan Lainnya

jasa
Source : iStock

Setelah melalui perkiraan dari faktor-faktor yang mempengaruhi biaya jasa membongkar rumah, Kamu dapat menentukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan berdasarkan perkiraan tersebut. Pada umumnya, pembongkaran rumah di Indonesia memiliki harga Rp.150.000 hingga Rp.350.000 per meter persegi. 

Harga tersebut akan berubah mengikuti faktor-faktor pengaruh yang telah disebutkan di atas. Contohnya rumah yang memiliki luas 100m2, maka dapat diperkirakan biaya bongkar rumahnya sebesar Rp.30.000.000.

Contoh Estimasi Biaya:

• Biaya Tenaga Pekerja: Jika dalam sehari pekerja diberi upah sebesar Rp.125.000.000, maka jika terdapat 8 pekerja yang mengerjakan pembongkaran, Kamu akan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.000.000. Lalu, dalam sebulan Kamu akan mengeluarkan Rp.30.000.000.

• Biaya Pelayanan: Apabila pelayanan yang Kamu inginkan selain pembongkaran, juga membersihkan bangunan, penggunaan peralatan, dan pengangkutan material sisa, maka standarnya biaya tersebut dihitung Rp.20.000 per meter persegi.

• Biaya Pembongkaran: Biaya pembongkaran dapat Kamu ketahui saat berdiskusi dengan penyedia jasa, setelah penyedia jasa melakukan pengukuran pada bangunan yang ingin dibongkar. Masing-masing bagian rumah (seperti: pembongkaran atap, kusen, dinding, dll) memiliki biaya pembongkaran yang berbeda, dihitung setiap meter persegi.

• Pengurangan Biaya dari Pelimpahan Material: Pelimpahan material Kamu jika akan dibawa oleh penyedia jasa, maka akan mengurangi perhitungan biaya estimasi Kamu. Semakin bernilai material Kamu, maka akan semakin besar berkurangnya.

Baca juga: Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

Tips Memilih Penyedia Jasa Bongkar Rumah atau Bangunan Lainnya

jasa rumah
Source : iStock

1. Galilah informasi lengkap terkait penyedia jasa membongkar rumah yang berkualitas dan terpercaya untuk mengurus pembongkaran rumah Kamu. Jika mendapat penyedia jasa yang memberikan harga rumah, harus Kamu selidiki terlebih dahulu riwayat proyeknya agar dapat menumbuhkan kepercayaan.

Ada beberapa jasa renovasi rumah terbaik di Jabodetabek dan tips untuk memilihnya!

2. Jika sudah melakukan pencarian sendiri terkait penyedia jasa membongkar rumah, namun belum menemukan yang tepat, Kamu dapat meminta rekomendasi dari orang lain yang dapat Kamu percaya beserta testimoninya.

3. Perhitungkan segala kemungkinan jumlah biaya dan pilihan layanan pembongkaran yang Kamu inginkan, agar menghindari munculnya biaya yang tidak Kamu perhitungkan.

4. Jika tujuan Kamu ingin biaya pembongkaran tidak terlalu besar, karena terdapat biaya renovasi yang harus Kamu keluarkan. Maka, Kamu dapat memilah material bangunan yang masih berkualitas baik.

Itulah penjelasan mengenai jasa pembongkaran rumah, estimasi biaya yang akan Kamu keluarkan, dan tips dalam memilih penyedia jasa pembongkaran. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat ya Pins!

Baca juga: Tips Menggunakan Kontraktor Untuk Renovasi Rumah Minimalis

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download