BlogLifestyleEdukasi5 Doa Menempati Rumah Baru Supaya Berkah
0
0

5 Doa Menempati Rumah Baru Supaya Berkah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di dalam menempati rumah baru, berbagai kepercayaan menganjurkan untuk melakukan ritual yang berguna untuk kebaikan penghuni. Tidak terkecuali pula di dalam agama Islam. Doa menempati rumah baru menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dan biasanya dalam bentuk acara pengajian ataupun hanya sekedar doa bersama keluarga.

Sebenarnya tujuannya adalah baik, dzikir dan doa menempati rumah baru dipercaya mendatangkan keberuntungan sekaligus terhindar dari marabahaya. Apa Pins mengetahui bagaimana doa yang tepat? Berikut Pinhome sajikan 5 pilihan doa yang bisa kamu bacakan bersama saat pengajian di rumah.

Doa Menempati Rumah Baru Surat Al-Baqarah

Dzikir dan doa menempati rumah baru bisa kamu mulai dari membaca surat Al-Baqarah. Surat ke-2 dalam Al-Quran yang terdiri dari 286 ayat ini, merupakan salah satu surat dengan jumlah ayat terbanyak.

Hal ini juga sesuai dengan hadist Rasulullah: “Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR. Hakim).

Baca juga: Ikuti Yuk Amalan Doa Setelah Sholat Dhuha

Membaca Surat Al-Mu’minun Ayat 28-29

Source : Freepik

Selanjutnya Kamu pun bisa membaca Al-Fatihah kurang lebih 3 kali dan lanjut ke surat Al-Mu’minun ayat 28-29 sebagai berikut:

Surat Al-Mu’minun Ayat 28

فَإِذَا ٱسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى ٱلْفُلْكِ فَقُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى نَجَّىٰنَا مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Fa iżastawaita anta wa mam ma’aka ‘alal-fulki fa qulil-ḥamdu lillāhillażī najjānā minal-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim”.

Surat Al-Mu’minun Ayat 29

وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Wa qur rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn

Artinya: Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat”.

Membaca Surat Al-Ikhlas

Amalan lainnya juga bisa kamu gunakan sebagai doa menempati rumah baru adalah membaca surat Al-Ikhlas.  Surat yang terdiri dari 4 ayat ini menegaskan pada konsep ketuhanan dan keesaan Allah. Kamu bisa membacanya sebanyak 3 kali bersama keluarga. Tujuannya melancarkan rezeki dan meluaskannya mengalir kepada para tetangga.

Baca juga: Simak Bacaan Doa Gerhana Bulan dan Artinya

Membaca Surat Al-Falaq dan An-Naas

Selain membaca surat Al-Ikhlas, Kamu dan keluarga juga bisa membaca beberapa surat pendek lainnya. Seperti surat Al-Falaq yang terdiri dari 5 ayat dan surat An-Naas yang terdiri dari 6 ayat. Bacalah keduanya sebanyak 100 kali. Membaca kedua surat ini bersama-sama diyakini memberikan perlindungan pada mereka yang sedang membacanya.

Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Imam Muslim

Segala perlindungan Allah tertuang di dalam Hadis Imam Muslim yang bisa Kamu bacakan saat hendak memasuki rumah baru, sebagai berikut:

“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR.Imam Muslim).

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Baca juga: Doa Mimpi Buruk dan Hal yang Harus Dilakukan

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Memasuki Rumah Baru

doa menempati rumah baru
Source : Freepik/our-team

Tidak hanya melafazkan doa menempati rumah baru yang perlu dilakukan. Perilaku yang baik saat mulai masuk di dalam rumah baru juga dipercaya mendatangkan kebaikan bagi seluruh penghuni rumah, lho! Vibe atau perasaan positif yang dibangun sedari dini akan menularkan atmosfer baik di dalam rumah. Mari kita lihat bersama yuk apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memasuki rumah baru.

Bacalah Doa Ketika Hendak Memasuki Rumah

Doa-doa sederhana yang diajarkan sejak kecil memang cukup banyak dan bervariasi, Pins! Namun hal tersebut sangat berguna untuk kehidupan di kemudian hari. Seperti salah satu contohnya adalah doa ketika memasuki rumah berikut:

doa menempati rumah baru
Source : Tribun News

Tidak hanya rumah baru saja, ada baiknya kamu melafazkan doa tersebut saat memasuki rumah siapapun. Intinya adalah memohon perlindungan Allah SWT dan mengingat-Nya selalu.

Bacalah Doa Ketika Hendak Keluar Rumah

Selanjutnya adalah membaca doa ketika hendak keluar rumah atau meninggalkannya. Tidak hanya doa saat memasuki rumah saja. Perilaku baik saat meninggalkan rumah pun menjaga keamanan rumah milik kamu dari bahaya saat ditinggalkan. Berikut doa keluar rumah yang bisa kamu gunakan:

doa menempati rumah baru
Source : Tribun News

Kenali Area Permukiman

Rasulullah SAW menganjurkan untuk tetap menjaga amalan ketika di rumah, khususnya rumah baru. Untuk itu tidak ada salahnya untuk berbuat baik mengenal lingkungan sekitar tempat tinggal. Caranya cukup banyak, mulai dari memberi sapaan kepada tetangga dekat, melihat area-area sekitar perumahan hingga mengenal seluk beluk bangunan rumah itu sendiri.

Hal-hal tersebut memang cenderung sederhana, tetapi tidak sedikit pula dari para penghuni baru yang mengabaikannya. Padahal justru hal tersebut meminimalisir bahaya dan mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa pilihan doa menempati rumah baru supaya berkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memasukinya. Semoga bermanfaat Pins!

Baca juga: Doa Ketika Hujan Turun dan Maknanya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Angel Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download