BlogLifestyleEdukasi4 Bacaan Doa Agar Anak Tidak Rewel di Malam Hari
0
0

4 Bacaan Doa Agar Anak Tidak Rewel di Malam Hari

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Bacaan Doa Agar Anak Tidak Rewel di Malam Haritop-right-banner

Umumnya, anak bayi rewel dan susah tidur pada malam hari terjadi karena ada suatu hal yang membuat tidak nyaman. Hanya saja, Si Kecil belum bisa mengutarakan pada orang tua sehingga ia menunjukkan dengan menangis. Apabila sang buah hati mengalaminya, kamu bisa mencoba membacakan doa agar anak tidak rewel untuk membantunya tidur lebih nyenyak saat malam.

Selain memiliki rumah yang nyaman seperti Grand Sharon Residence sebagai Perumahan di Kota Bandung yang terbaik saat ini, Pins memberikan lantunan doa agar anak tidak rewel di malam hari. diharapkan Si Kecil bisa lebih tenang dan selalu dilindungi oleh Allah SWT dari berbagai godaan, baik melalui setan maupun jin. Lalu, bagaimana doa yang bisa membuat bayi menjadi lebih tenang dan tidur nyenyak pada malam hari? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Baca juga: Doa Menghadapi Kesulitan Keuangan yang Mujarab

Bacaan Doa Agar Anak Tidak Rewel

Source : Pexels

Ada banyak hal yang menjadi penyebab bayi rewel dan tidur tidak nyenyak di malam hari. Misalnya, perutnya sedang lapar, tidak enak badan, merasa gerah atau kedinginan, kelelahan, dan ritme tidurnya yang memang belum stabil. 

Ini artinya, kamu harus memastikan bayi tidak mengalami salah satu dari beberapa penyebab rewel di atas. Selanjutnya, kamu dapat membacakan bacaan doa agar anak tidak rewel untuk membantu membuatnya lebih tenang dan tidur lebih pulas. Berikut bacaan doanya:

Doa ketika anak rewel dan menangis saat tengah malam

Source : Pexels

Bayi baru lahir hingga usia tertentu masih harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tak heran jika ia kerap menangis dan rewel pada tengah malam yang membuat Pins kewalahan. 

Jika Pins mengalami hal ini, bacakan doa agar anak tidak rewel di malam hari, ya! Berikut doanya:

“Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.”

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apa pun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Membaca doa sebelum tidur malam

Source : Pexels

Selain membaca doa untuk mengharapkan dimudahkan rejeki seperti membeli Rumah Ekslusif dari Pinhome, kamu juga bisa membiasakan anak membaca doa sebelum tidur malam. Bacaan doanya yaitu:

“Bismika Allahumma ahya wa amut.” 

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati.”

Apabila anak belum dapat mengamalkan doa tersebut sendiri, kamu bisa membantu dengan mengucap doa yang diambil dari petikan Alquran Surat At-Takwir ayat 20 berikut ini. 

“Dzii quwwatin ‘inda dzil ‘arsyi makiin.”

Artinya: “Yang mempunyai kekuatan lagi (pula) mempunyai kedudukan di sisi Pemilik ‘Arsy.” (QS. At-Takwir: 20).

Baca juga: Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Beserta Artinya

Mengucap doa supaya anak dapat tidur nyenyak pada malam hari

Source : Freepik

Tak hanya membaca doa agar anak tidak rewel, kamu juga sebaiknya membacakan doa supaya anak dapat tidur nyenyak di malam hari. Adapun doanya yaitu:

“Allahumma ghaaratin nujuum, wa hadaatil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhu sinatun walaa nauum. Yaa hayyu, yaa qayyuum, ahdi lailii, wa anim ‘ainii.”

Artinya: “Wahai Tuhan, bintang-bintang mengorbit, mata-mata terpejam, sedangkan Engkau Maha Hidup kekal lagi Maha Terjaga (terus menerus mengurus makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Wahai yang Maha Hidup dan Terjaga, redupkanlah malam, dan lelapkanlah mataku.”

Doa ini diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW melalui hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni ketika Zaid bin Tsabit mengeluh kepada Rasulullah SAW bahwa dirinya sedang mengalami sulit tidur. 

Mengucap doa supaya diberikan perlindungan

Source : Pexels

Melalui hadis riwayat lainnya, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa lain untuk mengatasi susah tidur. Selain itu, kamu juga bisa mengucapkan doa ini untuk memohon perlindungan dari gangguan setan dan jin. Doanya yaitu:

“A’udzu bikalimaatillahit taammaati min gadhabihi, wa ‘iqaabihi, wa min syarri ‘ibaadihi, wa min hamazaatisy syayaathiin, wa an yahdhuruun.”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah Swt yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

Tips Supaya Bayi Tidur Pulas pada Malam Hari, Baca Doa Agar Anak Tidak Rewel

Selain secara rutin membacakan doa agar anak tidak rewel di malam hari, kamu juga dapat mencoba beberapa tips berikut ini supaya Si Kecil bisa tidur pulas pada malam hari.

Pastikan perutnya kenyang

Source : Pinterest

Sebelum tidur, pastikan perut Si Kecil dalam kondisi kenyang, Pins. Sebab, perut kosong bisa membuatnya rewel pada malam hari karena lapar. Jika bayi masih menyusu secara eksklusif, berikan ASI sebelum tidur sampai kenyang, lalu temani sambil menepuk pelan pahanya sampai ia tertidur.

Sementara itu, untuk bayi dan balita yang sudah mendapatkan asupan makanan padat, memberikan makanan tinggi protein dan segelas susu hangat sebelum tidur dapat membuat perut anak kenyang. Alhasil, anak akan tidur malam lebih nyenyak dan tidak rewel. 

Buat rutinitas atau kebiasaan sebelum tidur

Source : Pexels

Tips selanjutnya adalah membuat kebiasaan atau rutinitas sebelum tidur. Misalnya, memandikan Si Kecil dengan air hangat, memakaikan pakaian tidur, memijat tubuh, dan membacakan cerita atau bernyanyi. Jangan lupa, redupkan lampu untuk membantu bayi lebih mudah mengantuk dan tertidur.

Baca juga: Doa Ditetapkan Iman saat Sedang Gundah Gulana

Membacakan doa supaya anak dapat tidur nyenyak

Source : Pinterest

Tak lupa, bacakan doa agar anak tidak rewel setiap sebelum tidur malam, Pins. Lebih baik lagi kalau kamu membacakan Ayat Kursi, lalu lanjutkan dengan membaca Surat An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Kemudian, tiup ubun-ubun Si Kecil. 

Putar Murottal dengan volume pelan

Source : Pexels

Tidak ada salahnya untuk memutar lantunan ayat Alquran atau murottal setiap sebelum tidur. Cara ini dapat membantu membuat bayi tidak rewel dan tidur nyenyak dari pandangan Islam. Sebab, murottal dapat membuat kamar menjadi lebih tenang dan nyaman. 
Itu tadi beberapa doa agar anak tidak rewel di malam hari yang dapat kamu ucapkan setiap malam. Dengan rutin membaca doa-doa tersebut, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan pada Si Kecil sehingga lebih mudah untuk tidur nyenyak saat malam.

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Bukit Hijau Ciomas dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download