Doa Menghadapi Kesulitan Keuangan yang Mujarab

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ January 11, 2023 ∙ 6 menit membaca

Kesulitan keuangan seringkali menjadi masalah besar bagi setiap orang. Meski uang bukanlah segalanya, namun di zaman sekarang ini segalanya membutuhkan uang. Tak heran jika banyak orang yang memanjatkan doa menghadapi kesulitan keuangan.

Terkadang, masalah keuangan memang bisa terjadi begitu saja. Namun bukan berarti kita harus pasrah dan menyerah dengan keadaan. Jika Pins sedang menghadapi kesulitan keuangan, teruslah berusaha dan berikhtiar kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW menganjurkan hambanya untuk membaca doa menghadapi kesulitan keuangan agar kita senantiasa diberikan kemudahan dengan bantuan Allah SWT. Doa menghadapi kesulitan keuangan ini juga terdapat dalam hadis Nabi SAW.

Doa dalam kesulitan keuangan bisa menjadi salah satu amalan untuk memohon agar kesulitan keuangan dan kesempitan rezeki bisa teratasi. Dengan memanjatkan doa dalam kesulitan keuangan, semoga kita bisa segera keluar dari permasalahan keuangan yang sedang terjadi. Simak bacaan doa lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 11 Kumpulan Ayat Tentang Taubat di Al Quran

Doa Menghadapi Kesulitan Keuangan

doa menghadapi kesulitan keuangan
(crawfort)

Di dalam surat Al Ikhlas ayat 2, disebutkan bahwa “Allah adalah tempat bergantung”. Hanya kepada Allahlah semestinya kita bergantung dan memohon pertolongan. Begitu pun saat kita sedang menghadapi kesulitan keuangan.

Tidak tepat rasanya jika kita bergantung kepada orang lain, padahal orang tersebut juga bergantung kepada Allah SWT. Salah satu doa menghadapi kesulitan keuangan yang diajarkan nabi adalah bacaan dalam hadis berikut:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ
هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ عَنْ
ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَانَ يَدْعُو عِنْدَ الْكَرْبِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْحَلِيمُ
الْحَكِيمُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمُ لَا
إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ
الْكَرِيمُ.

(رواه الترمذي)

Artinya: Dari Ibnu Abbas (w. 68 H) “Bahwasannya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berdoa ketika sedang kesusahan dengan ucapan “LAA ILAAHA ILLALLAAHUL HALIIMUL HAKIIM, LAA ILAAHAILLALLAAHU RABBUL ‘ARSYIL ‘AZHIIM, LAA ILAAHA ILLALLAAHU RABBUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA RABBUL ‘ARSYIL KARIIM,”

(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Lembut, Maha Bijaksana, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan Pemilik ‘arsy yang agung, tidak ada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah, Tuhan Pemilik langit dan bumi dan Tuhan Pemilik ‘arsy yang mulia). H.R. Tirmidzi (w. 279 H).”

Makna doa di atas adalah mengakui bahwa hanya Allahlah Tuhan yang pantas disembah. Kita mengakui kebesaran Allah. Allah yang memiliki benda-benda yang besarnya tidak dapat kita ukur seperti langit dan bumi, serta ‘arsy yang agung.

Di saat kita mengalami kesulitan keuangan atau kesulitan hidup, selain berusaha mencari jalan keluar dengan ikhtiar, kita juga dianjurkan mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi, yaitu dengan berdoa agar diberi kemudahan.

Doa menghadapi kesusahan dari Nabi di atas bisa menjadi amalan bagi Pins yang ingin melunasi hutang dengan bantuan Allah. Jika kamu sedang bingung harus bayar hutang, atau permasalahan hidup lain yang tidak terkait dengan keuangan, seperti halnya agar terhindar dari masalah hukum.

Baca juga: Saat Sakit, Baca Doa Minta Kesembuhan Ini!

Hikmah Membaca Doa Menghadapi Kesulitan Keuangan

(CNBC)

Doa termasuk cara untuk senantiasa ingat Allah, dan hati pun akan tenang. Apakah doa keluar dari kesulitan keuangan yang kita panjatkan itu dijawab oleh Tuhan atau tidak, kita serahkan kepadaNya. Allah pasti akan memberikan jalan keluar bagi orang yang mau berusaha.

Sesungguhnya setelah ada kesulitan itu pasti ada kemudahan. Dengan membaca doa dalam kesulitan keuangan, bisa jadi kita bakalan melihat jalan terang menuju kemudahan yang dijanjikan Allah kepada kita.

Akan selalu ada hikmah di balik cobaan kesempitan rezeki. Kita bisa semakin dekat dengan Allah, kita bisa menjadi semakin taat, rajin berdoa, dan bertaubat atas segala maksiat yang selama ini kita lakukan.

Baca juga: Bacaan Doa Mau Ujian, Insya Allah Lancar!

Amalan Agar Terhindar dari Kesulitan Keuangan

(crawfort)

Selain membaca doa di atas, ada juga amalan yang harus kamu lakukan agar terhidar dari masalah kesulitan keuangan, di antaranya:

Tetap Berikhtiar dan Bekerja Keras

Demi mengatasi kesulitan keuangan, jangan menjadi orang yang bermalas-malasan dalam menjemput rizki. Tidak cukup berdoa saat menghadapi kesulitan keuangan, kita pun diwajibkan untuk berikhtiar, semua itu dilakukan dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Bekerja pun adalah ibadah, jika diniatkan karena Allah SWT.

Sedekah dan Infaq

doa menghadapi kesulitan keuangan
(iStock)

Tak hanya mengucap rasa syukur saja, jika mendapatkan rezeki Pins harus mengingat bahwa sebagian dari rezeki itu adalah hak fakir miskin. Dari sebagian rezeki itu ada yang harus diinfaqkan di jalan Allah. Salah satu sedekah terbaik adalah memberikan nafkah dan membantu keluarga terdekat, baik orang tua, saudara, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Infaq? Ini Dia Jawabannya!

Berserah Diri Kepada Allah SWT

Di saat kita mengalami kesulitan keuangan, kesempitan rezeki, kita perlu melunasi hutang dengan bantuan Allah, maka Allahlah tempat bergantung yang terbaik. Allah akan memberikan jalan keluar kepada hamba-Nya yang bertaqwa sesuai dengan janji-Nya.

Tidak mustahil bagi Allah untuk membantumu melunasi hutang dalam 1 hari. Allah juga akan senantiasa memberikan jalan untuk melunasi hutang kepada hambanya yang selalu berdoa.

Baca juga: Contoh Sikap dan Pengertian Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal

Senantiasa Memanjatkan Doa

doa keselamatan dunia dan akhirat
(Unsplash)

Doa merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Allah selalu menyukai setiap hambanya yang mau berdoa. Karena dengan berdoa, artinya kita mengakui kebesaran Allah dan mengakui bahwa dirinya lemah.

Doa dalam kesulitan keuangan, doa dalam kesulitan membayar hutang, maupun doa melunasi hutang dengan bantuan Allah pun juga merupakan perbuatan yang akan dinilai sebagai ibadah oleh Allah.

Hanya saja, dalam berdoa, semestinya tidak hanya saat sedang susah dan ketika kita merasa butuh bantuan Allah saja. Saat sedang senang pun hendaknya kita tidak lupa untuk mengucap rasa syukur akan segara nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Ikhtiar tanpa doa bisa menyebabkan seseorang sombong dan merasa bahwa atas usahanya lah ia keluar dari kesulitan, bukan atas pertolongan Allah SWT. Doa juga bisa menjadi penolong saat ikhtiar seseorang yang sudah maksimal masih belum menujukan hasil.

Kesimpulan

Doa dalam menghadapi masalah hidup di atas adalah salah satu di antara banyak doa lainnya yang diajarkan Nabi. Saat dilanda kesusahan, seseorang tetap diwajibkan ikhtiar dan terus berusaha mencari jalan keluar.

Doa juga bisa menyadarkan agar manusia tidak sombong, merasa hanya usahanya yang bisa menolongnya, padahal hanya Allahlah tempat bergantung. Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia