Pinhome

Doa Ketetapan Iman saat Sedang Gundah Gulana

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Imam merupakan salah satu landasan penting dalam beragama dan berperilaku. Sebab, tanpa keimanan seseorang umat akan mudah goyah dan tak terarah hidupnya. Sayangnya keimanan seseorang tidaklah konstan alias bisa naik turun. Terutama saat sedang dilanda musibah. Tak jarang. umat muslim pun mempertanyakan kembali keimanan mereka ketika hal itu terjadi. 

Pinhome – Jika demikian, maka Pins sebaiknya terus memanjatkan doa keteguhan iman atau doa ditetapkan iman. Dengan membaca doa tersebut niscaya Pins akan diberi bimbingan untuk selalu beristikamah di jalan Allah SWT. Berikut doa mohon ketetapan iman yang dapat Pins panjatkan setiap saat. 

Baca Juga: Ini Dia, 7 Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa!

Doa Mohon Ketetapan Iman dalam Al-quran

(Max Pixel)

Baca Juga: Doa Nabi Ibrahim Ketika Dibakar Dan Kisah Di Baliknya

Dalam sebuah hadis, diceritakan bahwa Rasulullah SAW yang sudah dijamin masuk surga pun senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan iman setiap waktu. Maka demikian, Pins dapat memanjatkan doa ditetapkan iman ini setiap waktu pula, khususnya ketika hati sedang gundah gulana. 

Rasulullah SAW kerap membaca beberapa doa ditetapkan iman yang termuat dalam Quran. Berikut di antaranya: 

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi.” – QS Ali-Imran ayat 8. 

Selain itu ada pula doa keteguhan iman dari beberapa surah dan ayat lainnya, seperti berikut: 

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya: “Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir.” – QS. Ali Imran ayat 147. 

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَاد

Artinya: “Ya Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu): ‘Berimanlah kalian kepada Rabb kalian, maka kami pun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuslah kesalahan-kesalahan kami, serta wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti (shalih). Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui Rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat kelak. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji.” – QS Ali-Imran ayat 193-194.

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: “Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan ini.” Al-Kahfi ayat 10.

Doa-doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW di atas, pun dapat Pins baca setiap hari. Kamu dapat membacanya setiap selesai salat atau saat suasana hati sedang gundah. 

Doa Keteguhan Iman dari Hadits

(Pixels)

Selain doa yang termuat dalam Quran, ada pula beberapa tambahan doa lain di hadits yang bisa Pins baca. Berikut beberapa di antaranya: 

اَللَّهُمَّ  ياَمُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ صَرِّفْ قُلُوْبُنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Artinya: “Ya allah, Dzat yang mencondongkan hati, condongkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu.” – HR Muslim Nomor 2654.

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِيْنِكَ

“Wahai Rabb yang membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu.” – HR At-Tirmidzi Nomor 3522 dan Ahmad Nomor 302, 315.

اللَّهُمَّ ثَبِّتْنِي وَاجْعَلْنِي هَادِيًا مَهْدِيًّا

“Ya Allah, teguhkanlah diriku, jadikanlah diriku pemberi petunjuk dan diberi petunjuk (olehmu).” – HR Bukhari Nomor 2725.

اللَّهُمَّ اهْدِنِي وَ سَدِّدْنِي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَ السَّدَادَ

“Ya Allah, berikanlah petunjuk kepadaku dan luruskanlah diriku. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon petunjuk dan kelurusan kepada-Mu.” – HR Muslim Nomor 2725)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَ التُّقَى وَ الْعَفَافَ وَ الْغِنَى

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk, ketakwaan, kesucian, (dijauhkan dari hal-hal yang tidak halal/tidak baik), dan kecukupan.” – HR  Muslim Nomor 2721,  at-Tirmidzi Nomor 3489, dan Ibnu Majah Nomor 3832.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ اْلعَجْزِ وَاْلكَسَلِ وَاْلجُبْنِ وَاْلبُخْلِ وَاْلهَرَمِ وَعَذَابِ اْلقَبْرِ. اَللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابَ لَهَا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kekikiran, pikun, dan adzab kubur. Ya Allah, berikanlah ketaqwaan pada diriku, dan sucikanlah ia, Engkau adalah sebaik-baik Dzat yang Maha Mensucikannya, Engkau Dzat yang Melindungi dan Memeliharanya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, nafsu yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan.” – HR Muslim Nomor 2722, dan an-Nasa’I Nomor 269.

Mengapa Harus Membaca Doa Ketetapan Iman? 

(PxFuel)

Sebetulnya tidak ada alasan khusus mengapa seorang muslim harus membaca doa ketetapan iman. Namun dalam suatu hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa sekuat-kuatnya manusia, ia tidak akan mampu beristikamah dengan sebenar-benarnya istikamah. Beliau berkata 

‎اِستَقِيمُوا وَلَن تُحصُوا

Artinya: ‎”Istiqomahlah dan kalian tidaklah akan mampu (untuk istiqomah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istiqomah).”

Untuk itu, Rasulullah SAW selalu menyarankan kepada umat Islam agar senantiasa memanjatkan doa mohon ketetapan iman. Selain doa yang sudah ditulis di atas, Rasulullah SAW juga menyarankan untuk mengucapkan kalimat berikut: 

‎”قُلْ: اللَّهُمَّ اهْدِنِي وَسَدِّدْنِي”

Artinya: ‎”Ucapkanlah: “Allahummahdini wa saddidnii” (Ya Allah berilah aku petunjuk dan jadikanlah aku benar dan lurus dalam seluruh perkaraku).”

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda demikian: 

وَاذْكُرْ بِالهُدَى هِدَايَتَكَ الطَّرِيقَ، وَالسَّدَادِ سَدَادَ السَّهْمِ

Artinya: ‎”Dan ingatlah petunjuk (yang anda ucapkan dalam doamu) adalah sebagaimana anda mendapatkan petunjuk ketika meniti jalan dan ingatlah kelurusan (yang anda ucapkan dalam doamu) adalah ibarat lurusnya anak panah.”

Yuk, Pins mulai panjatkan doa ketetapan iman agar kita senantiasa berada dalam lindungan dan keberkahan Allah SWT. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel