BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiApa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri
0
0

Apa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 17, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, tidak hanya dinilai dari fasilitas yang ditawarkan dari hunian itu sendiri. Faktor yang turut menentukannya berasal dari lingkungan hunian berada. Kota mandiri menjadi kawasan yang cukup difavoritkan oleh masyarakat saat ini sebagai tempat tinggal dan untuk berburu rumah baru yang nyaman.

Apa itu kota mandiri? Apa saja perumahan baru dan rumah seken di kota mandiri yang bisa menjadi pertimbangan dalam mendapatkan hunian impian? Yuk langsung saja simak informasinya di bawah ini, Pins.

Baca juga: Harga Perumahan Tipe 21, 36, dan 45 di Jabodetabek, Medan, Denpasar dan Surabaya

Apa Itu Kota Mandiri?

Source : Kompas

Kota Mandiri dapat didefinisikan sebagai kawasan dengan infrastruktur modern yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Fasilitas pendukung itu diantaranya adalah pusat hiburan, pusat berbelanja, fasilitas pendidikan, hingga perkantoran. 

Perumahan secondary di area BSD City, kemudian rumah baru di Alam Sutera dan perumahan di area Sentul adalah contoh komplek hunian di lokasi kota mandiri.

Kehadiran kota mandiri bisa menjadi solusi untuk permasalahan di kota-kota besar, diantaranya adalah kepadatan penduduk dan kemacetan. Dengan adanya kelengkapan fasilitas yang bisa diakses masih di kawasan hunian, membuat penghuninya tidak perlu keluar jauh dari kawasan hunian.

Baca juga: Kualitas Rumah di Perumahan

Kelebihan Kota Mandiri

Source : Detik

Dengan kesuksesan beberapa kota Mandiri yang dibangun di kawasan seperti Bintaro hingga Cikarang, semakin banyak developer yang mengembangkan kawasan dengan infrastruktur modern ini. Ada beberapa kelebihan yang membuat kota ini ideal untuk dijadikan sebagai destinasi tempat menetap. Kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

Memiliki Fasilitas Lengkap

Dikarenakan memang dikembangkan sebagai kota mandiri, fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat dari mulai pusat berbelanja, kesehatan, pendidikan, hingga perkantoran berada dalam satu wilayah. Lokasinya yang strategis ini membuat penghuni di kota tersebut dapat lebih menghemat waktu ketika beraktivitas maupun memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Dibanderol Harga yang Lebih Bersahabat

Dari segi harga, hunian yang berada di kota mandiri cenderung memiliki harga yang lebih bersahabat dibandingkan hunian di kota-kota besar, seperti Jakarta. Alasannya adalah karena untuk lokasi pengembangannya, sering memilih lokasi di kawasan kota penyangga yang harga lahannya lebih rendah. 

Mudah Diakses dengan Kendaraan Pribadi dan Transportasi Umum

Kelebihan berikutnya adalah mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Salah satu ciri khas dari kota mandiri adalah sudah terkoneksi dengan layanan transportasi umum menuju ibukota. 

Untuk itu, bagi penghuni yang memiliki pekerjaan di Jakarta tidak perlu khawatir akan kesulitan melakukan perjalan pulang pergi ke sana. Sebagai bentuk integrasi antara kawasan hunian dengan transportasi umum ini dikenal dengan konsep hunian Transit Oriented Development (TOD). 

Menguntungkan untuk Dijadikan Investasi

Bukan hanya untuk dijadikan rumah tinggal, hunian di kota mandiri juga dapat dijadikan sebagai investasi. Nilai properti yang setiap tahunnya semakin tinggi, akan turut mempengaruhi nilai jual hunianmu. Dengan semain berkembangnya juga kawasan kota mandiri dimana hunian itu berada, kamu pun berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar dengan berinvestasi properti ini.

Baca juga: Macam-macam Bonus Membeli Rumah di Perumahan

5 Rekomendasi Hunian Kota Mandiri

Source : TribunNews

Setelah mengetahui pengertian dari kota mandiri dan juga kelebihannya, ini dia 5 rekomendasi hunian untuk Pins yang tertarik tinggal di kawasan kota mandiri. 

Citra Sentul Raya

Citra Sentul Raya adalah perumahan yang dikembangkan oleh Ciputra Group dengan konsep The New Integrated City. Fasilitas yang tersedia di dalamnya mencakup sektor transportasi, kesehatan, pendidikan, bisnis, gaya hidup, hingga sarana rekreasi. Terdapat 22 tipe unit yang ditawarkan perumahan yang juga mengusung konsep TOD ini. Unitnya dibanderol harga mulai Rp680 jutaan.

Pakuwon City

Berlokasi di kawasan Surabaya membuat hunian Pakuwon City menjadi tempat menetap atau sarana investasi yang menjanjikan. Untuk aksesnya karena sudah terintegrasi dengan baik, dapat diakses dengan mudah ke Jalan Lingkar Timur Tengah yang menghubungkan Surabaya, Bandara Juanda, dan Madura. 

Semua cluster yang ada di Pakuwon Surabaya dirancang secara modern dan menggunakan tata letak yang efisien. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan kenyamanan serta  kemewahan.

Suvarna Sutera

Dikembangkan di atas lahan seluas 2600 hektar oleh Alam Sutera Group, Suvarna Sutera bisa menjadi pilihan bagi Pins yang ingin bermukim di wilayah Tangerang. Infrastruktur dalam kawasan ini terbilang lengkap. Diantaranya adalah ROW jalan yang lebar, utilitas di bawah tanah, sistem keamanan 24 jam yang dilengkapi CCTV, Sports Lounge, Sekolah Laurensia, serta jaringan fiber optik. Satu unitnya dipasarkan mulai harga Rp.1,4 milyar

Citra Raya

Hunian yang dibanderol harga mulai Rp890 jutaan ini berada di kabupaten Tangerang dan dikembangkan sejak tahun 1994. Perumahan yang dibangun di lahan seluas 2.760 hektar ini meliputi 51 cluster hunian ini merupakan hunian yang berlokasi strategis dan berfasilitas lengkap. 

Bukan hanya fasilitas utama, tetapi juga terdapat fasilitas pendukung lainnya. Diantaranya adalah co-working space, sarana olahraga, club house, tempat bermain anak, dan kolam renang.

Wimbledon Jababeka

Sedang mencari cluster premium? Kamu bisa mengecek Wimbledon Jababeka, kawasan clsuter yang dikembangkan oleh Jababeka Residence. Kawasan perumahan ini beralamat di Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi. Bukan hanya didesain dengan desain yang menawan, hunian ini juga dikelilingi lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional! Dagi harganya, harga per unit Wimbledon Jababeka dipasarkan mulai Rp512 jutaan.

Dengan memahami pengertian kota mandiri dan juga mengecek beberapa rekomendasinya, semoga bisa membantumu dalam mengambil keputusan memilih hunian ya, Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, De Rose Garden dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Kompas

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download