BlogBerita PinhomeIntip Daftar Lengkap Rusun di Jakarta
0
0

Intip Daftar Lengkap Rusun di Jakarta

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Intip Daftar Lengkap Rusun di Jakartatop-right-banner

Selain rumah tapak, rusun atau Rumah Susun menjadi pilihan lain untuk masyarakat yang mencari tempat tinggal dengan harga terjangkau pada wilayah ibu kota. Daftar rusun di Jakarta sendiri tentunya sangat banyak dengan fasilitas yang beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. 

Rusun sendiri adalah suatu bangunan bertingkat yang didirikan dalam suatu lingkungan yang terstruktur secara fungsional. Bangunan ini tentunya telah memiliki kamar mandi dan dapur dalam tiap unitnya layaknya rumah. Meski ukurannya tidak seluas rumah tapak, rusun bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang mencari rumah subsidi. 

Baca juga: Plus Minus Rumah Susun atau Apartemen yang Harus Kamu Ketahui!

Daftar Rusun di Jakarta

Rusunawa merupakan salah satu program pemerintah yang ditujukan khusus untuk warga yang memiliki KTP DKI Jakarta. Program ini bertujuan untuk menyediakan area pemukiman yang layak bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Bagi kamu yang tertarik untuk menyewa atau membeli rusunawa, berikut daftar rusun di Jakarta yang bisa menjadi pilihan:

Rusunawa Penjaringan

Bagi kamu yang ingin tinggal pada area Penjaringan, Jakarta Utara, kamu bisa memilih rusunawa satu ini. Bangunan dengan 20 lantai ini memiliki sekitar 1.010 unit rusun dengan Tipe 36. Rusun Penjaringan ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari area bermain hingga taman.

Alamat: RW06, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440.

Rusunawa Karang Anyar

Daftar rusun di Jakarta selanjutnya berlokasi pada pusat Kota Jakarta. Bangunan dengan tinggi 16 lantai ini memiliki 421 unit dengan Tipe 36. Bangunan ini juga merupakan rusunawa ramah difabel, sehingga memang sangat aman untuk tempat tinggal masyarakat penyandang disabilitas.

Rusunawa ini juga telah memiliki fasilitas-fasilitas penunjang yang lengkap. Mulai dari area parkir yang cukup luas, ATM Center untuk memudahkan transaksi para penghuni, hingga area taman bermain yang nyaman untuk anak-anak.

Alamat: Jl. Karang Anyar No. 33, RT.02/RW.07, Karang Anyar, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10740.

Rusunawa Cipinang Besar Utara

Daftar rusun berikutnya berlokasi pada kawasan Jakarta Timur, tepatnya rusunawa Cipinang Besar Utara. Bangunan vertikal dengan tinggi 16 lantai ini memiliki 238 unit rusun dengan bangunan Tipe 36. Fasilitas yang tersedia untuk para penghuni juga cukup lengkap, mulai dari masjid, area parkir, taman bermain anak, hingga akses keamanan 24 jam.

Alamat: Jl. Cipinang Muara 2 No. 206, RW.018, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430

Rusunawa PIK Pulogadung

Rusunawa PIK Pulogadung bisa dibilang sebagai salah satu rusunawa paling besar pada area ibu kota. Bangunan rumah susun ini terdiri dari tiga menara dengan 16 lantai. Setiap menara menyediakan 511 unit dengan Tipe 36 dan pastinya memiliki fasilitas penunjang yang lengkap untuk kenyamanan para penghuninya. 

Alamat: Jalan PIK RT.06/RW.10, Penggilingan, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13940.

Baca juga: Lebih Mudah Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen atau Rumah?

Rusunawa Ujung Menteng

Rusunawa yang berada pada kawasan Ujung Menteng ini berupa dua menara atau tower hunian yang memiliki 16 lantai. Bangunan ini memiliki 422 unit rusun dengan ukuran Tipe 36. Fasilitasnya juga terbilang cukup lengkap, mulai dari masjid, unit usaha, area serba guna, area parkir motor, area bermain anak hingga keamanan 24 jam. 

Selain itu, setiap unit rusunawa pada wilayah Ujung Menteng ini juga cukup ramah dengan difabel. Sudah pasti, rusun satu ini sangat cocok untuk menjadi rekomendasi hunian masa depan yang nyaman untuk kamu dan keluarga.

Alamat: Jl. Irigasi No. 70, RT.07/RW.03, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur. Ada pula di Jl. BKT, RT. 015/RW. 02, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13960.

Rusunawa Cakung Barat

Rusunawa Cakung Barat juga menjadi salah satu rumah susun paling besar pada kawasan Jakarta Timur. Bangunan terdiri dari tiga menara dengan jumlah 16 lantai dengan unit rusun yang berjumlah sekitar 542 unit.

Setiap unit memiliki Tipe 36 dengan dukungan fasilitas yang memadai. Mulai dari taman, lift, hingga PAUD dan posyandu untuk menunjang kebutuhan anak yang siap menjadi fasilitas bagi para penghuni. 

Alamat: Jl. Komp. Rusun Griya Tipar Cakung Blok Jatisari No. 1, RT.03/RW.08, Cakung Barat, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13910.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Dibandingkan dengan Rumah

Rusunawa Pulo Jahe

Daftar rusun di Jakarta yang terakhir adalah Rusunawa Pulo Jahe. Area rumah susun ini terdiri dari bangunan dengan dua menara, memiliki tinggi 24 lantai, dan menyediakan sekitar 750 unit rusun yang siap huni dengan Tipe 36. Rusunawa satu ini terbilang bagus untuk menjadi rekomendasi.

Sebab, setiap unit telah mendapat kloset duduk dan shower yang terbilang jarang untuk sebuah rumah susun sewa subsidi milik pemerintah. Selain itu, plafon bangunan juga cukup kuat dengan material untuk bangunan juga memiliki kualitas yang cukup bagus. 

Alamat: Jl. Swadaya Rw. Buntu, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930.

Demikian tadi daftar rusun di Jakarta yang bisa menjadi rekomendasi hunian masa depan kamu dan keluarga. Harga sewa dan jual setiap rusun sudah pasti tidak sama, bergantung pada masing-masing pengelolaan.

Khusus untuk penyewa yang memiliki KTP DKI Jakarta, biasanya biaya sewa yang dibebankan sekitar Rp765 ribu per bulan. Namun, bagi masyarakat yang terprogram atau warga yang terkena dampak penataan kota atau bencana biasanya akan dikenakan biaya Rp505 ribu per bulan.

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Messa Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download