Pinhome

Tips Properti

Ciri ciri Desain Rumah yang Baik Menurut Islam

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam artikel kali ini kita bahas tentang ciri ciri desain Rumah yang Baik Menurut Islam. Rumah yang kita bangun boleh indah serta cantik. Namun kita harus mengingat bahwa hal tersebut tidak boleh terlalu berlebihan. Hindari untuk membuat rumah yang terlalu megah. Disamping itu, bangunan yang anda bangun juga tidak boleh mengandung unsur-unsur syirik untuk desain serta ornamen di dalamnya.

Didalam Tata Desain Rumah Islami bisa dijelaskan bahwa rumah islami adalah sebuah rumah idaman untuk setiap keluarga muslim. Tapi, untuk kenyataannya, tidak seluruh keluarga muslim mengerti makna dari rumah islami yang sebenarnya.

Saat ini, banyak yang salah kaprah untuk memahami serta mempraktikkan konsep dari rumah islami. Pada dasarnya, rumah islami mempunyai dua komponen utama, yaitu bangunan fisik dan juga penghuni rumah.

Posisi Rumah yang Baik Menurut Islam Berdasarkan Alquran dan Hadist

Berdasarkan Al – quran, ada tiga kata yang digunakan untuk mendeskripsikan pengertian rumah. Tiga kata tersebut adalah maskan, manzil, dan bait. Istilah dari manzil (tempat), ada dalam firman Allah Swt yang memiliki makna berikut: Dan engkau berdoalah, Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan engkau adalah sebaik-baiknya yang memberi tempat. Ini merupakan terjemahan dari Q.S. Al-Mu’minun 23:29.

Di dalam buku karya dari A. Rehman dalam The Grand Tradition of Islamic Architecture, dijelaskan bahwa arsitektur islami adalah arsitektur yang selalu berlandaskan pada nilai-nilai alquran serta hadist. Para arsitek harus mampu memahami dan mengerti Posisi Rumah yang Baik Menurut Islam. Oleh sebab itu, bangunan arsitektur tersebut (rumah) harus memenuhi beberapa hal berikut ini.

Berdasarkan Risalah dan Tauhid, bangunan tidak boleh mengandung unsur syirik dalam ornamen dan juga desainnya. Alquran juga menegaskan tentang kesadaran untuk lingkungan hidup si pemilik rumah. Dalam membangun sebuah rumah juga harus didasarkan pada kosep desain yang berbasis geometri murni.

Bangunan itu mempunyai badan yang didesain atau dibuat dengan konsep geometri. Sedangkan untuk jiwa dari bangunan bisa didesain dengan memodifikasi ventilasi, pencahayaan, landskap, suara, tekstur, warna,  interior dan eksterior.

desain rumah islami

Desain Interior dari Posisi Rumah yang Baik Menurut Islam

Desain interior untuk rumah islami sebaiknya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Didalam rumah sebaiknya disediakan ruang khusus yang digunakan untuk ibadah (musholla). Disamping itu, jadikanlah dinding rumah untuk ruang tamu dan ruang pribadi sebagai hijab. Kamar orangtua dan anak-anak sebaiknya terpisah.

Disamping itu, sebuah rumah jga harus memiliki kamar tamu serta kamar pribadi. Posisi dari closet tidak boleh menghadap kiblat. Selain itu, anda dapat menggunakan hiasan atau ornamen yang bernuansa islami.

Selain komponen bangunan fisik tersebut diatas, penghuni rumah juga punya peranan penting untuk menciptakan konsep desain rumah islami. Dalam menegakkan bangunan islami, penyangga utamanya adalah rumah tangga islami itu sendiri. Demikianlah artikel tentang Posisi Rumah yang Baik Menurut Islam semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel