Pinhome

Cara Update / Install Driver AMD Radeon (Paling Baru)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 31 May 2022 ∙ 7 menit membaca

AMD merupakan salah satu perusahaan pembuat processor dan kartu grafis (VGA) yang terkemuka di dunia ini. Nah, VGA atau kartu grafis AMD Radeon saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena kelebihan yang dimilikinya, seperti harga yang lebih murah dan memiliki performa di atas kompetitornya.

Buat para pengguna VGA AMD Radeon, melakukan update dan instalasi driver ke versi terbarunya merupakan hal yang wajib dilakukan. Mengapa demikian? Karena dengan versi driver terbaru kamu akan menikmati fitur-fitur tambahan yang tidak ada di versi sebelumnya, dan tentu bisa upgrade performa grafis dalam game.

Nah, untuk melakukan update driver tersebut kamu memerlukan yang namanya program AMD Radeon Software Adrenalin. Fungsi software tersebut secara garis besar adalah untuk mengelola grafis driver AMD, dan menambahkan fitur-fitur baru pada driver-nya.

Manfaat Update Driver AMD

Terkadang beberapa pengguna VGA AMD tidak terlalu memerhatikan versi yang digunakan dan bahkan malas untuk melakukan update driver VGA AMD tersebut. Padalah update driver itu banyak sekali manfaatnya loh, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan Fitur Baru

Setiap AMD melakukan pembaruan pada driver VGA mereka, biasanya terdapat berbagai fitur baru yang disematkan, seperti AMD Freesync, Radeon Relive, AMD Link, Radeon Wattman, Radeon Overlay dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut tentu sangat berguna, dan sayang untuk dilewatkan.

  • Meningkatkan Performa

Tujuan update driver VGA AMD yang paling utama tentunya untuk mendapatkan performa yang lebih. VGA AMD sering dilakukan optimalisasi oleh perusahaannya sehingga performa setelah update driver bisa meningkat hingga 35% lebih baik dari sebelumnya, terutama pada performa game.

  • Mengatasi Bug & Error

Selain mendapatkan penambahan fitur terbaru dan optimalisasi performa, melakukan update driver VGA AMD juga berguna untuk mengatasi bug atau error tertentu pada sistem perangkat.

  • Mendapatkan Tampilan Baru

Selain berbagai hal di atas, update driver VGA AMD tentunya memberikan kita sesuatu yang baru terutama pada tampilannya. Biasanya pada versi driver terbaru, AMD mempunyai ciri khusus pada tampilannya dan juga pastinya lebih fresh dari yang sebelumnya, Hal ini penting untuk menghilangkan rasa bosan terhadap tampilan lama.

  • Mengembalikan VGA ke Performa Terbaik

Seiring dengan pemakaian, tentunya akan banyak cache, sampah, virus, atau bahkan malware yang terselip pada driver AMD. Hal ini berdampak pada performa VGA menjadi terganggu, dan tidak optimal lagi, namun bila kamu update driver tersebut tentu performa VGA akan kembali ke keadaan terbaiknya.

Cara Update / Install Driver AMD Radeon

Untuk melakukan update atau instalasi driver AMD Radeon ke versi terbarunya tentu kamu memerlukan panduan khusus agar ketika prosesnya tidak terjadi kegagalan atau error tertentu. Nah, terkait panduannya bisa kamu baca pada ulasan di bawah ini, ya.

Cek Tipe VGA AMD

Sebelum kamu melakukan update atau instalasi driver AMD, tentunya kamu perlu tahu dahulu apa tipe dan seri VGA AMD yang digunakan di PC atau laptop, agar nantinya kamu tidak salah memasang tipe driver-nya juga. Nah, untuk mengecek tipe VGA AMD caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Cek Menggunakan DXDIAG
  1. Pertama, silakan kamu buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketik DXDIAG kemudian tekan Enter.
  3. Jika sudah maka halaman DirectX Diagnostic Tool. Nah, pada bagian ini silakan kamu masuk ke tab Display.
  4. Selanjutnya kamu bisa cek pada baris Name, yang mana disana ada tipe VGA yang digunakan.
  5. Selesai.
  • Cek Menggunakan Aplikasi GPU-Z
  1. Pertama, silakan kamu Download terlebih dahulu aplikasi GPU-Z.
  2. Setelah itu silakan Install aplikasinya seperti biasa.
  3. Jika sudah, silakan kamu Buka aplikasinya.
  4. Selanjutnya kamu bisa melihat halaman yang menampilkan spesifikasi GPU kamu, nah untuk versi driver silakan cek pada baris Name.
  5. Done.

Download Driver VGA AMD

Setelah tipe VGA AMD yang digunakan sudah kamu ketahui, langkah selanjutnya adalah kamu harus mencari driver yang sesuai. Untuk mencarinya, sangat kami rekomendasikan langsung melalui situs resmi AMD. Karena biasanya driver yang ada disana itu universal dan bisa dipasang di laptop ataupun PC rakitan sendiri.

Selain itu, jika kamu menggunakan driver VGA yang diunduh langsung melalui situs AMD, jarang sekali terjadi error waktu proses instalasinya. Nah, terkait caranya bisa kamu baca pada ulasan berikut:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi situs resmi dari driver AMD.
  2. Selanjutnya pada halaman situs AMD, silakan kamu scroll ke bawah lalu pilih tipe VGA sesuai dengan yang sudah kamu cek sebelumnya, lalu klik Submit.
  3. Atau bisa juga kamu copy tipe VGA tadi lalu silakan paste-kan pada kolom pencarian driver.
  4. Jika sudah, silakan kamu pilih tipe Windows sesuai yang dipakai (32 bit atau 64 bit), kemudian tinggal Download saja.
  5. Terakhir silakan tunggu saja sampai proses unduhan selesai.

Keterangan pada kolom product list :

  • Graphics = Driver VGA biasa
  • Professional Graphics = Driver VGA AMD kelas Profesional, biasanya VGA khusus seperti VGA Gaming
  • Processors with Graphics = VGA Onboard atau Integrated, jadi ini ditujukan untuk kamu yang menggunakan VGA bawaan prosesor, misalnya AMD Ryzen yang terintegrasi VEGA Graphic atau AMD APU
  • Chipset = Driver Chipset untuk Motherboard
  • Processors = Driver untuk Processesor AMD
  • Embedded = Untuk perangkat khusus yang dirilis secara embedded

Bersihkan Driver Lama

Biasanya ketika driver VGA AMD yang lama belum kamu hapus dari perangkat bisa menyebabkan terjadinya kegagalan ketika instalasi loh. Hal ini karena terjadinya bentrok antara driver baru yang akan dipasang dan driver lama yang sudah terpasang.

Oleh karena itu, silakan kamu bersihkan terlebih dahulu driver lama menggunakan aplikasi khusus yang bernama Display Driver Uninstaller (DDU). Nah, untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu software DDU melalui situs developernya.
  2. Jika sudah masuk ke halaman situs, silakan scroll ke bawah sampai pada Download Location.
  3. Kemudian pilihlah salah satu server yang di inginkan, baik itu Germany, Netherlands, West coast, atau East coast.
  4. Setelah selesai mengunduh, silakan kamu ekstrak file Display Driver Uninstaller (DDU) lalu install seperti biasa.
  5. Sesudah itu, silakan jalankan aplikasinya kemudian pada opsi Select Graphic Driver silakan kamu pilih AMD.
  6. Terakhir, silakan klik Clean and Restart lalu tunggu saja sampai selesai.

Setelah prangkat kamu selesai restart, silakan matikan koneksi internet, supaya Windows tidak mengunduh otomatis driver AMD tersebut. Hal ini juga sangat diperlukan agar proses penghapusan driver lama tidak sia-sia dan tentunya agar nanti waktu instalasi tidak terjadi error.

Install Driver AMD

Setelah driver VGA AMD sudah diunduh, dan driver lama sudah kamu bersihkan dari perangkat, maka sekarang kamu bisa langsung menginstal driver-nya. Untuk melakukan instalasi driver sebenarnya hampir sama prosesnya dengan menginstal aplikasi atau software di Windows.

Tapi buat kamu yang perlu panduannya, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka driver yang sudah kamu unduh sebelumnya dengan cara double klik atau dengan Run as administrator.
  2. Jika sudah, maka kamu akan dibawa ke wizard instalation driver AMD. Nah pada bagian pertama silakan kamu klik Install di bagian kanan bawah.
  3. Setelah itu tinggal tunggu proses instalasinya selesai.
  4. Pada jendela selanjutnya yang muncul, silakan kamu klik Accept and Express Install.
  5. Tunggu proses sampai selesai.
  6. Apabila berhasil, maka tidak akan muncul pesan error pada halaman instalasinya. Nah, terakhir tinggal kamu klik saja Restart now di halaman tersebut.
  7. Done.

Update Melalui Device Manager

Cara yang kami tuliskan di atas merupakan cara manual dalam melakukan update atau instalasi driver VGA AMD di laptop atau PC. Nah, selain dengan metode di atas, kamu juga bisa melakukan update secara otomatis melalui program bernama Device Manager.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketikkan Devmgmt.msc lalu klik OK.
  3. Jika sudah, maka halaman Device Manager akan terbuka. Pada bagian ini, silakan kamu masuk ke Display adapters.
  4. Kemudian akan muncul driver VGA AMD yang terinstal di perangkat kamu. Silakan klik kanan pada driver tersebut kemudian pilih Update driver.
  5. Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan kamu pilih metode Search automatically for updated driver software.
  6. Selanjutnya, Windows akan secara otomatis melakukan pemindaian update. Bila terdapat versi terbaru, maka secara otomatis Windows akan melakukan update dengan sendirinya.
  7. Metode update ini memerlukan koneksi internet ya, karena untuk pemindaian dan download driver pasti tidak lepas dari internet.
  8. Setelah selesai update, silakan Restart perangkat kamu untuk menerapkan pembaruan.
  9. Selesai.

Akhir Kata

Melakukan update atupun instalasi driver VGA AMD Radeon ke versi terbaru tentunya tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Dengan metode yang sudah kami jelaskan di atas, kamu bisa melakukan update dengan cara manual ataupun otomatis.

Nah, tapi metode yang paling bagus sih menurut saya adalah yang manual, karena dengan begitu kamu bisa memilih driver terbaru yang sesuai dengan tipe VGA di perangkat kamu. Kalau otomatis sih saya rasa kurang bagus, karena kamu juga jadi tidak tahu versi driver yang digunakan di laptop atau PC.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia