20 Cara Mengatasi Laptop yang Lemot, Cepat & Praktis!

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia ∙ 22 September 2022 ∙ 6 menit membaca

Di era yang sudah serba digital ini, laptop menjadi gadget yang mendukung penuh produktivitas kerja seseorang. Banyaknya data yang tersimpan di memori kadang membuat performa laptop jadi ikut menurun. Menjadi lemot misalnya. Maka dari itu, cara mengatasi laptop yang lemot ini harus segera kamu terapkan untuk meminimalisir kemungkinan ini menimpamu, Pins.

Cara di bawah ini menerapkan solusi yang sering dialami oleh pengguna laptop aktif. Maka dari itu, sebelumnya kamu harus paham betul apa saja penyebab laptop lemot supaya bisa ditemukan penanganan yang tepat. Jika hal ini terjadi, Pins bisa mencoba tutorial di bawah ini sebagai pertolongan pertama.

Membersihkan Laptop

agar laptop tidak lemot
Unsplash

Memakai perangkat ini setiap hari juga bisa membuat performanya menurun. Kadang, Pins jadi lupa untuk membersihkan permukaan dan sela-sela keyboard. Agar laptop tidak lemot, kamu bisa mencoba untuk membersihkannya secara rutin dengan mengelap kain fiber dengan cairan gadget cleaner atau dengan kuas berbulu halus untuk membersihkan keyboard-nya.

Pakai Cooling Pad

Selain dibersihkan, pastikan juga laptopmu tidak dalam keadaan terlalu panas. Jika suhu tinggi, hal ini akan mempengaruhi kinerjanya. Maka dari itu, kamu bisa menjaga suhunya dengan memakai cooling pad yang kipasnya bisa mendinginkan prosesor. 

Cek Drive C

Bisa dibilang, Drive C adalah otak yang menjadi penentu performa laptop. Salah satu cara agar laptop tidak lemot adalah dengan mengecek drive C secara berkala. Kamu bisa menghapus data yang secara tidak sengaja tersimpan di sana ke drive lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apa saja program yang ter-install namun jarang atau bahkan tidak pernah dipakai.

Uninstall Program yang Tidak Dipakai

cara agar laptop tidak lemot
Unsplash

Jika ada banyak program yang dirasa tidak pernah dipakai, ada baiknya untuk meng-uninstall-nya saja. Solusi laptop lemot bisa diselesaikan dengan menghapusnya karena beban file akan berkurang. Dengan begini, mesin tidak perlu bekerja terlalu keras dan bisa dialihkan untuk membuat performanya jadi lebih ringan.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala (100% Work)

Program Versi Lite

Untuk program yang jarang dipakai dan tidak bisa dihapus begitu saja, ada siasat yang bisa dicoba. Pins bisa mencari program yang sama dalam versi lite. Meskipun tidak semuanya tersedia, jika ada satu dua program yang file-nya lebih ringan akan bisa mengurangi beban kerja prosesor.

Program Sesuai dengan Specs Laptop

Banyak pengguna yang kadang lupa jika laptop akan bisa bekerja dengan maksimal ketika mengoperasikan program yang sesuai dengan specs-nya. Memforsir dengan mengoperasikan program dan apps yang terlalu berat juga bisa menjadi pengaruh kenapa laptop menjadi lemot. Maka dari itu, cara membuat laptop tidak lemot yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan program dengan kapasitas default-nya.

Install Software Peningkat Kinerja Laptop

cara membuat laptop tidak lemot
Unsplash

Cara memperbaiki laptop yang lemot yang bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama adalah dengan memasang software peningkat kerja laptop. Program ini akan membantu untuk menghapus file sampah tak terlihat dan rekomendasi file besar yang bisa dihapus untuk mengurangi beban penyimpanan di memori. Setiap sistem operasi memiliki banyak rekomendasi program yang berbeda dan bisa dioptimalkan dengan baik.

Rajin Clear Cache 

  • Buka File Manager
  • Klik kanan pada ikon harddisk > Properties 
  • Pilih tab General > Disk Cleanup 

MSconfig untuk Mematikan Program

Untuk mematikan program di Windows 7, masih dibutuhkan langkah dari command secara manual di MSconfig. Langkah ini bertujuan untuk mematikan program yang tidak terlalu penting saat laptop baru dinyalakan.

  • Start Menu > ketik run > ketik MSconfig 
  • Pilih program yang ingin dimatikan saat startup
  • Jangan mematikan program Windows yang penting

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Hang

Memilih Program Otomatis Saat Laptop Menyala

cara memperbaiki laptop yang lemot
Unsplash
  • Task Manager > startup
  • Cek program yang berat dan nonaktifkan
  • Biarkan program penting yang akan tetap menyala secara saat laptop nyala

Pilih Antivirus Ringan

Banyak yang tidak sadar, ternyata ada beberapa jenis program antivirus yang memakan space banyak. Maka dari itu, Pins perlu mencari alternatif antivirus yang ringan agar tidak membuat prosesor bekerja terlalu berat.

Pengaturan Daya High Performance

  • Cari ikon baterai di kanan bawah taskbar > klik kanan
  • Pilih pengaturan high performance 

Rutin Disk Defragmenter

penyebab laptop lemot
Unsplash

Cara mengatasi laptop yang lemot di Windows 7 adalah dengan melakukan defrag untuk mengorganisir drive penyimpanan. Lakukan proses ini pada malam hari agar bisa ditinggalkan semalaman karena untuk menyelesaikannya butuh waktu yang cukup lama.

Fitur Ready Boost

Di Windows 7, ada fitur Ready Boost yang bisa dimaksimalkan dalam cara mengatasi laptop yang lemot. Siapkan satu buah flashdisk berkapasitas minimal 16GB yang sudah didukung dengan konektivitas USB 3.0. Colokkan ke laptop dan proses memaksimalkan fitur ini bisa dilakukan.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop atau PC Windows Gagal Booting

Nonaktifkan System Indexing

  • Start Menu > Services
  • Name > Windows Search > General 
  • Klik disable pada startup type untuk mematikan fitur indexing 

Menambah RAM

RAM yang terbatas bisa membuat laptop jadi lemot. Pins bisa menambah kapasitas RAM agar memori menjadi lebih banyak dan kinerja laptop bisa menjadi lebih cepat.

solusi laptop lemot
Unsplash

Mengganti HDD ke SSD

HDD adalah media penyimpanan yang punya minus yakni rendah dalam kecepatan baca dan tulis. Cara mengatasi laptop yang lemot yang bisa dijadikan solusi adalah dengan mengganti HDD ke SSD atau Solid State Drive karena tidak ada komponen bergerak di dalamnya.

Mengganti Thermal Paste

Agar laptop tidak cepat panas, Pins disarankan untuk memakai dan mengganti thermal paste secara berkala. Memiliki fungsi agar suhu prosesor tetap stabil dan tidak terlalu panas, bagian ini perlu mendapatkan perhatian lebih.

Hindari Membuat Memori Hingga Penuh

Kapasitas drive yang akan penuh juga bisa membuat laptop menjadi lebih lambat. Maka dari itu, kamu bisa mengurangi file yang tersimpan di sana. Jika ada budget lebih, kamu bisa menambah RAM saja.

Restart Windows

cara mengatasi laptop yang lemot restart windows
Unsplash

Jika berbagai cara di atas masih belum memberikan hasil, ada kemungkinan error di Windows-nya. Maka dari itu, kamu disarankan untuk restart dan menginstal ulang Windows dengan yang resmi dan baru.

Cara mengatasi laptop yang lemot di atas bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama ketika kinerjanya mulai menurun. Apabila hasilnya masih nihil, sangat disarankan untuk membawa perangkatmu tersebut ke service center terdekat supaya bisa segera ditangani dan direparasi oleh yang berpengalaman.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia