BlogPemilik PropertiDesain HunianMenentukan Lampu untuk Kamar Berapa Watt Ya?
0
0

Menentukan Lampu untuk Kamar Berapa Watt Ya?

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Lampu untuk Kamar Berapa Watttop-right-banner

Lampu dan pencahayaan merupakan unsur penting untuk sebuah ruangan, termasuk kamar tidur. Biasanya, menemukan ukuran watt sebuah lampu untuk kamar tidur itu menjadi pertimbangan saat membuat desain interior kamar. Lalu lampu untuk kamar berapa watt, sih idealnya?

Urusan pencahayaan ini penting untuk diketahui. Kamu harus tahu lampu berapa watt yang dibutuhkan agar kamu bisa memilih lampu yang tepat untuk kamar tidur. Sehingga, stabilitas pencahayaan bisa terjamin dan kamar tidur tidak terlalu redup atau terlalu terang. 

Kamu yang ingin punya rumah di BSD bisa memilih untuk tinggal di Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Di Pinhome, kamu juga bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: Kumpulan Desain Lampu Tidur Unik dengan Berbagai Desain yang Elegan

Mengenal Watt

Lampu untuk Kamar Berapa Watt
Source : Pixabay

Istilah watt ini sangat terkenal ketika membahas tentang kelistrikan. Melansir berbagai sumber, watt adalah satuan daya dalam Sistem Internasional yang sama dengan satu joule kerja per detik. 

Watt disimbolkan dengan huruf “W”. Istilah watt diambil dari nama seorang ilmuwan bernama James Watt, ia adalah seorang penemu mesin uap yang berkontribusi besar dalam Revolusi Industri.

Sementara daya dalam “satuan daya” merupakan ukuran tingkat suatu pekerjaan dilakukan. Daya menggambarkan berapa energi yang ditransfer untuk melakukan suatu pekerjaan dalam suatu waktu tertentu. 

Dengan demikian, daya dengan satuan watt bisa disimpulkan sebagai kecepatan dalam melakukan pekerjaan. Maka tak heran jika daya sering disebut dengan kekuatan. Sebagai contoh, kekuatan 1 tenaga kuda (horse power) adalah daya sebesar 746 watt. 

Dalam dunia kelistrikan, daya merupakan kekuatan yang dihasilkan dari perkalian antara tegangan dan arus. Semakin besar arus atau tegangan, maka semakin besar pula daya listrik yang dihasilkan. 

Sebagai contoh, sebuah lampu yang kamu beli di toko bertuliskan 18 watt. Tulisan itu artinya lampu akan menyala jika mendapatkan daya atau kekuatan listrik sebesar 18 watt. 

Baca juga: Tips Saat Mati Lampu Di Rumah

Lampu untuk Kamar Berapa Watt?

Lampu untuk Kamar Berapa Watt
Source : Pixabay

Dalam mendesain kamar tidur, pencahayaan merupakan aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Tidak hanya membantu mengatur suasana hati dan suasana ruangan, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan tubuh secara keseluruhan. 

Seperti yang dijelaskan di atas, watt mengacu pada jumlah daya yang digunakan bola lampu. Secara umum, bohlam dengan watt lebih tinggi menghasilkan cahaya lebih terang. Dalam hal pencahayaan kamar tidur, penting untuk menjaga keseimbangan antara kecerahan dan kenyamanan. 

Menggunakan bohlam yang terlalu terang dapat menyebabkan ketegangan mata dan mengganggu pola tidur. Sebaliknya, penggunaan bohlam yang terlalu redup dapat menyulitkan untuk membaca atau melakukan tugas lain di kamar tidur.

Jadi, berapa watt yang sebaiknya digunakan di kamar tidur? Jawabannya tergantung pada preferensi pribadi dan luas ruangan. Sebagai aturan umum, sebagian besar kamar tidur memerlukan total watt sekitar 50-60 watt. 

Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan kombinasi perlengkapan lampu ruangan di atas dan lampu meja. Saat memilih bohlam untuk lampu meja, pertimbangkan untuk menggunakan bohlam dengan daya antara 40-60 watt. Untuk lampu ruangan, pilih bohlam dengan daya sekitar 60-75 watt.

Baca juga: Cara Menghemat Daya Listrik

Pencahayaan Aksen

Source : Pixabay

Pencahayaan aksen adalah aspek penting lainnya dalam desain kamar tidur. Ini mengacu pada penggunaan pencahayaan untuk menyorot area tertentu dalam ruangan, seperti karya seni, fitur arsitektur, atau potongan dekoratif.

Dengan adanya pencahayaan aksen, maka kamu bisa menambah kehangatan dan kedalaman pada kamar tidur, serta menciptakan suasana yang nyaman dan mengundang.

Saat memilih pencahayaan aksen untuk kamar tidur, pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi berbagai jenis perlengkapan, seperti lampu dinding, lampu meja, dan lampu berdiri. 

Misalnya, lampu dinding dapat digunakan untuk menonjolkan sebuah karya seni, sedangkan lampu meja dapat digunakan untuk menciptakan sudut baca yang nyaman.

Secara keseluruhan, memilih watt dan aksen pencahayaan yang tepat untuk kamar tidur memerlukan pertimbangan dan perencanaan yang cermat. Dengan menyeimbangkan antara kecerahan dan kenyamanan, serta menggunakan kombinasi berbagai jenis perlengkapan, kamu dapat menciptakan suasana pencahayaan yang fungsional dan indah.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Cara Hitung Kebutuhan Watt untuk Kamar

Sebenarnya ada cara untuk menghitung kebutuhan watt untuk kamar tidur. Caranya adalah dengan mengetahui lumen kamar tidur yang nantinya akan dicocokkan dengan kebutuhan watt lampu. 

Melansir sejumlah sumber, lumen adalah satuan pengukuran standar untuk jumlah cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya. Mudahnya, lumen menunjukkan tingkat kecerahan pada sumber cahaya, misalnya lampu. Semakin tinggi lumen, semakin terang cahaya yang dihasilkan.

Kamu bisa melihat tabel lumen berikut sebagai acuan. Misalnya, kamar tidur kamu berukuran 4×5 meter, maka besar lumen kamar tidur adalah 4000. 

Lampu untuk Kamar Berapa Watt
Source : S-gala.com

Setelah mengetahui besar lumen, langkah selanjutnya adalah mengetahui kebutuhan watt lampu untuk kamar tidur. Kamu bisa melihat berapa watt lampu yang dibutuhkan untuk kamar dengan lumen 4000 melalui tabel di bawah:

Lampu untuk Kamar Berapa Watt
Source : S-gala.com

Melalui tabel tersebut, maka kamu perlu mengkombinasikan watt lampu di kamar tidur untuk mencapai lumen 4000. Kombinasinya sebagai berikut:

  • 1 lampu pijar @20 watt;
  • 2 lampu LED @20 watt. 

Itulah cara mengetahui dan menghitung lampu untuk kamar berapa watt yang diperlukan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download