Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Mengatasi Lemari Lembab dan Bau Terampuh!

Properti

Cara Mengatasi Lemari Lembab dan Bau Terampuh!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 22 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Musim hujan biasanya akan berdampak pada udara yang lembab dan biasanya akan membuat furnitur seperti lemari menjadi lembab dan mudah berjamur. Lemari dengan keadaan yang tertutup, sangat mudah sekali menjadi sarang jamur dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dari lemari tersebut.

Apabila hal ini dibiarkan tentu saja akan merusak lemari itu sendiri dan berdampak pada pakaian yang ada di dalam lemari. Kelembaban udara dapat menyebabkan bahan pelapis dari kayu mudah berjamur dan akan tumbuh jamur dengan subur di lemari, sehingga setiap dibersihkan jamur-jamur kerap akan muncul kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rumah Bocor Saat Musim Hujan

Bahan lemari yang terbuat dari kayu dan papan pres dapat sangat mudah sekali ditumbuhi oleh jamur. Apalagi penempatannya di ruangan yang lembab dan jarang terkena sinar matahari secara langsung. Hal utama  yang harus dilakukan pada saat memiliki lemari baru yaitu melakukan tindakan pencegahan supaya lemari terhindar dari tumbuhnya jamur yang mengakibatkan bau dan perubahan warna lemari.

Pertumbuhan jamur bukan hanya terjadi pada dinding lemari bagian dalam atau luar, tetapi juga dapat meluas pada pakaian yang ada di dalamnya. Berikut cara mengatasi lemari lembab dan bau yang tepat.

Baca juga: Cara Mengatasi Rumah Lembab Terampuh!

Cara Mengatasi Lemari Lembab

cara mengatasi lemari lembab
(Shutterstock)

Buka Pintu Lemari Berkala

Buka pintu lemari pakaian selama beberapa menit, hal itu berfungsi untuk menghilangkan bau pada lemari yang khas dengan bau lembab pada kayu. Setelah itu nyalakan kipas angin untuk mengusir bau lembabnya. Apabila kamar kurang akan pencahayaan, maka kipas juga berfungsi untuk mengurangi kelembapan di kamar.

Baca Juga: Tips Desain Rumah Tipe 36 agar Lebih Rapi dan Luas

Gunakan Penyerab Lembab

Pakailah produk penghilang atau penyerap lembab dan bau. Produk tersebut dapat dibeli di toko khusus bahan-bahan mebel atau kayu. Cara memakainya cukup mudah, yaitu letakan didalam lemari pakaian yang terasa lembab.

Untuk pertumbuhan jamur dapat menggunakan cairan pelapis yang fungsinya untuk melawan pertumbuhan jamur. Gunakanlah melamin atau pernis yang bening untuk menutupi tempat yang jamur akan tumbuh, dengan cara disemprotkan atau menggunakan kuas pada area yang biasa terkena jamur.

Baca Juga: Rumah Ini Dikontrakan atau Dijual?

Gunakan Kapur Tulis

Menggunakan kapur tulis atau pewangi lemari pakaian untuk tetap selalu menjaga ke haruman pakaian dan lemari. Cara ini bisa kamu lakukan setelah menerapkan 2 tahapan sebelumnya. Lemari yang lembab tentu akan menimbulkan bau tak sedap pada pakaian. Dengan menggunakan cara ini, tentu akan sangat efektif untuk menghilangkan bau tersebut.

Baca Juga: Cara Membersihkan Minyak di Lantai Dapur

Berikan Pencahayaan Ruangan

Memberikan pencahayaan ruangan dengan lampu TL yang merupakan salah satu jenis lampu yang berfungsi untuk mengusir jamur dan memberikan efek sinar ultraviolet. Cahaya memiliki suhu yang hangat, sehingga mampu mengimbangi suhu pada lemari. Hal ini tentu sangat efektif sebagai cara mengatasi lemari lembab dan bau.

Beberapa cara di atas dapat kamu terapkan pada lemari untuk mencegah dan menghilangkan bau dan jamur karena udara lembab. Lemari yang bau tentu akan membuat pakaian menjadi tidak enak dipakai, karena pakaian ikut terkena jamur. Oleh karena itu, bersihkan lemari pakaian secara berkala untuk menghindari jamur tumbuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untukmu.

Baca Juga: Cara Memilih Desain Pagar Rumah yang Tepat


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel