BlogLifestyleTeknologi8 Cara Menghilangkan Virus Di laptop, Dijamin Berhasil!
0
0

8 Cara Menghilangkan Virus Di laptop, Dijamin Berhasil!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Update OS Windowstop-right-banner

Pins sering merasa panik saat laptop atau PC terkena virus? Tenang saja, kamu bisa menghapus malware tersebut dengan cara menghilangkan virus di laptop yang tepat dan aman. Cara menghapus virus di laptop sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa langkah, seperti menginstall software antivirus dan lain sebagainya.

Keberadaan virus di laptop bisa terjadi karena beberapa hal, Pins mungkin tidak sengaja menginstall aplikasi yang mengandung virus ataupun mengakses website yang tidak aman. Hal itu bisa diatasi dengan melakukan cara hapus virus di laptop. Yuk, simak beberapa cara membasmi virus di laptop dengan aman berikut ini!

Baca juga:

Cara Menghilangkan Virus Di laptop

Khawatir jika perangkat yang Pins gunakan rusak saat terkena virus? Ini beberapa cara mengatasi malware pada laptop dengan mudah dan aman!

Install Software Anti Virus

Source : McAfee Support

Saat ini banyak sekali software anti virus yang bisa Pins gunakan dan unduh agar laptop aman dari serangan malware. Pins bisa memilih beberapa aplikasi seperti McAfee, Avira, Smadav, dan lain sebagainya untuk membasmi virus di laptop. Bahkan, jika Pins menggunakan Windows 10 ke atas, kamu tidak membutuhkan apliaksi tambahan untuk cara membersihkan laptop dari virus. Pasalnya, Windows sudah memiliki Windows Defender untuk mencegah laptop terkena serangan malware.

Pins hanya perlu memilih aplikasi laptop yang diinginkan kemudian mengunduhnya di laptop. Namun, beberapa aplikasi mengharuskan Pins untuk membayar untuk bisa menggunakan fiturnya, dengan batas trial selama 30 hari. Terdapat berbagai jumlah pembayaran yang berbeda-beda untuk setiap aplikasi yang akan dipilih.

Matikan Koneksi Internet

Source : Business Insider

Saat hendak membersihkan seluruh virus yang ada di laptop ada baiknya Pins mematikan terlebih dahulu koneksi internet. Pasalnya, beberapa virus terkadang menyebar lebih cepat ke sistem Windows saat terkoneksi internet. Oleh karna itu, cara menghilangkan virus di laptop paling efektif adalah dengan mematikan koneksi internetnya terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kerusakan pada sistem laptop.

Masuk Ke Safe Mode

Source : Urban Digital

Langkah selanjutnya ketika melakukan cara menghapus virus di laptop adalah dengan mereboot laptop dan masuk ke menu safe mode. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi saat Pins akan membersihkan sistem dari virus. Berikut cara masuk ke safe mode Windows dengan mudah:

  • Terlebih dahulu Restart Laptop.
  • Setelah itu tekan F8 lalu Pilih Advanced boot options saat layar laptop hidup.
  • Kemudian pilih menu Safe Mode with Networking.
  • Terakhir, silahkan Pilih Tetap terputus dari internet
  • Selesai.

Baca juga:

Hapus temporary files

Source : Petunjuk.id

Salah satu langkah paling mudah sebagai cara hapus virus di laptop adalah dengan menghapus temporary files menggunakan Disk Clean Up. Pasalnya, beberapa virus akan`menyerang Laptop saat sedang melakukan booting. Oleh karna itu menghapus file sementara pada laptop dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah mudahnya:

  • Pertama silahkan klik Start.
  • Kemudian cari menu Temporary Files.
  • Setelah itu, silahkan pilih Free up disk space by deleting unnecessary files.
  • Lalu pilih Temporary Internet Files pada bagian Files to delete dan klik OK.
  • Terakhir silahkan Klik Delete Files.
  • Selesai.

Jalankan Pemindaian Virus

Source : The Windows Club

Pada tahap ini silahkan jalankan software anti virus pilihan yang terdapat di laptop tadi. Pins juga bisa menggunakan Windows Defender untuk memindai virus. Cara membersihkan laptop dari virus menggunakan Windows Defender juga sangat mudah, Pins hanya perlu masuk ke menu search kemudian cari Windows Security. Nantinya, kamu hanya perlu melakukan klik pada check virus atau quick scan.

Reboot Laptop

Source : Technize

Setelahmenjalakan software anti virus dan membersihkannya, langkah selanjutnya adalah me-reboot laptop agar virus dihilangkan. Pada tahap ini Pins tidak perlu menggunakan fitur safe mode lagi. Namun, untuk melakukan reboot pada perangkat laptop yang digunakan, pastikan terlebih dahulu virus yang ada di laptop telah benar-benar bersih dengan cara melakukan scan virus secara berulang pada software anti virus. Cara menghilangkan virus di laptop ini dijamin aman Pins!

Perbarui Perangkat Lunak

Source : Systweak Software

cara mengatasi malware pada laptop yang selanjutnya adalah dengan memperbarui seluruh perangkat lunak yang ada di laptop seperti aplikasi Web Browser, Software editing bahkan jika perlu sistem oprasi nya. Memperbaru perangkat lunak tersebut dilakukan agar beberapa perangkat yang sudah terkontaminasi oleh virus dapat terbarui sistem nya.

Update OS Windows

Source : Microsoft Support

Langkah terakhir untuk cara membasmi virus di laptop adalah dengan memperbaharui OS Windows yang digunakan. Pins mungkin terbiasa untuk menggunakan versi Windows yang saat ini sedang digunakan, namun dengan jarang memperbaharuinya bisa saja membuat laptop terkena virus. Pins bisa mencoba untuk melakukan install ulang atau update sistem OS pada laptop untuk mengatasinya.

Baca juga:

Featured image source: Which.co.uk


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bess Mansion Apartemen Surabaya dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download