BlogPemilik PropertiDesain HunianTips dan Cara Mengatasi Engsel Pintu Macet Tanpa Tukang
0
0

Tips dan Cara Mengatasi Engsel Pintu Macet Tanpa Tukang

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Des 7, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi engsel pintu macettop-right-banner

Setiap pemilik rumah pasti pernah mengalami masalah engsel pintu yang macet. Meskipun terlihat sepele, namun engsel yang tidak berfungsi dengan baik dapat menjadi sumber dan ini cara mengatasi engsel pintu macet. 

Selain itu, mengenai berbagai cara mengatasi engsel pintu macet, Pins juga bisa menemukan hunian baru. Seperti di Rumah Eksklusif seperti Bali Resort Tangerang atau rumah di Tangerang Selatan lainnya dengan lokasi yang strategis dan fasilitas lengkap.

Ada juga rumah second di Kota Tangerang dengan konsep menarik yang bisa jadi pertimbangan untuk Pins. Melalui PinValue Pins bisa dengan mudah mencari tahu harga rumah tanpa harus bertanya kepada developer.

Meskipun seringkali orang akan langsung memanggil tukang untuk memperbaiki masalah ini, sebenarnya ada beberapa tips dan cara yang bisa Pins lakukan sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Dalam ulasan ini akan membahas secara rinci tentang tips dan cara mengatasi engsel pintu yang macet tanpa harus memanggil tukang. Mulai dari cara mengatasi engsel pintu macet, ikuti panduan ini untuk memastikan pintu Pins kembali berfungsi dengan baik tanpa harus mengandalkan bantuan profesional. 

Baca juga: Daftar Harga Kusen Pintu Terbaru dan Tips Memilihnya

Tips dan Cara Mengatasi Engsel Pintu Macet

Source : iStock

Berikut ini adalah bersama langkah-langkah praktis yang dapat Pins lakukan untuk mengembalikan kenyamanan di rumah Pins. Yuk, simak ulasan ini selengkapnya, yang membahas mengenai berbagi  cara mengatasi engsel pintu macet pada rumah Pins!

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Source : Shutterstock

Melakukan pemeriksaan rutin pada engsel pintu rumah Pins merupakan cara mengatasi engsel pintu macet. Rutinitas ini sebaiknya dilakukan secara teratur, misalnya setiap enam bulan sekali. Proses pemeriksaan dapat dimulai dengan membersihkan engsel dari debu, kotoran, atau residu yang mungkin menumpuk seiring waktu.

Selain membersihkan, pelumas juga diperlukan untuk menjaga agar engsel tetap bergerak dengan lancar. Penggunaan pelumas bertujuan untuk mengurangi gesekan antarbagian engsel, sehingga pintu kamar dapat terbuka dan tertutup tanpa hambatan. 

2. Gunakan Pelumas yang Tepat

Pilihan pelumas memiliki dampak langsung pada performa engsel pintu. Pelumas yang tahan air dan tahan karat sangat dianjurkan untuk melindungi engsel dari efek cuaca ekstrem atau kondisi lingkungan yang lembap. Pelumas jenis ini membentuk lapisan pelindung terbentuknya karat pada engsel, sehingga memastikan keawetan.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan sisa-sisa pelumas lama sebelum mengaplikasikan yang baru. Proses ini membantu menghindari penumpukan pelumas yang kotor dan memastikan pelumas baru dapat bekerja optimal.

Baca juga: 10 Desain Pintu Garasi Kayu yang Menarik

3. Periksa dan Sesuaikan Posisi Engsel

Source : Adobe Stock

Ketidaksesuaian posisi engsel dapat menjadi penyebab umum pintu yang macet. Pemeriksaan melibatkan pengecekan apakah engsel terpasang dengan baik atau mengalami pergeseran posisi. Jika ditemukan ketidakcocokan, langkah cara mengatasi engsel pintu macet selanjutnya adalah menyesuaikan posisi engsel agar sejajar.

Penyesuaian posisi engsel ini dapat dilakukan dengan melepaskan sebagian baut pengikat engsel, menyesuaikan ukuran baut pada posisinya, dan kembali memasang baut dengan kencang. Pastikan bahwa engsel terpasang dengan rapat tanpa ada bagian yang bergesekan atau menonjol.

4. Ganti Engsel yang Rusak

Engsel yang mengalami kerusakan parah perlu segera diganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada pintu dan struktur sekitarnya. Tanda-tanda engsel yang rusak meliputi bunyi berdecit saat pintu dibuka, goyangan yang tidak normal, atau bahkan ketidakmampuan pintu untuk terbuka sepenuhnya.

Pergantian engsel sebaiknya dilakukan oleh sendiri agar tidak mengeluarkan biaya. Pastikan untuk memilih engsel yang sesuai dengan jenis dan berat pintu agar kinerjanya optimal dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

5. Cek Kondisi Pintu dan Jamb

Source : Pngtree

Selain memeriksa engsel, penting juga untuk cek kondisi keseluruhan pintu dan jamb. Pastikan tidak ada kerusakan atau deformitas pada bagian-bagian tersebut yang dapat menghambat gerakan pintu. 

Periksa keberlanjutan pintu dengan memastikan bahwa pintu masih berada dalam bentuk yang sesuai dan tidak mengalami pergeseran atau penyimpangan. Selain itu, perhatikan jamb pintu dan pastikan tidak ada bagian yang menonjol pintu.

Baca juga: 5 Cara Menambal Dinding Bolong dengan Cepat dan Efektif

6. Hindari Pintu yang Terlalu Berat

Pintu yang terlalu berat dapat menjadi beban ekstra bagi engsel, yang pada akhirnya dapat menyebabkan engsel menjadi macet. Pertimbangkan untuk mengganti pintu yang terlalu berat dengan yang lebih ringan.

Terutama jika pintu rumah tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi engsel atau jika terdapat indikasi bahwa beban pintu melebihi kapasitas engsel. Pilihan pintu yang lebih ringan tidak hanya mengurangi tekanan pada engsel tetapi juga menjadi cara mengatasi engsel pintu macetrumah Pins.

7. Pasang Pelat Penguat Engsel

Source : iStock

Untuk engsel yang sering mengalami tekanan berlebih, pemasangan pelat penguat engsel dapat menjadi solusi yang efektif. Pelat penguat engsel dirancang untuk memberikan kekuatan tambahan pada engsel, mengurangi risiko kelelahan struktur, dan mencegah engsel menjadi macet pada rumah Pins. 

Pastikan untuk memilih pelat penguat engsel yang sesuai dengan jenis dan ukuran engsel yang digunakan. Pemasangan pelat penguat engsel sebaiknya dilakukan oleh ahli atau tukang yang berpengalaman untuk memastikan keefektifan dan keamanannya.

Mengatasi engsel pintu yang macet memerlukan perhatian dan tindakan \yang tepat. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, menggunakan pelumas yang sesuai, dan melakukan perbaikan atau penggantian engsel yang rusak adalah cara mengatasi engsel pintu macet yang tepat.

Pins dapat memastikan pintu tetap berfungsi dengan baik dan menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Itulah tadi ulasan yang membahas berbagai cara mengatasi engsel pintu macet. Semoga bermanfaat Pins!

Baca juga: 15 Model Jendela Rumah Bagian Depan Minimalis

Source Feature Image: Depositphotos


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Ciantra dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download