BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Menata Bunga di Depan Rumah Agar Rapi
0
0

10 Cara Menata Bunga di Depan Rumah Agar Rapi

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 19, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Menata Bunga di Depan Rumahtop-right-banner

Memiliki tanaman bunga di depan rumah merupakan cara yang ampuh untuk menghasilkan suasana asri. Namun bunga-bunga itu perlu ditata agar mereka tumbuh dengan teratur dan rapi. Berikut beberapa cara menata bunga di depan rumah agar rapi. 

Cara menata bunga berikut ini bisa diterapkan untuk menata taman rumah di Bekasi atau rumah bekas di Kab Bogor Utara yang baru dibeli dari Pinhome. 

Pinhome juga memiliki fitur PinValue yang bisa membantu kamu mencari tahu estimasi harga rumah idaman. Selain itu, Pinhome juga bisa membantu kamu menjual rumah melalui fitur titip jual properti gratis

Baca juga: Kenali 5 Fakta Menarik dari Bunga Pukul Empat yang Unik

Manfaat Bunga di Depan Rumah

Cara Menata Bunga di Depan Rumah
Source : Pixabay

Tanaman hias atau bunga di depan rumah bukan hanya elemen dekoratif, tetapi juga memiliki manfaat yang bervariasi, baik dari segi estetika, lingkungan, maupun kesehatan. 

Berikut adalah beberapa manfaat bunga di depan rumah yang perlu kamu ketahui.

1. Menambah Estetika

Bunga di depan rumah menambah nilai estetika dan kesejukan pada tampilan rumah. Taman bunga ini akan memberi sentuhan warna, tekstur, dan bentuk yang mempercantik tampilan eksterior rumah. 

Selain itu, bunga dengan berbagai warna dan bentuk akan membentuk komposisi visual yang indah, memberikan suasana ceria dan menyegarkan bagi siapa saja yang melihatnya.

2. Membantu Ekosistem

Bunga di depan rumah memiliki daya tarik alami terhadap serangga seperti lebah, kupu-kupu, dan kumbang. Serangga-serangga ini memainkan peran penting dalam ekosistem dengan membantu penyerbukan tanaman dan mempertahankan keseimbangan lingkungan. 

Pada akhirnya, penyerbukan ini penting bagi pertumbuhan tanaman, termasuk tanaman makanan manusia, serta membantu meningkatkan produktivitas pertanian.

Baca juga: Mengenal Arti, Fakta dan Semua Tentang Bunga Alamanda

3. Menyuburkan Tanah 

Cara Menata Bunga di Depan Rumah
Source : iStock Photo

Akar bunga membantu menyuburkan tanah di sekitarnya dengan cara meremukkan dan menguraikan materi organik. Selain itu, sistem akar yang kuat membantu meningkatkan drainase tanah dan mencegah erosi. 

Hal ini penting untuk menjaga kesuburan tanah, memastikan tanaman tumbuh dengan baik, dan mencegah genangan air yang dapat merusak struktur tanah.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tanaman, termasuk bunga, telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan mental. Kehadiran bunga di depan rumah memberikan efek menenangkan dan menghilangkan stres

Kesejukan dan kecantikan alam yang ditawarkan oleh bunga dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan mempromosikan kesehatan mental secara keseluruhan.

5. Memberikan Aroma Menyegarkan

Beberapa jenis bunga memiliki aroma yang harum dan menyegarkan. Kehadiran bunga-bunga semacam ini di depan rumah dapat memberikan aroma alami yang menyenangkan dan menyegarkan udara sekitar. 

Aroma alami ini bisa memberikan suasana yang lebih menyenangkan di sekitar rumah, serta memberikan kebahagiaan bagi penghuni dan tamu.

Baca juga: 7 Makna dari Bunga Peony Lengkap dengan Fakta dan Filosofinya

Cara Menata Bunga di Depan Rumah

Cara Menata Bunga di Depan Rumah
Source : iStock Photo

Menata bunga di depan rumah dengan rapi adalah kunci untuk menciptakan tampilan yang indah dan menyenangkan mata. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menata bunga depan rumah agar terlihat rapi.

1. Pemilihan Tanaman

Menata bunga dimulai dengan memilih tanaman dan bunga yang sesuai dengan iklim, cuaca, dan kondisi tanah di rumah. Hal ini penting untuk memastikan tanaman dapat tumbuh dengan baik dan memberikan tampilan yang indah sepanjang tahun.

2. Rencanakan Penataan

Berikutnya kamu perlu merencanakan penataan bunga dengan baik sebelum menanamnya. Tentukan pola penanaman, tinggi masing-masing tanaman, dan jarak antar tanaman. Rencana ini akan membantu menciptakan tata letak yang seimbang dan menarik.

3. Pengelompokan Tanaman

Cara Menata Bunga di Depan Rumah
Source : iStock Photo

Susun tanaman dengan mengelompokkan mereka berdasarkan jenis atau warna. Hal ini akan menciptakan efek visual yang menarik dan rapi. Misalnya, kamu bisa mengelompokkan tanaman dengan bunga berwarna serupa untuk menciptakan aksen visual yang menyatu.

4. Penataan Simetris atau Asimetris

Kamu bisa memilih untuk menata tanaman secara simetris atau asimetris. Penataan simetris cenderung formal dan seimbang, sementara penataan asimetris memberikan tampilan yang lebih alami dan santai. Sesuaikan dengan gaya dan kesan yang ingin diciptakan.

5. Kontainer yang Estetik

Gunakan kontainer atau pot yang memiliki desain dan warna yang konsisten dengan tema estetika rumah. Hal ini akan menciptakan tampilan yang rapi dan serasi dengan desain eksterior rumah.

Baca juga: Kenali 5 Fakta Menarik dari Bunga Pukul Empat yang Unik

6. Atur Ketinggian Tanaman

Cara Menata Bunga di Depan Rumah
Source : iStock Photo

Pertimbangkan ketinggian tanaman saat menanamnya. Tanam tanaman yang lebih tinggi di bagian belakang dan tanaman yang lebih rendah di bagian depan untuk menciptakan lapisan visual yang menarik dan teratur.

7. Sesuaikan Kebutuhan Pencahayaan dan Air

Letakkan tanaman sesuai dengan kebutuhan cahaya dan air masing-masing. Pastikan tanaman yang membutuhkan sinar matahari lebih banyak ditempatkan di area yang terkena cahaya matahari dengan cukup, sementara tanaman yang lebih toleran terhadap naungan diletakkan di tempat yang teduh.

8. Perawatan Teratur

Source : iStock Photo

Lakukan perawatan rutin, termasuk penyiraman dan pemangkasan secara teratur, untuk mempertahankan tampilan rapi. Pemangkasan juga membantu mengontrol pertumbuhan tanaman dan menjaga estetika taman.

9. Integrasikan Elemen Dekoratif Tambahan

Selain tanaman, tambahkan elemen dekoratif seperti batu hias, ornamen taman, patung kecil, atau kolam dengan air mancur untuk meningkatkan estetika taman. Tetapi pastikan elemen ini menyatu dengan tampilan keseluruhan.

10. Perbarui Secara Berkala

Lakukan pembaruan secara berkala dengan menggantikan tanaman yang sudah mati atau tidak sehat. Sesekali kamu juga bisa mengubah penataan tanaman untuk memberikan tampilan yang segar dan menarik.

Itulah beberapa cara menata bunga di depan rumah yang bisa kamu terapkan. Dengan menerapkan tips ini, taman di depan rumah akan terlihat rapi dan enak dipandang. 

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download